Tour Aqsa Desember 2022 Jakarta

Tour Aqsa Desember 2022 Jakarta

Hallo Sahabat Tour Aqsa, Sudah rindu jalan – jalan ke luar negri ini ? Sudah kangen dengan suasana jalan jalan di Bumi Para Nabi, Al Aqsa ? Setelah sekian lama adanya pelarangan perjalanan wisata ke luar negri karena pandemic covid – 19, Alhamdulillah saat ini mulai banyak pelonggaran, Hal ini dikarenakan mulai masifnya program vaksinasi pemerintah sehingga memungkinkan dibukanya kembali perjalanan ke Luar Negeri. Tidak lengkap rasanya jika sahabat Tour Aqsa tidak berkunjung ke Al – Aqsa. Masjid Al Aqsa Sendiri merupakan salah satu masjid diantara tiga tempat suci umat islam yang dianjurkan Nabi Muhammad Saw untuk dikunjungi. Hal ini ditengarai tidak hanya kawasan Mekkah dan Madinah saja yang lekat akan sejarah islam di masa lampau, akan tetapi, di Al – Aqsa ini juga terdapat banyak sekali jejak peristiwa islam yang dibuktikan dengan adanya beberapa bangunan yang sangat kaya akan cerita bersejarah di dalamnya. Beberapa bangunan yang berada di Al – Aqsa ini menjadi saksi bisu sejarah islam disana. Bahkan banyak pula nabi yang memiliki kisah di tanah Aqsa ini. Tak hanya Nabi saja yang memiliki kisah istimewa di tanah Aqsa ini. Namun, ada pula tokoh – tokoh islam terkemuka yang kisah hidupnya melibatkan Al – Aqsa di dalamnya, salah satunya ialah Al – Ghazali yang telah melahirkan karya terbesarnya di tanah Aqsa. Sebagai muslim yang ingin menyelami sejarah islam dengan melakukan perjalanan spiritual Pastinya Sahabat Tour Aqsa ingin merasakan berkunjung ke Al – Aqsa untuk melihat bangunan – bangunan yang penuh kisah tersebut kan? Apabila Sahabat Tour Aqsa ingin merasakan berkunjung ke tanah Aqsa yang penuh berkah ini, Sahabat Tour Aqsa dapat mendaftar paket Tour Aqsa di Satutours Travel. Sahabat Tour Aqsa pun dapat pula mendaftar paket Tour Aqsa Jordan Mesir untuk menikmati kunjungan ke tiga kawasan sekaligus. Bagi Sahabat Tour Aqsa yang ingin mencari info lebih lanjut seputar Tour Aqsa Desember 2022 Jakarta dan Tour masjidil Aqsa, yuk coba simak informasi berikut ini.

Rencanakan Tour Aqsa Desember 2022

Bagi Sahabat Tour Aqsa yang hendak berkunjung ke Aqsa untuk berlibur pastinya sangat ingin memaksimalkan wisata sekaligus ibadah di masjidil aqsa, agar lebih maksimal maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan, secara umum ketika berwisata pada umumnya kita menentukan destinasi yang hendak dikunjungi, mempertimbangan akomodasi mulai dari transportasi hingga penginapan, menyiapkan biaya perjalanan, menyiapkan dokumen – dokumen yang diperlukan, menyiapkan perlengkapan baik berupa sandang serta keperluan elektronik lainnya dan jangan lupa memastikan daya tahan fisik ya sahabat tour aqsa.

Sepuluh Bukti Sejarah Yang Terpampang di Al Aqsa

Sahabat Tour Aqsa pasti sudah mengetahui bahwa agama islam ini memiliki sejarah tak hanya di satu wilayah saja, akan tetapi di berbagai wilayah di bumi ini. Tak terkecuali kawasan Al – Aqsa. Di kawasan Al – Aqsa Sahabat Tour Aqsa dapat menemui berbagai bangunan menarik, penuh pelajaran spiritual dan sejarah yang menjadi saksi bisu terjadinya peristiwa penting disana. Tak heran, jika umat muslim sangat mencintai tempat ini dan sangat melindungi tempat ini agar tidak jatuh di tangan orang orang israel yang kerap melakukan agresi. Bagi Sahabat Tour Aqsa yang ingin mengetahui informasi seputar bangunan peninggalan bersejarah di Al – Aqsa, berikut lebih jelasnya.

  1. Mimbar Sang Pembebas Aqsa

Keunikan tersendiri dan rahasia yang aneh dimana mimbar ini berisi lebih dari 3.568 potongan kayu tanpa ada paku yang ditancapkan padanya. Mimbar tersebut dibangun atas perintah Nur al-Din, raja di Aleppo pada 1168 M untuk ditempatkan di Masjid Al-Aqsa setelah menaklukkan kota tersebut, sebagai hadiah atas keberhasilan salahudin al alyubi. Jika ditelisik lebih jauh, asalnya mimbar ini bukanlah dari palestina melainkan Mimbar ini dibuat di Damaskus oleh perajin paling terampil dan bahan mimbar ini terbuat dari kayu bertatahkan gading dan eboni serta memiliki gerbang yang menjulang. sebagai hadiah untuk Shalahuddin Al Ayyubi. Hadiah ini dipersembahkan karena Shalahuddin berhasil membebaskan Palestina dari Israel.

  1. Masjid kokoh walau diserang berkali – kali, Al Jami’ Al Qibli

Di al aqsa sendiri terdapat beberapa komplek masjid, Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa Masjid Al Qibli ini salah satu masjid yang berada di komplek al aqsa, secara lokasi berada di bagian selatan kompleks Masjidil Aqsa dan menjadi salah satu bangunan utama di kawasan Al Aqsa ini. Ciri yang paling menonjol dari Bangunan masjid Al – Qibli ini terdapat kubah timah yang berwarna keabu – abuan.

  1. Saksi bisu perjalanan berkecapatan cahaya, Masjid Buraq

Masjid buraq ini masuk di dalam komplek al aqsa dimana secara ukuran termasuk Salah satu yang cukup kecil, letaknya berada di sudut barat daya kompleks Masjidil Aqsa. Menurut beberapa sumber di lokasi inilah yang dipercaya sebagai tempat Nabi Muhammad Saw turun dari Buraq yang dikendarainya pada saat peristiwa Isra’ Mi’raj. Terdapat sebuah Dinding tempat Buraq berhenti dan dinding tersebut diberi nama Buraq Wall. Sebutan lain tembok tersebut adalah tembok yang dikenal kini sebagai Tembok Barat.

Ditempat ini juga orang orang yahudi biasa melakukan ibadah. Oleh karenanya Orang Yahudi menyebutnya dengan nama Tembok Ratapan karena orang yahudi percaya bahwa itu merupakan satu – satunya tanda yang tersisa dari Kuil Herodian yang sakral.

  1. Tempat suci dua agama, Dome of Rock atau Qubbatus Sakhrah

Qubbatus Sakhrah dikenal sebagai Dome of Rock atau Kubah batu memiliki struktur bangunan berbentuk persegi delapan secara posisi letaknya berada di tengah kompleks Masjidil Aqsa. Meskipun disebut kubah batu namun secara warna kubahnya berwarna ke emasan olehkarenanya Masjid yang dikenal dengan kubah berwarna emas. Di masjid ini diyakini menyimpan tapak batu yang dijadikan pijakan Nabi Muhammad Saw pada saat peristiwa Isra’ Mi’raj. kubah emas ini merupakan kubah pertama yang dibangun dalam sejarah Islam. Kemudian Masjid tersebut dibangun kembali oleh Khalifah Umayyah Abdul Malik bin Marwan. Setelah itu kubahnya diberi tambahan lapisan emas saat Kekaisaran Ottoman berkuasa.

  1. Tsawiyah Syarqiyah, Kini Musholla Al – Marwani

Sebelumnya dikenal dengan nama Taswiyah Syarqiyah (Pemerataan Tanah Bagian Timur). Dinamakan demikian karena memang, ketika di bangun pada masa Dinasti Umawiyah

Pada masa dikuasai tentara salib, Musala Marwani dijadikan sebagai kandang kuda hingga Shalahuddin Al-Ayyubi membebaskan Masjid al-Aqsa, beliau mengembalikan Mushala ini ke fungsi asalnya sebagai tempat pemerataan sisi utara dan selatan masjid serta sebagai tempat penyimpanan.

  1. Bangunan Dengan Serambi Cantik, Qubbah Shakhra

Qubbah Al – Silsilah, salah satu bangunan di komplek al Aqsa. Bangunan ini secara lokasi terletak beberapa meter di sebelah timur Qubbah Shakhra (Kubah Batu). Pemabangunan Qubbah al-Silsilah ini dibangun pada zaman Kekhalifahan Bani Umayyah, Abdul Malik bin Marwan (65-68 H/507-685 M). secara struktur bangunan, Bangunan ini dikelilingi oleh serambi yang terdiri dari 11 segi dan berada diatas 11 tiang yang kokoh sebagaimana mihrab yang berada di atasnya. Pemberian nama Qubbah al-Silsilah yang berarti Kubah Rangkaian, karena adanya rangkaian cahaya yang tergantung di dalamnya serta bisa dilihat dari luar. Rangkaian cahaya ini tergantung antara langit dan bumi.

  1. Menara Gerbang Silsilah

Pintu menara ini menghadap ke jalan yang mencakup banyak sekolah Islam tua Gerbang ini dibangun kembali pada masa pemerintahan al-Muammad Isa pada 1200. Menara Gerbang Silsilah merupakan bangunan yang letaknya berada diantara gerbang Silsilah dan madrasah Al Asyrafiyah, tepatnya di bagian barat kompleks Masjidil Aqsa. Gerbang Menara Silsilah ini dibangun pada masa Sultan Al Nashir Muhamamd bin Qalawan atas perintah dari Sultan Al Malik yakni pemimpin sebelumnya.

  1. Qubbah Mi’raj

Salah satu kubah di komplek al Aqsa, Kubah kecil dan dengan struktur bebas tersendiri yang dibangun disebelah utara Kubah Shakhrah di wilayah Kompleks al-Haram di Kota Lama Yerusalem. Menurut kepercayaan umat Muslim, tempat yang sekarang dibangun sebagai kubah ini merupakan tempat dimana Nabi Muhammad naik ke langit (mi’raj) dalam peristiwa terjadinya “Perjalan malam,. Di pintu masuk utama bangunan Qubbah Mi’raj ini terdapat prasasti yang menerangkan sejarah pembangunan bangunan ini.

  1. Qubbah Nahwiyah

Qubbah Nahwiyah yang juga dibangun di masa Al Ayubiyah. Kubah an-Nahwiyah berada di sebelah barat daya dari pelataran ash-Shakhrah. Dibangun oleh al-Malik Syarafuddin Abu Mansur Isa al-Ayyubi pada tahun 604 H./1207 M. sebagai tempat untuk pendidikan dan pengajaran ilmu sharaf dan nahwu. Nama kubah ini dinisbatkan dengan fungsinya.

Bangunan ini terdiri dari 3 ruang di dalamnya, dan di salah satu ruang sebelah barat terdapat kubah diatasnya. Pintu masuknya menghadap ke utara. Ketika tentara Inggris menjajah, kubah ini berubah menjadi perpustakaan. Kini, bangunan kubah telah menjadi kantor pengadilan agama tingkat banding yang merupakan bagian dari kantor pengadilan agama di al-Quds.

  1. Salah Satu Menara Tertua Masjidil Aqsa, Menara Al Mughrabi

Menara atau gerbang Pintu ini merupakan salah satu gerbang tertua dan terpenting dari Masjid Al Aqsa, dan berbatasan dengan Tembok al-Buraq, yang oleh orang Israel disebut Tembok Ratapan. Gerbang ini mengambil namanya dari “Masjid al-Mughrabi” di sebelahnya, yang terletak di dalam Masjid Al Aqsa, dan juga ke al-Maghribi Quarter di luarnya.  Itu adalah lingkungan di mana mujahidin Maroko yang bergabung dengan Salahuddin telah menetap, dan raja terbaik, Ibn Salahuddin, membuatnya berdiri di atas mereka. Dan setelah pendudukan Yerusalem pada 1967, pendudukan tersebut mengusir mereka dari rumah mereka dan mengusir mereka dari mereka Menara Al Maghoribah merupakan salah satu bangunan di kawasan Masjidil Aqsa yang letaknya di bagian barat daya. Bangunan Menara Al Maghoribah yang berdiri dengan megah dan cantik ini dibangun oleh Hakim Syarifuddin Abdurrahman bin Al Shahib. Ketika Sahabat Tour Aqsa berada di Aqsa, mampir yuk!

Berencana Wisata ke Aqsa? Siapkan Ini!

  1. Membuat Mark Point Destinasimu

Al Aqsa sendiri berada di dalam wilayah Negara Palestina yangmana sebuah negara di Timur Tengah antara Laut Tengah dan Sungai Yordan. Status politiknya masih dalam perdebatan. Sebagian besar negara di dunia termasuk negara-negara anggota OKI, Liga Arab, Gerakan Non-Blok, dan ASEAN telah mengakui keberadaan Negara Palestina. Luas wilayah negara palestina memang semakin susut, saat ini luasnya sekitar 6.020 km². Tempat ini banyak sekali sejarahnya, bahkan sejarah agama agama besar berada disini, mulai dari agama kristen, agama yahudi dan tentunya agama islam. Oleh karenanya sahabat Tour Aqsa jangan kaget ketika di sekitar komplek masjidil aqsa ada beberapa pemukiman beberapa pemeluk agama tersebut. Ini nih ada beberapa tempat yang menjadi icon al aqsa, Masjid Al-Aqsa merupakan salah satu tempat suci bagi umat muslim, dan juga jadi yang tertua kedua di dunia.

Pertama Khan El-Umdan termasuk tempat yang dilindungi sekaligus situs warisan dunia, dengan menara jam ikonik di pintu masuk utama. Kedua, Istana Hisyam yang estetik terletak di gurun pasir dan menjadi salah satu tujuan wisata terpopuler di Palestina. Ketiga, Mar Saba merupakan biara Ortodoks Yunani, yang saat ini dianggap sebagai salah satu biara berpenghuni tertua di dunia. Keempat, Belameh, peninggalan zaman perunggu, merupakan tempat favorit para pecinta sejarah yang berada di barat laut Jenin. Kelima, Kota Hebron mewakili semangat para wanita yang berkontribusi selama serangan Israel, karena tempat ini menjadi pusat ekonomi dan perdagangan. Keenam, The Nativity Church merupakan gereja tertua, sekaligus situs pertama Palestina yang masuk daftar Warisan Dunia UNESCO. Ketujuh, Kota Tua Yerusalem terdiri dari beberapa bagian, seperti kawasan Kristen yang berada di barat laut dan kawasan muslim di timur laut kota tua. Kedelapan, Deir Ghassaneh merupakan desa kecil yang dipenuhi rumah batu

  1. Mengalokasikan Biaya Perjalanan wisata

Tak berhenti sampai mengetahui tujuan mana saja yang hendak disinggahi, selanjutnya Sahabat Tour Aqsa perlu memperkirakan biayanya ya agar tak lebih siap dalam melaksanakan liburan. Bersama satutours Sahabat Tour Aqsa bisa berkonsultasi dan akan diupayakan sebisa mungkin jangan sampai biaya yang Sahabat Tour Aqsa anggarkan untuk liburan bersama keluarga membengkak melebihi anggaran yang telah ditentukan. Salah satu upaya untuk mencegah pembekakan biaya pada saat liburan adalah tak memaksakan untuk pergi ketempat wisata yang melebihi budget Sahabat Tour Aqsa.

  1. Merencanakan Akomodasi yang digunakan

Menentukan tempat yang akan Sahabat Tour Aqsa tuju dengan membuat daftar tempat wisata yang akan dikunjungi merupakan cara untuk mengoptimalkan waktu secara efesien dan efektif  agar tak banyak waktu yang terbuang serta untuk efesiensi biaya sahabat satutours bisa meenetukan jenis akomodasi yang hendak dipilih. Mulai jenis pesawat beserta kelasnya, tipe hotel yang dipilih dan tempat makan yang dijadikan singgah. Jika sahabat pergi ke al aqsa bersama satutours maka sahabat akan diberi fasilitas yang nyaman yakni berupa hotel bintang empat atau lima dan pergi menggunakan pesawat etihad airliness.

  1. Mempersiapkan Data Diri

Mempersiapkan dokumen penting menjadi salah satu hal yang amatlah penting. Karena ini untuk mengurus keberangkatan serta persyaratan administrasi akomodasi. Dokumen ini berguna pada saat Sahabat Tour Aqsa melakukan kepengurusan visa atau paspor, pemesanan hotel, adanya pemeriksaan atau operasi yustisi dan lain-lain. Bagi  Sahabat Tour Aqsa yang hendak berlibur ke luar negeri, kelengkapan data seperti Pasport dan  Visa otomatis harus dilengkapi. Karena jika tak lengkap maka akan dikira masuk negara lain secara illegal. Pastinya tak mau itu terjadi kan?

  1. Mempersiapkan Segala Kebutuhan Keberangkatan

Satu hal yang pasti tak dilewatkan oleh Sahabat Tour Aqsa ialah mempersiapkan segala kebutuhan untuk keperluan berlibur. Meliputi perlengakapan pakaian pribadi, perlengkapan elektronik seperti kamera, hand phone. Serta juga bagi peserta yang memerlukan obat obatan khusus maka maka baiknya disiapkan pula. jangan sampai barang yang benar – benar Sahabat Tour Aqsa butuhkan malah tertinggal. Apabila memang diperlukan buatlah daftar barang – barang yang dibutuhkan selama berlibur nanti, hal ini menghindari barang keperluan Sahabat Tour Aqsa tertinggal.

Kenali Aneka Kuliner di Aqsa Yuk!

Berwisata tanpa menikmati kuliner setempat merupakan hal yang kurang lengkap, seperti pada tempat umumnya. Al Aqsa Sendiri memiliki kuliner khas tersendiri yang membuat lidahmu sesekali kerinduan untuk segera balik lagi. Rasa, bentuk dan aromanya yang khas itulah menjadikan makanan di setiap tempat wisata menjadi enak dan bahkan biasanya beda cita rasanya sekalipun Sahabat Tour Aqsa membelinya di daerah asalmu sendiri. Apa saja makanan khas dari daerah palestina, yuk simak dan jadikan makanan buruanmu ketika disana.

  1. Musakhan

Musakhan berupa ayam panggang dan bumbu bawang yang dikaramelisasi. Disajikan di atas roti taboon yang dicelupkan ke dalam minyak zaitun. Secara warna kecoklatan dan diberi beberapa taburan khusus yang membuat selera makan menjadi meningkat. Jika Sahabat Tour Aqsa sudah berada di Aqsa, boleh nih cobain kuliner Musakhan ini.

  1. Makdous

Makdous merupakan terung difermentasi dengan minyak zaitun. Diberi isian campuran paprika merah panggang, bawang putih, kenari, dan garam. rasanya gurih sedap yang sangat memanjakan lidah. Setibanya di Aqsa, Sahabat Tour Aqsa dapat langsung mencari untuk mencicipinya.

  1. Mujaddara

Mujaddara, Terbuat dari campuran nasi dan kacang lentil, beraroma bawang bombay dan minyak zaitun. ini cocok untuk Sahabat Tour Aqsa yang vegetarian karena ini murni sayutan tanpa daging. Agar Sahabat Tour Aqsa tak penasaran, saat berada di Aqsa jangan lupa untuk coba ya!

  1. Labneh

Labneh merupakan yoghurt khas Palestina. Teksturnya bervariasi, ada yang lembut hingga padat. warnanya seperti yogurth pada umumnya, putih. Rasanya relatif lebih ringan dan sedikit asin. ini cocok untuk makanan penutupmu. Bagi Sahabat Tour Aqsa yang gemar menyantap yogurt, wajib banget nih cobain yogurtnya.

  1. Qidreah

Qidreh merupakan nasi campur yang dilengkapi daging domba atau ayam, buncis, dan kaldu. Sekilas, makanan ini mirip dengan nasi kebuli / biriani. namun memiliki khas sendiri ala palestina. Saat Sahabat Tour Aqsa berada disana, cobalah cari kuliner yang satu ini.

  1. Shakshouka

Shakshouka terbuat dari kombinasi telur rebus dan saus tomat pedas. Biasanya diolah di dalam wajan, diberi tomat, bawang bombay, dan rempah.tekstur dan rasanya juusy banget, lembut dan sedap. Sahabat Tour Aqsa bisa coba nih saat berkunjung ke Aqsa

Tak terasa sudah dipenghujung bacaan, Demikianlah informasi seputar Tour Aqsa Desember 2022 Jakarta bagi Sahabat Tour Aqsa yang berencana untuk berlibur ke Al Aqsa. Sebisa mungkin persiapkanlah rencana Sahabat Tour Aqsa dengan matang agar rencana keberangkatan berlibur Sahabat Tour Aqsa dapat segera terlaksana. Oh iya jika Sahabat Tour Aqsa menemukan kendala dalam menyusun  rencana liburan, Sahabat Tour Aqsa bisa juga lo berkonsultasi gratis pada tim Satutours Travel, ekspert tour yang berpengalaman dan professional yang siap mendampingimu agar liburanmu ke al aqsa menjadi maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *