Tour Aqsa Desember 2022

Tour Aqsa Desember 2022

Tour Aqsa Desember 2022

Tour Aqsa 2022
Tour Aqsa 2022

Tentunya Sahabat Tour Aqsa mengerti bahwa akhir tahun menjadi suasana pergi berlibur yang amat dinanti bagi seluruh orang di penjuru dunia. Akhir tahun tepatnya bulan Desember seringkali disebut dengan bulan menikmati waktu liburan. Karena pada bulan desember inilah banyak waktu dan kesempatan untuk berlibur. Dengan kesempatan yang ada untuk berlibur tersebut, Sahabat Tour Aqsa dapat mencoba untuk berlibur ke luar negeri. Sahabat Tour Aqsa tak perlu khawatir terkait biaya untuk berlibur ke luar negeri, sebab ada jasa travel terpercaya yang menyediakan paket tour yang asik dengan harga yang ramah kantong. Wah, asik kan? Jika Sahabat Tour Aqsa benar – benar ingin berlibur ke luar negeri, Sahabat Tour Aqsa dapat percayakan pada Satutours Travel yang sudah berpengalaman dan pastinya professional. Salah satu rekomendasi paket tour yang dapat Sahabat Tour Aqsa coba ialah Tour Aqsa. Dengan Sahabat Tour Aqsa mendaftar paket Tour Aqsa, maka Sahabat Tour Aqsa akan merasakan sensasi liburan yang asik dan memorable. Apabila Sahabat Tour Aqsa berencana untuk mendaftar Tour Aqsa Desember 2022, jangan lupa untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang ya. Teruntuk Sahaabt Tour Aqsa yang ingin mengetahui informasi lebih lengkap seputar Tour Aqsa Jakarta dan Tour Aqsa 2022, simak terus informasi berikut ini yaa..

Apa Saja Hal Menarik di Al – Aqsa? Yuk Simak Ini!

Bagi Sahabat Tour Aqsa yang hendak berencana berlibur ke Al – Aqsa, pastinya bertanya – tanya perihal apa saja kira – kira hal menarik yang ada disana. Sahabat Tour Aqsa perlu mengetahui bahwa banyak sekali fakta terkait Al – Aqsa yang masih jarang diketahui oleh khalayak. Teruntuk Sahabat Tour Aqsa yang hendak berencana berlibur ke Aqsa, wajib banget nih tau tentang hal menarik berikut ini. Apa saja sih fakta terkait Al – Aqsa yang jarang diketahui? Berikut lebih jelasnnya.

  1. Tempat Al – Ghazali Hidup dan Menulis Karya Terbesarnya

Tampaknya Sahabat Tour Aqsa tak lagi asing apabila mendengar nama Al – Ghazali ini. Sahabat Tour Aqsa perlu mengetahui bahwa Al – Ghazali menjadi salah satu tokoh ulama yaang paling dikenal dalam sejarah umat muslim. Al – Ghazali ini memiliki nama lengkap Imam Abu Hamid Al – Ghazali. Al – Ghazali menghabiskan hari – harinya di Masjid Al – Aqsa yakni menulis yang dianggap sebagai karya terbesarnya yang berjudul Ihyaa Ulum Al – Din (Kebangkitan Ilmu Agama). Al – Ghazali merupakan sosok yang dihormati oleh semua aliran pemikiran, hal ini dikarenakan kemampuannya terjun ke kedalaman jiwa manusia sambil tetap berlabuh pada ajaran Al – Qur’an dan Nabi. Sebuah bangunan di Masjid Al – Aqsa menandai yang menjadi bekas kamar lamanya.

  1. Tak Terdiri Dari Satu Masjid Saja

Tahukah Sahabat Tour Aqsa? Bahwasannya Masjid Al – Aqsa ternyata tak hanya terdiri dari satu masjid saja. Akan tetapi ada beberapa masjid. Kebanyakan orang cenderung menganggap masjid Al – Aqsa sebagai bangunan di sudut paling selatan masjid. Sebenarnya, itu merupakan masjid kiblat. Hal tersebut dikatakan demikian karena itu merupakan salah satu yang terdekat dengan kiblat. Namun, pada kenyataannya seluruh kompleks adalah bagian dari Masjid Al – Aqsa. Nama lainnya biasa disebut dengan Al – Haram As – Syarief.

  1. Satu – Satunya Masjid Selain Ka’bah Yang Disebutkan Dalam Al – Qur’an

Masjid Al – Aqsa adalah satu – satunya masjid yang terkutip dalam kitab suci agama islam. Begitu istimewanya Al – Aqsa ini. Kutipan terkait Al – Aqsa ini disebutkan dalam Q.S. Al – Isra ayat 1 ketika Allah berfirman terkait isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Berikut kutipannya yang artinya :

“Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS Al Isra’ : 1)

  1. Kompleks Juga Merupakan Tanah Pemakaman

Memang tidak ada catatan khusus dan akurat terkait siapa saja dan berapa banyak yang telah dimakamkan di lokasi tersebut. Namun yang perlu diketahui ialah di al – Haram as – Sharif merupakan tempat peristirahatan bagi banyak Nabi dan Sahabat Nabi.

  1. Pernah Digunakan Sebagai Tempat Pembuangan

Sejarah menyebutkan pada jaman dahulu ketika orang-orang Romawi mengasingkan orang-orang Yahudi dari kota, sebagian besar penduduk Romawi menggunakan area Masjid Al-Aqsa sebagai tempat pembuangan sampah. Ketika Umar Radhiyallahuanhu membuka kota bagi Islam, ia membersihkan sampah dengan tangan kosong. Dia juga mengakhiri pengasingan orang Yahudi yang sudah berabad-abad, memberi keluarga pengungsi hak untuk tinggal di Yerusalem sekali lagi.

  1. Pernah Terjadi Pembakaran

Pada tahun 1969, seluruh Masjid al Qibly pernah terjadi insiden dibakar hingga habis. Diketahui bahwa terdapat seorang Zionis Australia dengan sengaja membakar mimbar Nuruddin dan Masjid Qibly. Kebakaran yang dihasilkan hampir menyelimuti seluruh masjid. Dunia Muslim terbangun dengan pemandangan dari mimpi terburuk dari yang buruk. Mereka putus asa dan mencoba memadamkan api semampu mereka. Seluruh umat manusia menggantungkan kepalanya karena malu. Sejak saat itu, masjid itu dibangun kembali. Namun, seperti dinukil dari Shugal, serangan terhadap situs tersuci ketiga dalam Islam rupanya masih berlanjung hingga hari ini. Penggalian yang merusak fondasi seluruh masjid, kunjungan yang tidak sah, dan ancaman harian untuk membangun kembali kuil tua semuanya sedang berlangsung. kejadian masa lalu ini menunjukkan betapa pentingnya menjaga situs paling suci ketiga dalam Islam ini.

  1. Pernah Terjadi Lokasi Pembantaian

Pada jaman dahulu saat tentara Salib pertama datang ke Yerusalem, mereka menemukan mayoritas penduduk Muslim terkurung di Masjid Al Aqsa. Mereka membantai sekitar 70.000 dari mereka dan kemudian mengubah Masjid Qibly menjadi istana, kubah menjadi kapel, dan ruang bawah tanah menjadi kandang kuda. Seperti dituliskan di Shugal, umat Muslim yang selamat dari pembantaian awal kemudian disalibkan di sebuah salib besar yang ditempatkan di dekat pusat masjid. Inilah satu-satunya salib yang dipecahkan oleh Salahudin. Dasar salib sendiri hingga kini masih bisa terlihat di sana.

  1. Dome Of The Rock Yang Asli Terlihat Sangat Berbeda

Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa the Dome of the Rock dibangun oleh Khalifah Umayyah Abdul Malik ibn Marwan. Pada Mulanya kayu dengan kuningan, timah atau penutup keramik. Kubah ikon yang pada umumnya semua orang tahu bahwa kubah itu dibangun hampir seribu tahun kemudian pada masa pemerintahan Khalifah Ottoman, Suleyman yang Agung. Lapisan emas khas ditambahkan ke kubah bersama dengan ubin Ottoman ke fasad bangunan.

Sebelum Berkunjung Ke Aqsa, Pahami Ini Yuk!

Tour Aqsa Jakarta
Tour Aqsa Jakarta

Bagi Sahabat Tour Aqsa yang hendak berencana untuk melakukan Travel Tour Aqsa, Sudah mengertikah apa saja yang hendaknya dipahami? Jika belum, yuk baca tips berikut ini.

  1. Coba Perhatikan Tanggal Penting di Kalender

Sebelum Sahabat Tour Aqsa memutuskan dan menetapkan tanggal untuk pergi berlibur, coba terlebih dahulu memperhatikan tanggal penting di kalender. Hal ini dikarenakan Aqsa merupakan tempat suci bagi 3 agama. Oleh karena itu, peziarah Islam, Nasrani dan Yahudi juga datang dan berkumpul di kota ini. Yerusalem akan sangat ramai pada saat hari-hari besar keagamaan seperti isra miraj, Ramadhan dan idul fitri serta akan sangat ramai pula saat paskah atau natal. Perhatikan pula hari keagamaan yahudi seperti pesach (paskah yahudi) dan yom kippur karena di hari itu sebagian besar pelayanan publik seperti, bandara bahkan pos lintas batas negara jika Sahabat Tour Aqsa masuk ke Palestina dari Taba (Mesir) atau Allenby (Yordania). Hal ini tentunya cukup menyulitkan karena palestina tidak memiliki wilayah otoritas yang langsung berbatasan dengan negara lain. Hal ini disebabkan wilayah mereka sudah terkepung oleh otoritas penjajah sehingga wisatawan terpaksa masuk ke Palestina dari Israel.

  1. Berliburlah Dengan Menggunakan Jasa Travel

Seperti yang diulas sebelumnya bahwasannya akses untuk masuk ke Palestina satu-satunya ialah melewati Israel. Sedangkan Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel sehingga akan sulit bagi Sahabat Tour Aqsa untuk mendapatkan visa agar dapat memasuki Palestina melalui israel. Cara paling masuk akal adalah dengan bergabung dengan travel dan group tour Indonesia yang sudah bekerjasama dengan travel lokal Palestina. Dengan cara ini akses masuk melalui imigrasi lebih mudah. Karena jarang sekali terdapat orang yang bisa masuk wilayah israel dengan cara solo traveling alias tanpa travel atau grup tour, kalaupun bisa biasanya harus ada undangan khusus dari warga yahudi lokal israel, dan visa dapat diurus di kedutaan besar  Israel, mesir atau yordania. Sebelum memilih travel juga harus dipastikan kredibilitas travel tersebut karena semua travel Indonesia yang ingin masuk ke israel haruslah travel resmi, legal dan berbadan hukum. Teruntuk Sahabat Tour Aqsa yang hendak berangkat berlibur ke Aqsa, hendaknya memilih jasa travel yang terpercaya seperti halnya Satutours Travel. Karena dengan memilih Jasa travel yang terpercaya maka dipastikan tidak ada kendala saat akan masuk ke israel dan pelayanannya sangat memuasman. Pada saat akan masuk ke israel, passport wisatawan tidak akan dicap melainkan hanya ada selembar kertas berwarna pink yang diselipkan di paspor sebagai tanda masuk. Kertas itu tidak boleh hilang sampai wisatawan akan keluar kembali nanti.

  1. Coba Pahami Halal dan Kosher

Sebagai umat muslim pastinya Sahabat Tour Aqsa telah mengenal konsep halal haram khususnya dalam hal makanan. Maka begitu pula dengan orang Yahudi yang juga memiliki konsep kosher. Mirip tapi tak sama, sebab ada makanan yang kosher tapi belum tentu halal dan ada makanan yang halal tapi tidak kosher. Contohnya, dalam agama Islam memakan babi itu haram, demikian juga dengan yahudi maka orang Islam dan yahudi sama-sama tidak akan memakan babi. Tapi dalam agama yahudi anggur/wine itu kosher tapi itu tetap haram dalam Islam maka Sahabat Tour Aqsa sekaliam tidak bisa semerta-merta makanan berlabel kosher. Apabila Sahabat Tour Aqsa sekalian hanya makan makanan yang disajikan restoran di tempat menginap maka ini tak menjadi masalah, karena biasanya jasa penyedia tour atau travel pasti akan menyesuaikan makanan yang sesuai yakni berlabel halal. Tapi jika Sahabat Tour Aqsa sekalian merupakan seseorang yang gemar mencicipi makanan lokal saat berwisata  maka wajib untuk memperhatikan hal tersebut. Berdasarkan wisatawan yang telah berkunjung sebelumnya memberi saran pilihlah kedai makanan milik warga Palestina selain terjamin halal juga akan membantu meningkatkan perekonomian mereka ditengah situasi yang sulit di negara mereka saat ini. Disana terdapat beberapa kuliner khas Palestina seperti Baklava dan Maqluba.

  1. Belilah Oleh – Oleh di Penduduk Setempat

Pada saat Sahabat Tour Aqsa berlibur ke Al – Aqsa, tentunya pihak travel akan mengajak Sahabat Tour Aqsa sekalian untuk berhenti di beberapa pusat oleh – oleh besar seperti di jericho. Namun menurut wisatawan yang pernah berkunjung ke Al – Aqsa lebih memilih untuk membeli oleh-oleh di kota tua Yerussalem yakni di kedai-kedai kecil milik penduduk lokal atau yang dijual oleh anak-anak palestina di sekitaran kompleks Masjid Al-Aqsa. Hal ini dikarenakan, dengan cara tersebut bisa juga untuk bersedekah secara langsung pada penduduk Palestina, sambil berbelanja tentunya.

  1. Perhatikan Musim Saat Hendak Berkunjung

Teruntuk Sahabat Tour Aqsa yang hendak berkunjung ke Al – Aqsa, Sahabat Tour Aqsa sekalian dapat memeriksa musim saat hendak berkunjung melalui aplikasi accu weather. Beberapa orang yang telah berkunjung menyarankan untuk berangkat pada musim gugur atau semi. Karena saat musim panas cuaca di Palestina bisa naik sampai 40-45 derajat sedangkan saat musim dingin cuaca bisa turun hingga minus 10 derajat. Namun karena pemanasan global yang melanda bumi ini, soal musim ini agak sulit dipastikan karena setiap tahun biasanya berubah-ubah. Tapi menurut pengalaman wisatawan yang pernah berkunjung ke yerussalem paling baik dikunjungi pada saat musim gugur (September sampai dengan November) atau musim semi (Maret sampai dengan Mei). Untuk musim panas keadaan di Yerusalem & Palestina bisa sangat panas sehingga dapat mengganggu ibadah baik saat di Masjid Al-Aqsa atau saat berkunjung ke tempat lain di Bethlehem dan kota sekitarnya Sedangkan pada musim dingin temperatur bisa sangat dingin, dan bisa  turun salju terutama saat malam hari. Dengan memperhatikan musim saat hendak berkunjung, tentunya Sahabat Tour Aqsa dapat mempersiapkan apa saja perlengkapan yang hendak di bawa pada saat berlibur.

Hendak Pergi Berlibur? Jangan Lupa Bawa Ini!

tour aqsa jordan mesir 2022
tour aqsa jordan mesir 2022

Untuk Sahabat Tour Aqsa yang hendak pergi menikmati waktu berlibur, hendaknya tak lupa untuk menyiapkan segala keperluan yang diperlukan untuk dibawa. Akan tetapi terkadang, tak sedikit pula yang menyepelekan persiapan ini sebelum pergi berlibur. Akibatnya, tentu ada saja barang yang terbilang penting tertinggal karena lupa dibawa. Jika sudah begitu, pastinya liburan akan menjadi kurang nyaman bukan? Terlebih barang yang tertinggal tersebut sangat penting. Sehingga mau tak mau harus beli lagi di lokasi tujuan. Akhirnya, pengeluaran pun menjadi bertambah. Nah.. agar tak demikian, Sahabat Tour Aqsa dapat mempersiapkannya dari juah – jauh hari dan menulis barang apa saja yang wajib dibawa saat berlibur. Apa saja sih barang yang hendaknya wajib dibawa oleh Sahabat Tour Aqsa? Yuk simak informasi dibawah ini.

  1. Alas Kaki Yang Nyaman

Pastinya selama Sahabat Tour Aqsa melakukan perjalanan liburan, pasti ada saja hal yang tak bisa dipresiksi. Seperti halnya saat mengunjungi sebuah wisata. Meskipun Sahabat Tour Aqsa tak berniat berpergian jauh dengan jalan kaki, akan tetapi tetap ada kemungkinan lokasi yang akan di datangi membutuhkan waktu tempuh yang lumayan dengan jalan kaki. Nah, agar liburan Sahabat Tour Aqsa sekalian berjalan dengan lancar. Sebisa mungkin pilihlah alas kaki yang nyaman agar kaki Sahabat Tour Aqsa sekalian tak mengalami lecet.

  1. Handuk Kecil

Handuk menjadi salah satu barang yang dibutuhkan saat pergi berlibur. Namun banyak juga traveller yang lupa untuk membawa handuk ketika berlibur. Sehingga akibatnya adalah tubuh tidak dikeringkan dengan baik dan timbul lah gatal – gatal. Jika ini sampai terjadi, tentu sangat menyebalkan bukan? Di hotel tempat Sahabat tour Aqsa menginap mungkin menyediakan handuk, namun lebih baik membawa handuk kecil sendiri agar lebih higienis.

  1. Uang Tunai

Lupa membawa uang tunai ini merupakan menjadi masalah yang sering terjadi bagi yang selalu mengandalkan kartu untuk alat pembayaran. Sebisa mungkin, apabila Sahabat Tour Aqsa hendak berlibur pastikan bahwa Sahabat Tour Aqsa membawa uang tunai. Hal ini bertujuan agar memudahkan Sahabat Tour Aqsa sekalian dalam bertransaksi. Nah, terlebih jika Sahabat Tour Aqsa sekalian berlibur ke luar negeri. Jangan sampai lupa untuk menukar uang terlebih dahulu yaa.

  1. Obat – Obatan Pribadi

Pada saat berlibur, tak ada yang bisa menjamin bahwa tubuh akan selalu dalam keadaan sehat. Oleh karena itula, sebelum memutuskan untuk berlibur terlebih memilih liburan ke luar negeri tentunya membutuhkan persiapan yang cukup termasuk kesehatan tubuh. Bagi Sahabat Tour Aqsa yang memiliki riwayat sakit tertentu, ketika berlibbur hendaknya membawa obat – obatan pribadi yang dibutuhkan. Ini berguna untuk mengantisipasi ketika penyakit Sahabat Tour Aqsa sewaktu – waktu kambuh.

  1. Travel Charger atau Universal Charger

Teruntuk Sahabat Tour Aqsa yang hendak berlibur terutama berlibur ke Luar Negeri tentunya tak melewatkan untuk membawa travel charger atau universal charger. Mengapa? Karena alsannya ialah tak semua hotel memiliki steker universal. Sehingga, jangan sampai liburanmu terasa hambar hanya karena tak dapat men charge gadget.

  1. Tisu Kering dan Basah

Barang penting selanjutnya yang hendaknya tak dilupakan pada saat berlibur ialah membawa tisu kering dan tisu basah. Kedua barang ini sangat berguna sekali untuk membersihkan atau mengeringkan tubuh, mengelap perlengkapan makanan, saat ke toilet serta membersihkan barang – barang yang lainnya.

  1. Tas Yang Nyaman

Bukan menjadi hal yang asing bahwa tas merupakan barang penting utama yang harus dibawa pada saat berlibur. Karena tas ini berguna untuk mengemas pakaian yang hendak dibawa untuk berlibur. Dengan memilih yang nyaman tentunya tak akan merepotkan pada saat di bawa berlibur. Banyak sekali jenis tas yang dapat Sahabat Tour Aqsa pakai selama travelling. Muali dari membawa tas koper maupun backpack. Bagi Sahabat Tour Aqsa yang tak ingin kerepotan, memilih backpack merupakan rekomendasi yang tepat. Karena Backpack akan memudahkan Sahabat Tour Aqsa sekalian dalam membawa air minum, DSLR, laptop serta barang – barang lainnya.

Inilah sekilas informasi bagi Sahabat Tour Aqsa yang saat ini sedang mempersiapkan untuk mendaftar Tour Aqsa Desember 2022. Teruntuk Sahabat Tour Aqsa yang masih ingin membaca informasi selainnya seputar Tour Aqsa, jangan lupa untuk selalu update informasi terbarunya. Lumayan banget nih buat bekal Sahabat Tour Aqsa sekalian sebelum berangkat berlibur ke Aqsa. Semoga informasi ini dapat membantu Sahabat Tour Aqsa yang ingin berlibur ke Aqsa ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *