Tour Aqsa 2022 Jakarta

Tour Aqsa 2022 Jakarta

Menjelajahi bumi Aqsa merupakan keinginan seluruh umat muslim yang tersebar luas di seluruh dunia. Tentunya hal ini bukan tanpa alasan. Akan tetapi ada alasan luar biasa yang menjadikan Al Aqsa menjadi daya tarik umat muslim untuk mengunjunginya. Sahabat Tour Aqsa pun tampaknya sudah mendengar terkait kisah tanha Aqsa yang menyimpan beragam peristiwa yang bermakna bagi umat islam. Hal demikianlah juga yang membuat Al Aqsa disebut sebagai tanah yang istimewa dan negeri yang penuh berkah. Di Al Aqsa masih terpampang dengan jelas bukti – bukti peristiwa di masa lampau, salah satunya ialah masih berdirinya bangunan kokoh yang menjadi saksi bisu beragam peristiwa yang telah terjadi. Meskipun jika dilihat sekilas hanya bangunan yang tertinggal, namun jejak kisah yang tak tergambar dan dapat dirasakan dalam bentuk hawa sekitar amat terasa bahwa Al Aqsa ini merupakan negeri yang penuh berkah. Tak heran apabila Nabi Muhammad Saw menganjurkan pula kepada umat muslim untuk berkunjung ke Masjidil Aqsa. Saat berkunjung ke Masjidil Aqsa pun tak hanya sekedar berkunjung saja. Akan tetapi, Sahabat Tour Aqsa akan mendapatkan wawasan tambahan yang bisa Sahabat Tour Aqsa rasakan langsung. Dan juga Sahabat Tour Aqsa dapat meraup pahala yang berlipat ganda karena bisa beribadah di Masjidil Aqsa. Tentunya dengan istimewanya Al Aqsa ini amat menarik minat Sahabat Tour Aqsa sekalian untuk berkunjung ke Al Aqsa kan? Sahabat Tour Aqsa tak perlu khawatir, karena Sahabat Tour Aqsa dapat mendaftarkan diri untuk berlibur dengan paket Tour Aqsa maupun Tour Aqsa Jordan Mesir bersama Satutours Travel. Bagi Sahabat Tour Aqsa yang ingin mempersiapkan untuk mendaftar Tour Aqsa 2022 Jakarta dan ingin mendapatkan informasi lebih lanjut seputar Tour masjidil Aqsa, yuk simak informasi berikut ini.

Berada di Kawasan Masjidil Aqsa? Mampir ke Tempat Sholat Ini Yuk!

Pada saat Sahabat Tour Aqsa berkunjung ke Aqsa dan sedang berada di kawasan Masjidil Aqsa, tentunya tak lengkap apabila Sahabat Tour Aqsa tak menunaikan sholat. Terlebih pelaksanaan sholat di Masjidil Aqsa ini mendapatkan pahala yang berlipat ganda, lain halnya dengan masjid pada umnya. Luar biasa kan? Nah, pada saat Sahabat Tour Aqsa berada di kompleks Masjidil Aqsa dan ingin melaksanakan sholat, ini terdapat beberapa tempat yang dapat Sahabat Tour Aqsa pilih untuk menunaikan syahdunya sholat di Aqsa.

  1. Al Qibli

Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa Al Qibli menjadi bagian paling inti di kawasan Masjidil Aqsa untuk pelaksanaan shalat disana. Alasan penamaan Al Qibli ialah dikarenakan bangunan ini yang paling dekat dan menunjuk langsung ke arah kiblat. Masjid yang ciri khasnya berkubah warna abu – abu ini didirikan pada masa Kekhalifahan Umar bin Khattab, diperluas di masa Khalifah Abdul Malik bin Marwan dan beberapa Khalifah setelahnya. Luar biasanya Masjid Al Qibli ini ialah mampu untuk menampung hingga 5500 jama’ah shalat.

  1. Masjid Qubbatus Shakhrah

Tentunya Sahabat Tour Aqsa nampaknya tak asing lagi perihal masjid dengan kubah emasnya yang berada di Aqsa. Masjid dengan kubah emas inilah yang juga disebut dengan Masjid Qubbatus Shakhrah. Pembangunan Masjid ini diawasi oleh arsitek yang merupakan seorang Tabi’in bernama Raja’ bin Haiwah Al Kindi. Masjid Qubbatus Shakhrah ini menjadi salah satu bangunan arsitektur Islam yang paling istimewa sepanjang zaman. Masjid inilah yang menjadi ikon utama Al Aqsa karena warna dan bentuknya yang paling menonjol. Menurut informasi dan sejarah yang beredar masjid ini didirikan di atas batu tempat Nabi Muhammad Saw berpijak sebelum naik ke langit untuk menjalankan perintah dari Allah.

  1. Masjid Al Qadīm

Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa bangunan yang satu ini terletak di bawah Jami’ Al Qibli. Pada mulanya dibangun sebagai tempat masuknya keluarga kekhalifahan apabila hendak melaksanakan shalat di Masjidil Aqsa. Pintu masuk pada bangunan ini berada di selatan Jami Al Qibli dan ternyata masjid ini dulunya tersambung langsung dengan “qushur al malaki” (komplek istana) Dinasti Umayyah yang dibangun dekat Al Aqsa. Diketahui bahwa masjid ini hanya dapat menampung sebanyak 500 jamaah. Bangunan ini sempat ditutup hingga pada akhirnya pada tahun 1998 dibuka kembali setelah dibersihkan.

  1. Musholla Al Marwani

Meskipun bangunan Musholla Al Mawarni ini tak tampak seperti masjid apabila dilihat dari luar, akan tetapi ternyata justru ini bangunan beratap yang menampung banyak jama’ah yang cukup banyak sekitar ribuan orang. Jalan masuk ke musholla Al Mawarni ini pun terbilang unik, karena Sahabat Tour Aqsa seperti diajak ke ruangan bawah tanah. Memang sebenarnya musholla Al Mawarni ini bangunan beratap yang paling luas di komplek Al Aqsa dan bahkan lebih luas dari Masjid Al Qibli. Pada jaman dahulu saat Palestina dijajah oleh pasukan Salib, musholla Al Mawarni ini digunakan untuk kandang kuda dan gudang keperluan tentara. Pada saat ini Musholla Al Mawarni ini disebut dengan Solomon’s Stables.

  1. Masjid Al Buraq

Masjid Al Buraq ini letaknya menempel dengan dinding Al Buraq yakni lokasi yang dipercaya sebagai tempat Nabi Muhammad Saw mengikat Buraq pada saat Nabi Muhammad Saw melakukan perjalanan Isra Mi’raj dan singgah di Al Aqsha untuk mengimami para nabi dan rasul. Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa bangunan ini sudah sangat tua karena dibangun di era Kekhalifahan Umayyah. Dinding Al Buraq sekarang sedang dalam konflik karena zionis meyakini bahwa dinding itu merupakan bagian dari Haikal Sulaiman.

  1. Masjid Al Magharibah

Bangunan Masjid Al Magharibah saat ini ditetapkan oleh Majlis Islami Al A’la sebagai museum tempat menyimpan peninggalan Masjid Al Aqsa yang bersejarah. Bangunan Masjid Al Magharibah ini dibangun pada masa kepemimpinan Shalahuddin Al Ayyubi pada tahun 1193 M, masjid ini terletak di dekat Masjid Al Buraq. Di tempat ini pula Sahabat Tour Aqsa dapat melihat sisa – sisa mimbar Nuruddin Zanki yang terbakar karena serangan ekstremis Yahudi pada tahun 1969.

  1. Masjid An Nisa

Banyak dari Sahabat Tour Aqsa yang tak mengetahui bahwa Masjid An Nisa berada di sebelah selatan komplek Masjidil Aqsa dan berdampingan langsung dengan Masjid Al Qibli. Masjid An Nisa ini didirikan atas perintah Shalahuddin Al Ayyubi setelah membersihkan Al Aqsa dari jajahan Pasukan Salib. Mulanya, tempat ini ialah ruang makan prajurit kavaleri pasukan salib. Kemudian Shalahuddin Al Ayubbi memerintahkan pembersihan tempat ini dan dijadikan mushalla khusus bagi wanita.

Ragam Istimewanya Tanah Aqsa Berdasarkan As Sunnah

Tak bisa dipungkiri bahwa Al Aqsa ini memanglah wilayah yang istimewa dan keistimewaannya pun dijelaskan di dalam Al Qur’an dan Hadist. Salah satu yang disebutkan ialah bahwa keistimewaan Masjidil Aqsa ialah menjadi salah satu menjadi bangunan yang sangat penting bagi umat Islam. Sahabat Tour Aqsa hendaknya memahami bahw tiga masjid yang dianjurkan untuk berziarah salah satunya ialah Masjidil Aqsa, setelah Masjidil Haram dan masjid Nabawi. Di masjid masjid tersebutlah umat Islam yang sholat didalamnya akan dilipatkan pahalanya, hal ini yang menjadi salah satu dari keistimewaan yang luar biasa. Apa saja kesitimewaan Al Aqsa berdasarkan hadis? Berikut lebih jelasnya!

  1. Kesitimewaan Yang Pertama

Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa di dalam hadist terdapat hal – hal yang menjelaskan tentang keistimewaan Masjidil Aqsa. Keistimewaan ini tergambar jelas dan tertera dalam sabda Rasulullah Saw  yang artinya ” Tidaklah kendaraan dipacu (menuju suatu tempat) selain ke tiga masjid; masjidku ini, Masjidil Haram, dan Masjidil Aqsa.” (HR.Bukhari dan Muslim) Perihal merencanakan untuk melakukan perjalanan menuju tiga masjid ini, umat muslim menyepakati anjuran berziarah ke Masjid Al Aqsa untuk ibadah yang telah disyariatkan. Antara lain seperti sholat, doa, dzikir, membaca Al Quran, i’tikaf, dan berpuasa di sana. Keistimewaan Masjidil Aqsa juga dijelaskan pada hadist – hadist terkait dilipatgandakannya pahala jika sholat didalamnya. Apabila Sahabat Tour Aqsa sholat di Masjidil Haram pahala dilipatkan 100 ribu kali lipat, di Masjid Nabawi nilainya seperti 1000 kali sholat dan di Masjid Al Aqsa nilainya sama seperti 500 kali sholat. Seperti itulah Allah SWT menempatkan Masjid Al Aqsa diurutan ketiga setelah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi dengan melipatgandakan pahala sholat didalamnya.

  1. Kesitimewaan Yang Kedua

Masjid Al Aqsa memang menjadi masjid kedua yang didirikan di bumi setelah Masjidil Haram. Berdasarkan riwayat dari Abu Dzar r.a, ia berkata, ” Aku bertanya kepada Rasulullah SAW tentang masjid pertama yang diletakkan di bumi ? Beliau menjawab,’Masjidl Haram.’ Aku bertanya. ‘Lalu (masjid) apa ?’ Beliau menjawab, ‘Masjidil Aqsa.’Aku bertanya,’Berapa (lama rentang waktu) di antara keduanya?’ Beliau menjawab, ‘Selama empatpuluh tahun. Setelah itu, bumi adalah masjid bagimu. Maka dimana saja sholat menjumpaimu, sholatlah.’ ” Ditambahkan dalam riwayat Bukhari : “Karena keutamaan ada didalamnya.” [HR. Bukhari, Muslim, dan Nasai].

  1. Kesitimewaan Yang Ketiga

Istimewanya Masjidil Aqsa selanjutnya ialah Nabi Musa AS pernah berdoa perihal Tanah Suci. Hal ini dikarenakan salah satu diantara bentuk pengagungan Musa terhadap tanah suci dan Baitul Maqdis adalah dengan cara memohon kepada Allah saat menjelang wafat agar didekatkan ke sana. Imam Bukhari meriwayatkan di dalam kitab shahihnya yang artinya : “Musa kemudian memohon kepada Allah agar didekatkan ke tanah suci sejauh lemparan batu. Andai aku berada di sana, tentu aku memperlihatkan makamnya kepada kalian. (Makamnya berada di) sisi jalan di bawah bukit merah.”

  1. Kesitimewaan Yang Keempat

Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa Nabi Muhammad Saw pernah bersabda di dalam hadist shahih riwayat Tirmidzi dan Ahmad dari Zaid bin Tsabit, bahwa ia berkata,”Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, ‘Oh baiknya Syam! Oh baiknya Syam !’ Mereka (para sahabat) berkata, ‘Wahai Rasulullah! Kenapa engkau memuji Syam?!’ Beliau menjawab,’Malaikat-malaikat itu tengah membentangkan sayap-sayap mereka (menaungi) Syam.’ “ 

  1. Keistimewaan Yang Kelima

Seluruh umat muslim pun mengetahiu salah satu keistimewaan Masjidil Aqsa ini yakni menjadi tempat Isra’ Nabi Muhammad Saw sekaligus tempat Nabi Muhammad Saw naik ke langit untuk memenuhi perintah Allah Swt. Imam Muslim meriwayatkan dalam kitab shahihnya, dari Anas bin Malik r.a, beliau berkata, ” Buraq didatangkan kepadaku -ia adalah hewan tunggangan berwarna putih dan panjang, lebih besar dari keledai dan lebih kecil dari baghal. Ia meletakkan kuku kakinya di sejauh mata memandang. Beliau berkata, ‘Aku kemudian menungganginya hingga aku tiba di Baitul Maqdis.’ Beliau berkata, ‘Aku mengikatnya di rantai tempat para Nabi mengikat (hewan-hewan tunggangan mereka).’Beliau berkata,’Setelah itu aku masuk ke dalam Masjid, lalu sholat dua rakaat di dalamnya. Setelah itu aku keluar, lalu Jibril a.s datang kepadaku dengan membawa sebuah bejana berisi khamr dan sebuah bejana berisi susu. Aku memilih susu, lalu Jibril a.s berkata, ‘Kau memilih fitrah.’Setelah itu ia membawaku naik ke langit’.” 

  1. Kesitimewaan Yang Keenam

Keistimewaan Masjidil Aqsa yang paling dikenang ialah pernah menjadi kiblat pertama umat Islam sebelum dialihkan ke Masjidil Haram. Imam Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Barra’ bin Azib r.a, ia berkata, “Kami sholat bersama Rasulullah SAW (menghadap) ke arah Baitul Maqdis selama enam belas atau tujuh belas bulan, lalu setelah itu kami beralih ke arah Ka’bah.”

  1. Kesitimewaan Yang Ketujuh

Diketahui bahwa sebagian besar mufassir dan para ulama, diantaranya Qurthubi dan Ibnu Jauzi sepakat dengan penafsiran firman Allah dalam surat Qaf ayat 41 yang artinya “Dan dengarkanlah(seruan) pada hari (ketika) penyeru (malaikat) menyeru dari tempat yang dekat,” Hal ini menjelaskan bahwa Israfil berdiri di atas Sakhrah Baitul Maqdis dan menyeru manusia,“Kemarilah untuk perhitungan amal.” Demngan demikian, awal mula perhimpunan dimulai dari sana, seperti disebutkan dalam Musnad Imam Ahmad; dari Maimunah binti Sa’ad, maula Rasulullah SAW, bahwa ia berkata, “Wahai Nabi Allah! Berilah kami penjelasan tentang Baitul Maqdis.’ Beliau bersabda,'(Baitul Maqdis adalah) bumi perhimpunan dan kebangkitan’.” Sebagian umat muslim ada yang berlebihan dalam mengkhultuskan shakhrah. Ibnu Taimiyah menjelaskan bahwa mengkhultuskan Shakhrah termasuk bid’ah dan tak ada nash yang secara jelas mengkhultuskannya. Sebagian orang mengira Shakhrah menempel, padahal tidak seperti itu. Demikian seperti dituturkan Ibnu Taimiyah Yang benar, Shakhrah terletak di dalam gua, sehingga pada saat ada yang masuk kedalamnya ia mengiranya menempel.

  1. Kesitimewaan Yang Kedelapan

Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa banyak dari kalangan sahabat Nabi Muhammad Saw, ulama serta orang – orang shalih berkunjung ke Baitul Maqdis dan melaksanakan sholat di halamannya sebagai wujud doa Nabi Muhammad Saw untuk itu. Di antara sahabat yang pernah berkunjung ke Baitul Maqdis antara lain Salman Al farisi, Umar bin Khathab, Abu Ubaidah Amir bib Jarrah, Ummul Mukminin Shafiyah binti Huyai istri Nabi SAW, Muadz bin Jabal, Abdullah bin Umar, Khalid bin Walid, Abu Dzar Al Ghifari, Abu Darda’, Amr bin Ash, Sa’id bin Zaid.

Liburan Lancar Tanpa Hutang? Begini Caranya!

Pergi berlibur untuk melepas segala kejenuhan memang menjadi hal yang sangat diminati oleh seluruh kalangan. Mulai dari anak – anak hingga dewasa amat menikmati liburan yang dijalani. Terlebih saat ini banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Bahkan, tak sedikit yang memilih hidup irit agar demi bisa melakukan liburan ke tempat impian. Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa presentasen sebesar 50% dari 100 responden milenial mengaku menyisihkan uang dan hidup hemat untuk membiayai keinginan jalan – jalan. Tak hanya itu, 44% responden secara terbuka mengaku rela berhutang untuk dapat menjalankan nikmatinya pergi berlibur. Saat ini memanglah banyak pilihan yang dapat memudahkan Sahabat Tour Aqsa sekalian. Tak hanya bisa memanfaatkan fasilitas kartu kredit, bahkan beberapa situs jalan – jalan juga menawarkan fasilitas pay later atau bayar kemudian. Pay later merupakan layanan pinjaman online yang biasanya bisa digunakan untuk membayar biaya transportasi dan hotel. Sahabat Tour Aqsa tak membutuhkan kartu kredit untuk menggunakan layanan ini. Karena untuk pembayarannya, Sahabat Tour Aqsa tinggal melunasi saat hari H atau menyicil melalui transfer bank. Akan tetapi, memang lebih amannya berlibur tanpa berhutang. Nah, agar liburan Sahabat Tour Aqsa berjalan dengan lancar tanpa berhutang, coba cermati poin – poin berikut ini yuk!

  1. Pergi Berlibur Sesuai Dengan Budget

Supaya Sahabat Tour Aqsa dapat menikmati berlibur dengan lancar dan tak berhutang, hendaknya Sahabat Tour Aqsa menyesuaikan destinasi tujuan berlibur dengan budget yang sudah tersedia saat ini. Coba Sahabat Tour Aqsa perhitungkan terlebih dahulu apakah budget tersebut sudah cukup untuk digunakan pergi berlibur ataukah belum.

  1. Sebisa Mungkin Menghindari Liburan Saat Peak Season

Apabila Sahabat Tour Aqsa memiliki tabungan yang terbatas untuk pergi berlibur liburan, sebisa mungkin menghindari untuk berlibur pada saat peak season. Hal ini karena harga tiket pesawat maupun akomodasi lainnya lebih mahal dibanding biasanya. Demikian pula dengan tempat penginapan. Paling tidak Sahabat Tour Aqsa dapat menekan biaya jika tak berlibur saat orang – orang juga liburan.

  1. Hendaknya Tak Berbelanja Menggunakan Kartu Kredit Saat Liburan

Teruntuk Sahabat Tour Aqsa yang memang berencana sejak awal untuk berbelanja pada saat berlibur, hendaknya siapkan dan bawalah uang yang cukup. Hendaknya Sahabat Tour Aqsa menghindari mengeluarkan uang ataupun berbelanja secara berlebihan. Pastinya hal ini bertujuan agar pengeluaran tetap terkendali. Sebisa mungkin Sahabat Tour Aqsa membeli yang benar – benar Sahabat Tour Aqsa butuhkan dan pertimbangkan hal lain agar Sahabat Tour Aqsa tak menyesal kemudian hari karena telah membelinya. Sebenarnya, sejumlah pakar keuangan menyarankan agar menghindari hutang untuk biaya pergi liburan. Karena jangan sampai liburan Sahabat Tour Aqsa menjadi sia – sia karena setelah itu harus memikirkan membayar tumpukan hutang. Pastinya Sahabat Tour Aqsa tak menginginkan yang demikian bukan? Karena itulah Sahabat Tour Aqsa hendaknya menetapkan budget sesuai dengan dana yang ada untuk berbelanja, jangan sampai terlalu berlebihan. 

  1. Siapkan Tabungan Khusus Liburan di Lain Rekening

Salah satu cara yang dapat membuat Sahabat Tour Aqsa terhindar dari hutang pada saat hendak pergi berlibur ialah menyiapkan tabungan khusus untuk pergi berlibur. Dalam hal ini Sahabat Tour Aqsa dapat melakukan survei destinasi tujuan yang akan Sahabat Tour Aqsa tuju. Dengan begitu Sahabat Tour Aqsa dapat mengumpulkan informasi biaya yang dibutuhkan, baik transportasi dan akomodasi. Apabila Sahabat Tour Aqsa sudah mendapatkan perkiraan biaya, cobalah perhitungkan berapa besar yang bisa Sahabat Tour Aqsa sisihkan untuk dana liburan. Dengan begini Sahabat Tour Aqsa dapat memperkirakan kapan pergi berlibur akan dilakukan.

Bagi Sahabat Tour Aqsa yang sedang mempersiapkan pendaftaran Tour Aqsa 2022 Jakarta, semoga dilancarkan dari keberangkatannya ya. Hendaknya Sahabat Tour Aqsa memastikan bahwa Sahabat Tour Aqsa berlibur dalam keadaan yang sehat. Pastinya agar liburan yang Sahabat Tour Aqsa jalani tak terganggu dan dapat berjalan dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *