Tour Al Aqsa 2022 Jakarta

Tour Al Aqsa 2022

Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa berkunjung ke Al – Aqsa merupakan salah satu anjuran dari Nabi Muhammad Saw. Pasalnya, tak hanya kawasan Mekkah dan Madinah saja yang lekat akan sejarah islam di masa lampau. Akan tetapi, di Al – Aqsa ini pula terdapat banyak sekali jejak peristiwa islam yang dibuktikan dengan adanya beberapa bangunan di dalamnya. Beberapa bangunan yang berada di Al – Aqsa ini menjadi saksi bisu sejarah islam disana. Bahkan banyak pula nabi yang memiliki kisah di tanah Aqsa ini. Tak hanya Nabi saja yang memiliki kisah istimewa di tanah Aqsa ini. Namun, ada pula tokoh – tokoh islam terkemuka yang kisah hidupnya melibatkan Al – Aqsa di dalamnya, salah satunya ialah Al – Ghazali yang telah melahirkan karya terbesarnya di tanah Aqsa. Tak heran apabila Allah Swt menjadikan Al – Aqsa ini menjadi kawasan yang diberkahi. Sebab tanah Al – Aqsa ini benar – benar istimewa di mata umat muslim dunia. Pastinya Sahabat Tour Aqsa ingin merasakan berkunjung ke Al – Aqsa untuk melihat bangunan – bangunan yang penuh kisah tersebut kan? Apabila Sahabat Tour Aqsa ingin merasakan berkunjung ke tanah Aqsa yang penuh berkah ini, Sahabat Tour Aqsa dapat mendaftar paket Tour Aqsa di Satutours Travel. Sahabat Tour Aqsa pun dapat pula mendaftar paket Tour Aqsa Jordan Mesir untuk menikmati kunjungan ke tiga kawasan sekaligus. Bagi Sahabat Tour Aqsa yang ingin mengetahui lebih lanjut seputar Tour Al Aqsa 2022 Jakarta dan Tour masjidil Aqsa, yuk coba simak informasi berikut ini.

Siapkan Pendaftaran Tour Aqsa 2022 Yuk!

Teruntuk Sahabat Tour Aqsa yang merencanakan keberangkatan ke Aqsa untuk berlibur pastinya sangat tak sabar untuk segera melakukan pendaftaran dan menikmati keberangkatan dan berlibur disana kan? Sahabat Tour Aqsa tak perlu bingung dan risau, karena Sahabat Tour Aqsa dapat percayakan 100% kepada Satutours Travel yang siap membantu dan menemani liburan berkesan Sahabat Tour Aqsa sekalian. Saat Sahabat Tour Aqsa berlibur ke Al Aqsa, tentunya tak hanya asiknya berlibur saja yang akan Sahabat Tour Aqsa dapatkan. Akan tetapi, saat menikmati dan mengunjungi beberapa bangunan bersejarah di Al Aqsa, Sahabat Tour Aqsa akan mendapatkan wawasan baru. Tentunya asik sekali kan? Sesampainya disana Sahabat Tour Aqsa akan merasa terkesan dengan beberapa peristiwa yang terjadi dan bisa memandang bangunannya langsung yang menjadi saksi bisu perjuangan islam di masa lalu. Karena itulah, tak heran apabila banyak sekali umat islam yang amat mendambakan untuk dapat berkunjung ke Al Aqsa ini. Nah.. agar rencana liburan Sahabat Tour Aqsa dapat segera terlaksana, langsung aja daftar yuk. Caranya mudah banget loh.. Sahabat Tour Aqsa dapat langsung menghubungi kontak yang tertera di website ini dan daftarkan diri Sahabat Tour Aqsa sekalian.

Peninggalan Bersejarah Peradaban Islam di Al Aqsa

Beragam kisah yang terukir di bumi ini, banyak dari bagian kisah itu yang menyisakan bekas sebagai saksi bisu kisah terjadinya di masa lampau. Salah satunya kisah sejarah agama islam yang tersebar luas seantero jagad raya ini. Pastinya Sahabat Tour Aqsa mengerti bahwa agam islam ini memiliki sejarah tak hanya di satu wilayah saja, akan tetapi di berbagai wilayah di bumi ini. Tak terkecuali kawasan Al – Aqsa. Di kawasan Al – Aqsa Sahabat Tour Aqsa dapat menemui berbagai bangunan menarik yang menjadi saksi bisu terjadinya peristiwa penting disana. Bagi Sahabat Tour Aqsa yang ingin mengetahui informasi seputar bangunan peninggalan bersejarah di Al – Aqsa, berikut lebih jelasnya.

  1. Al Jami’ Al Qibli

Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa Masjid Al Qibli ini berada di bagian selatan kompleks Masjidil Aqsa dan menjadi salah satu bangunan utama di kawasan Al Aqsa ini. Bangunan masjid Al – Qibli ini terdapat kubah timah yang berwarna keabu – abuan. Banyak sekali yang mengira bahwasannya Masjid Al Qibli ini disebut sebagai Masjidil Aqsa. Padahal Masjidil Aqsa itu terdiri dari beberapa bangunan di dalamnya, sehingga tak hanya ada Masjid Al Qibli saja.

  1. Masjid Buraq

Salah satu yang cukup kecil ini bernama Masjid Buraq yang letaknya berada di sudut barat daya kompleks Masjidil Aqsa. Di lokasi inilah yang dipercaya sebagai tempat Nabi Muhammad Saw mengikat Buraq yang dikendarainya pada saat peristiwa Isra’ Mi’raj.  Dinding tempat Buraq diikat tersebut diberi nama Buraq Wall. Walaupun hingga kini tidak ada cukup bukti yang mendukung bahwa ini merupakan tembok yang diyakini oleh umat Islam, akan tetapi tembok tersebut adalah tembok yang dikenal kini sebagai Tembok Barat.

Orang Yahudi menyebutnya dengan nama Tembok Ratapan karena orang yahudi percaya bahwa itu merupakan satu – satunya tanda yang tersisa dari Kuil Herodian yang sakral. Di masa lampau, orang Yahudi tak terlalu fokus pada hal tersebut.

  1. Qubbatus Sakhrah

Hal menarik yang ada pada bangunan Qubbatus Sakhrah ialah memiliki struktur bangunan yang terdiri dari delapan sisi yang letaknya berada di tengah kompleks Masjidil Aqsa. Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa Qubbatus Sakhrah ini menjadi salah satu bangunan Islam tertua yang berhasil diselesaikan dan didirikan pada tahun 691 Masehi. Masjid yang dikenal dengan kubah berwarna emas ini diyakini menyimpan tapak batu yang dijadikan pijakan Nabi Muhammad Saw pada saat peristiwa Isra’ Mi’raj. Tak hanya itu, menariknya kubah emas ini ialah menjadi kubah pertama yang dibangun dalam sejarah Islam. Kemudian Masjid tersebut dibangun kembali oleh Khalifah Umayyah Abdul Malik bin Marwan. Setelah itu kubahnya diberi tambahan lapisan emas saat Kekaisaran Ottoman berkuasa.

  1. Musholla Al – Marwani

Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa bangunan Musholla Al – Marwani ini juga memiliki nama lain yakni Solomon’s Stables. Bangunan Musholla Al Marwani ini berbentuk ruang berkubah yang terletak di bawah tanah untuk digunakan sebagai tempat shalat. Diketahui bahwa luas Musjola Al Marwani ini sekitar 600 meter persegi. Ruangan ini berubah nama menjadi Musholla Marwani di tahun 1996, setelah direnovasi dengan penambahan lampu dan ubin lantai. Sehingga bangunan ini lebih tampak indah dengan deretan pilar dan aksen lengkungan yang unik.

  1. Menara Bab Al – Ashbath

Bangunan peninggalan bersejarah selanjutnya yang ada di Al Aqsa ialah Menara Bab Al – Ashbath. Menara yang terletak di bagian utara kompleks Masjidil Aqsa ini diapit oleh gerbang Al – Ashbath dan gerbang Hittah. Menurut sejarah, Menara Bab Al – Ashbath ini dibangun pada masa Sultan Al Mulk Al Asyraf Sya’ban. Bangunan menara ini memiliki delapan sudut. Pada masa kekhalifahan Utsmaniyah, Menara Bab Al – Ashbath ini kemudian diperbaiki dan dibentuk seperti silinder.

  1. Qubbah Al – Silsilah

Qubbah Al – Silsilah merupakan salah satu bangunan yang terlatk di sebelah timur Qubbatus Sakhrakh. Menurut informasi yang beredar, Qubbah Al Silsilah ini didirikan pada masa kekhalifahan Abdul Malik bin Marwan dari Bani Umayyah. Qubbah Al Silsilah ini memiliki enam sudut yang disertai dengan enam tiang yang melengkapinya. Di sekeliling Qubbah Al Silsilah ini terdapat serambi yang memiliki 11 sisi dan ditopang 11 tiang. Bangunan yang disebut Qubbah Al Silsilah ini memiliki arti Kubah Rangkaian. Karena Sahabat Tour Aqsa dapat melihat rangkaian cahaya yang tergantung di dalamnya. Rangkaian cahaya ini dapat dilihat dari luar bangunan.

  1. Mimbar Masjid

Tampaknya Sahabat Tour Aqsa tak lagi asing dengan mimbar masjid di Aqsa yang kisahnya cukup legendaris. Mimbar Masjid ini dibangun karena perintah Syekh Nuruddin Zanki, sebagai hadiah untuk Shalahuddin Al Ayyubi. Hadiah ini dipersembahkan karena Shalahuddin berhasil membebaskan Palestina dari Israel.

  1. Menara Gerbang Silsilah

Menara Gerbang Silsilah merupakan bangunan yang letaknya berada diantara gerbang Silsilah dan madrasah Al Asyrafiyah, tepatnya di bagian barat kompleks Masjidil Aqsa. Gerbang Menara Silsilah ini dibangun pada masa Sultan Al Nashir Muhamamd bin Qalawan atas perintah dari Sultan Al Malik yakni pemimpin sebelumnya.

  1. Menara Al Maghoribah

Menara Al Maghoribah merupakan salah satu bangunan di kawasan Masjidil Aqsa yang letaknya di bagian barat daya. Bangunan Menara Al Maghoribah yang berdiri dengan megah dan cantik ini dibangun oleh Hakim Syarifuddin Abdurrahman bin Al Shahib.

  1. Qubbah Mi’raj

Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa di sebelah barat bangunan Qubbatus Sakhrah, tepatnya sedikit miring ke arah utara, terdapat bangunan Qubbah Mi’raj yang didirikan pada masa kesultanan Al Ayubiyah. Di pintu masuk utama bangunan Qubbah Mi’raj ini terdapat prasasti yang menerangkan sejarah pembangunan bangunan ini.

  1. Qubbah Nahwiyah

Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa di sudut barat daya Qubbatus Sakhrakh, terdapat Qubbah Nahwiyah yang juga dibangun di masa Al Ayubiyah. Pada mulanya, bangunan Qubbah Nahwiyah ini digunakan sebagai tempat mempelajari bahasa Arab sebagai wujud kecintaan pendirinya yakni Sultan Malik Isa terhadap bahasa Arab. Terdiri dari dua ruangan dan satu aula yang memanjang, ruangan di dalam Qubbah Nahwiyah dihiasi dengan ukiran-ukiran pepohonan. Tiangnya juga kokoh dan dihiasi dengan ukiran.

  1. Tembok Ratapan

Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa Tembok Ratapan ini merupakan bangunan suci bagi umat Yahudi. Tembok Ratapan ini ialah sisa dari dinding Bait Suci yang dibangun Raja Herodes. Bait Suci hancur pada saat terjadi pemberontakan umat Yahudi kepada kerajaan Romawi pada tahun 70 masehi.

Sebelum Berangkat Berlibur, Lakukan Ini Yuk!

Saat Sahabat Tour Aqsa berencana melakukan liburan dalam waktu dekat, hendaknya Sahabat Tour Aqsa melakukan beberapa hal sebelum keberagkatan. Apa saja? Berikut lebih jelasnya! Tour Aqsa

  1. Cari Serba – Serbi Destinasi Tujuanmu

Sebelum Sahabat Tour Aqsa berangkat ke destinasi tujuan yang Sahabat Tour Aqsa inginkan, tentu lebih baiknya Sahabat Tour Aqsa mencari banyak informasi dan sebisa mungkin hingga detail mengenai tempat wisata yang akan Sahabat Tour Aqsa kunjungi. Sahabat Tour Aqsa dapat menggali informasinya seputar budaya setempat, kuliner, maupun hotel dan penginapan. Informasi tersebut dapat Sahabat Tour Aqsa peroleh dari media online atau berbagai media lainnya seperti info dari para Blog Traveller atau dari pusat – pusat informasi wisata lainnya. Tentunya hal ini berguna sebagai referensi dan pengetahuan Sahabat Tour Aqsa agar sedikit banyak tahu kondisi tempat yang akan Sahabat Tour Aqsa kunjungi.

  1. Menentukan Biaya Perjalanan

Setelah seluruh informasi dari tempat tujuan liburan Sahabat Tour Aqsa sudah di dapatkan, langkah selanjutnya ialah menyesuaikan biaya perjalanan Sahabat Tour Aqsa dengan anggaran atau kemampuan yang ada. Sebisa mungkin jangan sampai biaya yang Sahabat Tour Aqsa anggarkan untuk liburan bersama keluarga membengkak melebihi anggaran yang telah ditentukan. Salah satu upaya untuk mencegah pembekakan biaya pada saat liburan adalah tak memaksakan untuk pergi ketempat wisata yang melebihi budget Sahabat Tour Aqsa, usahakan untuk selalu mencari perbandingan harga terbaik dari segi transportasi maupun penginapan.

  1. Buat Daftar Kunjungan dan Membawa Peta Wisata

Menentukan tempat yang akan Sahabat Tour Aqsa tuju dengan membuat daftar tempat wisata yang akan dikunjungi merupakan cara untuk mengoptimalkan waktu secara efesien dan efektif  agar tak banyak waktu yang terbuang. Daftar perjalanan ini bisa juga dilengkapi dengan perkiraan waktu, rute, kegiatan dan alat transportasi yang bisa dipergunakan. Tak hanya itu, hendaknya Sahabat Tour Aqsa juga menyiapkan peta wisata yang berperan sangat penting kegunaannya pada saat Sahabat Tour Aqsa bepergian sendiri atau tanpa menggunakan jasa travel. Tentunya hal ini berguna sebagai petunjuk kemana seharusnya Sahabat Tour Aqsa akan berjalan, disamping itu Sahabat Tour Aqsa dapat menghemat waktu dalam perjalanan karena Sahabat Tour Aqsa tak harus kebingungan mencari lokasi tujuan wisata. Teruntuk Sahabat Tour Aqsa yang menggunakan gadget android, fasilitas google map dapat dioptimalkan dan dimanfaatkan untuk mengetahui keberadaan lokasi tempat wisata yang akan Sahabat Tour Aqsa kunjungi. Namun, bagi Sahabat Tour Aqsa yan berlibur menggunakan jasa travel, Sahabat Tour Aqsa tak perlu ribet untuk menyusun daftar kunjungan ini. 

  1. Mempersiapkan Dokumen Pribadi

Kemana pun destinasi tujuan berlibur Sahabat Tour Aqsa, maka tak lupa pula untuk selalu mempersiapkan dokumen pribadi yang amatlah penting. Kelengkapan data pribadi ini amat bermanfaat dan berguna pada saat Sahabat Tour Aqsa melakukan kepengurusan visa atau paspor, pemesanan hotel, adanya pemeriksaan atau operasi yustisi dan lain-lain. Bagi  Sahabat Tour Aqsa yang hendak berlibur ke luar negeri, kelengkapan data seperti Pasport dan  Visa otomatis harus dilengkapi. Karena apabila tak mau maka dianggap masuk Negara lain secara illegal.

  1. Mempersiapkan Perlengkapan Berlibur

Satu hal yang hendaknya tak dilewatkan ialah mempersiapkan segala perlengkapan untuk keperluan berlibur. Hal ini menjadi komponen yang penting dan hendaknya jangan sampai barang yang benar – benar Sahabat Tour Aqsa butuhkan malah tertinggal. Apabila memang diperlukan buatlah daftar barang – barang yang dibutuhkan selama berlibur nanti, hal ini menghindari barang keperluan Sahabat Tour Aqsa tertinggal.

Hal Mengesankan Yang Ada di Al – Aqsa

Kawasan Al Aqsa merupakan kawasan kota tua yang menyimpan banyak sekali kisah bersejarah yang berada di wilayah Timur Tengah. Al Aqsa ini memiliki banyak sekali keindahan terutama dari arsitektur yang berada di setiap bangunannya. Mungkin dari Sahabat Tour Aqsa ada yang ebrtanya – tanya perihal hal apa saja yang mengesankan di Al Aqsa. Agar Sahabat Tour Aqsa lebih paham dan taj bertanya – tanya kembali, yuk simak informasi berikut ini.

  1. Terdapat Banyak Taman

Kawasan Aqsa atau tepatnya berada di kota tua Jerusalem ini diketahui terdapat banyak taman. Menurut imformasi yang beredar terdapat sekitar 1.578 taman yang tersebar merata di seluruh wilayah. Salah satu taman paling terkenal di kota tua ini ialah Jerusalem Botanical Garden yang memiliki luas sekitar 30 acre dan menyimpan sekitar 10.000 spesies tanaman dari berbagai belahan dunia. Tak hanya itu, Jerusalem juga memiliki taman bernama the Garden of Tomb. Taman ini dianggap sebagai tempat dikuburnya Yesus dan tempat di mana beliau bangkit dari kematian. Taman ini pun disebut pula sebagai Bukit Golgota yang merupakan lokasi paling penting bagi umat Kristen.

  1. Terdapat Ribuan Situs Arkeologi

Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa dapat dibilang kota tua ini tersimpan banyak sekali kisah yang sangat berharga. Setiap hal yang ada di kota ini seperti benda bersejarah yang memiliki nilai luar biasa. Di kota tua inilah seringkali ditemukan situs arkeologi yang sangat penting seperti City of David yang menjadi tempat pembuangan di era sebelum Babilonia. Kemudian Jerusalem juga memiliki Silwan necropolis yang menjadi tempat pemakaman kuno bangsa Yahudi di masa lalu. Diperkirakan tempat ini mulai digunakan antara abad ke – 7 hingga abad ke – 9 masehi.

  1. Kota Suci Yang Diyakini Tiga Agama

Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa kawasan Al Aqsa merupakan sebuah kawasan yang diyakini dan dipercaya oleh tiga agama. Bagi agam islam, kawasan Al Aqsa ini terdapat bangunan suci berupa Masjid Kubah Emas dan banyak lagi lainnya. Selanjutnya bagi umat kristen, tempat ini terdapat Gereja Kebangkitan Kudus dan dipercaya sebagai lokasi Bukit Gorgota yakni tempat penyaliban Yesus. Kemudian, bagi Yahudi tempat ini diyakini terdapat sisa – sisa bait suci yang sering disebut sebagai Tembok Ratapan. Adanya tiga bangunan suci ini menggambarkan bahwa di masa lalu perbedaan agama adalah hal yang pernah terjadi. Namun, saat ini perbedaan ini membuat Al Aqsa terus diperebutkan.

  1. Terdapat Puluhan Museum

Diketahui bahwa di kawasan Al Aqsa kota tua Jerusalem ini terdapat museum yang menyimpan banyak sekali barang bersejarah berharga. Salah satu museum yang terkenal yang bisa Sahabat Tour Aqsa kunjungi ialah Yad Vashem. Museum ini setiap tahun memiliki setidaknya satu juta pengunjung dari seluruh penjuru dunia. Museum ini berisi kisah terkait pembunuhan bangsa Yahudi pada masa lampau. Selain museum yang berisi masa kelam bangsa Yahudi di masa lalu. Ada sebuah museum hebat bernama L. A. Mayer Museum for Islamic Art. Museum ini menyimpan banyak sekali artefak – artefak dan benda seni dari kebudayaan Islam di masa lalu. Museum ini pun menunjukkan bahwa Jerusalem memanglah kota yang sejak dahulu dimiliki oleh tiga agama besar dunia.

  1. Terdapat Tembok Besar yang Mengelilingi Kota

Di kawasan kota tua di Aqsa ini terdapat sebuah tembok yang mengelilingi kota tua ini. Tembok ini diketahui sudah ada sebelum abad ke – 16. Bahkan sejak wilayah ini menjadi bagian dari Turki Ottoman, Sultan Suleiman meminta banyak pekerja memperbaiki reruntuhan tembok agar menjadi lebih tinggi dan kokoh hingga isi kota bisa dilindungi dengan sangat baik.

Tembok ini memiliki panjang sekitar 4 km dan tinggi rata-rata 12 meter. Ketebalan dari tembok ini kurang lebih 2,5 meter hingga akan tahan jika mendapatkan serangan dari luar. Pada tahun 1981 UNESCO menetapkan bahwasannya tembok ini menjadi bagian dari situs warisan budaya dunia yang harus dilindungi dengan sangat baik. Saat ini tembok besar ini menjadi daya tarik turis dari berbagai belahan dunia untuk datang dan melihat kemegahannya.

Demikianlah informasi seputar Tour Al Aqsa 2022 Jakarta bagi Sahabat Tour Aqsa yang berencana untuk berlibur ke Al Aqsa. Sebisa mungkin persiapkanlah rencana Sahabat Tour Aqsa dengan matang agar rencana keberangkatan berlibur Sahabat Tour Aqsa dapat segera terlaksana. Selamat merencanakan liburan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *