5 Destinasi yang Wajib Dikunjungi Saat Kamu ke Tour ke Belanda

5 Destinasi yang Wajib Dikunjungi Saat Kamu ke Tour ke Belanda

5 Destinasi yang Wajib Dikunjungi Saat Kamu ke Tour ke Belanda

5 Destinasi yang Wajib Dikunjungi Saat Kamu ke Tour ke Belanda
5 Destinasi yang Wajib Dikunjungi Saat Kamu ke Tour ke Belanda

Berada di Eropa Barat, Belanda memiliki nama resmi Netherland. Netherland ini berasal dari bahasa Belanda ‘nederland’ yang artinya tanah rendah. Disebut begitu karena Belanda merupakan negara yang memiliki permukaan rendah dengan 21% daerahnya berada di bawah permukaan laut. Ini berarti, Belanda membendung laut. Negara kincir angin ini tak hanya soal kecanggihan teknologi bendungannya. Di dalamnya, terdapat berbagai tempat wisata yang menarik dikunjungi saat travel tour Eropa Jakarta. Kalau Sahabat Satutours masih kebingungan dalam memilih tempat wisata di Belanda, berikut ini 5 Destinasi yang wajib dikunjungi saat kamu ke tour ke Belanda:

Desa Kinderdijk

Keberadaan desa ini adalah alasan mengapa Belanda dijuluki negera kincir angin. Desa Kinderdijk ini memiliki 1000 kincir angin, dan menjadi wisata populer yang dikunjungi turis dari berbagai negara. Jaraknya 15 kilometer dari Rotterdam yang terkenal dengan pelabuhan terbesar di dunia. Tepatnya berada di kota Lekkerland, provinsi Holland. Desa yang berdiri sejak tahun 1740 tercatat sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1997.

Desa ini berada di bawah permukaan laut dan rawan terjadi banjir. Keberadaan kincir angin itu bukan dengan alasan keindahan, melainkan untuk mengalirkan air ke sungai. Daerah pun terbebas dari bencana banjir, pertanian pun menjadi subur. Selain itu, juga menjadi tempat tinggal penduduk setempat. Sahabat Satutours juga dapat menginap di kincir angin yang sebenarnya merupakan penginapan yang memiliki kincir angin dengan fasilitas modern untuk para wisatawan.

Di desa ini, wisatawan dapat bersepeda atau berjalan kaki sambil mengagumi keindahan panorama desa. Tapi karena jarak antara satu kincir angin dengan yang lainnya berjauhan, lebih baik menggunakan sepeda. Selain menikmati keindahannya, Sahabat Satutours juga dapat  menyaksikan cara kerja pompa air tradisional serta bermain ice skating ketika musim dingin tiba. Ice skating ini dilakukan di permukaan air sungai yang telah membeku.

5 Destinasi yang Wajib Dikunjungi Saat Kamu ke Tour ke Belanda
5 Destinasi yang Wajib Dikunjungi Saat Kamu ke Tour ke Belanda

Taman Bunga Keukenhof

Berkunjung ke Belanda memang kurang lengkap bila tidak melihat hamparan bunga tulip. Hamparan tulip warna-warni ini bisa disaksikan di Taman Bunga Keukenhof. Taman ini juga disebut sebagai The Garden of Europe dan didapuk sebagai taman bunga terbesar di dunia. Berada di antara kota Hillegom dan Lisse, Holland Selatan, taman bunga memiliki luas 32 hektar. Lokasinya hanya tiga puluh menit dari ibukota Belanda, Amsterdam, dengan menggunakan bus khusus Keukenhof Express dari Schiphol Airport.

Pada awalnya, taman bunga ini dibuat oleh walikota Lisse pada tahun 1949 untuk membantu Belanda menjadi eksportir bunga terbesar di dunia hingga menjadi destinasi dunia seperti sekarang ini. Taman Bunga Keukenhof punya lebih dari 800 spesies bunga tulip dengan total sekitar 7 juta bunga tulip. Di dalamnya, juga terdapat Tulip Walk of Fame dimana bunga tulip diberi nama tokoh-tokoh penting dan populer di dunia.

Selain tulip, ada berbagai tumbuhan subtropis lainnya yaitu sakura, anggrek, mawar, lavender, dan masih banyak lagi. Untuk mengunjungi taman bunga ini, pastikan Sahabat Satutours memilih waktu antara bulan Maret hingga Mei saat tour Eropa halal ke Belanda. Sebab, Taman Bunga Keukenhof hanya buka saat musim semi saja. Sedangkan harga tiket masuknya 18 Euro atau sekitar Rp 308ribu.

Kanal Amsterdam

Salah satu aktivitas yang wajib dicoba Sahabat Satutours, menyusuri kanal Amsterdam yang memiliki panjang lebih dari 100 kilometer. Ketika siang hari akan tampak bangunan-bangunan tua dan klasik yang tampak cantik sedangkan ketika malam hari lampu-lampu ini  memberikan kesan romantis. Untuk menikmatinya, Sahabat Satutours bisa mengikuti tour kapal. Kapalnya pun beragam, mulai dari kapal yang dapat memuat banyak penumpang dengan harga yang lebih terjangkau sampai kapal pesiar untuk rombongan kecil dengan berbagai fasilitas.

Dibangun pada abad ke-17, kanal Amsterdam melewati 1500 jembatan dengan bangunan monumental di sisi kanan-kirinya. Tak ada sampah, kanal-kanal ini begitu bersih. Kanal Amsterdam masuk dalam situs warisan budaya dunia UNESCO sejak tahun 2020. Ini merupakan jantung kehidupan kota Amsterdam dimana lebih dari 75% wilayahnya adalah air. Simbol kebanggaan kota Amsterdam ini bahkan sering dijadikan tempat syuting film-film Hollywood karena romantisme yang disuguhkan.

Rijksmuseum

Museum yang pertama kali dibuka pada 19 November 1798 ini terletak di Museum Square di wilayah Amsterdam Selatan, tak jauh dari Van Gogh Museum. Museum seni dan sejarah yang terbesar di Belanda ini buka setiap harinya dari pukul 09.00 – 17.00. Sahabat Satutours akan berkeliling menyaksikan koleksi-koleksi mulai dari era tahun 500-an sampai saat ini.

Koleksi di dalam museum ini di antaranya lukisan-lukisan dari para maestro terkenal dari seluruh dunia, koleksi buku-buku tua, fotografi klasik, dan lain sebagainya. Ada sebanyak 20 karya terbaik Rembrant dipamerkan di sini. Rembrant sendiri memiliki nama lengkap Rembrandt Harmenszoon van Rijn merupakan seniman asal Belanda yang dikenal karena keahliannya memanipulasi ekspos cahaya terhadap objek.

Karena Indonesia dengan Belanda memiliki sejarah yang panjang, Sahabat Satutours pasti tertarik dengan tour Eropa halal ini. Ada banyak benda bersejarah yang berhubungan itu. Mulai dari miniatur pasar tradisional Indonesia, dilengkapi alat musik gamelan dan para pemainnya, kemudian sebuah keris bertabur 117 batu berlian pemberian Sultan Madura Cakra Adiningrat VII kepada Raja William I. Keris tersebut diberikan pada tahun 1835 sebagai tanda terimakasih.

5 Destinasi yang Wajib Dikunjungi Saat Kamu ke Tour ke Belanda
5 Destinasi yang Wajib Dikunjungi Saat Kamu ke Tour ke Belanda

Van Gogh Museum

Kalau Sahabat Satutours pernah mendengar nama Vincent Van Gogh atau bahkan mengagumi lukisan-lukisannya, museum ini adalah tour Eropa halal yang tepat untuk mengenal Van Gogh lebih dalam lewat lukisan hasil karyanya maupun koleksi-koleksinya. Museum ini telah buka sejak  2 Juni 1973 dan didedikasikan untuk Van Gogh.

Pelukis asal Belanda ini memang sangat populer dan berpengaruh dalam sejarah seni di Barat. Maestro pasca-impresionis ini memiliki kisah yang tragis. Meskipun kini namana terkenal, hidupnya dahulu jauh dari gemerlap popularitas dan kekayaan. Bahkan lukisannya ditukar dengan makanan. Ia pun mati dengan peluru bersarang di dadanya. Setelah meninggal inilah karyanya mulai populer dan menjadi salah satu lukisan termahal.

Bagi penikmat seni, museum ini wajib dikunjungi setelah Rijksmuseum. Setiap tahunnya sekitar satu setengah juta pengunjung mendatangi museum ini dan menjadi museum kedua terbanyak dikunjungi di Belanda. Letak museum ini di Lapangan Museum di Amsterdam Selatan, tak jauh dari Rijksmuseum. Selain Rijksmuseum, Van Gogh museum juga menawarkan tur virtual dengan lebih dari 20 lukisan, 500 gambar, dan 750 surat pribadi.

Itulah tadi 5 Destinasi yang wajib dikunjungi saat kamu ke tour ke Belanda. Selain destinasi yang disebutkan di atas, masih banyak lagi destinasi menarik lainnya. Belanda memang terkenal dengan destinasi yang bervariasi. Mulai dari keindahan alam, bangunan, hingga wisata sejarah. Sahabat Satutours tak akan pernah bosan mengeksplorasi negara ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *