Tour Ke Yordania

Tour Ke Yordania

Mencoba berlibur ke Yordania tentu tak ada salahnya, terlebih bagi Sahabat Tour Aqsa yang gemar menjelajahi destinasi di penjuru dunia. Saat Sahabat Tour Aqsa memilih berlibur ke Yordania. Sahabat Tour Aqsa akan menemukan banyak sekali ragam destinasi yang dapat membuat Sahabat Tour Aqsa merasa takjub. Tak hanya itu, di Yordania Sahabat Tour Aqsa dapat menyaksikan beberapa saksi bisu bangunan yang bersejarah dan masih berdiri kokoh. Tentunya asik sekali bukan? Apalagi di Yordania ini terkenal dengan pesona keindahannya yang menyejukkan mata. Keindahan disana pun cocok sekali bagi Sahabat Tour Aqsa yang suka dengan nuansa instagrammable. Pas banget untuk Sahabat Tour Aqsa yang gemar berfoto ria di tempat – tempat yang menarik nan indah. Apabila Sahabat Tour Aqsa berminat untuk menjalani liburan ke Yordania, Sahabat Tour Aqsa bisa mempersiapkan mulai dari sekarang. Tak perlu khawatir bagi Sahabat Tour Aqsa yang bertanya – tanya terkait pendaftarannya. Sahabat Tour Aqsa dapat mendaftar di Satutours Travel yang siap untuk menemani liburan dengan kesan istimiwa yang Sahabat Tour Aqsa inginkan. Taknya Tour ke Yordania, Sahabat Tour Aqsa pun dapat berkesempatan untuk melakukan Tour Aqsa maupun Tour Aqsa Jordan Mesir. Apabila Sahabat Tour Aqsa ingin mencoba berkunjung ke Aqsa, Sahabat Tour Aqsa juga dapat memilih Tour masjidil Aqsa. Bagi Sahabat Tour Aqsa yang ingin menyimak informasi lebih lengkap, yuk simak informasi di bawah ini.

Berada di Yordania? Kunjungi Pasir Berbisik di Wadi Rum Yuk!

Saat Sahabat Tour Aqsa hendak berkunjung ke Yordania, pastinya Sahabat Tour Aqsa melihat destinasi apa saja yang ada disana kan? Bagi Sahabat Tour Aqsa yang ingin berlibur ke Yordania dan mencari destinasi wisata yang asik, Sahabat Tour Aqsa dapat mencoba untuk berkunjung ke Wadi Rum. Berkunjung ke Wadi Rum ini akan membuat Sahabat Tour Aqsa sekalian merasa terpikat dengan pesona keindahannya. Lebih jelasnya, simak berikut ini ya!

  1. Menikmati Nuansa Pasir Berbisik di Wadi Rum

Menikmati nuansa pasir berbisik di Wadi Rum memanglah menjadi pilihan yang tepat saat Sahabat Tour Aqsa memutuskan untuk pergi berlibur ke Yordania. Diketahui bahwa Wadi Rum ini berada di 60 km di timur kota Aqaba, Yordania. Dalam bahasa arab, Wadi Rum ini memiliki arti lembah pasir. Saat Sahabat Tour Aqsa pergi berlibur ke Yordania, maka Wadi Rum menjadi salah satu destinasi wajib saat berkunjung ke Yordania selain Petra dan Laut Mati. Diketahui bahwa luas Wadi Rum ini sekitar 720 km persegi. Menurut informasi yang ada, tiket masuk Wadi Rum ditaksir sekitar 5 JD. Hal yang menarik disana ialah terdapat fasilitas camping berbayar yang disediakan jika Sahabat Tour Aqsa ingin menikmati sensasi camping yang berbeda. Terlebih dengan suara desiran pasir yang seakan berbisik di telinga Sahabat Tour Aqsa. Tentunya menjadi pengalaman istimewa yang tak terlupakan nih. Tak hanya camp, Sahabat Tour Aqsa dapat merasakan pergi menjelajahi gurun pasir dengan mobil jenis jip kabin ganda. Apabila Sahabat Tour Aqsa mengunjungi Wadi Rum, jangan lupa untuk membawa penutup kepala, masker dan juga kacamata. JIka Sahabat Tour Aqsa mengunjungi Wadi Rum pada musim dingin, panasnya gurun di sana tentu tak akan terasa menyengat. Alangkah baiknya jika Sahabat Tour Aqsa mengece musim terlebih dahulu sebelum keberangkatan.

  1. Bertemu Dengan Suku Bedouin, Suku Asli di Wadi Rum

Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa masyarakat Bedouin merupakan masyarakat asli Wadi Rum yang masih bertempat tinggal hingga saat ini. Disana mereka tinggal di camp – camp dan berpindah – pindah. Tampaknya Sahabat Tour Aqsa perlu mengert bahwa masyarakat Bedouin ini menggantungkan hidupnya dari pariwisata Wadi Rum. Warga setempat banyak yang menjadi tour guide, penunjuk jalan bagi wisatawan panjat tebing, penjual souvenir dan lain sebagainya. Makanan khas masyarakat Bedouin adalah zarb. Zarb ini merupakan makanan yang terbuat dari daging domba dan ayam yang dimasak dengan rempah – rempah. Cara memasak dagingnya tersebut disimpan selama dua jam ditanam di dalam pasir. Setelah dirasa matang, maka dikeluarkan dari dalam tong lalu disajikan. Tak hanya itu, perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa terdapat teh khas masyarakat Bedouin yang rasanya amatlah nikmat. Sahabat Tour Aqsa wajib mencoba apabila Sahabat Tour Aqsa mengunjunginya. Disana juga menjual berbagai macam souvenir khas Wadi Rum yang amat indah. Sahabat Tour Aqsa dapat membelinya dan menjadi buah tangan saat Sahabat Tour Aqsa kembal ke tanah air.

  1. Menjadi Tempat Lokasi Syuting Favorit Film Hollywood

Tak bisa dipungkiri bahwasannya Wadi Rum ini memiliki pesona memikat yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa lembah dengan padang pasir ini menjadi salah satu dari 5 tempat di Yordania yang masuk dalam catatan UNESCO World Heritage. Pesonanya yang indah nan memikat inilah yang membuat banyak produser film Hollywood memilih Wadi Rum sebagai lokasi syuting. Tentunya asik dan keren sekali kan jika Sahabat Tour Aqsa dapat berkunjung kesini. Saat Sahabat Tour Aqsa ke Wadi Rum, jangan lupa untuk mengabadikan momen dengan berfoto ria ya!

Hendak Berlibur ke Yordania? Pilih Bulan Keberangkatanmu!

Apabila Sahabat Tour Aqsa berkunjung ke Yordania, tak ada salahnya apabila Sahabat Tour Aqsa menentukan bulan keberangkatan. Karena cuaca saat berlibur tentunya akan mempengaruhi kualitas liburan Sahabat Tour Aqsa juga kan? Sebab itulah, tentukan waktu yang tepat untuk pergi berlibur. Sahabat Tour Aqsa dapat menggali informasi mengenai bulan terbaik untuk pergi berlibur ke Yordania. Ingin tahu lebih jelas? Berikut lebih jelasnya.

  1. Desember Sampai Februari

Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa selama bulan di masa musim dingin, maka suhu akan turun hingga di bawah titik beku. Ibukota Amman akan bersuhu dingin dan salju menutupi bangunan kuno Petra. Saat Sahabat Tour Aqsa packing, hendakny tak lupa untuk membawa jaket yang paling tebal berserta sepatu. Bahkan di tempat ini pun menerima 70% curah hujan yang sanggat tinggi. Apabila Sahabat Tour Aqsa ingin terhindar dari dingin, pergilah ke Laut Mati. Karena ketinggiannya yang rendah akan membuatmu jauh lebih hangat daripada daerah lain di Yordania.

  1. Maret Sampai Mei

Selepas curah hujan yang tinggi di musim dingin, gurun – gurun di Yordania akan menampakkan pesona keindahannya. Disana Sahabat Tour Aqsa akan melihat bunga yang bersemi serta pepohonan pun akan tumbuh subur. Hal ini menjadi waktu yang terbaik untuk berpergian ke Yordania jika Sahabat Tour Aqsa merencanakan untuk hiking. Karena ini merupakan waktu terbaik, Sahabat Tour Aqsa harus segera memesan penginapan karena peminat wisatawan lokal maupun asing pun akan singgah ke tempat ini.

  1. Juni Sampai Agustus

Pada bulan – bulan di musim panas merupakan low season di Yordania. Karena dengan suhu di atas 100°C, banyak sekali wisatawan yang tak sanggup dengan terik panasnya di Yordania. Apabila Sahabat Tour Aqsa ingin menghindari angin panas, hindari untuk berpergian di siang hingga pukul 15.00. Sahabat Tour Aqsa bisa menjelajahi Yordania pagi dan malam hari yang lebih sejuk karena suhu dan tingkat kelembapan yang masih wajar. Untuk menghindari dehidrasi, hendaknya Sahabat Tour Aqsa tak lupa untuk minum air putih yang banyak ya!

  1. September Sampai November

Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa pada bulan ini merupakan musim gugur di Yordania. Inilah yang menjadi waktu terbaik untuk Sahabat Tour Aqsa menjelajahi Yordania. Cuaca yang mulai dingin lagi dan hujan yang datang membuat kekeringan di sana akan berubah. Apabila Sahabat Tour Aqsa menjadi salah satu pencinta penyelam scuba, cobalah untuk berkunjung ke Teluk Aqaba. Suhu air yang sempurna juga keindahan laut yang menarik seperti penyu dan terumbu karang akan cocok dengan Sahabat Tour Aqsa. Hendaknya Sahabat Tour Aqsa sudah merencanakan liburan di bulan ini dari jauh – jauh hari, karena wisatawan juga akan datang di waktu – waktu ini. Agar Sahabat Tour Aqsa tk terlewatkan untuk berlibur di bulan ini, yuk segera persiapkan mulai dari sekarang.

Beberapa Kisah di Yordania Selama Periode Islam

Pastinya Sahabat Tour Aqsa pun mengeerti bahwasannya Yordania merupakan negara yang penuh akan sejarah di dalamnya. Berbagai peradaban silih berganti melengkapi catatan sejarah di Yordania ini. Pada masa awal Islam, Yordania juga memiliki posisi strategis. Negara yang berbatasan dengan Palestina itu menjadi jalur bagi penaklukan wilayah Suriah dan Yerusalem. Beberapa peperangan penting pun pernah terjadi di Yordania dan sekitarnya selama periode Islam, diantaranya :

  1. Mu’tah

Diketahui bahwa perang mu’tah ini terjadi pada bulan Agustus tahun 630 M / 8 Hijriyah ini berlangsung di sebelah barat daya Yordania. Pasukan Roma didukung dengan 200 ribu personel tentara, sedangkan pasukan Islam hanya 3.000 orang. Jumlah tersebut merupakan jumlah kekuatan perang terbesar Islam, sebelum terjadinya Perang Khandaq. Perang ini bermula atas kelancangan Syurhabil bin Amr yakni antek Romawi yang membunuh al – Harits bin Amir al – Azdi yakni utusan Nabi Muhammad Saw yang bertugas menyampaikan surat untuk Kaisar Romawi. Diketahui bahwa jumlah korban syahid dalam perang tersebut sebanyak 13 sahabat. Sedangkan, di pasukan Romawi sekitar 3.350 pasukan tewas. Tempat yang menjadi lokasi perang ini, saat ini ramai karena dikunjungi oleh para wisatawan.

  1. Yarmuk

Kata yarmuk merupakan diambil dari nama sungai yang berada di Yordania. Sungai Yarmuk yang terletak di sebelah utara Yordania ini telah menjadi saksi biksu perang yang dimenangkan oleh umat Islam. Padahal, pasukan umat islam hanya diperkuat oleh 36 ribu pasukan. Sedangkan kekuatan pasukan Bizantium sebanyak tujuh kali lipat lebih besar yakni sebanyak 240 ribu serdadu. Perang yang berlangsung pada tahun 634 M/13 H ini termasuk dalam peperangan terpenting karena berhasil mencatat kemenangan pertama umat Islam di luar wilayah Hijaz pasca wafatnya Nabi Muhammad Saw. Di bawah intruksi Abu Bakar, motif awal dari perang ini ialah penaklukan Syam. Akan tetapi di tengah perjalanan, pasukan yang semula dipecah ke dalam empat batalion akhirnya memutuskan bersatu di bawah komando Khalid bin al – Walid setelah mengetahui ribuan pasukan Romawi. Perang Yarmuk ini juga menunjukkan kemahiran berperang Khalid bin Walid yang memaksimalkan pasukan berkuda.

  1. Hithin

Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa perang hithin ini di bawah komando Shalahudin Al Ayyubi. Diketahui bahwa perang ini terjadi pada tahun 583 H/ 1187 M dan tercatat sebagai perang tersukses yang melibatkan pasukan gabungan warga Mesir, Turki dan Kurdi. Perang yang berlokasi di Hithin Palestina ini bermula atas peristiwa perampokan dan penawanan anggota keluarga Shalahudin Al Ayyubi oleh Raynald de Chatillon. Kejadian ini dianggap mencederai genjatan senjata antara tentara Islam dan Pasukan Salib pada 1180. Permintaan ganti rugi dan pembebasan tawanan yang diajukan oleh Shalahuddin Al Ayyubi ditolak. Perang pun terjadi. Jumlah pasukan Islam meski tak sebanding yakni sebanyak 25 ribu personel sedangkan di pihak lawan ada 63 ribu, akan tetapi hasil akhir dimenangkan oleh pasukan Islam. Kota Yerusalem dan wilayah Aqsa ini berhasil direbut kembali.

Nikmati Kuliner Khas Yordania Yuk!

Disaat Sahabat Tour Aqsa berkunjung ke Yordania tentu tak lengkap rasanya saat Sahabat Tour Aqsa tak mencoba beragam kuliner khas yang ada disana. Terlebih masakan daerah Timur Tengah selalu dikenal dengan kelezatan cita rasa masakannya. Tentunya sayang sekali kan apabila Sahabat Tour Aqsa tak mencobanya. Karena itulah, selagi Sahabat Tour Aqsa berada di Yordania, yuk cobain ragam kuliner khasnya. Aneka ragam kuliner yang dapat Sahabat Tour Aqsa coba selama di Yordania antara lain :

  1. Mansaf

Salah satu makanan khas yang dapat Sahabat Tour Aqsa coba ketika berada di Yordania ialah Mansaf. Mansa ini merupakan salah satu makanan yang terbuat dari daging yang disajikan dengan roti dan nasi berempah. Pada umumnya mansaf ini disajikan di piring besar karena tujuannya memang untuk di makan dalam jumlah porsi besar. Tak hanya itu, ada pula kacang panggang serta saus yogurt yang membuat rasa makanan ini menjadi tambah nikmat. Makanan khas Yordania ini dapat Sahabat Tour Aqsa coba di beberapa tempat makan yang tersedia di Yordania.

  1. Teh dan kopi Bedouin

Tampaknya Sahabat Tour Aqsa sudah tak lgi asing dengan suku Bedouin. Suku Bedouin memangalah hidup dengan nomaden dan terkenal dengan keramahtamahannya. Meskipun mereka tinggal di lahan terjal dan berkelok – kelok, mereka tetap ramah kepada pendatang. Biasanya, mereka akan menyajikan teh wangi ke para pendaki. Nah, apabila Sahabat Tour Aqsa berkunjung ke Yordania, cobain deh minum teh bareng mereka.

  1. Zarb

Zarb merupakan salah satu makanan dari hasil racikan suku Bedouin loh.. Sebagai makanan yang dapat dimasak di api unggun gurun, zarb merupakan makanan yang dibuat dari daging berbumbu yang dicampur sayuran lalu dipanggang dalam tanah dan dikasih batu bara kemudian ditutupi pasir. Proses memasak ini rupanya dapat membuat daging terlepas sendiri dari tulangnya. Sahabat Tour Aqsa adpat mencobanya saat berunjung ke Wadi Rum.

  1. Fattet hummus

Hummus memang dapat dengan mudah ditemukan di beberapa negara, mulai dari dataran Arab sampai sebagian Eropa. Akan tetapi, hummus khas Yordania dapat dibilang memiliki keunikan tersendiri yang bikin kaget. Makanan khas ini terbuat dari buncis yang dihaluskan, kemudian dicampur dengan suwiran roti pita, tahini, kacang pinus dan minyak zaitun.

Menilik Indahnya Pesona di Yordania

Diantara banyaknya negara yang terkenal karena penduduknya mayoritas beragama Islam, Yordania adalah salah satunya. Negara Yordania ini menjadi Ssebuah negara yang aman dan ramah lingkungan serta memiliki ibu kota yang mempesona yang bernama Amman. Ternyata terdapat banyak fakta terkait negara tempat dimana Laut Mati atau Dead Sea berada ini. Inilah beberapa hal yang perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui tentang Yordania.

  1. Tentang Kotanya

Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa negara Yordania ini berbatasan dengan Arab Saudi di timur dan tenggara, Irak di timur laut, Suriah di utara dan Tepi Barat dan Israel di barat, berbagi kekuasaan atas Laut Mati. Diketahui bahwa Yordania ini memiliki luas daerah sekitar 35.637 mil persegi. Ibu kota dari negara Yordania ini ialah berada di kota Amman. Pesona indah di negara ini memiliki tingkat kejahatan yang tergolong rendah. Sehingga dapat dikatakan sangat aman apabila Sahabat Tour Aqsa memilih Yordania sebagai destinasi berlibur.

  1. Tentang Bahasa dan Agama

Perihal bahasa, masyarakat Yordania ini menggunakan bahasa Arab untuk bahasa resminya. Sedangkan untuk kepentingan de facto perdagangan dan perbankan serta pendidikan, negara ini menggunakan bahasa universal yakni bahasa Inggris. Akan tetapi, selain agama islam ada beberapa penduduk di negara Yordania ini ada pula yang menganut agama Kristen. Kelompok – kelompok ini di antaranya anggota Gereja Kuno dari Timur, Gereja Ortodoks Yunani Yerussalem dan lain sebagainya.

  1. Terkait Bentuk Pemerintahannya

Diketahui bahwa bentuk pemerintahan di Yordania ialah monarki konstitusional. Negara ini berdiri pada tahun 1921 dan diakui oleh Liga Bangsa – Bangsa sebagai negara dibawah mandat Britania pada tahun 1992 yang dikenal juga dengan Emirat Transyordania. Pada tahun 1946, Yordania bergabung dengan PBB sebagai negara yang merdeka dan kemudian resmi dikenal sebagai Kerajaan Hasyimiyah Yordania. Kerajaan Yordania ini dibagi menjadi dua belas provinsi yang dibagi lagi menjadi lima puluh empat departemen. 

  1. Serba – Serbi Penduduknya

Penduduk di negara Yordania ini diketahui memiliki penduduk sebanyak enam juta jiwa dari hasil sensus penduduk pada tahun 2010. Diketahui bahwa hampir 90% penduduknya orang – orang pribumi dan sisanya ialah warga negara asing dan para pekerja imigran. Sebagian besar masyarakat Yordania ini berasal dari keturunan Arab dengan Palestina dan Irak menjadi kelompok besar. Komunitas imigran ini yang cukup besar diantaranya ialah negara Mesir, Lebanon dan Suriah. Sedangkan untuk kelompok non-Arab ialah Armenia, Turkmans, Chechen dan Romanis.

  1. Tentang Ekonomi

Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa Yordania ini memiliki banyak industri yang bergerak dibidang pertambangan fosfat, penyulingan minyak bumi, semen, kalium dan farmasi. Sedangkan untuk pertaniannya banyak gandum, barley, jeruk dan tomat yang ditanam disini. Tak hanya itu, Yordania juga mengeskpor fosfat, pupuk, kalium, produk pertanian dan manufaktur. Diketahui bahwa Yordania ini memiliki perekonomian yang tumbuh dengan cepat. Pada tahun 2000, Yordania bergabung dengan Organisasi Perdagangan Dunia. Hal ini dilakukan dengan harapan untuk menumbuhkan perekonomian melalui reformasi dan peningkatan perdagangan. 

Itulah sekilas informasi terkait Tour ke Yordania yang dapat Sahabat Tour Aqsa jadikan tambahan informasi sebelum berangkat kesana. Tentunya sangat keren, asik dan menakjubkan kan? Yuk bagi Sahabat Tour Aqsa yang ingin mencoba berlibur ke Yordania bisa langsung mendaftar dengan menghubungi Satutours Travel ya.. Sampai jumpa di Yordania!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *