Siapkan ini sebelum kamu mengunjungi Belanda

Siapkan ini sebelum kamu mengunjungi Belanda

Siapkan ini sebelum kamu mengunjungi Belanda

Siapkan ini sebelum kamu mengunjungi Belanda
Siapkan ini sebelum kamu mengunjungi Belanda

Negara kincir angin menjadi salah satu negara Eropa yang sering dikunjungi wisatawan mancanegara, termasuk Indonesia. Belanda memang termasuk negara yang unik karena berdataran rendah. Dilansir dari Liputan6, 50% wilayah daratan Belanda memiliki ketinggian tidak lebih dari 1 meter di atas permukaan laut.

Selain terkenal dengan bunga tulip dan kincir angin, sebenarnya negara beribukota Amsterdam ini memiliki banyak wisata menarik lainnya. Seperti wisata sejarah, wisata seni, hingga menyusuri kanal-kanal yang panjangnya sekitar 100km. Daya tariknya yang tak ada habisnya ini tak boleh Sahabat Satutours lupakan saat travel tour Eropa Jakarta. Namun, siapkan ini sebelum kamu mengunjungi Belanda ya!

Visa Belanda

Belanda termasuk ke dalam salah satu kawasan Schengen. Maka dari itu kamu harus menyiapkan Visa Schengen terlebih dahulu sebelum tour Eropa halal ke Belanda. Visa Schengen ini termasuk visa jangka pendek jika Sahabat Satutours mengunjungi Belanda kurang dari 90 hari. Sebab, masa berlaku visa maksimum hanya 90 hari dalam waktu 6 bulan 180 hari. Jadi hanya untuk urusan bisnis jangka pendek saja atau berwisata.

Pertama, Sahabat Satutours harus tahu tipe visa apa yang diajukan. Ini berkaitan dengan persyaratan yang harus dipenuhi. Kalau untuk berwisata dan jangka pendek, maka jenis visa yang dipilih adalah visa turis/pariwisata. Kemudian mengajukan visa dengan mengisi formulir dan melengkapi persyaratan.

Selain formulir permohonan visa, dokumen-dokumen yang dibutuhkan antara lain foto terbaru, paspor, tiket pesawat pulang pergi, asuransi perjalanan, akomodasi, dan rekening koran (bank) selama 3 bulan terakhir.

Mata Uang

Sebelumnya, mata uang Belanda adalah gulden. Gulden ini artinya emas, dalam bahasa Belanda kuno. Akan tetapi sejak 1 Januari 2002 gulden telah resmi digantikan dengan Euro. Euro ini merupakan mata uang resmi negara-negara Eropa yang tergabung di dalamnya. Totalnya ada 19 negara. Setelah dolar, euro adalah mata uang terbesar kedua di dunia. Saat ini 1 Euro sama dengan Rp 17ribu. Sahabat Satutours harus menukarkan uang terlebih dahulu sebelum berangkat. Jadi,siapkan ini sebelum kamu mengunjungi Belanda.

Itinerary

Karena itinerary dibutuhkan dalam pengajuan visa,  Sahabat Satutours harus menyiapkan ini terlebih dahulu. Itinerary juga akan menentukan tiket pesawat, transportasi, dan akomodasi yang digunakan. Dalam hal ini, dua ikon negara Belanda harus masuk ke dalam daftar. Ada  Desa Kinderdijk, dengan 1000 kincir angin. Ikon kota Belanda ini terletak 15 kilometer dari kota Rotterdam. Uniknya, desa ini dulu berada di bawah permukaan air laut.

Sedangkan bunga tulip dapat Sahabat Satutours temukan di Taman Bunga Keukenhof yang disebut sebagai taman terindah di dunia. Selain didapuk sebagai taman terindah, ini juga memiliki ladang tulip terbesar di Belanda. Sahabat Satutours tak bisa sewaktu-waktu bertandang ke tempat ini. Taman seluas 32 hektar ini pun memang baru dibuka pada bulan Maret–Mei.

Selain kedua ikon ini, ada Rijksmuseum dengan berbagai macam koleksi lukisan dari para maestro terkenal dari berbagai negara, termasuk di dalamnya adalah Belanda. Ada juga Museum Van Gogh, terdapat koleksi pelukis asal Belanda pada abad ke-18 yang bernama lengkapVincent Van Gogh. Itinerary selengkapnya dapat ditanyakan kepada pihak travel, bila Sahabat Satutours mengikuti travel tour Eropa Jakarta.

Siapkan ini sebelum kamu mengunjungi Belanda
Siapkan ini sebelum kamu mengunjungi Belanda

Maskapai ke Belanda

Negara di Eropa Barat ini memiliki tujuh bandara. Tujuh buah bandara ini terdiri dari 3 bandara Internasional, dan 4 bandara domestik. Sedangkan maskapai ke Belanda yang masih aktif beroperasi hingga sekarang ini ada sebanyak 10 maskapai.  Dilansir dari Bandara Soekarno Hatta,10 maskapai yang terhitung masih aktif, yakni AIS Airlines, Arkefly, CHC Airways, Corendon Dutch Airlines, Denim Air, Dutch Dakota Association, KLM, KLM Cityhopper, Martinair, dan Transavia.

Kalau dari Indonesia ke Belanda, ada berbagai pilihan maskapai dengan harga yang bervariasi. Ada kelas Ekonomi sampai kelas Bisnis. Harganya ini selain tergantung dari kelas, juga dari maskapai dan waktu Sahabat Satutours berkunjung. Apakah saat high season, atau low season. Kalau dari Jakarta, penerbangan ke Amsterdam, ibukota Belanda ini ada Garuda Indonesia, Qatar Airways, British Airways, Emirates, Turkish Airlines, Etihad Airways, Finnair, KLM, Lufthansa, Malaysia Airlines, dan lain sebagainya.

Tidak ada penerbangan langsung ke Belanda, Sahabat Satutours akan melalui satu kali transit. Harganya tiketnya paling murah sekitar 8 juta untuk satu kali perjalanan. Ini bisa lebih murah lagi jika beli tiket jauh-jauh hari atau menunggu harga promo.

Bahasa

Bahasa resmi yang digunakan di Negara Tulip adalah bahasa Belanda. Bahasa ini sebenarnya termasuk dalam rumpun Jermanik Barat dan banyak memiliki kemiripan dengan bahasa Inggris. Tak hanya Belanda saja, bahasa ini juga bahasa resmi Aruba, Brussels, Curaçao, Flanders, Sint Maarten dan Suriname. Sehingga bahasa Belanda ini digunakan lebih dari 22 juta orang di seluruh dunia.

Sebenarnya, Belanda masuk ke dalam 20 negara yang cukup fasih berbahasa Inggris. Predikat ini diberikan oleh English First, yang bergerak di bidang pengajaran bahasa Inggris. Pihaknya mengeluarkan EF English Proficiency Index (EF EPI) yang menilai kemahiran bahasa Inggris masyarakat di sebuah negara.

Meskipun begitu, traveling itu tak hanya mengunjungi tempat wisatanya saja, tetapi mengenal budaya, termasuk di dalamnya bahasa. Sahabat Satutours bisa mulai mempelajari bahasa Belanda yang umum digunakan lalu mempraktekannya saat ke sana.

Akomodasi

Tak usah khawatir bila ke Belanda, Sahabat Satutours akan menemukan berbagai akomodasi di sekitar destinasi yang dikunjungi. Mulai dari hotel bintang lima, apartemen, hostel, sampai hotel budget tersedia. Harganya mulai dari Rp 250ribu semalam. Kalau Sahabat Satutours memiliki biaya yang berlebih, bisa mencoba hotel-hotel unik yang ada di Belanda. Mulai dari sensasi menginap di dalam pesawat, di dalam perahu, kincir angin, sampai camping di dalam caravan tersedia. Menarik, bukan?

Transportasi

Siapkan ini sebelum kamu mengunjungi Belanda
Siapkan ini sebelum kamu mengunjungi Belanda

Transportasi utama Belanda adalah sepeda. Warga Belanda memang gemar menaiki sepeda untuk menuju ke suatu tempat, baik bekerja, ke kampus, maupun membeli keperluan harian. Sahabat Satutours dapat mencoba menjelajah Belanda menggunakan sepeda layaknya warga lokal. Selain itu, juga bisa memanfaatkan transportasi umum ketika sedang tour Eropa halal.

Transportasi umum yang tersedia di antaranya bus, trem dan Metro. Transportasi metro ini lebih cepat dan lebih murah dibandingkan dengan moda transportasi trem. Untuk pembayaran, transportasi ini dapat memakai  single-use card atau juga OV-chipkaart. OV-chipkaart ini dapat dipakai untuk ketiga moda transportasi tersebut. Kalau seorang turis maka menggunakan OV-chipkaart anonim.

Bagaimana? Sudah siap mengunjungi Belanda? Jangan lupa untuk menetapkan budget tour Eropa halal terlebih dahulu sebelum menyusun itinerary. Ini penting untuk menentukan pesawat dan akomodasi apa yang akan Sahabat Satutours pilih. Begitu juga dengan pilihan tempat wisata yang akan dikunjungi. Kalau tidak ingin merepotkan diri, sebaiknya ikuti paket travel tour Eropa Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *