Kenali 5 Masjid yang Ada di Masjidil Aqsa

Kenali 5 Masjid yang Ada di Masjidil Aqsa

 

Sahabat Satutours tentu mengetahui bahwa Masjidil Haram adalah tempat suci di Mekkah yang sering dibahas dalam berbagai cerita sejarah Islam. Selain itu, ada juga Masjid Nabawi yang berada di Kota Madinah. Tahukah Anda Masjid lain yang memiliki keutamaan yang sama dengan kedua Masjid tersebut? Jawabannya adalah Masjidil Aqsa.

Salah satu Hadist bahkan meriwayatkan bahwa Rasul sendiri mensunahkan untuk mengunjungi Masjidil Aqsa dan beribadah di dalamnya. Dikatakan bahwa pahala yang akan diperoleh setara dengan ratusan kali pahala sholat ditempat lain. Selain itu, masih banyak lagi alasan untuk mengunjungi Masjidil Aqsa. Tentu dengan Tour Muslim Aqsa dari Satutours Anda akan mudah datang ke rumah Allah yang terletak di wilayah Yerusalem ini.

Paket Tour Aqsa dengan Satutours

Daerah Yerusalem tidak mudah untuk dimasuki. Selain kawasan ini merupakan tempat peribadahan beberapa agama sekaligus, Masjidil Aqsa juga lebih aman dan nyaman dikunjungi dengan menggunakan jasa perjalanan. Perjalanan Anda akan lebih terorganisr dan menghindari memasuki area yang tidak seharusnya dikunjungi.

Jasa Travel Tour Aqsa Jakarta dari Satutours bisa jadi media untuk mendampingi Anda. Ada paket Travel Halal bagi kaum muslimin dan mengunjungi Masjidil Aqsa sesuai dengan relasinya dengan Islam. Selain itu, tiap sudut akan diceritakan dengan detail. Sahabat Satutours akan dibawa untuk menjelajahi seluruh tempat-tempat menarik di Masjidil Aqsa.

Tentu Sahabat Satutours tahu, bahwa Masjidil Aqsa bukanlah satu masjid besar. Melainkan sebuah kawasan yang terdiri dari beberapa bangunan di dalamnya. Ada beberapa area yang ditutup dan hanya dapat dilihat dari kejauhan, ada juga bangunan yang memiliki nilai tersendiri bagi umat Islam.

Salah satunya adalah beberapa Masjid yang sangat erat dengan perjalanan Islam di Jazirah Arab. Sahabat Satutours akan memiliki kesempatan untuk melihat dari dekat sesuatu yang mungkin tidak dapat dilakukan bila pergi kesana sebagai solo traveler.

Jangan terlewatkan kesempatan mengekslorasi setiap inchi dari Masjidil Aqsa. Selain mengaguminya, Anda pun dapat beribadah, memanjatkan doa dan bahkan sholat di dalamnya. Lalu, apa sajakah kelima Masjid tersebut? Berikut pembahasannya.

Beberapa Masjid di kawasan Masjidil Aqsa

Pergi sendiri memenuhi panggilan Allah ke Aqsa adalah hampir tidak mungkin. Jasa Tour Muslim Aqsa dari Satutours akan dengan mudah membawakan Anda kesana. Bukan sekedar melihat-lihat saja, Sahabat Satutours juga akan didampingin dengan pemandu wisata dan menjelaskan beberapa tempat di dalam kawasan Masjidil Aqsa.

Di dalamnya akan terlihat asimilasi dengan agama lain. Ada tembok ratapan dibagian barat, Sinagong para kaum Yahudi dan tempat yang dikatakan sebagai tempat Yesus diselamatkan oleh Allah dan naik ke langit. Bagi kaum muslimin lebih banyak lagi tempat-tempat bersejarah yang dapat dilihat.

Ada makam para nabi, tempat rasul naik kelangit saat peristiwa isra miraj dan tentu beberapa Masjid didalam kompleks Masjidil Aqsa. Setiap masjid memiliki keunikan dan peranannya dalam sejarah Islam. Kenali 5 masjid yang ada di Masjidil Aqsa berikut ini.

1. Masjid Kubah Batu/ Masjid Shakhrah (Dome of The Rock)

Pada umumnya Masjid berbentuk Kubah yang khas. Bentu tersebut menjadi bentuk khas yang mempengaruhi Masjid-masjid lainnya seantero dunia. Dome of the rock bukan suatu pengecualian. Bahkan bagian kubahnya yang keemasan menjadi ciri khasnya. Beberapa fakta seru tentang Masjid ini adalah

  1. Kubah pertama. Masjid ini adalah Masjid pertama yang dibangun dengan bentuk kubah. Jadi, tentu bentuknya menginspirasi bagaimana kaum muslimin seluruh dunia membangun masjid di daerahnya

  2. Isra Mi’raj. Dome Of The Rock dikatakan sebagai lokasi Nabi Muhammad saat melakukan Isra Mi’raj. Ditempat itulah Rasul istirahan sejenak dalam perjalannya menerima perintah untuk menunaikan sholat 5 waktu

  3. Senantiasa dipugar. Bangunannya yang berkilauan dengan lapisan emas dapat dinikmati hingga kini. Tiap Dinasti yang berkuasa akan mempercantik Masjid ini sebagai tanda kejayaannya.

Tak heran bila memasuki Masjid ini merupakan agenda wajib dila Anda mengunjungi Masjidil Aqsa. Bila Sahabat Satutour mengikuti salah satu Tour Muslim Aqsa yang diselenggarakan oleh Satutours, maka pemandu wisata bukan hanya menunjukan lokasi-lokasi historisnya namun juga akan menjelaskan fakta dibaliknya.

2. Masjid Qibli

Sejarah Masjid ini berawal dari pemerintahan Umar bi Khattab yang membangun Masjid ini setelah mengalahkan Al Quds. Nama Masjid Qibli didapat karena letaknya yang berada Selatan dari Masjidil Aqsa tepat diarah Qiblat.

Masjid ini mengalami beberapa kali pemugaran terutama oleh Khalifah Abdul Malik bin Marwan dan Al Walid bi Abdul Malik. Fungsinyapun beberapa kali beralih peran. Baik sebagai tempat ibadah, kantor saat perang Salib dan dikembalikan sebagai tempat beribadah.

3. Masjid Al Buroq

Posisi masjid-Masjid ini tersebar dibeberapa penjuru kawasan Masjidil Aqsa. Seperti masjid Al Buroq juga masih dibagian selatan tembok barat. Tentu dari namanya saja, pasti Sahabat Satutour berasumsi bahwa ada kaitannya dengan Buroq yang merupakan kendaraan Rasul.

Bila mengikuti sejarahnya, tempat yang kini dijadikan Masjid tersebut adalah tempat dimana Rasul mengikat kuda bersayap yang bernama Buraq tersebut. Ada bagian dalam Masjid yang mempertahankan tiang dan tali yang digunakan Rasul pada saat itu.

Masjid Al Buroq telah ditutup selama berabad-abad tahun yang lalu. Hal ini dikarenakan posisinya yang berada jauh dibawah tanah dan berukuran sangat sempit. Bagian yang retak dan cenderung mengarah kerusakan menjadikan tempat ini tidak terbuka untuk umum.

4. Masjid Marwani

Sebagai Masjid paling muda di kawasan Masjidil Aqsa ini juga tidak lepas dari pemugaran. Bentuknya Masjid Al Marwani kini paling modern dibandingkan masjid lain dengan daya tampung sampai 7000 orang.

Letaknya adalah di bawah tanah bagian tenggara Al Haram Al Sharif. Seperti masjid lain yang pernah beralih fungsi, Masjid Marwah pernah menjadi kandang kuda selama Perang Salib. Yang kembali dipakai sebagai tempat sholat setelah kaum Muslimin kembali menguasai daerah Aqsa.

5. Masjid Omar

Ada banyak ruangan di dalam kompleks Masjidil Aqsa. Jasa Tour Travel Aqsa Jakarta akan menjelaskan bagaimana ruangan tersebut digunakan, dipakai untuk berbagai fungsi selain sebagai tempat ibadah dan sejarah dari mana namanya diperoleh.

Ruangan yang sejatinya berada di ujung kiri dari masjid Al Qibli ini diambil dari nama Umar bin Khattab. Diriwayatkan bahwa Umar memasuki Baitul Maqdis setelah peperangan antara umat muslim dan kristiani. Ketika Umar sampai di dalam Masjidil Aqsa dilihatnya banyak sampah yang ditinggalkan oleh bangsa Romawi. Lalu, Umar bin Khattab membersihkan tempat itu dengan tangannya sendiri yang lalu diikuti oleh para sahabat. Masjid Omar didaulatkan sebagai penghormatan terhadap Umar bi Khattab.

Mengunjungi Masjidil Aqsa akan memberikan banyak pengalaman spiritual. Anda bukan hanya menyaksikan perjalanan para Nabi dan Rasul. Sepak terjal para pimpinan yang memerintah dan bagaimana mereka merenovasi dan terus-menerus memugar Masjidil Aqsa sampai tampilannya yang sekarang ini. Anda juga akan kenali 5 masjid yang ada di Masjidil Aqsa beserta sejarahnya.

Bagi Sahabat Satutours yang ingin pengalaman melihat Aqsa secara dekat maka dapat mengikuti salah satu Paket Tour Muslim Aqsa yang ditawarkan oleh jasa perjalanan ini. Anda akan dapat melihat tempat-tempat yang bersejarah sekaligus penjelasan mendalam tentangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *