Paket Wisata Spanyol

Paket Wisata Spanyol

Paket Wisata Spanyol

Tour ke Spanyol dan Portugal

Sahabat Satutours yang melanjutkan tour Maroko, akan berangkat dari Tangier, Maroko di pagi hari dengan menyeberangi Selat Gibraltar menuju ke Tarifa, Spanyol. Perjalanan ini merupakan paket wisata Spanyol, di mana Sahabat Satutours akan diajak mengunjungi sejumlah tempat di Spanyol yang bernuansa Islami.

Dari Tangier, Maroko menuju Tarifa, Spanyol, Sahabat Satutours akan berlayar menyeberangi selat Gibraltar menggunakan kapal ferry selama 45 menit perjalanan. Selanjutnya, Sahabat Satutours dapat menikmati makan siang dan salat di Masjid di Tarifa, Spanyol. Perjalanan tour Spanyol pun dapat dilanjutkan dengan berbagai lokasi wisata yang akan ditemui di Tarifa hingga Sevilla. 

Peradaban Islam di Spanyol

Dalam sejarah perkembangan agama Islam di Eropa, Spanyol adalah negara yang pernah dikuasai oleh Bani Ummayah lebih dari dua abad lamanya (756 M ­- 1031 M). Kekuasaan Islam di Eropa dimulai di Semenanjung Iberia atau disebut juga Andalusia. Yang saat ini kita kenal dengan sebutan negara Spanyol.

Masa kekuasaan kaum Muslimin di Iberia dimulai dari Perang Guadelete atau dikenal pula dengan Pertempuran Syudzunah. Pertempuran ini terjadi di Sungai Guadelete yang terletak paling Seletan di kawasan Andalusia. Pada saat itu, Tariq bin Ziyad berhasil mengalahkan pasukan Visigoth yang dipimpin oleh Raja Roderic.Kemenangan ini menjadi pintu gerbang bagi pasukan Muslim untuk menaklukkan sejumlah kota di Andalusia selama hampir 8 abad lamanya.

Peradaban Islam di kala itu bisa dibilang cukup maju. Beberapa sektor seperti pendidikan, pengairan, sains, dan sebagainya mengalami kemajuan pesat. Meskipun dikuasai oleh kaum Muslimin, kehidupan masyarakat di Andalusia sangat plural. Masyarakat dari berbagai kepercayaan dapat hidup berdampingan dan saling bekerja sama membangun negara. Inilah faktor yang membuat Andalusia mengalami perkembangan yang pesat di berbagai bidang pemerintahan.

Pada masa itu, di Andalusia, hampir setiap disiplin ilmu pengetahuan mendapat kajian yang sangat intensif dan produktif. Di negara inilah lahir sejumlah pemikir Islam yang telah menyumbangkan gagasan-gagasan mereka hingga masih digunakan sampai sekarang. Sebut saja nama Ibnu Rusyd, Ibnu Arabi, Ibnu Bajah, Al-Zahrawi, dan sebagainya. Karya-karya mereka terus dibicarakan dan menjadi landasan keilmuwan bagi pemikir-pemikir dunia selama berabad-abad.

Kekuasaan kaum Muslimin pun mulai runtuh pada 1236 di benteng yang sangat dikenal hingga saat ini, Granada. Kaum Muslimin akhirnya menyatakan tunduk di bawah kekuasaan Fernando III dari Kastilia. Hingga akhirnya pada 1492 Muhammad XII menyerah kepada Kerajaan Katolik yang dipimpin oleh Fernando II dari Aragon dan Isabel I dari Kastilia. Meskipun kaum Muslimin menyerah begitu saja, jejak-jejak peradaban Islam di Spanyol masih dapat ditelusuri sebagai bukti kejayaan Islam di Spanyol.

Utamakan yang halal

Menikmati Makan Siang di Tarifa

Dalam paket wisata Spanyol ini, Sahabat Satutours diajak berkeliling di Tarifa. Selama perjalanan jauh menggunakan ferry, Sahabat Satutours akan menikmati makan siang yang disajikan dari travel kami sambil menikmati suasana kota di Tarifa.

Tarifa merupakan kota kecil di Spanyol yang menjadi tempat singgah bagi wisatawan yang datang dari Maroko. Meskipun ia merupakan kota kecil, Tarifa menyajikan pemandangan indah dengan pantai yang mempesona. Pantai di Tarifa dikenal sebagai surganya peselancar. Jadi, tak heran jika pantai di Tarifa sangat ramai dengan pengunjung.

Untuk menikmati makan siang di Tarifa, Sahabat Satutours dapat menikmati sejumlah makanan yang cukup dikenal di Spanyol. Untuk masalah kehalalan makanan, Sahabat Satutours dapat mempercayakannya kepada kami. Namun sejauh ini, makanan di Spanyol lebih banyak menggunakan rempah lokal yang sangat khas dan populer. Berikut adalah sejumlah makanan tradisional Spanyol yang dapat Sahabat Satutours coba saat berada di Spanyol.

  • Paella

Paella merupakan makanan yang paling terkenal di Spanyol. Makanan ini mulai diperkenalkan pada abad ke-10 dengan bahan utama beras. Pada umumnya, paella disajikan menggunakan daging kelinci atau ayam, rempah saffron, kacang runner, dan mentega. Namun, ada pula variasi makanan laut seperti udang, kerang, dan cumi-cumi.

  • Gazpacho

Menggunakan bahan dasar tomat, menu ini juga disebut sup tomat di Spanyol. Biasanya disajikan dingin karena sering disajikan sebagai hidangan musim panas di Spanyol. Bahan utamanya adalah roti, tomat, cabai, bawang putih, garam, minyak zaitun, dan cuka anggur. Gazpacho memiliki warna merah yang berasal dari tomat dan cabai.

  • Pisto

Untuk Sahabat Satutours yang enggan mengkonsumsi daging di Spanyol, bisa juga menikmati Pisto sebagai solusinya. Makanan ini berbahan dasar tomat, lada, timun jepang, bawang putih, bawang merah, dan minyak zaitun. Pisto biasanya disajikan sebagai hidangan pembuka atau makanan pengiring untuk hidangan  lain. Pisto juga bisa disajikan dengan telur goreng dan sepotong roti.

  • Crema Catallina

Crème brulee ini murapakan dessert berbahan dasar susu, tepung maizena, gula, telur, kulit jeruk, dan kayu manis. Biasanya bagian atasnya ditaburi gula dan dibakar sehingga menghasilkan tekstur keras karamel yang manis. Hidangan ini secara tradisional hadir untuk merayakan hari ayah di Spanyol. Namun di zaman modern ini, hidangan penutup ini dapat ditemukan kapan saja dan di mana saja.

  • Tortilla

Siapa yang tidak kenal dengan tortilla? Makanan ini juga sangat populer di Indonesia. Namun, di negara asalnya ini, tortilla disajikan dengan cara yang berbeda. Hidangan ini menggunakan bahan dasar telur, kentang, dan terkadang menggunakan bawang merah. Tortilla dapat disajikan dingin atau hangat.

  • Empanadas

Bentuknya menyerupai pastel di Indonesia. Namun makanan ini di Spanyol secara tradisional merupakan makanan bekal bagi petani untuk disantap di ladang. Empanada merupakan camilan beragi yang diisi dengan tumisan bawang merah, bawang putih, paprika, dan diisi dengan protein berupa ikan tuna, ayam, atau bahkan gurita.

  • Berenjenas con Miel

Hidangan ini sangat sederhana namun sangat lezat. Berenjenas con Miel merupakanan hidangan berbahan dasar terong yang menghasilkan rasa manis asin serta tekstur sutrea yang lembut. Makanan ini digoreng menggunakan dengan tepung kemudian diberi siraman madu yang manis.

  • Patatas Bravas

Patatas Bravas adalah camilan tradisional Spanyol yang berbahan dasar kentang. Kalau di Indonesia, kita mengenalnya sebagai kentang goreng. Di Spanyol, kentang ini dipotong bentuk dadu kemudian digoreng dan disajikan dengan saus tomat dan mayonais. Penyajian yang tidak jauh beda dengan kentang goreng di Indonesia, bukan?

  • Churros

Siapa yang tidak kenal dengan churros? Jajajan khas Spanyol ini sempat populer di Indonesia karena rasanya yang enak dan nikmat. Sahabat Satutours yang singgah di Spanyol juga harus menikmati jajanan ini dan merasakan rasa otentik churros di negara asalnya. Makanan ini terbuat dari adonan tepung yang dicetak, kemudian digoreng, lalu ditaburi gula halus di atasnya, dan disajikan dengan saus cokelat yang nikmat. 

Sebelum dialih fungsikan menjadi menara lonceng Katedral Seville, Menara Giralda dulunya adalah menara azan

Berkeliling dan Bermalam di Sevilla

Setelah makan siang, Sahabat Satutours dapat menjalankan ibadah di Masjid. Selanjutnya Sahabat Satutours akan menikmati beberapa lokasi seperti di Plaza de Espana, Garden Maria Luisa, Muslim Quarter dan Girlada Tower. Setelah kegiatan berkeliling selesai, Sahabat Satutours dapat beristirahat dan bermalam di hotel di Sevilla. Untuk saat ini tour Maroko Spanyol dapat beristirahat untuk persiapan bertolak ke Portugal esok pagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *