5 Destinasi Mesir yang Wajib Anda Kunjungi

5 Destinasi Mesir yang Wajib Anda Kunjungi

Perjalanan wisata bertema religi saat ini banyak dipilih oleh para umat Islam di dunia. Bahkan, kini tersedia banyak agen perjalanan yang akan mengantarkan perjalanan religi tersebut. Salah satunya adalah agen Satutours, yang dipercaya memberikan fasilitas dan pelayanan terbaik. Satutours juga menawarkan banyak pilihan program perjalanan, termasuk travel tour Aqsa Jakarta. Melalui program ini, sahabat Satutours dapat mengunjungi berbagai tempat wisata seperti Jordan, Aqsa, dan juga Mesir.

Masing-masing negara memiliki banyak destinasi yang kental dengan sejarah dan budaya agama Islam. Misalnya saja di Negara Mesir, agen Satutours akan diajak melihat berbagai peninggalan dan artefak dari jaman Mesir kuno. Selain itu, sahabat Satutours akan mendapat lebih banyak pengetahuan terkait penyebaran agama Islam di dunia lewat tour Aqsa Mesir ini.

Destinasi Tour Religi di Mesir Bersama Satutours

Berikut ini ada berbagai destinasi wisata di Mesir, yang bisa sahabat Satutours kunjungi dengan program tour muslim Aqsa.

1.    Museum Mesir

Tujuan wisata religi yang dapat dikunjungi bersama Satutours, salah satunya adalah Museum Mesir. Di sini tersimpan banyak bukti dan peninggalan sejarah Islam dunia, termasuk 120.000 artefak Mesir. Berikut ini artefak di dalam museum beserta penjelasannya.

·      Perhiasan antik Raja Fir’aun Tuthankhamun

Fir’aun adalah sebutan untuk raja-raja Mesir terdahulu, salah satu yang terkenal adalah Tuthankhamun. Bahkan Museum Mesir ini didedikasikan untuk menyimpan berbagai peninggalan dan bukti sejarahnya. Di Museum Mesir, sahabat Satutours akan melihat banyak koleksi perhiasan antik yang dimiliki oleh Tuthankhamun tersebut. Contohnya yaitu perhiasan berupa gading dan gelang emas, yang dapat dijumpai di makamnya. Selain itu, sahabat Satutours juga dapat menemukan lebih dari 3.500 artefak yang menjadi peninggalan Raja Tutankhamun.

Beberapa diantaranya seperti topeng wajah emas, vas, pot, senjata, dan juga peti besar peninggalan. Peti besar ini dibuat dari bahan batu, yang biasa disebut dengan istilah sarkofagus. Berada di lantai dasar dari Museum Mesir, sahabat Satutours juga dapat menemukan benda peninggalan lain. Benda peninggalan ini antara lain seperti potongan papirus dan mata uang koin dari perak, emas, serta koin perunggu. Koleksi papirus ini dibuat dengan menggunakan banyak bahasa, seperti bahasa Latin, Yunani, Arab, hingga bahasa Mesir kuno.

·      Patung kuno

Mengunjungi bukti sejarah peradaban Mesir Kuno, sahabat Satutours juga akan melihat berbagai patung yang dulunya sangat dihormati. Patung tersebut berasal dari sisa kuil kuno dan biara, piramida, dan juga area gurun pasir yang ada di Mesir jaman peradaban Kuno.

·      Ruang Royal Mummy

Di Museum Mesir, Sahabat Satutours akan mengunjungi sebuah ruangan yang mengesankan yaitu Ruang Royal Mummy. Ada 27 mumi yang terpajang di ruang ini, meski kini hanya 11 mumi yang dapat ditampilkan. Salah satu pajangannya adalah mumi Fir’aun Ramses II, di jaman Nabi Musa AS. Ruangan ini berada di lantai pertama dari Museum Mesir.

Ketika mengunjungi lantai pertama di Museum Mesir, sahabat Satutorus juga akan melihat makam raja Mesir kuno jaman dulu. Beberapa diantaranya yaitu Fir’aun Thutmosis III, Fir’aun Thutmosis IV, Amenophis, serta makam terbaru dari Fir’aun Hatshepsut.

2.    Gunung Sinai

Merupakan puncak paling tinggi yang berada di Kota Saint Katherine, gunung Sinai memiliki ketinggian sekitar 2.285 meter. Lokasinya ada di sebelah utara Negara Mesir, yakni pada barisan selatan pegunungan semenanjung Sinai. Gunung Sinai ini begitu terkenal dengan beberapa kebudayaan agama, termasuk agama Katolik, Yahudi, serta agama Islam.

Bahkan, Gunung Sinai juga dipercayai menjadi tempat turunnya wahyu dari Allah SWT oleh Nabi Musa. Sehingga tempat ini juga sering disebut dengan Jabal Musa. Di seluruh bagian Gunung Sinai, akan tampak batuan granit yang menyelimuti seluruh permukaannya. Di kaki gunung, sahabat Satutours akan dapat melihat adanya biara paling tua di dunia yaitu biara Saint Katarina.

3.    Abu Simbel

Abu Simbel adalah sebuah bangunan tua dengan banyak peninggalan sejarah yang dimilikinya. Lokasinya berada di atas sebuah gunung, di ujung danau Nasser. Salah satu destinasi tour muslim Aqsa di Mesir ini didirikan sejak masa pemerintahan Fir’aun Remses, sekitar abad ke-13 Sebelum Masehi. Bangunan ini dibuat dengan memahat, serta dijadikan tempat untuk mengenang Fir’aun Ramses beserta ratunya Nefertari.

Di sini, sahabat Satutours akan melihat adanya kuil terbesar dan megah. Kuil ini merupakan peninggalan dari masa kejayaan Ramses II, serta terdapat banyak patung peninggalan. Patung ini dibuat dijaman Mesir kuno dengan posisi kedua tangan mengangkat, yang berarti sedang menyembah matahari. Sahabat Satutours pun dapat menyaksikan relief, yang mengisahkan pertempuran antara Mesir dengan Bangsa Het di Kadesh.

4.    Piramida dan Sphinx

Piramida menjadi salah satu tujuan tour religi yang hampir tidak boleh dilewatkan. Bangunan peninggalan kuno ini bahkan dijadikan ikon dari Negara Mesir. Seni arsitektur pembuatannya sangatlah megah, serta dulunya dijadikan tempat ibadah dan pemakaman raja-raja Mesir kuno. Pembuatan piramida ini juga tidaklah asal, karena terlebih dulu menghitung jarak antara piramida dengan matahari. Sehingga ketika mengunjungi piramida di Mesir, sahabat Satutours akan melihat bukti sejarah dan pengetahuan dijaman Mesir kuno.

Di Mesir sendiri ada banyak piramida yang dijadikan destinasi tour religi, salah satu yang terbesar adalah Piramida Giza. Piramida ini merupakan makam Fir’aun keempat, yakni Pharaoh Khufu. Selain itu, istri dari Fir’aun Khufu juga dimakamkan di piramida ini. Dulunya, di makam ini terdapat kapal tertua di dunia yaitu Kapal Khufu dengan panjang 46,6 meter. Namun kini, kapal tersebut telah dipindahkan ke Giza Solar Boat Museum.

Sedangkan untuk destinasi Sphinx ini, didefinisikan sebagai makhluk mitologi kuno berbadan singa dengan kepala manusia. Sphinx merupakan penjaga makam Fir’aun yang sangatlah dihormati. Sphinx ini berada di dataran Giza pinggir barat Sungai Nil, dan dibuat sejak jaman milenium ke-3 sebelum Masehi. Para sahabat Satutours tentu akan takjub dengan peninggalan Mesir kuno satu ini.

5.    Sungai Nil

Sungai Nil menjadi sungai terpanjang di Mesir, serta sangatlah terkenal diseluruh dunia. Bahkan hampir semua umat Islam pasti pernah mendengar tentang Sungai Nil, lantaran memiliki sejarah para Nabi. Selain itu, Sungai Nil juga menyimpan sejarah peradaban jaman Mesir kuno. Sahabat Satutours pun dapat melihat banyak kapal pesiar di sini, ataupun mencoba menyusri sungai dengan Kapal Felluca.

Meski tidak tampak mewah, tapi Kapal Felluca ini sudah ada dan dipakai sejak ribuan tahun yang lalu. Peradaban yang ada di Sungai Nil ini juga cukup maju, serta memiliki lingkungan subur akibat perkembangan ilmu dan pengelolaan yang baik.

Itulah tadi 5 destinasi yang dapat anda kunjungi bersama travel tour Aqsa Jakarta. Dengan agen travel tour religi terbaik, sahabat Satutours dapat menikmati kelancaran dan kemudahan selama perjalanan. Tentu saja hal ini akan memberikan kenyamanan dalam meningkatkan keimanan pada Allah SWT. Selain itu, melakukan perjalanan religi bersama Satutours akan membuat para sahabat Satutours lebih mengagumi besarnya ciptaan Allah SWT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *