5 Destinasi Swiss yang Wajib Kamu Kunjungi

5 Destinasi Swiss yang Wajib Kamu Kunjungi

5 Destinasi Swiss yang Wajib Kamu Kunjungi

5 Destinasi Wisata Terpopuler di Swiss

Swiss, negara yang pernah dinobatkan menjadi negara terbahagia pada tahun 2015 ini menyimpan destinasi wisata yang begitu lengkap. Sebagian besar wilayahnya dikelilingi Pegunungan Alpen sehingga didominasi oleh destinasi alam seperti gunung, danau, dan sungai-sungai.  Namun sebenarnya, Swiss tak hanya tentang destinasi alam. Terdapat wisata sejarah dengan bangunan khas abad pertengahan Eropa yang berdiri megah. Berikut ini 5 destinasi Swiss yang wajib kamu kunjungi:

  1. Gunung Matterhorn

Matterhorn jadi salah satu daya tarik Zermatt, khususnya bagi para pendaki. Jalurnya yang curam menjadi tantangan tersendiri bagi Sahabat Satutours yang ingin melakukan pendakian. Letaknya berada di perbatasan Swiss dan Italia dengan sisi utara itu Swiss dan Italia sisi selatan. Gunung setinggi 4478 meter di atas permukaan laut ini salah satu puncak tertinggi dari pegunungan Alpen di Swiss dan terkenal dengan bentuk piramida. Bentuknya yang ikonik menjadikan Matterhorn populer dan menjadi inspirasi logo dari cokelat merk Toblerone.

Nama Matterhorn berasal dari bahasa Jerman yakni Matte, yang artinya padang rumput, dan Horn, artinya puncak. Sedangkan dalam bahasa Italia bernama Mount Cervino. Bila musim panas tiba, Matterhorn akan tampak indah dengan padang rumput yang membentang dan bentuk piramidanya yang tampak tegas dan kokoh. Sedangkan saat musim dingin, Matterhorn akan terlihat eksotis dengan salju putih menyelimuti gunung.

Selain menjadi favorit pendaki, Matterhorn destinasi tour Eropa halal yang populer untuk olahraga musim dingin yaitu ski yang dibuka sepanjang tahun. Tepatnya di Klein Matterhorn atau yang biasa disebut Little Matterhorn. Untuk menuju puncak Klein Matterhorn, Sahabat Satutours tak perlu kelelahan mendaki. Ada gondola atau kereta gantung tertinggi dunia yang akan membawa pengunjung ke lokasi ski. Dari balik kaca gondola, Sahabat Satutours dapat mengabadikan keindahan Matterhon.

  1. Interlaken

Terletak di Pegunungan Alpen bagian tengah, tour Eropa halal ini memiliki bentang alam yang menakjubkan. Sahabat Satutours dapat melihat tiga gunung sekaligus. Gunung Jungfrau, Eiger dan the Monch yang berada dalam wilayah Bernese Oberland. Kemudian dua danau menawan yaitu Danau Thun di barat dan Danau Brienz di timur yang mengapit Interlaken. Terlebih lagi ketika musim semi tiba, kota yang ramah anggaran untuk para backpacker ini dikelilingi dengan bunga-bunga yang bermekaran.

Interlaken juga menawarkan aktivitas yang beragam saat travel tour Eropa Jakarta. Khususnya aktivitas adventure yang menjadi alasan mengunjungi kota ini. Saat musim panas tiba, wisatawan dapat berlayar menaiki kapal uap atau menikmati Interlaken dari udara dengan tandem paragliding. Sedangkan ketika musim dingin, aktivitas seperti ski dan snowboarding menjadi pesonanya.

Untuk menuju ke Interlaken, Sahabat Satutours dapat menaiki kereta dan turun di Stasiun Interlaken Ost. Sekitar 118 km atau dua jam dari Kota Zurich dengan kereta. Di sekitar stasiun itulah pusat kota Interlaken, yaitu Höheweg. Mengutip dari Kompascom, ada berbagai tempat yang bisa dikunjungi di pusat kota, yaitu souvenir center, butik, hotel, kafe, restoran, dan teater, tetapi juga gereja gothic, Japanesse Garden pertama di Swiss, dan bekas biara Augustinian yang mahsyur. Di pusat kota ini juga terdapat Höhematte Park, berupa ruang terbuka hijau yang wajib dikunjungi saat musim semi. Luasnya 35 hektar.

Inilah Syarat Pengajuan Visa Swiss

  1. Kota Bern

Bila Interlaken populer dengan pemandangan alamnya, Ibukota negara Swiss ini dengan wisata seni dan sejarahnya. Di dalamnya terdapat bangunan-bangunan kuno khas abad 12, museum, teater, dan galeri-galeri seni. Bern sendiri masuk ke dalam Situs Sejarah Dunia oleh UNESCO. Usianya kini sudah delapan abad sejak 1911 yang kala itu dibangun oleh Duke Berchtold V. von Zähringen.

Pusat pemerintahan Swiss ini merupakan kota yang paling berpengaruh di kawasan Alpen utara di akhir abad pertengahan. Namun sempat terbakar dan dibangun kembali. Salah satu landmark yang harus didatangi adalah Zytglogge. Menara jam itu pernah menjadi menara penjaga dan juga penjara. Kemudian terdapat Museum Einstein yang dulunya apartemen tempat tinggal fisikawan Albert Einstein. Kalau ingin melihat pertunjukan mulai dari musik sampai teater, Sahabat Satutour harus bertandang ke Zentrum Paul Klee. Bangunan karya arsitektur asal Italia, Renzo Piano ini sebenarnya berisi ribuat koleksi lukisan seniman asal Swiss, Paul Klee.

  1. Chateau De Chillon

Kota Montreux memang memiliki bangunan-bangunan bersejarah di dalamnya. Salah satunya adalah Chateau De Chillon. Sebuah kastil dari abad ke-12 yang hingga kini masih terjaga keasliannya. Letaknya di ujung timur Danau Jenewa. Jadi selain mengagumi megahnya kastil negeri dongeng dan sejarah di dalamnya, Sahabat Satutours dapat menikmati keindahan danau Jenewa. Danau Jenewa merupakan danau terbesar di Eropa Barat. Letaknya di perbatasan antara Swiss dan Perancis dengan luas 582 meter persegi.

Sementara memasuki bagian kastil, Sahabat Satutours seperti masuk dalam mesin waktu dengan dominasi kayu dan batu menjadi material dominan. Kastil ini sebenarnya digunakan untuk menghukum para ahli sihir dengan dibakar di atas api. Pada zaman dahulu, mereka dianggap sesat. Di dalam kastil terdapat empat ruangan besar dengan tiga halaman yang luas dengan pepohonan yang rindang. Ada serangkaian kamar tidur juga. Dalam ruangan-ruangan itu terdapat berbagai macam koleksi abad ke-12. Mulai dari peti penyimpanan, alat rumah tangga, tempat tidur hingga baju-baju perang. Semuanya terbuka untuk umum.

5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Swiss

  1. Danau Jenewa

Setelah melihat Danau Jenewa dari ujung timur, Sahabat Satutours harus bertandang ke Kota Jenewa untuk menyaksikannya dari sisi yang berbeda. Danau yang berada di perbatasan Swiss dan Perancis ini 60% wilayahnya bagian dari Negara Swiss. Frankeinstein, tokoh fiksi karya Mary Shelley penulis wanita kelahiran Inggris ini lahir dari sini. Tak jauh dari danau, Sahabat Satutours dapat mengabadikan patung makhluk karangan Mary ini.

Kawasan wisata Danau Jenewa ini terdiri dari tiga bagian, yaitu Haut Lac, Grand Lac, dan juga Petit Lac. Bagian terbesarnya adalah Grand Lac, dan yang terkecil Petit Lac. Sahabat Satutours dapat mengelilingi danau atau bersantai sambil menikmati keindahannya dengan bangunan-bangunan khas Eropa berdiri di pinggiran danau. Ketika matahari terbenam, panorama Danau Jenewa dengan lampu-lampu yang menyala menjadikan tempat ini begitu romantis.

Dari kota terpadat kedua di Swiss Sahabat Satutours juga dapat melihat landmark kota yaitu Jet d’Eau. Jet d’Eau atau yang bernama  The Geneva Water Fountain adalah air mancur yang letaknya di Danau Jenewa yang tak jauh dari muara Sungai Rhone. Air mancur ini sebenarnya air yang ditembakkan ke langit setinggi 140 meter oleh mesin penggerak. Awalnya digunakan untuk mengaliri air ke rumah penduduk kemudian menjadi obyek wisata sejak 1981.

Sahabat Satutours akan takjub saat mendatangi daftar 5 destinasi Swiss yang wajib kamu kunjungi ini. Perpaduan bangunan kuno yang hingga kini masih terawat dengan pegunungan Alpen menjadi satu keistimewaan dari tour Eropa halal ke Swiss. Pengalaman liburan ke Swiss pun menjadi tak terlupakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *