5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Swiss

5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Swiss

5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Swiss

paket tour swiss Eropa Barat Satutours

Swiss merupakan negara yang paling netral dan damai. Terhitung sejak tahun 1815, Swiss tidak pernah terlibat perang. Wilayahnya diapit oleh Jerman, Prancis, Italia, Austria, dan sebuah kerajaan kecil bernama Liechtenstein. Negara yang wajib dikunjungi saat travel tour Eropa Jakarta ini mempunyai empat bahasa resmi. Bahasa Jerman, Prancis, Italia, dan bahasa Romansh—bahasa ini kurang populer dan digunakan di bagian tenggara Swiss, yaitu wilayah Graubünden.

Karena sangat sensitif terhadap perubahan iklim, mereka sangat menjaga lingkungan dengan memiliki kontrol emisi gas rumah kaca yang baik serta menggunakan sumber energi terbarukan. Ini membuatnya menjadi negara yang paling menjaga lingkungan nomor satu dari 132 negara menurut Indeks Kinerja Lingkungan tahun 2014. Selain itu, masih banyak hal menarik lainya tentang negara yang mayoritas penduduknya bilingual. Berikut ini 5 hal yang harus kamu ketahui tentang Swiss:

Negara terbahagia di dunia

Setiap orang punya cara bahagianya sendiri-sendiri. Begitu pula dengan masyarakat Swiss yang menganggap tepat waktu sebagai sumber kebahagiaan. Karena itulah, Swiss merupakan negara terbahagia. Melansir dari CNN, dalam indeks Kebahagiaan Dunia yang dibuat Jaringan Solusi Pembangunan Berkesinambungan (SDSN) untuk PBB pada tahun 2015, Swiss dinobatkan sebagai peringkat pertama. Sedangkan pada tahun 2020, Swiss masuk dalam lima besar.

Kebahagiaan dalam laporan ini dinilai berdasarkan usia harapan hidup, pendapatan per kapita, kebebasan untuk menentukan pilihan, dukungan sosial, sampai pada kemurahan hati. Dalam laporan itu disebutkan bahwa kebahagiaan cara yang tepat mengukur kemajuan sosial dan pemenuhan kebijakan publik.

Sementara pada versi Wonderslist tahun 2019 lalu, Swiss masuk dalam 10 besar negara terbahagia. Ini diukur dari skor kepuasan hidup, tingkat pekerjaan, kesehatan, karyawan yang bekerja dihitung berdasarkan jam, penghasilan sekali pakai, tingkat pendidikan, dan harapan hidup. Swiss berhasil meraih peringkat pertama pada tingkat pekerjaan, dan peringkat kedua dalam usia harapan hidup.

Negara Paling Sejahtera

Swiss masuk dalam daftar 10 negara paling makmur di dunia pada tahun 2018. Daftar ini diterbitkan oleh Legatum Institute yang merupakan sebuah lembaga di Inggris yang fokus meneliti tingkat kemakmuran sebuah wilayah.Mereka membuat peringkat berdasarkan indikator-indikator, yaitu kualitas ekonomi, lingkungan bisnis, pemerintahan, kebebasan personal / individu, modal sosial, keselamatan dan keamanan, sisi edukasi, kesehatan, dan lingkungan alam.

Negara yang sebagian besar penduduknya pemeluk Katolik Roma ini berada di peringkat empat karena memiliki industri pariwisata dengan pengelolaan yang baik. Kemudian sektor perbankan yang maju, farmasi, asuransi, cokelat, keju, dan lain sebagainya. PDB Swiss sendiri di atas Belanda, dan Swedia, yaitu USD59.561.

Selain itu, pajak di Swiss digunakan sebagaimana mestinya meskipun pajak disana sangat tinggi. Melansir dari Grid.id, semua warga apapun pekerjaannya akan menerima tunjangan sosial-kesejahteraan di hari tua nanti. Ini diambil dari pajak yang dibebankan. Selain itu, Pemerintah juga memberikan tunjangan anak, tunjangan sosial, dan lain-lain. Sedangkan untuk sekolah maupun kuliah tak dipungut biaya alias gratis.

5 Destinasi Wisata Terpopuler di Swiss

Jadwal kereta tepat waktu

Kereta menjadi transportasi utama warga Swiss. Sebagian besar lebih memilih kereta dibandingkan mobil, apapun pekerjaan dan posisinya. Sebab, tempat manapun dapat dijangkau oleh kereta. Mau pedesaan, atau gunung-gunung, selalu ada stasiun kereta dalam radius yang tak terlalu jauh. Ini sangat membantu bagi Sahabat Satutours yang ingin berwisata dengan menaiki transportasi umum.

Bagusnya lagi, kereta di negara ini jadwalnya tepat waktu. Pengecualiaan jika ada cuaca buruk. Padahal, ada banyak rute dengan interval keberangkatan yang sering dengan jaringan kereta sekitar 20.000 kilometer. Persoalan tepat waktu ini tak lepas dari budaya masyarakatnya yang membenci jam karet.

Bagi warga Swiss, tepat waktu adalah prinsip hidup mereka yang akan membawa pada kebahagiaan yang sesungguhnya. Kalau memiliki janji bertemu, mereka datang sesuai waktu yang disepakati, tidak kurang atau lebih. Bagi mereka, tepat waktu adalah salah satu cara menghargai dan menghormati orang lain. Selain tepat waktu, mereka juga sangat tertib dan menjaga kebersihan. Berbagai fasilitas umum seperti toilet kereta tampak terjaga kebersihannya.

Vending Machine Susu atau Keju

Bila biasanya vending machine berisi minuman bersoda, kopi, atau makanan ringan, tidak begitu di Swiss. Di negara ini vending machine menjual susu. Susu di vending machine ini ada yang sudah diberi botol, namun ada juga yang harus membawa botol sendiri. Swiss memang dijuluki sebagai Land of Milk and Honey. Kualitas susu dan madu di sana memang terbaik di Eropa. Mencicipi susu terbaik Eropa ini bisa menjadi satu alasan untuk tour halal Eropa ke Swiss.

Selain susu, vending machine di Swiss menjajakan keju. Keju Swiss memang populer dan identik dengan warna pucat dan berlubang seperti dalam film kartun. Lubang-lubang ini disebabkan karena bakteri. Jenis keju ini merupakan keju emmental namun lebih dikenal dengan nama keju Swiss. Berbeda dengan keju Belanda yang rasanya manis, keju Swiss lebih gurih dan ringan.

Sejak ratusan tahun lalu, masyarakatnya sudah memproduksi salah satu olahan susu ini. Luasnya lahan hijau di Swiss digunakan untuk mengembangbiakkan ternak. Karena produksi susu di sana melimpah, makanya diolah menjadi keju supaya awet. Uniknya, keju-keju ini berukuran besar untuk menghindari pajak yang diukur dari jumlah keju, bukan beratnya.

5 Destinasi Wisata Terpopuler di Swiss

Ibukota Swiss berusia 8 Abad

Bern termasuk dalam Situs Bersejarah Dunia UNESCO. Ini tak lepas dari banyaknya bangunan bersejarah dalam kota yang didirikan pada tahun 1191 oleh Duke Berchtold V. Selama 8 abad itu, Bern mengalami berbagai peristiwa. Mulai dari menjadi kota terbesar dan paling berpengaruh di Alpen utara pada akhir zaman pertengahan, hampir terbakar habis pada 1405, hingga dibangun kembali.

Kini, di dalam ibukota Swiss itu berdiri pusat pemerintahan, pusat administrasi dan kedutaan besar negara-negara dunia. Destinasi wisata dalam tour Eropa halal ke Swiss ini juga bervariasi. Ada wisata alam, wisata sejarah, dan seni. Dalam wisata sejarah, bangunan-bangunan tua khas zaman pertengahan ini menjadi daya tarik utama. Begitu pula dengan landmark kota Bern, Zytglogge, yang merupakan menara jam.

Untuk wisata alam, ada Rosengarten atau kebun mawar dengan hamparan rerumputan. Dari sini, Sahabat Satutour dapat menikmati pemandangan kota Bern dari atas. Ketika matahari tenggelam tiba, lampu-lampu kota dipadu dengan senja berlatar pegunungan ini nampak begitu romantis.

Itulah tadi 5 hal yang harus kamu ketahui tentang Swiss. Keunikan-keunikan yang ditawarkan di dalamnya dapat menjadi pengalaman baru dan berharga saat travel tour Eropa Jakarta. Predikat negara terbahagia dan termakmur meninggalkan rasa penasaran mengenai budaya negara ini. Sahabat Satutour juga akan mengenal Swiss lebih dalam. Bahwa negara yang dikelilingi gunung ini lebih dari sekedar tempat wisata alam yang menawarkan panorama Pegunungan Alpen serta danau-danau di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *