Tour Masjidil Aqsa di Jakarta 2022

Tour Masjidil Aqsa di Jakarta 2022

Tour Masjidil Aqsa di Jakarta 2022

Travelling ke Aqsa
Travelling ke Aqsa

Tak bisa dipungkiri bahwa destinasi yang dapat dijadikan tujuan wisata amatlah banyak. Sahabat Tour Aqsa hanya tinggal pilih hendak berlibur kemana, pastinya disesuaikan juga dengan budget yang dimiliki Sahabat Tour Aqsa sekalian. Ada beberapa banyak pilihan dan referensi bagi Sahabat Tour Aqsa yang berencana untuk pergi berlibur. Apabila Sahabat Tour Aqsa ingin mencoba keseruan berlibur ke luar negeri, Sahabat Tour Aqsa dapat mencoba untuk mencari referensi jasa tour travel yang amanah dan professional. Ada kabar baik nih bagi Sahabat Tour Aqsa yakni Sahabat Tour Aqsa tak perlu bingung lagi untuk mencari jasa travel yang amanah dan professional, karena Sahabat Tour Aqsa dapat percayakan pada Satutours Travel yang siap membawa Sahabat Tour Aqsa menjelajahi destinasi wisata tujuan. Gimana? Menyenangkan sekali bukan? Bagi Sahabat Tour Aqsa yang ingin berlibur ke luar negeri bersama Satutours Travel, Sahabat Tour Aqsa dapat mencoba salah satu paket tour yang menarik yakni Tour Aqsa. Sahabat Tour Aqsa dapat mempersiapkan diri untuk mendaftar Tour Aqsa 2022. Nah, bagi Sahabat Tour Aqsa yang berada di Jakarta dan ingin mengetahui informasi terkait Tour Aqsa Jakarta dan Tour Masjidil Aqsa di Jakarta 2022, yuk coba simak informasi di bawah ini.

Berlibur ke Aqsa? Yuk Jangan Lewatkan Kuliner Khasnya!

Pastinya Sahabat Tour Aqsa mengerti bahwa di setiap negara pasti memiliki makanan khas yang tak akan ditemui di tempat lainnya, salah satunya Al – Aqsa. Sahabat Tour Aqsa perlu mengetahui bahwa Al – Aqsa juga memiliki kuliner khas setempat yang dapat memanjakan lidah Sahabat Tour Aqsa sekalian. Bagi wisatawan yang berkunjung ke Al – Aqsa tentunya tak akan melewatkan untuk mencicipi kuiner khas ini. Nah, bagi Sahabat Tour Aqsa yang penasaran terkait apa saja kuliner khas yang dapat dicoba saat Sahabat Tour Aqsa berkunjung ke Al – Aqsa? Berikut lebih jelasnya.

  1. Hummus

Salah satu kuliner khas yang dapat Sahabat Tour Aqsa coba saat berkunjung ke Al – Aqsa ialah Hummus. Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa Hummus ini menjadi salah satu kuliner yang legendaris. Hal ini dikarenakan Hummus merupakan kuliner yang sudah hadir di wilayah Timur Tengah sejak ratusan tahun yang lalu. Wah.. lama juga ya? Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa kuliner khas Aqsa ini memiliki tektur yang mirip sekali dengan bubur. Bahkan kemiripannya pun dikatakan seperti bubur karena terbuat dari kacang arab, zaitun, minyak wijen, bawang putih dan garam. Biasanya Hummus ini disajikan sebagai cocolan roti, bola daging atau ayam. Diketahui bahwa hummus ini memiliki cita rasa yang gurih.

  1. Baklava

Baklava merupakan kuliner yang dapat dibilang termasuk dalam makanan ringan atau snack. Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa baklava ini menjadi salah satu makanan ringan yang populer di kalangan masayarakat setempat. Saking terkenalnya, disana hingga ada sebuah toko kue yang dianggap masyarakat sekitar sebagai toko yang etrbaik dalam hal menyuguhkan Baklava ini. Toko yang dimaksud ini ialah toko yang bernama Harova Hanotzri 54. Toko baklava ini menyuguhkan baklava yang bercita rasa amat lezat karena toko baklava ini masih menggunakan resep tradisional yang secara turun – menurun diwariskan oleh keluarga. Sahabat Tour Aqsa juga perlu mengetahui bahwa baklava ini juga terdapat di beberapa wilayah Timur Tengah. Baklava ini memiliki cita rasa manis dan disajikan dengan cara dimasak diatas pinggan panas. Setelah melalui proses pemasakan, baklava ini disiram dengan air sirup atau madu. Kemudian yang terakhir ialah ditambahkan dengan potongan cincang kacang pistachio. Wah.. terlihat lezat sekali kan?

  1. Maqluba

Kuliner selanjutnya yang dapat Sahabat Tour Aqsa coba saat berada di Al – Aqsa ialah maqluba. Maqluba ini juga menjadi salah satu kuliner khas Aqsa yang amat populer di kalangan masyarakat setempat hingga wisatawan asing. Bahan – bahan yang digunakan untuk membuat kuliner khas Aqsa yang bernama Maqluba ini antara lain nasi, sayuran, daging ayam maupun daging kambing serta aneka ragam rempah. Kemudian seluruh bahan tersebut dijadikan satu dalam sebuah panci dan dimasak. Setelah matang, maqluba ini disajikan dengan cara membalikkan pancinya dan di hidangkan langsung di atas piring. Gimana nih? Menarik sekali kan..

  1. Katayef

Katayef ini adalah kuliner yang termasuk dalam makanan ringan. Bisa dibilang katayef ini menyerupai pastel yang berbahan dasar dari adonan tepung terigu dengan aroma kayu manis yang diberi isian kacang kenari serta gula. Diketahui bahwa kuliner satu ini seringkali dijadikan sebagai makanan pembuka maupun makanan penutup. Biasanya katayef ini disajikan dengan sirup madu yang dapat membuat katayef ini mendarat di mulut dengan cita rasa yang amat lezat. Sejauh ini, katayef kini telah memiliki berbagai macam rasa. Beberapa varian rasa yang telah di modifikasi ialah dengan tambahan kurma, kismis, kayu manis, kacang tanah, keju hingga mehallabiya atau custard keju. Jika Sahabat Tour Aqsa penasaran dengan kuliner katayef satu ini, jangan lupa untuk mencobanya saat berkunjung ke Aqsa ya.

  1. Sahlab

Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa sahlab merupakan salah satu kuliner khas Aqsa yang berbentuk minuman, bukan makanan. Sahlab ini merupakan minuman khas Aqsa yang biasa disajikan pada saat bulan ramadhan. Minuman yang memiliki cita rasa yang creamy ini diketahui terbuat dari susu, tepung sahlab, kayu manis serta kacang – kacangan. Sahlab ini dapat dihidangkan dalam kondisi hangat maupun dingin. Minuman khas yang bernama sahlab ini dapat Sahabat Tour Aqsa coba saat Sahabat Tour Aqsa berkunjung ke Aqsa.

Berlibur Ke Negeri Pemilik Kubah Masjid Tertua di Dunia

Wisata Masjidil Aqsa Jordan Mesir
Wisata Masjidil Aqsa Jordan Mesir

Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwasannya Al – Aqsa merupakan pemilik kubah tertua yang dibangun pada masa kekhalifahan Bani Umayyah. Kubah tersebut terletak di Palestina, tepatnya di kompleks Al-Aqsa. Sahabat Tour Aqsa perlu mengetahui bahwa kubah adalah ornamen indah yang diletakkan di atas atap masjid. Makna tersembunyi dari kubah adalah sebagai bentuk kemegahan dan keindahan yang membuat umat muslim selalu bersyukur. Pada masa Kekhalifahan Bani Umayyah yang dipimpin oleh Khalifah Abdul Malik tahun 685-688 M, sangat berjasa bagi peradaban Islam yakni membangun kubah untuk yang pertama kalinya. Kubah as-Shakhrah atau Dome of The Rock (kubah batu) yang terletak di Alquds ialah bangunan Islam tertua dibangun pada masa tersebut. Kubahnya tersebut berlapis emas serta memiliki tinggi 35 meter, diameternya 20 meter. Di dalam kubah tersebut terdapat dekorasi, mozaik, dan kaligrafi indah. Dome of The Rock berbentuk separuh bumi (berumbi). Bentuk ini merupakan ciri khas arstitekstur Bizantium. Kubah Batu, nama masjid ini jika diartikan secara harfiah, juga menjadi salah satu bangunan dengan kubah terindah di dunia. Bentuk kubah yang menawan tersebut menjadikannya sebagai pelopor penggunaan kubah berbentuk separuh bumi seantero jagat.

Seiring berjalannya waktu, bentuk kubah berganti-ganti mengikuti fase zaman.   Setiap masa mempunyai ciri khas dalam pembangunannya. Bahkan setiap negara biasanya memiliki ciri khas masing-masing karena bentuk kubah diadaptasi dengan budaya tempat tinggal muslim atau suatu daerah tertentu. Misalnya, masjid-masjid yang ada di Indonesia memiliki ciri khas kubahnya berbentuk seperti bawang. Bagian bawah bulat, atas melengkung, ujungnya meruncing hingga terlihat seperti bawang. Masjid dengan kubah yang indah akan membuat nilai tambah di hati setiap muslim. Akan tetapi, keindahan ini bukan hanya untuk dipandang dan banggakan saja. Begitu kan Sahabat Tour Aqsa sekalian?

Al – Aqsa Sebagai Wilayah Yang Diberkahi

Bukan menjadi hal yang asing bahwasannya Masjid al Aqsa merupakan kiblat pertama umat muslim. Selain itu, al Aqsa dianggap sebagai masjid kedua yang ada di dunia. Bagi umat muslim disunnahkan untuk pergi dan mengunjungi Al – Aqsa. Karena Al – Aqsa mengandung banyak sekali keistimewaan. Salah satunya ialah aphala yang di dapat ketika shalat di Masjid Al – Aqsa, pahala shalat di dalamnya pun dilipat gandakan sampai 500 kali shalat di masjid lain. Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa Al – Aqsa ini merupakan tanah yang diberkahi, berikut lebih jelasnya.

  1. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi Muhammad Saw bersabda :

“Tidak boleh memaksakan perjalanan kecuali pergi ke tiga masjid: al Masjidil Haram, masjid Nabawi  dan al Masjidil Aqsa.” Rasulullah Saw bersabda, “Shalat di Masjidil Haram sebanding dengan 100 ribu kali shalat, dan shalat di masjid Nabawi sebanding dengan 1000 kali shalat, dan shalat di Baitul Maqdis (Masjidil Aqsa) sebanding dengan 500 kali shalat.” Diriwayatkan dari al Barra’ bin Azib radhiyallahu ‘anhu, “Bahwasanya Nabi Muhammad Saw ketika pertama kali tiba di Madinah adalah mengunjungi kerabatnya (keluarga ibunya) dari Anshar, bahwasanya beliau shalat menghadap ke arah Baitul Maqdis.”

  1. Imam Thabari dalam kitab tarikhnya meriwayatkan dari Qatadah berkata :

“Mereka (kaum muslimin Madinah) shalat menghadap ke arah Baitul Maqdis, sedang Nabi Muhammad Saw waktu itu berada di Mekah belum hijrah. Ketika Nabi Muhammad Saw hijrah ke Madinah beliau shalat menghadap ke arah Baitul Maqdis selama 16 bulan, kemudia setelah itu kiblat berubah ke arah Ka’bah Baitul Haram.”

  1. Diriwayatkan dari Abu Dzar al Ghifari radhiyallahu ‘anhu berkata :

“ saya bertanya kepada Nabi Muhammad Saw tentang masjid yang pertama kali dibangun di atas bumi, beliau bersabda, “al Masjidul Haram.” Saya bertanya, kemudian apa lagi?, beliau menjawab, “al Masjidil Aqsa.” Dan dari Maimunah (hamba sahaya yang dimerdekakan Nabi Muhammad Saw) radhiyallahu ‘anhu berkata, wahai Rasulullah berikan fatwa kepada kami mengenai Baitul Maqdis. Maka Nabi Muhammad Saw bersabda, “Datangilah ia dan shalatlah kalian didalamnya. Sekiranya kalian tidak bisa datang dan shalat di sana maka kirimlah minyak untuk pelita-pelitanya.” 

  1. Diriwayatkan dari Ummul Mukminin Ummu Salamah radhiyallahu ‘anha, bahwasanya dia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Barang siapa memulai haji atau umrah dari Masjidil Aqsha sampai ke Masjidil Haram, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu dan yang akan datang,” atau dalam riwayat lain, “Dia berhak mendapatkan surga.” Kemudian beliau bersabda, “Allah merahmati orang yang berihram dari Baitul Maqdis (yakni ke Mekah).” Juga diriwayatkan oleh al Baihaqi dan Ibnu Hibban di dalam kitab shahihnya yang lafadznya, saya mendegar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barang siapa memulai umrah dari Masjidil Aqsha, diapuni dosanya yang telah lalu dan yang akan datang.” Dikatakan, kemudian Ummu Hakim berangkat ke Baitul Maqdis dan memulai umrah dari sana.

  1. Ditegaskan dalam Al – Quran dalam Al Isra’ ayat 1 yang artinya :

Artinya: “Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al-Masjidil Haram ke Al-Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda kebesaran Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.” ( QS. Al Isra’ : 1)

  1. Ditegaskan dalam Al – Qur’an Surat Saba ayat 18 yang artinya :

Artinya: “Dan kami jadikan antara mereka dan antara negeri-negeri yang Kami limpahkan berkat kepadanya, beberapa negeri yang berdekatan dan Kami tetapkan antara negeri-negeri itu (jarak-jarak) perjalanan.Berjalanlah kamu di kota-kota itu pada malam dan siang hari dengan aman.” (QS. Saba’ : 18)

Ibnu Abbas berkata, maksud dari al qura allati barakna fiha (antara negeri-negeri yang Kami limpahkan berkat kepadanya ) ialah Baitul Maqdis. Berkah di sini bisa berarti secara fisik dan maknawi; berupa buah-buahan yang dihasilkan maupun kekayaan alamnya, atau kekhususan status dan kedudukannya juga karena Palestina merupakan tempat diutusnya para nabi dan tempat turunnya para malaikat.

Dampak Positif Berlibur Bagi Diri Sendiri

Tour Aqsa Jakarta Selatan
Tour Aqsa Jakarta Selatan

Tak bisa dipungkiri bahwa kejenuhan seringkali hadir pada saat Sahabat Tour Aqsa menjalani rutinitas di keseharian. Bukankah begitu? Saat Sahabat Tour Aqsa merasa jenuh dan bosan dengan rutinitas yang dijalani, salah satu yang dapat menjadi solusi terbaik ialah pergi berlibur. Karena dengan Sahabat Tour Aqsa pergi berlibur, Sahabat Tour Aqsa akan merasa lebih rileks dari beban – beban yang biasanya hadir setiap hari. Dengan begitu, Sahabat Tour Aqsa akan merasa lebih baik dari kondisi yang sebelumnya. Sahabat Tour Aqsa perlu memahami bahwa jika Sahabat Tour Aqsa berada dalam kejenuhan dan kebosanan, rata – rata Sahabat Tour Aqsa akan tidak produktif lagi. Hal ini dikarenakan keadaan diri dengan semangat kerja yang mulai menurun. Karena itulah, apabila diri sudah merasa jenuh, bosan dan penat, sebaiknya sempatkanlah untuk melakukan liburan. Sahabat Tour Aqsa perlu ketahui bahwa sebenarnya banyak sekali dampak positif yang dapat Sahabat Tour Aqsa dapatkan pada saat pergi berlibur. Apa saja? Berikut lebih jelasnya.

  1. Menjadi Lebih Easy Going

Pada saat Sahabat Tour Aqsa sekalian mendatangi tempat-tempat baru, terutama tempat wisata religi. Salah satu manfaat yang di dapat ialah menjadikan diri Sahabat Tour Aqsa sekalian lebih easy going. Jika sebelumnya adalah pribadi yang cukup keras terhadap diri sendiri, suatu keadaan atau orang lain. Maka sepulang dari wisata religi tak menutup kemungkinan bahwa Sahabat Tour Aqsa akan menjadi pribadi yang baru serta berpikiran lebih santai. Bukan lantas artinya Sahabat Tour Aqsa sekalian dapat meremehkan suatu hal, namun dalam menghadapi segala hal yang dihadapi setelah kembali dari wisata, Sahabat Tour Aqsa akan menjadi lebih menganggap bahwa hidup ini tidak berat tapi ringan. Orang yang easy going cenderung tidak suka membuat masalah kecil menjadi besar. Bahkan ketika di hadapannya terdapat sebuah masalah besar, ia akan mencoba untuk mengecilkannya dan lebih suka berpikiran sederhana. Mendatangi tempat religi yang baru sekaligus menemukan hal-hal baru, percayalah bahwa selalu ada timbal balik dari semua itu. Saat Sahabat Tour Aqsa menjadi seseorang yang easy going, diri Sahabat Tour Aqsa pun akan terhindar dari rasa frustrasi dan stres yang berkepanjangan.

  1. Meminimalisir Stress

Tak bisa dipungkiri bahwa rasa jenuh, stress dan beban pikiran yang menumpuk selalu hadir bagi siapapun, entah masih pelajar maupun yang sudah bekerja. Dengan memutuskan untuk berlibur, ini adalah salah satu cara untuk menghilangkan segala rasa jenuh dan stress yang sedang menghampiri. Wisata religi adalah salah satu cara untuk menghilangkan perasaan stress serta beban yang berasal dari rutinitas sehari – hari. Bahkan terkait masalah rumah tangga pun dapat diredakan dengan berwisata religi bersama pasangan. Banyak sekali destinasi wisata religi yang memiliki keunikan serta panorama indah yang akan membuat Sahabat Tour Aqsa sekalian merasa menjadi lebih tenang dikarenakan rasa nyaman yang dihadirkan oleh suasana di destinasi wisata tersebut.

  1. Merasa Lebih Bahagia

Disadari maupun tidak, berwisata religi akan membuat hidup Sahabat Tour Aqsa sekalian menjadi lebih ringan dan dekat dengan Sang Pencipta  yang artinya hidup sahabat Tour Aqsa dapat menjadi lebih baik dan bahagia. Perjalanan yang Sahabat Tour Aqsa lakukan, ke manapun itu, akan memberikan pelajaran berharga bagi diri Sahabat Tpur Aqsa yang juga akan membuat kebahagiaan bertambah. Simpel saja, ini semua karena meningkatnya rasa percaya diri yang didapat dari hasil petualangan di sejumlah tempat baru. Berdoa membuat Sahabat Tour Aqsa lebih rileks dan dalam wisata religi, pastinya Sahabat Tour Aqsa tidak luput dari yang namanya membaca doa sehingga perasaan pun dijamin lebih tenang. Sekembalinya dari perjalanan wisata, dunia yang kita lihat akan berubah menjadi sebuah tempat yang lebih cerah. Tidak ada lagi pandangan bahwa dunia begitu suram dan pekerjaan begitu berat karena setelah melakukan perjalanan religi, ada kekuatan positif sudah berada dalam diri Sahabat Tour Aqsa sekalian.

  1. Mensyukuri Nikmat Sehat dan Rezeki

Pergi berlibur bukanlah perjalanan biasa karena memang tujuan dari adanya perjalanan wisata ini adalah supaya Sahabat Tour Aqsa sekalian lebih mendekatkan diri kepada Allah. Dengan menikmati pergi berlibut, Sahabat Tour Aqsa akan sembari tadabbur alam. Berwisata dengan manfaat tak hanya wisata religi yang hanya sekadar datang ke makam wali dan berjalan-jalan atau melihat-lihat saja. Yang lebih utama agar Sahabat Tour Aqsa mendapatkan kekuatan dari Allah adalah dengan mengaji atau membaca doa, jika punya waktu lebih maka gunakan untuk berkeliling atau berfoto. Selain itu, dengan berkunjung ke wisata religi Sahabat Tour Aqsa sekalian dapat menyaksikan betapa besarnya kuasa Allah dibalik sejarah yang terukir di wisata tersebut.

Untuk Sahabat Tour Aqsa yang sudah menyiapkan rencana untuk pergi berlibur hendaknya persiapkan dengan sebaik mungkin yaa.. Sahabat Tour Aqsa bisa langsung untuk mendaftarkan diri dengan menghubungi kontak yang tertera di website ini. Teruntuk Sahabat Tour Aqsa yang ingin mendapatkan informasi lebih lengkap seputar Tour Masjidil Aqsa di Jakarta 2022, yuk simak terus informasinya! Supaya Sahabat Tour Aqsa sekalian tak ketinggalan berita terbaru terkait Tour Aqsa. Selamat merencanakan liburan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *