Berikut 5 Alasan kenapa Anda harus ke Belanda

Berikut 5 Alasan kenapa Anda harus ke Belanda

Berikut 5 Alasan kenapa Anda harus ke Belanda

Belanda memang menyimpan sejuta pesona. Tidak hanya pesona alamnya saja, namun juga wisata kuliner dan sejarahnya.  Kecanggihan teknologinya juga bisa menjadi alasan bagi Sahabat Satutours travel tour Eropa Jakarta ke Belanda. Bayangkan, Belanda dapat bertahan dengan 21% wilayahnya berada di bawah permukaan air laut, dan 50% kurang dari satu meter di atas permukaan laut. Kalau tidak karena kecanggihan bendungan yang mengelilinginya, negara yang disebut negara seribu tanggul ini sudah tenggelam. Selain itu terdapat banyak alasan lainya mengunjungi Belanda. Berikut 5 alasan kenapa Anda harus ke Belanda:

Aman dari kriminalitas

Faktor keamanan memang menjadi salah satu pertimbangan saat memutuskan untuk berwisata. Bila Sahabat Satutours ingin melakukan tour Eropa halal yang terbukti aman dari segala tindak kriminalitas, Belanda adalah jawabannya. Negara ini didapuk sebagai salah satu negara teraman di dunia. Salah satunya karena jumlah kasus kejahatan yang tergolong rendah dan terus mengalami penurunan. Pada tahun 2018 saja hanya ada 49 kejahatan per 1.000 penduduk. Ini yang menyebabkan 28 penjara tutup sejak 2013.

Maka dari itu, bila negara lain kekurangan jumlah sel tahanan, tidak begitu dengan Belanda yang mengalami kekurangan narapidana. Belanda sampai menyewakan ruang penjara ke Belgia dan Norwegia. Ini tak lain karena sistem penanganan kejahatan yang berbeda dengan negara lainnya. Untuk pelaku kejahatan ringan, mereka memberi hukuman dengan kerja sosial. Sementara narkotika dengan rehabilitasi.

Belanda juga memiliki sistem pemantauan berbasis teknologi sejak tahun 2008. Mereka fokus memandang para narapidana itu sebagai individu. Terbukti, dengan diterapkannya sistem seperti itu, yang kembali ke penjara setelah bebas hanya kurang dari sepuluh persen narapidana. Meskipun begitu, Sahabat Satutours juga tetap waspada dan menjaga barang bawaannya.

Berikut 5 Alasan kenapa Anda harus ke Belanda

Surganya pecinta kopi dan keju

Bagi pecinta kopi dan keju, Negara Tanah Rendah ini masuk dalam destinasi yang wajib dikunjungi. Belanda termasuk negara Eropa pertama yang menginisiasi masuknya kopi yaitu tahun 1616. Kopi masuk ke Belanda diperkenalkan oleh Pieter van der Broecke yang membawanya dari Yaman. Belanda juga yang memperkenalkan kopi ke Indonesia pada abad ke-17.

Setelah itu tumbuhlah budaya minum kopi yang disebut dengan istilah koffietijd (coffee time). Konsumsinya 6,7kg per kapita sedangkan per tahunnya 140 liter kopi yang berarti sekitar 3 cangkir perhari. Tak salah bila di setiap sudut kota , Sahabat Satutours akan menemukan kedai-kedai kopi. Tentu ini jadi satu hal yang menarik bagi pecinta kopi.

Selain kopi, Belanda surganya pecinta keju. Belanda memang produsen keju. Keju yang terkenal di sini adalah Gouda. Keju ini bentuknya bulat pipih. Warnanya kuning, rasanya manis dan teksturnya lembut. Bungkusnya khas berwarna merah. Nama keju ini sebenarnya nama daerah asal keju tersebut yaitu Gouda. Kini, Gouda pun menjadi destinasi wisata keju yang berasal dari  seluruh kota di Belanda.

Sahabat Satutours juga bisa mendatangi Museum Keju di Amsterdam untuk mengenal keju Belanda lebih dekat. Tak hanya melihat aneka jenis dan citarasa keju, pengunjung juga dapat mengetahui proses pembuatannya serta mencicipi kenikmatan keju Belanda.

Menjelajah dengan sepeda

Salah satu aktivitas yang wajib dilakukan di Belanda yaitu bersepeda mengelilingi kota. Sahabat Satutours bisa menikmati suasana asri dan rindangnya kota-kota di Belanda. Menyaksikan deretan bangunan-bangunan gaya Belanda klasik yang berjajar. Lalu berhenti sejenak untuk sekedar mengambil foto lanskap yang instagramable ini. Bersepeda di Belanda memang sangat nyaman karena telah tersedia jalur-jalur sepeda. Warganya pun patuh dengan tak mengalihfungsikan jalur sepeda itu untuk hal lain.

Sepeda memang menjadi transportasi utama di Belanda. Melansir dari Tempo, berdasarkan kelompok riset FietsBeraad, hampir 30 persen warga Belanda selalu berpergian dengan sepeda, dan tambahan 40 persen terkadang sepeda untuk bekerja. Dalam data tahun 2014 jumlah sepeda hampir mendekati jumlah penduduk dimana penduduk Belanda 16,5 juta jiwa dan sepeda berjumlah 13juta.

Bersepeda memang sudah jadi tradisi di Belanda. Sejak kecil, anak-anak sudah dibiasakan naik sepeda. Selain ramah lingkungan, kegiatan bersepeda juga dapat melatih fisik. Ini tak lepas dari adanya jalur khusus dengan lampu lalu lintas sendiri dan ketersediaan tempat parkir sepeda di berbagai sudut kota.

Kincir angin dan bunga tulip

Dua ikon negara Belanda ini termasuk dua hal yang harus disaksikan saat ke Belanda sebab negara ini memang identik dengan dua hal itu. Pertama, kincir angin yang banyak tersebar di Belanda. Sebuah desa di provinsi Holland bahkan dinobatkan sebagai situs warisan dunia UNESCO tahun 197. Desa itu adalah  Desa Kinderdijk.

Di awal eksistensinya abad ke 13, kincir angin berfungsi mendorong air ke lautan. Ini dilakukan supaya terbentuk daratan baru yang lebih luas karena wilayahnya sebagian besar di bawah permukaan air laut. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, fungsi kincir angin ini berkembang. Ia digunakan untuk bidang pertanian dan industri. Selain kincir angin di Desa Kinderdijk, terdapat Zaanse Schans yang terletak di Holland bagian utara.

Selanjutnya, Sahabat Satutours juga dapat menemukan bunga tulip yang indah dan berwarna-warni. Meski sebenarnya berasal dari Turki namun kini 65% bunga tulip di dunia itu hasil produksi Belanda. Keindahan bunga tulip ini dapat dinikmati saat musim semi antara bulan Maret sampai Mei. Tepatnya di Taman Bunga Keukenhof yang mendapat predikat The Largest Flower Garden in Europe. Dalam 32 hektar, terdapat 7 juta bunga tulip terhampar di sana.

Rumah para seniman dunia

Seni memang berkembang di Belanda. Ada banyak galeri-galeri seni yang terdapat di negara ini. Banyak seniman terkenal di dunia, lahir dari sini. Setidaknya ada dua pelukis yang karyanya populer dan mempengaruhi Eropa bahkan dunia. Mereka adalah Rembrandt Harmenszoon van Rijn dan Vincent Van Gogh.

Rembrant ini merupakan seorang seniman bergaya baroque atau yang dilebih-lebihkan dengan detail yang jelas. Karya populernya yaitu The Night Watch tahun 1642. Karya-karya terbaiknya dapat ditemukan di museum terbesar Belanda yaitu Rijksmuseum. Museum ini juga menyimpan karya-karya seni maestro lainnya dan juga koleksi benda-benda sejarah.

Sedangkan Van Gogh, sang pelukis yang kisah hidupnya terkenal tragis ini memiliki aliran post-impresionisme. Lukisannya yang terkenal adalah The Starry Night, 1889. Sahabat Satutours dapat mengenal lebih dalam tentang cerita hidupnya melalui lukisan-lukisannya di Museum Van Gogh. Museum ini letaknya tak jauh dari Rijksmuseum.

Berikut 5 alasan kenapa Anda harus ke Belanda yang harus Sahabat Satutours tahu. Kalau tour Eropa halal ke Belanda, jangan lupa untuk membeli keju dan kopi Belanda sebagai cendera mata. Alternatif buah tangan lainnya, ada klompen khas Belanda yang merupakan sepatu kayu dengan motif cantik. Yang tak kalah cantik, Royal Delft Blue, keramik khas negeri kincir angin yang terkenal di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *