Inilah Syarat Pengajuan Schengen Visa Melalui Italia

Inilah Syarat Pengajuan Schengen Visa Melalui Italia

Inilah Syarat Pengajuan Schengen Visa Melalui Italia

Inilah Syarat Pengajuan Schengen Visa Melalui Italia
Inilah Syarat Pengajuan Schengen Visa Melalui Italia

Pengajuan visa Schengen melalui Italia bisa dilakukan bagi Anda yang berencana untuk melakukan perjalanan ke daerah Eropa. Bahkan dengan mengantongi satu visa yang sama, Anda dapat memasukki sampai 26 negara yang termasuk dalam perjanjian Schengen. Mengapa demikian? Anda jadi mengunjungi beberapa negara sekaligus dan hanya berbekal satu visa saja. Inilah penjelasannya.

Apa itu Visa Schegen?

Ada sekitar puluh enam negara di Eropa yang membutuhkan visa khusus untuk memasukki negara tersebut. Visa tersebut harus diurus sebelum Anda mengurus persiapan lainnya. Hal ini tentu berbeda dengan peraturan visa dinegara lain yang bahkan dapat diurus saat Anda baru datang di bandara.

Visa sakti yang dikeluarkan oleh beberapa negara tersebut lebih dikenal dengan sebutan visa Schengen. Hal ini disepakati di antara negara-negara tersebut sebagai syarat bagi warga negara asing yang ingin masuk ke negaranya.

Lalu apa yang perlu Anda lakukan bila anda ingin mengurus pembuatan visa tersebut? Apa saja yang perlu dipertimbangkan dan dievaluasi? Berikut adalah beberapa hal yang Anda harus siapkan.

Inilah Syarat Pengajuan Schengen Visa melalui Italia

Mulai dari dokumen, persiapan personal, alat elektronik adalah segelintir poin persiapan yang perlu Anda urus sendiri. Terlebih lagi bila Anda mengikuti Tour Eropa Halal, lebih banyak lagi hal-hal yang perlu disiapkan. Makanan, aktifitas dan minuman jadi hal yang sangat penting. Kalau untuk perjalanan ada beberapa hal penting lainnya juga harus difikirkan.

  1. Paket Perjalanan

Bila Anda pergi sebagai rombongan maka ada jadwal perjalanan kemana saja rombongan akan menetap dan singgah. Biasanya paket perjalanan akan mengunjungi 2 sampai 5 negara sekaligus.

Pemohonan visa Schengen akan meminta peserta tour perjalanan untuk menyelesaikan dokumen pengajuan visa Schengen pada negara yang Anda paling lama akan Anda kunjungi atau peraturan lainnya.

Permohonan visa akan dapat membantu menetapkan ke negara manakah dari keseluruhan negara yang akan dikunjungi. Karena Eropa terdiri dari negara-negara kecil yang saling berdekatan dipisahkan oleh daratan sehingga sangat mungkin untuk bepergian ke beberapa negara dalam suatu waktu

Paket travel tour Eropa Jakarta yang dirancang oleh Satutours mengambil rute perjalanan yang diawali dari milan Italia dilanjutkan ke pegunungan Alpen Switzerland lalu ke Bbelanda sampai Perancis. Melihat rute tersebut maka Anda hanya memerlukan satu visa yang diajukan 1 Negara yang dikunjungi paling dahulu, yakni Italia.

  1. Mencari Informasi Untuk Pendaftaran Visa Schengen via Italia

Sahabat Satutours bisa mengkonsultasikan dengan Satutours untuk pergi ke Kedutaan mana untuk mengambil visa Schengen sesuai dengan paket perjalanan yang diambil. Tentu pihak travel lebih mengetahuinya. Seperti fakta terbaru kalau mulai tahun 2019, Kedutaan Italia tidak menerima permohonan visa dan sudah dialihkan ke VFS Global yang Anda bisa google langsung.

Dalam situs resminya ada keterangan tentang biaya, formulir, nomor kontak, dan cara mengajukan formulir. Semua cukup dilakukan secara online tanpa harus datang langsung ke kantornya. Setelah Anda mengajukan formulir, Anda akan menerima email konfirmasi tentang jadwal untuk datang beserta persyaratan yang diminta.

Jarak antara pengajuan permohonan sampai jadwal wawancara umumnya berkisar 15 hari kerja. Oleh karena itu, walaupun berkas belum siap semua, Anda bisa langsung mengajukan formulir dan menyiapkannya sambil menunggu waktu wawancara.

Keunggulan ikut dengan jasa travel tour Eropa Jakarta adalah Anda bisa mengajukan bersamaan dengan harapan untuk diwawancara dalam hari yang sama. Setidaknya Anda bisa datang ke Kedutaan bersama pengaju permohonan yang akan Anda temui lagi selama diperjalanan ke Eropa nanti. Walaupun hal tersebut tidak dapat dipastikan karena semua dilakukan secara komputerisasi.

Inilah Syarat Pengajuan Schengen Visa Melalui Italia

 

  1. Syarat Pengajuan Visa Schengen

Berikut adalah persyaratan yang perlu Anda lakukan untuk pengajuan visa melalui negara Italia.

  • Formulir pengajuan visa dapat didownload melalui situs resmi VFS Global dicetak dan diisi kemudian dilampirkan Ketika anda mengajukan berkas-berkasnya. Isi sesuai jenis visa yang diinginkan dan menunggu janji temu berikutnya.
  • Berkas yang difoto copi termasuk tiket pulang pergi, pemesanan hotel, slip gaji tiga bulan terakhir, tabungan selama 3 bulan kebelakang.
  • Berkas asli yang perlu dibawa termasuk, KTP, KK, Passport. Dan tentu saja diri Anda sendiri sebagai pengaju permohonan.
  • Jadwal perjalanan. Bila Sahabat Satutours mengikuti paket travel tour Eropa Jakarta maka bagian ini akan jauh kebih mudah, karena Anda tinggal memintanya saja pada penyelenggara. Adanya Itinerary ini memberikan kelegaan pihak kedutaan bahwa Anda berada dalam acara tour yang terorganizir dan tidak akan menyalahi visa Anda.
  • Surat yang perlu dilampirkan adalah surat dari tempat Anda bekerja atau sekolah yang menyatakan bahwa Anda memiliki ikatan tanggung jawab di negara asal. Surat sponsor bisa dilengkapi untuk orang yang dinilai kredible dirumahnya.
  • Asuransi kesehatan atau asuransi perjalanan yang dapat menjamin kesehatan Anda selama diperjalanan. Ada banyak asuransi tahunan bahkan setengah tahun sebagai cara untuk memproteksi diri sekaligus sebagai pemenuhan jasa kepada seseorang.
  • Pusat Aplikasi. Sekarang Italia mengembangkan penanganan khusus yang memungkinkan para pemohon visa untuk dapat memantai sudah sampai manakan pengajuan mereka diproses. Pada aplikasi juga akan dicantumkan tanggal intuk wawancara dan kelanjutan prosesinya.

Inilah syarat pengajuan Schengen visa melalui Italia yang dapat Anda penuhi sesegera mungkin untuk dapat memprosesnya. Selanjutnya adalah tinggal melakukan wawancara dan menunggu hasil lain yang merupakan hak pihak penyelenggara.

  1. Wawancara

Acara temu janji dilakukan di Kantor VFS Global yang berada di Jakarta, Surabaya atau Kuta, Bali. Anda bisa memilih satu di antara ketiga Kantor cabang yang tersedia. Hindari datang terlambat karena akan merubah tatanan wawancara dan bisa saja Anda diminta untuk datang di hari lain.

Sahabat Satutours cukup membawa berkas yang diminta sebagai persyaratan dan ketika nama Anda dipanggil, cukup menyerahkannya. Biasanya dalam proses menunggu tidak memerlukan waktu lama dan selama dalam ruangan dilarang untuk menggunakan ponsel.

  1. Pembayaran

Setelah berkas diterima, Anda perlu mengambil antrian lain dimana akan melakukan pendataan sidik jari. Oleh karena itu, proses wawancara tidak bisa diwakilkan karena ada pendataan yang tidak bisa diwakilkan.

Inilah Syarat Pengajuan Schengen Visa Melalui Italia
Inilah Syarat Pengajuan Schengen Visa Melalui Italia

Setelah diambil sidik jarinya, Anda kemudian perlu membayar visa Schengen tersebut. Untuk dewasa biaya sekitar 1.250.000 dan anak-anak dibawah usia 12 tahun sekitar 850.000 dan ada biaya administrasi sebesar 150.000. Semua angka tersebut tentu hanya kisaran kasar dan bisa berubah tanpa ada informasi sebelumnya.

Setelah Sahabat Satutours memegang tanda bukti pembayaran, Anda tinggal menunggu konfirmasi apakah pengajuan Anda diterima atau ditolak. Hal ini berarti Anda perlu datang kembali kekantor VFS untuk mengambil visa yang sudah jadi tersebut.

Impian dan rencana liburan Anda ke Italia atau Paket wisata kebeberapa negara adalah suatu berita baik yang menggabungkan segala informasi tentang visa melalui Italia. Bepergian, terutama ke Eropa, Anda bukan hanya butuh passport, namun visa juga adalah keperluan yang tidak bisa ditawar-tawar.

Dengan mengikuti tata cara di atas, maka visa Schengen yang Anda butuhkan akan bisa diperoleh dan Sahabat Satutours tinggal menunggu keberangkatan. Dengan demikian Anda tinggal selangkah lagi mengikuti tour Eropa Halal yang diselenggarakan oleh Satutours. Semoga semua berjalan dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *