Review Lengkap Destinasi Giethoorn Belanda

Review Lengkap Destinasi Giethoorn Belanda

Review Lengkap Destinasi Giethoorn Belanda

Review Lengkap Destinasi Giethoorn Belanda
Review Lengkap Destinasi Giethoorn Belanda

Desa Giethoorn berdiri bak negeri dongeng di dekat perbatasan Belanda dengan Jerman. Lingkungannya yang asri, tenang, dan tanpa polusi menjadi daya tarik dari tour Eropa halal kali ini. Nama Giethoorn sebenarnya tak berkaitan dengan daya tariknya. Berasal dari bahasa Belanda yaitu geitenhoorn atau dalam bahasa Inggrisnya goat horn, Giethoorn artinya tanduk kambing. Dinamakan seperti itu karena penduduk pertamanya ketika datang mendapati tanduk-tanduk kambing yang diduga mati karena banjir bandang tahun 1170. Berikut ini review lengkap destinasi Giethoorn Belanda:

Didirikan oleh buronan Mediterania

Siapa yang menyangka bahwa ternyata seorang buronan dari wilayah Mediterania yang awalnya mendirikan Desa Giethoorn. Saat itu desa Giethoorn masih menjadi bagian dari Brederwiede, yang dulunya kotamadya dari provinsi Overijssel dan sekarang menjadi bagian dari Steenwijkerland. Desa ini kemudian dikembangkan dan menjadi terkenal pasca masuk dalam film komedi populer berjudul Fanfare yang tayang tahun 1958. Film tersebut dibuat oleh Bert Haanstra, sutradara film Belanda.

Penghuni awal dari desa ini adalah petani gambut karena bentang alam Giethoorn ini terdiri dari kayu dan gambut tinggi. Melansir situs Giethoorn, ketika itu petani gambut mengambil lapisan tanahnya dan membiarkannya kering. Karena ekstrasi gambut itulah, terbentuk kolam dan kanal.

Review Lengkap Destinasi Giethoorn Belanda
Review Lengkap Destinasi Giethoorn Belanda

Dijuluki Venice of Netherland

Desa yang dibangun sejak tahun 1230 ini dijuluki Venice of Netherland atau Venice of North karena menyerupai Venesia dengan model kanal. Sahabat Satutours  pun hanya dapat mengitari desa dengan perahu. Kendaraan pribadi pun harus berhenti di luar desa. Selain menaiki perahu, dapat juga berjalan kaki dan menaiki sepeda. Ada 176 jembatan yang menjadi penghubung antara kanal. Karena tak ada suara motor, desa ini menjadi asri dan bebas dari polusi. Itulah mengapa destinasi ini mendapat predikat desa bebas polusi dunia.

Pengelolan desa juga sangat ramah lingkungan. Nyaris tak akan ditemukan sampah. Begitu tenang hingga hanya terdengar suara bebek dan kicauan burung. Untuk kapal sendiri, mesinnya pun dibuat tanpa suara. Mereka menyebutnya kapal berbisik. Canggihnya lagi, kapal ini tak menyebabkan polusi udara. Makanya, ini harus masuk dalam daftar travel tour Eropa Jakarta jika Sahabat Satutours ingin menyegarkan pikiran.

Arsitektur dan alam bak negeri dongeng

Desain tata kotanya begitu menarik dengan dibuat seperti pulau-pulau kecil yang berseberangan setiap beberapa rumah. Gaya arsitektur rumah-rumah tersebut juga beragam namun khas abad pertengahan dengan jendela besar dan atap runcing. Ada pula rumah-rumah dalam desa tersebut yang dibiarkan seperti aslinya dan sudah berumur ratusan tahun. Setiap rumah pun sangat memelihara keasrian. Tumbuhan-tumbuhan hijau serta warna-warni bunga-bunga bertaburan bak negeri dongeng.

Tur Kapal

Salah satu aktivitas yang wajib dilakukan adalah boat tour. Sahabat Satutours akan diajak mengelilingi kanal-kanal tersebut  menggunakan Saloon Boat. Untuk boat tour, harus mengeluarkan 8 euro setiap orangnya. Satu kapal berkapasitas kira-kira 30-40 orang. Bila ingin lebih private harganya lebih mahal.

Perjalanan ini memakan waktu sekitar satu jam. Ketika menjelajahi desa, Sahabat Satutours dapat melihat perahu-perahu yang terparkir rapi di depan rumah. Belum lagi bunga-bunga bertebaran di sisi kanal.  Tak hanya menikmati pemandangan yang instagramable ini saja, Sahabat Satutours juga akan mendapatkan informasi mengenai sejarah Giethoorn ini.

Mengunjungi museum

Selain melakukan tur kapal atau mengelilingi desa dengan berjalan kaki, Sahabat Satutours juga dapat mengunjungi museum yang ada di sana. Di antaranya terdapay museum “Het Olde Maat Uus” Museum, Museum de Oude Aarde, dan The Histomobil.

  1. “Het Olde Maat Uus” Museum

Museum ini terletak di farmhouse bersejarah dan memberikan pengetahuan tentang bagaimana orang pada satu abad yang lalu hidup dengan memotong gambut dan membuat kapal kecil. Selain itu, terdapat pula coffeecorner di dalamnya. Museum ini buka setiap hari. Hari Senin-Sabtu pada pukul 11.00 – 17.00 sedangkan hari minggu pada pukul 12.00. Untuk menikmati museum ini, Sahabat Satutours harus membayar tiket masuk sebesar 4 euro untuk orang dewasa dan 1 euro untuk anak. Biaya itu sudah termasuk fasilitas audiotour dengan berbagai bahasa.

  1. Museum de Oude Aarde

Museum berikutnya adalah  Museum de Oude Aarde yang berdiri sejak tahun 1969. Di dalamnya terdapat koleksi fosil & mineral, toko cenderamata serta kegiatan untuk anak-anak. De Oude Arde juga buka setiap hari. Saat bulan Maret sampai Oktober buka dari jam 10.00-18.00. November sampai Maret buka 10.00-17.00. Harga tiket masuknya 3,5 euro untuk dewasa sedangkan anak-anak 2,5 euro.

  1. The Histomobil

Histomobil berisi koleksi transportasi tua. Dari mobil tua, sepedamotor, sepeda, dan alat angkut tua lainnya. Terdapat halaman yang dapat digunakan sebagai area playground atau untuk piknik. Harga tiket masuk untuk dewasa adalah 3 euro.

Review Lengkap Destinasi Giethoorn Belanda
Review Lengkap Destinasi Giethoorn Belanda

Lokasi dan Akses

Desa Giothoorn berada di Kotamadya Steenwijkerland, Provinsi Overijssel, sebelah utara Belanda. Desa ini berjarak sekitar 1,5 jam dari ibukota Belanda yaitu Amsterdam dan kurang dari 2 jam dari Den Haag, kota di Holland Selatan. Untuk menuju ke desa berpenduduk kurang dari 2900 orang ini, Sahabat Satutours bisa menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Dari Den Haag, setelah menaiki kereta, Sahabat Satutours harus berganti bus. Total waktu yang dihabiskan sekitar 3 jam. Kendaraan hanya dapat berhenti di depan desa saja, jadi setelah itu dapat mengunakan perahu atau menyusuri dengan berjalan kaki.

Waktu Terbaik

Waktu terbaik mengunjungi Desa Giethoorn ini saat musim semi tiba. Saat itu, bunga-bunga bermekaran, dan pohon-pohon dengan dedaunan yang lebat. Sahabat Satutours akan merasa seperti benar-benar berada di negeri dongeng. Kesan dreamy dan romantis ini hanya akan didapatkan saat musim semi. Tapi kalau musim panas, desa ini ramai dikunjungi. Jadi, harus booking akomodasi mulai jauh-jauh hari untuk memastikan ada tempat menginap. Sedangkan saat musim dingin, sungai-sungai ini membeku dan tak bisa menggunakan perahu untuk menjelajah desa. Namun, saat musim dingin tiba kanal-kanal ini dimanfaatkan untuk ice skating.

Akomodasi

Karena letaknya jauh dari pusat kota, sebaiknya sewa penginapan di sekitar Giethoorn. Apalagi dengan suasananya yang sejuk, meluangkan waktu menginap semalam di tour Eropa halal ini dapat melepas penat.  Di desa tersebut ada berbagai macam variasi penginapan yang bisa Sahabat Satutours pilih. Ada hotel, hostel, apartemen, condo sampai rumah dapat ditemukan. Harganya mulai dari Rp 600ribu per malam untuk hostel, sedangkan hotel di atas Rp 1juta semalamnya. Bila datang saat musim panas, terdapat camping site yang bisa disewa.

Itu tadi review lengkap destinasi Giethoorn Belanda. Desa Giethoorn ini memang menjadi impian banyak orang yang menginginkan kehidupan yang damai dan tenang serta ramah lingkungan. Destinasi ini menjadi salah satu rekomendasi bila Sahabat Satutours memiliki waktu berwisata yang lumayan panjang. Selain lokasinya yang jauh dari pusat kota, sayang bila hanya bertandang sebentar tanpa menghabiskan malam di desa ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *