Tour Al Aqsa mosque

Tour Al Aqsa mosque

Bukan menjadi hal yang asing lagi bahwasannya Al – Aqsa kini telah menjadi tujuan destinasi favorit umat muslim. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan Al – Aqsa merupakan salah satu situs bersejarah yang mengandung peristiwa – peristiwa penting dalam islam. Oleh karena itulah, banyak dari umat muslim yang ingin berkunjung ke Al – Aqsa untuk menyaksikan secara langsung bangunan bersejarah yang menjadi saksi bisu sejarah masa lalu. Nah, apabila Sahabat Tour Aqsa juga berkeinginan untuk berkunjung ke Al – Aqsa, Sahabat Tour Aqsa dapat mencoba untuk berlibur dengan Tour Aqsa. Dengan berlibur menggunakan Tour Aqsa, maka Sahabat Tour Aqsa akan mengunjungi berbagai situs bersejarah yang ada di Al – Aqsa. Tentunya sangat menyenangkan sekali, karena liburan Sahabat Al – Aqsa sekalian merupakan liburan yang bermanfaat. Terkait harga, tak perlu dipertanyakan lagi. Karena dengan mendaftar Tour Aqsa ke Satutours Travel, maka Sahabat Tour Aqsa akan mendapatkan harga yang spesial dengan fasilitas yang super nyaman pula. Bagi Sahbat Tour Aqsa yang berencana untuk mendaftar Tour Aqsa 2022, hendaknya tak ketinggalan untuk selalu mengupdate informasi terbaru ya. Informasi seputar Tour Aqsa Jakarta, pendaftaran Tour Aqsa dan informasi lengkap seputar Tour Al Aqsa mosque akan selalu diupdate setiap harinya. Penasaran terkait informasi lainnya seputar Tour Aqsa? Yuk simak informasi dibawah ini.

Al Aqsa Mosque, Pemilik Kubah Tertua di Dunia

Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwasannya selain Masjidil Haram yang letaknya berada di Mekkah yang menjadi masjid tertua pertama di dunia ternyata ada pula masjid tertua selanjutnya. Masjidil Aqsa atau yang disebut juga dengan Al Aqsa mosque ini menjadi pemilik kubah tertua yang dibangun pada masa kekhalifahan Bani Umayyah. Kubah Al Aqsa mosque atau masjidil Aqsa ini terletak di Palestina, tepatnya di kompleks Al – Aqsa. Sahabat Tour Aqsa perlu mengetahui bahwa kubah adalah ornamen indah yang diletakkan di atas atap masjid. Makna tersembunyi dari kubah adalah sebagai bentuk kemegahan dan keindahan yang membuat umat muslim selalu bersyukur. Pada masa Kekhalifahan Bani Umayyah yang dipimpin oleh Khalifah Abdul Malik tahun 685-688 M, sangat berjasa bagi peradaban Islam yakni membangun kubah untuk yang pertama kalinya. Kubah as-Shakhrah atau Dome of The Rock (kubah batu) yang terletak di Alquds ialah bangunan Islam tertua dibangun pada masa tersebut.

Kubah tersebut berlapis emas serta memiliki tinggi 35 meter, diameternya 20 meter. Di dalam kubah tersebut terdapat dekorasi, mozaik, dan kaligrafi indah. Dome of The Rock berbentuk separuh bumi (berumbi). Bentuk ini merupakan ciri khas arstitekstur Bizantium. Kubah Batu, nama masjid ini jika diartikan secara harfiah, juga menjadi salah satu bangunan dengan kubah terindah di dunia. Bentuk kubah yang menawan tersebut menjadikannya sebagai pelopor penggunaan kubah berbentuk separuh bumi seantero jagat. Seiring berjalannya waktu, bentuk kubah berganti-ganti mengikuti fase zaman.   Setiap masa mempunyai ciri khas dalam pembangunannya. Bahkan setiap negara biasanya memiliki ciri khas masing-masing karena bentuk kubah diadaptasi dengan budaya tempat tinggal muslim atau suatu daerah tertentu. Misalnya, masjid-masjid yang ada di Indonesia memiliki ciri khas kubahnya berbentuk seperti bawang. Bagian bawah bulat, atas melengkung, ujungnya meruncing hingga terlihat seperti bawang. Masjid dengan kubah yang indah akan membuat nilai tambah di hati setiap muslim. Akan tetapi, keindahan ini bukan hanya untuk dipandang dan banggakan saja. Begitu kan Sahabat Tour Aqsa sekalian?

Ragam Uniknya Masjidil Aqsa

Saat Sahabat Tour Aqsa hendak berlibur ke Aqsa tentunya menjadi salah satu hal yang sangat istimewa. Pasalnya, dengan Sahabat Tour Aqsa berlibur kesana, Sahabat Tour Aqsa akan mendapatkan banayk cerita dan pengalaman yang anti mainstream. Hal menarik apa saja yang perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui? Yuk simak berikut ini.

  1. Satu – Satunya Masjid Selain Ka’bah Yang Disebutkan Dalam Al – Qur’an

Masjid Al – Aqsa adalah satu – satunya masjid yang terkutip dalam kitab suci agama islam. Begitu istimewanya Al – Aqsa ini. Kutipan terkait Al – Aqsa ini disebutkan dalam Q.S. Al – Isra ayat 1 ketika Allah berfirman terkait isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Berikut kutipannya yang artinya : “Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS Al Isra’ : 1)

  1. Pernah Digunakan Sebagai Tempat Pembuangan

Sejarah menyebutkan pada jaman dahulu ketika orang-orang Romawi mengasingkan orang-orang Yahudi dari kota, sebagian besar penduduk Romawi menggunakan area Masjid Al-Aqsa sebagai tempat pembuangan sampah. Ketika Umar Radhiyallahuanhu membuka kota bagi Islam, ia membersihkan sampah dengan tangan kosong. Dia juga mengakhiri pengasingan orang Yahudi yang sudah berabad-abad, memberi keluarga pengungsi hak untuk tinggal di Yerusalem sekali lagi.

  1. Tempat Al – Ghazali Hidup dan Menulis Karya Terbesarnya

Al – Ghazali merupakan salah satu ulama paling terkenal dalam sejarah umat muslim yang memiliki nama lengkap Imam Abu Hamid Al – Ghazali. Al – Ghazali menghabiskan hari – harinya di Masjid Al – Aqsa yakni menulis yang dianggap sebagai karya terbesarnya yang berjudul Ihyaa Ulum Al – Din (Kebangkitan Ilmu Agama). Al – Ghazali merupakan sosok yang dihormati oleh semua aliran pemikiran, hal ini dikarenakan kemampuannya terjun ke kedalaman jiwa manusia sambil tetap berlabuh pada ajaran Al – Qur’an dan Nabi. Sebuah bangunan di Masjid Al – Aqsa menandai yang menjadi bekas kamar lamanya.

  1. Tak Hanya Satu Masjid Saja

Tahukah Sahabat Tour Aqsa? Bahwasannya Masjid Al – Aqsa itu tak hanya terdiri dari satu masjid saja. Melainkan ada beberapa masjid. Kebanyakan orang cenderung menganggap masjid Al – Aqsa sebagai bangunan di sudut paling selatan masjid. Sebenarnya, itu merupakan masjid kiblat. Hal tersebut dikatakan demikian karena itu merupakan salah satu yang terdekat dengan kiblat. Namun, pada kenyataannya seluruh kompleks adalah bagian dari Masjid Al – Aqsa. Nama lainnya biasa disebut dengan Al – Haram As – Sharif.

Kenal Lebih Dalam Seputar Al Aqsa Mosque Yuk!

Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwasannya Al – Aqsa menjadi bagian sejarah kiblat umat islam untuk yang pertama kalinya sebelum di Masjidil Haram. Allah SWT menyebut bahwa Masjidil Aqsha sebagai tempat yang sekelilingnya diberkahi. Berkah tersebut meliputi keberkahan dalam bidang agama dan bidang dunia. Keberkahan di bidang agama karena merupakan tempat turunnya para nabi, sedangkan keberkahan dunia karena dikelilingi oleh kebaikan-kebaikan duniawi, yaitu terdapatnya sungai-sungai, pohon-pohon, dan buah-buahan yang semua itu menjadi sebab terpenuhnya kehidupan dan bahan makanan. Masjidil Aqsha menjadi masjid kedua yang dibangun di atas bumi sebagaimana hadits Abu Dzar yang diriwayatkan oleh al-Bukhari dan muslim. Dia berkata, “Aku bertanya, ‘Waha Rasulullah! Masjid manakah yang pertama dibangun di mukan bumi?’ Beliau menjawab, ‘Masjidil Haram.’ Aku bertanya lagi, ‘Kemudian masjid mana?’ Beliau menjawab, ‘Masjidil Aqsha.’ Aku bertanya lagi, ‘Berapa jarak (pembangunan) antara keduanya?” Beliau menjawab, ‘Empat puluh tahun.’”

Diketahui bahwa ada perbedaan pendapat terkait siapakah yang pertama membangunnya. Pendapat pertama menyatakan bahwa yang pertama merupakan salah seorang putra Nabi Adam AS. Pendapat kedua menyatakan bahwa yang pertama membangunnya adalah para malaikat kemudian sebagian besar para nabi merawatnya. Disebutkan bahwa Nabi Ibrahim AS memperkokoh bangunannya. Demikian pula yang dilakukan oleh Nabi Ya’qub AS dan dan yang dilakukan Nabi Dawud AS serta putranya, Nabi Sulaiman AS. ketika Umat Islam menaklukan Al-Quds pada tahun 15 Hijriah, Khalifah Umar bin Khattab memasuki pelataran Masjidil Aqsha dan mengatakan, “Demi Allah! Inilah masjid Dawud AS, Rasulullah SAW  telah mengabarkan kepada kami bahwa di sinilah beliau di-isra’-kan.” Umar ra lalu memerintahkkan agar Masjidil Aqsha dipugar. Semenjak ditaklukkan oleh umat Islam, masjid tersebut menjadi perhatian para khalifah. Adapun yang paling terkenal melakukan pemugaran adalah al-Walid bin Abdil Malik yang berasal dari Daulah bani Umayah pada tahun 72 Hijriah.

Bersiap Berlibur ke Aqsa? Yuk Siapkan Berikut Ini!

Sahabat Tour Aqsa sekalian perlu mengetahui bahwa terdapat beberapa hal penting yang hendaknya diketahui sebelum berangkat untuk berlibur ke Al – Aqsa. Sebisa mungkin Sahabat Tour Aqsa harus memahami dengan baik terkait hal – hal tersebut agar tak terjadi hal – hal yang tak diinginkan. Banyak sekali wisatawan yang menjadikan Al – Aqsa sebagai tujuan liburannya. Hal ini dikarenakan Al – Aqsa tak hanya sekedar wisata saja, melainkan lengkap akan makna terkait sejarah yang membekas. Nah.. Apabila Sahabat Tour Aqsa hendak berkunjung ke Al – Aqsa, hal apa saja sih yang harus diketahui? Berikut lebih jelasnya.

  1. Bawalah Barang Secukupnya

Bagi Sahabat Tour Aqsa yang hendak berkunjung ke Al – Aqsa hendaknya membawa perlengkapan secukupnya saja. Karena wisatawan yang berkunjung kesana diharapkan untuk tidak membawa barang terlalu berlebihan. Oleh karena itu, sebisa mungkin, bawalah secukupnya saja dan yang dirasa penting. Alasan lainnya ialah bukan karena dapat menyebabkan barang bawaan menjadi berat saja, melainkan setiap barang juga akan di cek oleh pihak yang berwenang. Karena itulah, sebaiknya Sahabat Tour Aqsa sekalian apabila hendak berkunjung kesana cukup membawa barang seperlunya saja.

  1. Siapkanlah Beberapa Dokumen Penting

Sudah bukan menjadi hal yang asing bahwa semenjak adanya permasalahan yang terjadi antara Israel dan Palestina membuat pengamanan dari kedua negara tersebut dijaga sangat ketat. Untuk dapat masuk pun harus melakukan beberapa prosedur dengan tujuan pengamanan khusus untuk wisatawan yang datang kesana. Karena Israel merupakan menjadi pintu utama para wisatawan untuk menuju ke Palestina. Dokumen penting yang dapat Sahabat Tour Aqsa persiapkan antara lain ialah mencakup data diri seperti paspor, KTP serta kartu keluarga. Hal ini tentunya bertujuan untuk melihat Riwayat dari wisatawan yang berkunjung. Karena jika memiliki keturunan NAZA, maka akan dilarang untuk masuk ke wilayah tersebut. Akan tetapi, apabila yang berkunjung tak memiliki keturunan tersebut maka akan diperbbolehkan masuk.

  1. Pengecekan Visa

Tahukah Sahabat Tour Aqsa? Bahwa tak hanya barang bawaan saja yang akan di cek oleh pihak yang berwenang disana, akan tetapi dokumen penting juga akan diperiksa. Dokumen penting yang diperiksa salah satunya ialah paspor. Bagi para Sahabat Tour Aqsa yang baru datang diharapkan menunggu kurang dari 10 menit untuk bisa mendapatkan pspor Kembali. Setelah itu Sahabat Tour Aqsa akan diberikan Visa Israel. Setiap paspor akan diberikan stempel, akan tetapi untuk paspor Indonesia tidak bisa. Oleh karena itulah dari pihak keimigrasian hanya memberikan kartu masuk khusus. Biasanya kartu tersebut akan diselipkan di bagian dalam paspor. Dan diharapkan kertas masuk khusus tersebut jangan sampai hilang hingga Sahabat Tour Aqsa keluar dari negara tersebut. Jika kunjungan telah selesai, maka kertas masuk khusus tersebut boleh dibuang. Setelah pegecekan visa selesai, dilanjutkan dengan berbagai pertanyaan – pertanyaan dari ppihak keimigrasian. Pada umumnya pertanyaan yang diajukan ialah kota mana saja yang akan dikunjungi, apa pekerjaannya, alamat tinggalnya dimana dan lain sebagainya.

  1. Tidak Boleh Mengambil Foto Atau Video Sembarangan

Pada saat Sahabat Tour Aqsa telah berada di perbatasan, maka biasanya para Sahabat Tour Aqsa akan diperingatkan untuk tidak mengambil foto ataupun merekam video dengan sembarangan. Hal ini dikarenakan Kawasan tersebut sudah diawasi oleh pihak – pihak yang berwenang. Apabila diiantara pihak – pihak berwenang tersebut mencurigai salah satu dari wisatawan yang berkunjung, maka tak segan akan langsung di interograsi. Untuk interograsinya pun membutuhkan waktu yang cukup lama.

  1. Pastikan Untuk Menggunakan Jasa Travel

Sahabat Tour Aqsa pastinya sudah mengetahui bahwa untuk mengunjungi Al – Aqsa membutuhkan beberapa persiapan yang khusus dan ketat. Jika ingin lebih mudah untuk mengunjungi negara ini, disarankan menggunakan jasa travel. Karena dapat dipastikan bahwa jasa travel sudah mendapatkan hubungan kerjasama dengan travel di Palestina. Terkecuali orang-orang yang diundang secara khusus untuk mengunjungi Palestina. Undangan khususnya pun harus benar-benar diundang oleh warga Yahudi lokal Israel. Lalu, visanya diurus di Kedutaan Besar Israel yang ada di Singapura, Mesir atau Yordania. Jika ingin menggunakan jasa travel pun harus yang terpercaya, diterima secara resmi dan legal. Karena, tidak semua jasa travel bisa masuk ke negara tersebut jika belum memiliki izin yang resmi dan legal. Nah, bagi Sahabat Tour Aqsa yang hendak berlibur ke Al – Aqsa, dapat mempercayakan Satutours Travel untuk menghandle semuanya. Bagaimana? tertarik untuk mencobanya?

Sholat di Masjidil Aqsa? Ini Keistimewaannya!

Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwasannya sholat di Masjidil Aqsa memiliki keistimewaan dibandingkan dengan masjid yang lainnya. Sahabat Tour Aqsa sebagai umat islam tentunya turut bergembira karena Allah SWT memberi imbalan pahala yang sangat besar kepada siapa saja yang sholat di masjid mana saja di muka bumi. Akan tetapi, Allah SWT melipatgandakan pahala bagi Sahabat Tour Aqsa ataupun umat islam yang mampu melaksanakan sholat di Masjid Haram, Masjid Nabawi, Majid Quba, dan juga Masjidil Aqsa. Terdapat riwayat hadist yang berisi bahwasannya Abu Dzar al – Ghifari bertanya pada Rasulullah Saw yang isinya  “Wahai Rasulullah,  masjid manakah yang pertama kali dibangun?” Beliau menjawab, “Masjid Haram”. Aku bertanya lagi, ”Kemudian (masjid) apa?” Beliau menjawab, “Kemudian Masjid Aqsha”. Aku bertanya lagi, “Berapa jarak antara keduanya?” Beliau menjawab, “Empat puluh tahun.” Kemudian di manapun (waktu) sholat (datang) menjumpaimu setelah itu, maka sholatlah, karena keutamaan ada padanya.” (HR. Bukhari dan Muslim). Sahabat Tour Aqsa hendaknya memahami bahwasannya yang dimaksud dengan Masjidil Aqsa menurut pengarang Tafsir Jalalain merupakan Baitul Maqdis. Dinamakan dengan Masjidil Aqsa dikarenakan letaknya yang jauh dari Masjidil Haram.

Bersumber dari Abdullah bin Amr bin Ash bahwasannya Nabi Muhammad Saw bersabda “Sesungguhnya , ketika Nabi Sulaiman membangun Baitul Maqdis, (beliau) memohon kepada Allah SWT tiga perkara. Pertama, beliau memohon kepada Allah SWT agar (diberi pertolongan) dalam memutuskan hukum yang menepati hukum-Nya, lalu dikabulkan. Kedua, beliau meminta kepada Allah SWT agar dianugerahi kerajaan yang tidak patut diberikan kepada seseorang setelahnya, lalu dikabulkan. Ketiga, beliau meminta  kepada Allah SWT bila selesai membangun masjid (Aqsha), agar tidak ada seorangpun yang ingin sholat di situ, kecuali agar dikeluarkan dari kesalahannya, seperti hari kelahirannya. (Dari ketiga permohonan itu) yang dua telah dikabulkan. Dan aku berharap, yang ketiga pun dikabulkan oleh Allah SWT.” (HR. Nasa’i, Ahmad, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, Hakim, Baihaki). Itulah gambaran pahala yang akan di dapat oleh Sahabat Tour Aqsa dan umat muslim saat shalat di Masjidil Aqsa, seusai shalat insya Allah segala permohonan akan dikabulkan oleh Allah SWT. Nabi Muhammad Saw menyebut bahwa Masjidil Aqsa yang berada di Palestina ini merupakan salah satu tempat sholat yang baik. Informasi ini berdasarkan dari cerita Abu Dzar al – Ghifari yang berkata bahwa “Kami sedang diskusi tentang mana yang lebih utama, apakah Masjid Nabawi ataukah Baitul Maqdis. Pada waktu itu, di sisi kami ada Rasulullah SAW. Kemudian beliau bersabda, “Sekali shalat di masjidku lebih utama dari empat kali sholat padanya, dan ia adalah tempat sholat yang baik. Dan hampir-hampir tiba masanya, seseorang memiliki tanah seukuran kekang kudanya dari tempat itu terlihat Baitul Maqdis lebih baik baginya dari dunia seisinya.” (HR. Thabrani dan Hakim).

Dapat dibayangkan bahwa sungguh mulianya kedudukan Masjidil Aqsa ini dimana empat kali sholat di sana setara dengan sekali sholat di Masjid Nabawi. Padahal seribu kali sholat di masjid pada umumnya pahalanya baru setara dengan sekali sholat di Masjid Nabawi. Nabi Muhammad Saw bersabda bahwasannya  “Sholat di masjidku lebih baik dari seribu sholat di masjid lainnya.” (HR. Bukhari dan Muslim).  Masjid Aqsha adalah masjid yang direkomendasi Nabi SAW sebagai destinasi ibadah yang harus dikunjungi oleh seorang muslim yang sanggup mendatanginya. Nabi SAW sabdakan, “Tidak boleh bersusah-payah bepergian, kecuali ke tiga masjid, (yaitu) Masjid Haram, Masjid Nabawi, dan Masjid Aqsha.” (HR. Bukhari dan Muslim). Sebagai umat muslim hendaknya kita senantiasa berdoa bahwa semoga berbagai pihak yang terlibat dalam pertikaian di seputar kompleks Masjidil Aqsa segera berdamai. Seperti yang Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa sejatinya tempat tersebut merupakan tempat disucikan oleh beberapa agama, tak hanya oleh umat Islam. Akan tetapi juga oleh Yahudi serta Nasrani. Wah.. luar biasa bukan?

Demikianlah informasi sekilas terkait Tour Al Aqsa mosque bagi Sahabat Tour Aqsa yang berencana pergi berlibur ke Aqsa. Travel Tour Aqsa ini Tepat sekali bagi Sahabat Tour Aqsa yang ingin berlibur dengan suasana yang berbeda dan bermakna. Karena dengan berlibur ke Al – Aqsa, banyak sekali hal yang akan dipahami oleh Sahabat Tour Aqsa Sekalian. Tak hanya keindahan destinasi wisatanya saja, melainkan berbagai pengetahuan yang akan Sahabat Tour Aqsa dapatkan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk membantu Sahabat Tour Aqsa yang hendak berencana untuk berlibur ke Al – Aqsa yaa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *