Tour Aqsa Jakarta 2022

Tour Aqsa Jakarta 2022

Tour Aqsa Jakarta 2022

paket tour aqsa jordan mesir
paket tour aqsa jordan mesir

Menikmati suasana liburan tentunya tak hanya pergi ke tempat – tempat hiburan dan juga destinasi wisata alam yang menarik saja. Namun, Sahabat Tour Aqsa dapat pula pergi untuk menikmati wisata religi yang memiliki nilai lebih seperti mengandung nilai sejarah, keindahan arsitektur bangunannya serta yang pasti nilai religi dari tempat tersebut. Tentunya dengan memilih wisata religi sebagai destinasi liburan yang direncanakan dapat membantu Sahabat Tour Aqsa sekalian dalam mendapatkan pengalaman liburan yang asik dan anti mainstream. Apabila Sahabat Tour Aqsa merencanakan liburan yang demikian, Sahabat Tour Aqsa dapat berkunjung ke Al – Aqsa dengan mencoba Tour Aqsa. Dengan berlibur ke Al – Aqsa, Sahabat Tour Aqsa pasti akan menemui berbagai hal yang menarik selama berada disana. Teruntuk Sahabat Tour Aqsa yang berencana mendaftar Tour Aqsa Jakarta 2022, yuk pantau terus informasinya. Bagi Sahabat Tour Aqsa yang ingin memahami informasi lebih lengkap seputar Tour Aqsa 2022 dan Tour Aqsa Jakarta, silahkan simak informasi di bawah ini.

Menikmati Wisata Religi Bersama Tour Aqsa

Wisata religi merupakan wisata yang berisi destinasi – destinasi bersejarah yang berupa masjid ataupun petilasan para nabi ataupun tokoh – tokoh yang dianggap suci. Tentunya Sahabat Tour Aqsa tidaklah asing mendengar sebuah wisata religi. Pasalnya sebagai umat muslim, banyak sekali bangunan bersejarah yang saat ini banyak dijadikan sebagai destinasi wisata yang dikunjungi. Nah, tahukah Sahabat Tour Aqsa? Bahwa mengunjungi wisata religi ternyata ada manfaatnya loh. Mau tahu apa saja manaatnya? Yuk simak informasi di bawah ini.

  1. Menyegarkan Spiritual

Tentunya Sahabat Tour Aqsa memahami bahwa wisata religi dapat menyegarkan Spiritual Sahabat Tour Aqsa sebagai hamba. Terdapat perbedaan yang cukup terlihat dari berkunjung ke tempat hiburan yang biasanya hanya dilakukan agar mendapatkan kesenangan sementara, sedangkan wisata religi dapat membuat dahaga spiritual Sahabat Tour Aqsa tersegarkan seketika. Walaupun bersifat personal, namun tujuan dari wisata religi cukup luas dan Sahabat Tour Aqsa tidak akan hanya bisa mengunjungi makam para wali saja. Akan tetapi setiap tempat yang masuk dalam kategori obyek wisata religi bakal membuat gairah cita rasa religius meningkat. Selain dari makam para wali, sejumlah museum, situs sejarah dan masjid pun bisa disambangi. Tour Aqsa

  1. Melepas Segala Kejenuhan

Ketika Sahabat Tour Aqsa memutuskan untuk berlibur tentu saja tujuannya untuk melepaskan diri dari segala kejenuhan. Mungkin beberapa orang melepas jenuh dengan melakukan jenis wisata lain, namun bagi beberapa orang. Berwisata religi atau mendekatkan diri pada suatu hal yang berbau religius akan membuat mereka kembali bersemangat dalam menjalani rutinitas atau aktivitas seperti biasa. Wisata religi dapat dilakukan sendiri, atau bersama keluarga atau teman. Sangat wajar ketika seorang manusia berada di titik jenuh pada suatu kegiatan yang bahkan ia sukai sekalipun. Dengan berwisata religi akan ada energi positif yang bisa didapat.

  1. Mengingatkan Pada Akhirat

Tahukah Sahabat Tour Aqsa sekalian bahwa dengan berwisata religi akan bermanfaat bagi diri yakni mengingat akhirat. Walaupun sebelumnya pernah  terdapat sebuah riwayat dalam sebuah hadis di mana Nabi bersabda bahwa kita dilarang untuk melakukan ziarah kubur, namun setelah itu Nabi pun mengatakan bahwa sekarang ini perlu melakukannya karena akan mengingatkan akan akhirat. Mungkin banyak orang yang tidak menyadari apa manfaat dan tujuan sebenarnya dari wisata religi, khususnya berkunjung dan berziarah ke makam tokoh masyarakat atau wali. Sebagai manusia, hidup berada di dunia tidaklah lama dan sangat penting untuk memikirkan kehidupan di akhirat sehingga dengan berziarah makam akan membuat lebih sadar dan lebih menyiapkan diri untuk akhirat. Benar begitu bukan?

  1. Lebih Dekat dengan Sang Pencipta

Berkunjung ke wisata religi bukanlah perjalanan biasa karena memang tujuan dari adanya perjalanan wisata ini adalah supaya Sahabat Tour Aqsa sekalian lebih mendekatkan diri kepada Allah. Dengan berwisata religi, Sahabat Tour Aqsa akan menjadi lebih ingat mati dan menimbulkan rasa takut terhadap siksa kubur dan neraka. Wisata religi bukan hanya sekadar datang ke makam wali dan berjalan-jalan atau melihat-lihat saja. Yang lebih utama agar Sahabat Tour Aqsa mendapatkan kekuatan dari Allah adalah dengan mengaji atau membaca doa, jika punya waktu lebih maka gunakan untuk berkeliling atau berfoto. Selain itu, dengan berkunjung ke wisata religi Sahabat Tour Aqsa sekalian dapat menyaksikan betapa besarnya kuasa Allah dibalik sejarah yang terukir di wisata religi tersebut.

  1. Menambah Wawasan

Selain dari kegiatan ziarah makam, ada berbagai situs bersejarah yang bisa dikunjungi yang akan menambah wawasan. Wisata religi tidaklah sekadar hanya berkunjung dan berdoa di makam wali atau tokoh masyarakat, namun ada bangunan-bangunan bersejarah yang berhubungan dengan perkembangan agama yang patut didatangi. Beberapa spot wisata religi memiliki keunikan dan sisi misteriusnya sendiri sehingga ketika Sahabat Tour Aqsa berkunjung, terdapat pemahaman baru yang bisa dikumpulkan yang akan jauh lebih menyenangkan daripada memelajarinya lewat sejumlah buku sejarah maupun religi. Bagaimana? tertarik untuk mencobanya?

  1. Menjadi Lebih Bahagia

Disadari maupun tidak, berwisata religi akan membuat hidup Sahabat Tour Aqsa sekalian menjadi lebih ringan dan dekat dengan Sang Pencipta  yang artinya hidup sahabat Tour Aqsa dapat menjadi lebih baik dan bahagia. Perjalanan yang Sahabat Tour Aqsa lakukan, ke manapun itu, akan memberikan pelajaran berharga bagi diri Sahabat Tpur Aqsa yang juga akan membuat kebahagiaan bertambah. Simpel saja, ini semua karena meningkatnya rasa percaya diri yang didapat dari hasil petualangan di sejumlah tempat baru. Berdoa membuat Sahabat Tour Aqsa lebih rileks dan dalam wisata religi, pastinya Sahabat Tour Aqsa tidak luput dari yang namanya membaca doa sehingga perasaan pun dijamin lebih tenang. Sekembalinya dari perjalanan wisata, dunia yang kita lihat akan berubah menjadi sebuah tempat yang lebih cerah. Tidak ada lagi pandangan bahwa dunia begitu suram dan pekerjaan begitu berat karena setelah melakukan perjalanan religi, ada kekuatan positif sudah berada dalam diri Sahabat Tour Aqsa sekalian.

  1. Menghilangkan Beban Pikiran dan Stress

Tak bisa dipungkiri bahwa rasa jenuh, stress dan beban pikiran yang menumpuk selalu hadir bagi siapapun, entah masih pelajar maupun yang sudah bekerja. Dengan memutuskan untuk berlibur, ini adalah salah satu cara untuk menghilangkan segala rasa jenuh dan stress yang sedang menghampiri. Wisata religi adalah salah satu cara untuk menghilangkan perasaan stress serta beban yang berasal dari rutinitas sehari – hari. Bahkan terkait masalah rumah tangga pun dapat diredakan dengan berwisata religi bersama pasangan. Banyak sekali destinasi wisata religi yang memiliki keunikan serta panorama indah yang akan membuat Sahabat Tour Aqsa sekalian merasa menjadi lebih tenang dikarenakan rasa nyaman yang dihadirkan oleh suasana di destinasi wisata tersebut.

Berkunjung ke Islamic Museum di Aqsa

Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa di dekat masjid Al – Aqsa terdapat harta karun. Harta karun tersebut terletak di Islamic Museum atau yang biasa disebut dengan museum islam.  Banyak yang tak mengetahui bahwa ternyata terdapat Museum Islam di dekat Masjid Al Aqsa, Yerusalem. Di Museum Islam tersebut itulah tersimpan harta yang tak ternilai di sana. Mulai dari jubah pasukan Perang Salib hingga kain penutup Kabah. Tentunya peninggalan ini menjadi sesuatu yang luar biasa. Karena peninggalan tersebut turut menjadi saksi bisu terjadinya peristiwa bersejarah di masa lalu. Bangunan Museum islam atau Islamic Museum ini mirip seperti bangunan – bangunan disekitarnya. Akan tetapi sayangnya tak ada papan maupun plang besar yang bertuliskan Islamic Museum di bangunan tersebut. Oleh karena itulah, terkadang banyak wisatawan yang melewatkan untuk berkunjung ke Islamic Museum dikarenakan tak tahu. Nah.. agar Sahabat Tour Aqsa tahu tentang isi dari islamic museum ini, yuk coba berkunjung saat Sahabat Tour Aqsa sudah berada di Aqsa

Diketahui bahwa Islamic Museum telah berdiri sejak tahun 1923. Museum ini didirikan atas sumbangsih Islamic Awqaf Department yakni semacam badan wakaf di Yerusalem yang untuk mengamankan benda – benda peninggalan bersejrah umat Muslim di Yerusalem dan sekitarnya. Museum ini pun juga mendapat bantuan dari Jordanian Ministry of Awqaf, badan wakaf dari Yordania. Islamic Museum ini terbilang tidak luas. hal ini dikarenakan bangunannya hanya berdiri di tanah seluas 1.000 meter persegi saja. Jauh dari kata megah dan mewah seperti museum-museum Islam di negara-negara Timur Tengah. Situs Palestinian American Research Center (PARC) memaparkan jika kondisi dari islamic museum ini seadanya saja. Di dalam Islamic Museum peninggalan yang paling bersejarah adalah peninggalan-peninggalan para prajurit Romawi yang melawan para tentara Muslim demi memperebutkan tanah suci Yerusalem dalam Perang Salib. Perang yang berlangsung cukup panjang yakni dari tahun 1098 hingga tahun 1400-an.

Apa saja peninggalan – peninggalannya yang tersisa? Terdapat pakaian prajurit Romawi berupa jubah yang terbuat dari besi lengkap dengan pedang yang beragam ukuran. Selain itu tak ketinggalan pula, Aneka ragam pedang dari pasukan Umat Muslim. Tak hanya itu saja, Islamic Museum pun menyimpan sejarah pilu masyarakat Palestina. Terlebih pada tahun tahun 1990 yakni terjadi suatu tragedi yang terjadi di kawasan komplek Masjid Al Aqsa dikala umat Muslim sedang melangsungkan salat Zuhur dan ditembaki. 20 Orang tewas dan puluhan orang lain luka-luka. Tragedi yang juga disebut dengan sebutan Black Monday. Kemudian 17 Pakaian dari korban yang meninggal tersebut, disimpan di dalam Islamic Center. Kabar yang beredar, noda darah yang menempel di pakaiannya hingga kini masih basah dan terlihat jelas. Selebihnya, isi dari islamic museum ialah berbagai artefak Muslim seperti kaligrafi, manuskrip-manuskrip Al Quran dan lainnnya pun terdapat di Islamic Museum. Terdapat alas untuk membaca Al Quran, tempat perhiasan dan lainnya yang usianya ratusan tahun. Bahkan, salah satu kain penutup Kabah -kiblatnya umat Muslim untuk salat- juga ada di sana. Islamic Museum hanya buka dari pukul 15.00 sampai 18.00 waktu setempat. Tak ada biaya untuk masuk ke dalamnya, namun para pengunjung dilarang menyentuh apalagi merusak koleksinya. Sebab, beberapa koleksi tidak disimpan dalam kotak kaca. Tak berlebihan sepertinya, jika menyebut Islamic Museum bagaikan harta karun dengan segala koleksinya. Karena begitu berharganya peninggalan – peninggalan yang menjadi saksi bisu atas segala peristiwa yang pernah terjadi di Al – Aqsa. Wah menarik sekali kan?

Apa Saja Istimewanya Berlibur Dengan Tour Aqsa?

Sahabat Tour Aqsa sekalian pastinya telah tak asing lagi terkait Al – Aqsa. Kentalnya sejarah yang mengiringi, tentu membuat Sahabat Tour Aqsa memahami bahwasannya Al – Aqsa ini penuh dengan sejarah yang menghiasi. Banyak sekali bangunan disana yang menjadi saksi bisu terkait apa saja yang telah terjadi di masa lampau. Saat ini hanya tertinggal kenangan yang tergores dalam sejarah penting bagi umat muslim. Dengan berkunjung ke Al – Aqsa, Sahabat Tour Aqsa sekalian dapat melihat secara langsung bangunan bersejarah yang bermakna. Tentunya liburan Sahabat Tour Aqsa sekalian akan lebih bermanfaat ketika terselipkan nilai edukasi religi yang menambah wawasan seperti ini. Alasan lain yang membuat Sahabat Tour Aqsa harus mencoba Tour Aqsa antara lain :

  1. Berkunjung ke Lokasi Bersejarah Isra Mi’raj

Bagi Umat Muslim, Isra Mi’raj merupakan salah satu sejarah yang penting bagi umat muslim. Pentingnya Isra Mi’raj ini terkait dengan awal mulanya perintah untuk menjalankan sholat lima waktu. Dalam sejarahnya, Masjid Al – Aqsa merupakan menjadi salah satu tempat yang mulia karena terlibat dalam kisah perjalanan Isra Mi’raj yang dilaksanakan Nabi Muhammad SAW. Diketahui bahwa perjalanan Nabi Muhammad SAW dimulai pada peristiwa Isra yakni melakukan perjalanan dari Masjidil Haram di Mekkah ke Masjidil Aqsha yang terletak di Yerussalem. Setelahnya, dilanjutkan dengan Mi’raj yang merupakan kisah perjalanan Nabi Muhammad SAW dari bumi hingga naik ke langit ke tujuh. Kemudian dilanjutkan ke Sidratul Muntaha (akhir penggapaian) untuk menerima perintah dari Allah SWT dalam menjalankan sholat lima waktu dalam sehari semalam.

  1. Menyaksikan langsung Bangunan Masjid Kedua di Dunia

Tahukah Sahabat Tour Aqsa sekalian? Bahwa di Al – Aqsa terdapat bangunan kedua yang pertama kali berdiri di bumi. Bangunan tersebut tak lain tak bukan ialah Masjid Al – Aqsa. Masjid Al – Aqsa pada mulanya dibangun oleh Nabi Ya’kub AS dan setelahnya direnovasi oleh Nabi Daud AS kemudiaan selanjutnya disempurnakan oleh Nabi Sulaiman AS. Masjid AL – Aqsa merupakan termasuk dalam masjid kedua yang dibangun diatas dunia setelah Masjidil Haram yang terletak di Mekkah.

Dalam Shahih Bukhari dan Shahih Muslim disebutkan, Abu Dzar RA meriwayatkan bahwa ia bertanya kepada Rasulullah SAW tentang masjid pertama yang dibangun di muka bumi, Rasulullah SAW menjawab : “ Masjid Al – Haram “. Lalu Abu Dzar bertanya lagi, “Selanjutnya masjid apa?” beliau menjawab, “ Masjid Al – Aqsa ”. Selanjutnya Abu Dzar bertanya lagi, ”Berapa lama jarak pembangunan keduanya?” Rasulullah SAW berkata, ”40 tahun.” Lalu Allah menjadikan bumi ini bagi kalian sebagai masjid. Oleh karena itu, kapanpun waktu shalat, lakukanlah shalat diatasnya, karena dia memiliki keutamaan.” Dalam beberapa keterangan, Masjid Al-Aqsa pertama kali dibangun pada sekitar 2.500 tahun sebelum masehi (SM).

  1. Perintah Rasulullah SAW Untuk Berziarah

Rasulullah SAW memerintahkan umat muslim untuk berziarah ke masjid Al – Aqsa. Terdapat kutipan hadits yang menjelaskan bahwa Nabi Muhammad berkata tentang anjuran berziarah ke Masjid Al – Aqsa yang arti dari hadits tersebut ialah

“ Tidak dikerahkan melakukan suatu perjalanan kecuali menuju tiga masjid yaitu Masjidil Haram (di Makkah) dan Masjidku (Masjid Nabawi di Madinah) dan Masjid Al – Aqsa (di Palestina). (H.R. Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu)

  1. Mendapat Pahala Yang Besar Saat Shalat di Masjid Al – Aqsa

Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa terdapat keutamaan shalat di Masjid Al – Aqsa. Hal ini terkandung dalam hadits yang menjelaskan bahwa lebih utama 500 kali dibandingkan shalat di masjid lain. Hadits tersebut menjelaskan bahwa :

“ Shalat di Masjidil Haram lebih utama serratus ribu kali lipat daripada sholat di masjid – masjid lainnya. Shalat di masjid Nabawi lebih utama seribu kali lipat. Dan shalat di Masjidil Aqsa lebih utama lima ratus kali lipat. “ (HR. Ahmad dari Abu Darda).

  1. Mengunjungi Kiblat Umat Muslim Yang Pertama

Pada mulanya, Masjid Al – Aqsa merupakan menjadi kiblat umat muslim, hingga 17 bulan setelah hijra. Kemudian dialihkan ke Ka’bah Masjidil Haram. Sedangkan menurut kepercayaan Yahudi, tempat yang sekarang telah menjadi Al – Aqsa dipercaya sebagai tempat berdirinya bait suci pada masa lampau. Sahabat Tour Asqa tentunya sudah tidak asing lagi bahwasannya Masjid Al – Aqsa memiliki kaitan yang erat dengan para Nabi dan tokoh Bani Israel yang juga disucikan serta dihormati dalam ketiga agama.

  1. Pesona Masjid

Paket Tour Aqsa
Paket Tour Aqsa

Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa pesona masjid Al – Aqsa ini cukup dikenal oleh khalayak. Pesona masjid Al – Aqsa ini terletak pada desain arsitektur yang memadukan unsur tradisional dengan sentuhan aksen modern. Masjid Al – Aqsa memiki 7 buah Lorong yang ditunjang oleh tiang – tiang melengkung yang modelnya hypostyle nave serta diengkapi beberapa tambahan ruang kecil pada sisi sebelah timur dan barat. Dalam Masjid Al – Aqsa ini terdapat 121 jendela kaca patri bekas peninggalan dinasti Abbasiyah dan Fatimiyah yang hingga kini masih berdiri kokoh. Untuk dekorasi bagian dalam masjidnya ini sebagian besar ruangan masjid di dominasi oleh marmer berwarna putih dengan balutan karpet merah yang sungguh terlihat anggun. Bagian kubah masjid pada mulanya terbuat dari batu yang dibangun langsung oleh Abdul Malik bin Marwan. Namun, saat ini sudah diganti oleh Azh – Zahir dengan desain yang terbaru yakni kayu yang disepuh dengan lapisan enamel timah. Desain interior kubah Masjid Al – Aqsa dicat dengan mengikuti dekorasi khas era abad ke – 14.

  1. Tempat Yang Penuh Berkah

Sahabat Tour Aqsa tentunya telah mengerti perihal istimewanya Al – Aqsa. Masjid Al – Aqsa ini merupakan salah satu tempat yang diberi keberkahan oleh Allah. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan karena Kawasan Masjid Al – Aqsa merupakan tempat diutusnya Nabi. Banyak sekali berkah yang diberikan kepada Al – Aqsa ini. Mulai dari Kesuburan tanahnya sehingga dapat menghasilkan aneka tanaman yang dapat dikonsumsi serta barang tambang yang terkandung di dalamnya. Selain itu, diberkahi pula mata pencahariannya, makanan pokok dan hasil pertaniannya. Oleh karena itu, di Al – Aqsa banyak sekali tanaman, sungai dan kesuburan yang tentunya tiada habisnya.

Demikianlah informasi bagi Sahabat Tour Aqsa yang hendak mendaftar Tour Aqsa Jakarta 2022. Sahabat Tour Aqsa dapat mengumpulkan informasi yang dapat menjadi bekal sebelum berangkat ke Al – Aqsa sembari menunggu keberangkatan. Semoga informasi yang disajikan dapat bermanfaat bagi Sahabat Tour Aqsa sekalian. Yuk segera siapkan keperluan berliburmu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *