5 Destinasi Wisata Terpopuler di Swiss

5 Destinasi Wisata Terpopuler di Swiss

5 Destinasi Wisata Terpopuler di Swiss

5 Destinasi Wisata Terpopuler di Swiss
5 Destinasi Wisata Terpopuler di Swiss

Sebanyak 13,2 persen Pegunungan Alpen berada di Swiss. Itulah mengapa Swiss menjadi destinasi yang menarik saat musim dingin. Swiss juga merupakan tuan rumah Winter Olympic Games tahun 2020. Namun keindahan alamnya tak hanya mempesona saat musim dingin saja. Swiss juga memilii berbagai destinasi menarik yang populer dikunjungi saat tour Eropa halal di musim apapun. Berikut ini 5 destinasi wisata terpopuler di Swiss tersebut:

Kota Zurich

Kota terbesar di Swiss ini merupakan pusat perbankan dan keuangan global dengan keamanan serta peraturan terbaik di dunia. Bandara International Zurich, juga merupakan bandara terbesar Swiss yang berada di Kloten. Popularitasnya di mata wisatawan tak lain karena terdapat bangunan-bangunan yang usianya hitungan abad, serta pesona alamnya yang mengagumkan karena berada di kaki pegunungan Alpen. Dua destinasi wisatanya bahkan digunakan untuk syuting drama Korea populer Crash Landing on You, yaitu Jembatan Münsterbrücke penghubung dua katedral, dan Lindenhof alun-alun di kota tua (Altstadt).

Melansir dari Kumparan, ada Grossmunster yang dibangun oleh Charlemagne pada abad ke-8 M, dan gereja St. Peter yang dibangun pada abad ke-13 M. Bangunan-bangunan itu seolah menunjukkan sejarah panjang kota tua yang berdiri di sepanjang danau Zurich dengan fasilitas yang modern. Selain wisata sejarah, Zurich yang juga pusat seni memiliki banyak galeri seni, teater, serta opera-opera. Kunsthaus Zürich, galeri seni paling populer yang menyimpan koleksi-koleksi penting dari abad pertengahan hingga seni kontemporer.

Sementara, pesona alamnya dapat dinikmati dengan berlayar di Sungai Limmat, Sungai Rhine atau Danau Zurich. Sahabat Satutours juga bisa menyaksikan panorama kota Zurich dari ketinggian. Untuk tour Eropa halal ini dapat dicapai dengan mendaki ke puncak Uto Kulm yang populer di Gunung Uetliberg. Kalau tak mau mendaki, bisa ke Felsenegg dengan menaiki cable car.

5 Destinasi Wisata Terpopuler di Swiss
5 Destinasi Wisata Terpopuler di Swiss

Lucerne

Lucerne dikenal sebagai kota dengan arsitektur bangunan abad pertengahan yang dipelihara dengan baik. Kota ini masuk dalam rekomendasi travel tour Eropa Jakarta karena romantisme yang disuguhkan di setiap sudut kota. Dengan latar pegunungan berselimut salju, terdapat bangunan kota tua yang berwarna-warni di tepi Sungai Reuss. Tak sampai 1km dari kota tua ada Tembok Musegg, sebuah benteng abad ke-14. Belum lagi keberadaan danau Lucerne, Sahabat Satutours dapat melihat Gunung Pilatus dari sini tentunya saat suasane cerah.

Mengeksplor kota ini, wisatawan harus ke Jembatan Kapel saat matahari terbenam. Jembatan terbuat dari kayu dengan tumbuhan menjalar di sisi-sisinya dan membentang  di Sungai Reuss, salah satu sungai dari deretan sungai terpanjang di Swiss. Tak jauh dari situ sekitar 900 meter, terdapat Lion Monument atau Lowendenkemal yang menjadi ikon Lucerne.

Jenewa (Geneva)

Kalau Sahabat Satutours tahu merk-merk jam tangan terkenal seperti Rolex, Patek Philippe, dan Vacheron Constantin, kantor pusatnya berada di kota ini. Jenewa memang pusat industri pembuatan jam tangan, salah satu hal yang identik dengan negara Swiss. Namun kota terpadat nomor dua di Swiss ini tak hanya tentang jam tangan. Ia juga didaulat sebagai Kota Diplomatik Internasional. Sebab merupakan salah satu kota dimana terdapat markas Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Selain itu, Jenewa menyuguhkan panorama kota yang mempesona. Ini menjadi alasan kota ini populer dikunjungi wisatawan.

Salah satu destinasi yang menjadi tujuan utama para wisatawan adalah Danau Jenewa. Danau ini memang terletak di perbatasan Swiss dengan Prancis, akan tetapi sebagian besar masuk dalam wilayah Swiss (60%). Karen berbatasan dengan Prancis, penduduk Jenewa menggunakan bahasa Perancis sebagai bahasa sehari-harinya. Rambu-rambu di kota ini pun berbahasa Prancis.

Di Danau Jenewa dalamnya terdapat landmark terkenal yaitu The Geneva Water Fountain atau yang dikenal dengan Jet d’Eau. Berupa air mancur yang dihasilkan mesin penggerak dengan ketinggian 140 meter.  Di sisi-sisi danau berjajar bangunan-bangunan khas Eropa, mulai museum, hingga hotel-hotel mewah. Ada museum sejarah ilmu pengetahuan, The Henry Dunant Museum yang didedikasikan untuk pendiri palang merah, Henry Dunant.

Zermatt

Destinasi populer berikutnya adalah kota Zermatt yang berada 1608 m di atas permukaan air laut. Kota ini dikelilingi barisan pegunungan Alpen dan di dalamnya terdapat satu puncak yang populer di kalangan wisatawan mancanegara, Matterhorn. Untuk menuju gunung yang berada di perbatasan Swiss dengan Italia ini, wisatawan memang harus melalui kota kecil ini. Makanya, Zermatt ini terkenal dengan aktivitas climbing dan ski. Apalagi dengan jalur gunung yang lebih dari 4000 mdpl ini begitu menantang dan sulit ditaklukkan.

Kalau ke Zermatt, Sahabat Satutour harus mengunjungi Klein Matterhorn atau yang disebut juga Matterhorn Glacier Paradise. Di sini, wisatawan dapat menikmati ski sepanjang tahun meskipun musim panas. Untuk mencapai destinasi ski ini, wisatawan menaiki kereta gantung tertinggi di dunia dengan harga yang cukup mahal yaitu sekitar Rp 1,5juta.

Selain ski, wisatawan dapat mampir ke sebuah ngarai bernama Gorner Gorge atau sebuah desa tua Hinterdorf dengan material kayu khas gaya arsitektur tradisional Swiss di abad 18 sampai 19. Jika ingin mengetahui sejarah kota ini, bisa mengeksplorasi Museum Matterhorn. Menariknya, kota ini bebas kendaraan bermotor sejak 1947. Jadi kalau kesini membawa kendaraan, Sahabat Satutours dapat memarkirkannya di desa-desa sekitar.

Interlaken

Interlaken dikelilingi tiga gunung, Jungfrau, Monch, dan Eiger. Danau Thun dan Danau Brienz mengapit kota. Interlaken pun dinamai karena ini. Dalam bahasa Latin, inter berarti di antara dan lokus berarti danau. Kecantikannya dilengkapi dengan Sungai Aare yang membelah kota, menghubungkan kedua danau ini. Saat musim panas tiba, bunga-bunga bermekaran, padang rumput terhampar luas dengan pegunungan yang diselimuti salju abadi. Inilah mengapa kota ini disebut-sebut sebagai kota terindah di Swiss.

5 Destinasi Wisata Terpopuler di Swiss
5 Destinasi Wisata Terpopuler di Swiss

Kota yang mulai jadi destinasi wisata abad ke-18 ini merupakan surganya wisata petualangan di Swiss. Bila Sahabat Satutours ingin memacu adrenalin, kota kecil yang terletak di Provinsi Bernese Highland inilah jawabannya. Sahabat Satutours dapat merasakan petualangan baik di darat, air, maupun udara. Di dalam kota Interlaken terdapat Höhematte Park, wisatawan dapat sekedar berkeliling maupun bersantai di area seluas 35 hektar ini. Terdapat juga teater, gereja gothic, kafe, atau toko cendera mata yang bisa disambangi.

Aktivitas wisata yang bisa dilakukan di air, ada rafting, bermain kano, waterskiing, wakeboarding, dan berlayar mengelilingi danau. Sedangkan di udara, Sahabat Satutours dapat melihat lanskap kota Interlaken dari udara dengan paragliding. Mengeksplorasi gunung dengan mendaki, dan bermain ski tak boleh dilewatkan ketika mengunjungi Interlaken.

Ketika travel tour Eropa Jakarta ke Swiss, 5 destinasi wisata terpopuler di Swiss ini bisa menjadi daftar acuan. Karena Swiss merupakan negara dengan biaya hidup termahal, pastikan dulu budget Sahabat Satutours sebelum kesini. Kemudian lakukan riset terlebih dahulu tentang biaya makan, transportasi, dan lain sebagainya. Kalau dengan budget terbatas,  Kota Interlaken inilah yang direkomendasikan untuk dikunjungi para backpacker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *