Inilah Syarat Pengajuan Schengen Visa Melalui Belanda

Inilah Syarat Pengajuan Schengen Visa Melalui Belanda

Inilah Syarat Pengajuan Schengen Visa Melalui Belanda

Inilah Syarat Pengajuan Schengen Visa Melalui Belanda
Inilah Syarat Pengajuan Schengen Visa Melalui Belanda

Salah satu pengalaman bepergian adalah mengikuti peraturan negara orang dan menerima bantuan orang lain. Terutama bila Anda bepergian ketempat jauh seperti Eropa. Ada hal-hal yang perlu disiapkan dengan matang.

Walaupun Anda dapat bertanya untuk memahami tata cara pengurusan visa, passport dan hal-hal lainnya. Sangat penting untuk membiasakan membaca peraturan yang berlaku alih-alih mengandalkan jawaban orang lain. Tentu hal ini berbeda bila Anda menggunakan jasa perjalanan.

Anda cukup mengikuti jadwal yang sudah ditentukan, makanan yang sudah ditetapkan dan rute rombongan. Apalagi bila Anda ingin melakukan Tour Eropa Halal. Anda bisa pergi ke Eropa menggunakan jasa perjalanan tanpa harus khawatir tentang makanan atau aktifitas yang tidak halal.

Tata Cara Pengajuan Visa Schangen Melalui Belanda

Bepergian dengan jasa perjalanan maupun sendiri, mengurus visa tidak dapat diwakilkan. Selain itu dokumennya harus detail dan tidak kurang atau tidak, Anda bisa menghabiskan sejumlah uang dengan tidak terduga, atau bahkan harus kembali lagi untuk memenuhi kekurangannya. Anda juga bisa mencari jasa travel tour Eropa Jakarta yang terpecaya dan menggunakan jasa tersebut.

Mengurus visa sebenarnya bukan hal yang sulit, hanya anggapan ribet yang membuat orang enggan untuk melakukannya sendiri dan memilih untuk menggunakan bantuan jasa perjalanan. Walaupun untuk beberapa negara mungkin dahulu hal ini bisa dilakukan, kini negara-negara Eropa yang tergabung dalam Schengan menetapkan peraturan yang lebih ketat. Berikut adalah penjelasannya.

  1. Tempat mendaftar

Beberapa negara Eropa, tepatnya ada 26 negara mengharuskan mengajukan Visa Schengen terlebih dahulu. Ada beberapa cara untuk mengajukannya. Anda dapat mendatangi kedutaan langsung atau pihak ketiga yang sudah ditunjuk oleh pihak kedutaan.

Tentu ada plus-minusnya. Mendatangi kedutaan anda akan melalui proses wawancara yang lebih lama dan detail sementara melalui jasa yang sudah ditunjuk oleh pihak kedutaan, Anda diharuskan membayar biaya pelayanan.

Untuk mengurus Visa Schengen melalui Belanda. Anda tidak bisa lagi mendatangi pihak kedutaan karena sudah menunjuk VFS Global sebagai jasa untukpengurusan Visa beberapa negara Schengen dan Belanda termasuk di dalammnya. Jadi, Anda perlu mencari alamat kantornya yang ada di Jakarta, Surabaya dan Bali.

Inilah Syarat Pengajuan Schengen Visa Melalui Belanda
Inilah Syarat Pengajuan Schengen Visa Melalui Belanda

2.    Persyaratan Aplikasi Visa Schengen Belanda

Inilah syarat pengajuan Schengen visa melalui Belanda yang dapat Anda ikuti. Perhatikan tiap-tiap langkahnya dan cocokkan dengan data dokumen yang Anda miliki.

  • Mengunduh dan mengisi formulir permohonan visa. Anda bisa menulisnya dengan tangan dan bisa juga melakukannya langsung secara digital.
  • Membawa dan membuat fotocopi passport yang masih berlaku paling minim 3 bulan setelah keberangkatan.
  • Pas foto ukuran 5 x 4.5cm, dengan background putih.
  • Pembayaran sebesar EUR 60 untuk dewasa dan EUR 35 untuk anak dibawah usia 12 tahun
  • Membawa Email Konfirmasi. Setelah mengisi form permohonan secara digital, maka Anda akan dikirimi email pemberitahuan untuk datang menyelesaikan prosesnya. Jangan lupa untuk membawa bukti email tersebut.
  • Asuransi perjalanan. Harus berlaku saat Anda melakukan perjalanan. Bagian ini harus ada dan banyak jasa asuransi yang bisa memberikan proteksi setahun atau kurang. Jumlah pertanggungan tidak bisa kurang dari €30.000.
  • Bukti Keuangan. Anda bisa pergi dengan biaya sendiri ataupun dibayarkan oleh pihak lain. Visa mengharuskan pemohonnya melampirkan buku tabungan asli dengan fotokopi buku tabungan dari tiga bulan yang lalu atau bisa juga slip gaji tiga bulan terakhir.
  • Reservasi penerbangan. Kini ada layanan booking dengan ketentuan untuk pembatalan tanpa potongan. Namun bila Anda mengikuti paket perjalanan dengan travel tour Eropa Jakarta yang terpecaya. Anda bisa melampirkan tiket yang sudah ditentukan, selain lebih mudah juga membantu sekali saat pengajuan visa Schengen.
  • Pemesanan Tempat menginap. Hal yang sama dengan masalah pemesanan tiket pesawat, pemesanan hotel juga dapat mengikuti jadwal dari paket perjalanan yang Anda ambil atau melakukan pemesanan pada aplikasi yang memberikan pilihan free cancellation fee.
  • Surat keterangan bekerja. Cukup meminta pada pihak HRD tempat Anda bekerja atau kampus dimana Anda sekolah untuk memberikan pernyataan bahwa Anda tidak akan mencari kerja di negara tempat Anda mengajukan visa tersebut.
  • Sponsor. Bila Anda diundang untuk suatu acara, maka pihak pengundang tersebut yang perlu menuliskan surat sponsor. Namun kalau bepergian untuk kebutuhan wisata, bisa menggunakan surat dari jasa travel yang Anda gunakan

Setelah membaca berbagai persyaratan pengajuan, apakah Anda yakin untuk melakukannya sendiri? Atau ingin lebih praktis dan menggunakan jasa perjalanan seperti Satutours? Anda mungkin akan terbantu dengan persiapan dokumen namun untuk pengajuan visa Schengen, hampir semua harus dilakukan sendiri.

  1. Buat Janji

Mengajukan visa Schengen berbeda dengan pengajuan visa negara lain. Anda diharuskan membuat janji terlebih dulu walau persyaratan belum terpenuhi. Sahabat Satutours dapat memeriksa website resmi VFS Global untuk melakukan hal ini. Biasakan untuk membuat janji jauh-jauh dari tanggal keberangkatan, terutama bila Anda pergi pada masa liburan anak sekolah. Berikan waktu yang sangat luang sehingga tidak ada proses yang dilakukan secara terburu-buru.

  1. Datang Sesuai Jadwal

Usahakan datang sesuai dengan waktu dan tanggal yang sudah ditentukan. Datang lebih awal akan membuat Anda jauh lebih tenang kala melakukan wawancara. Sebaiknya menghindari datang telat atau meminta perubahan jadwal karena tidak ada kepastian kapan permohonan Anda tersebut bisa dikabulkan.

  1. Ruang Submit Visa

Pengurusan visa Schengen melalui Belanda tergolong lebih mudah dibandingkan negara lainnya. Formulir yang perlu diisi tidak terlalu banyak. Selain itu bila Anda datang dengan rombongan bisa mengajukan bersamaan dan berkasi dapat disatukan. Terutama bila Anda tergabung dengan salah satu paket tour Eropa Halal dari Satutours. Proses jadi lebih cepat, namun tetap harus datang sendiri karena proses pendaftaran Visa Schegen sekarang dilengkapi dengan data sidik jari.

  1. Surat Pengambilan Visa

Setelah visa diterima tanpa masalah dan melakukan pembayaran, Sahabat Satutours tinggal mengambil visa seusai dengan tanggal yang sudah ditentukan. Selesai sudah dan tinggal menunggu tanggal keberangkatan.

  1. Permohonan Visa ditolak

Ini menjadi dilema tiap orang saat melakukan persiapan bepergian ke luar negeri. Mempersiapkan tiket atau visa terlebih dahulu. Kemungkinan aplikasi Anda ditolak sangatlah kecil. Kemungkinan ada kekurangan dan bisa dilengkapi dihari lain.

Inilah Syarat Pengajuan Schengen Visa Melalui Belanda
Inilah Syarat Pengajuan Schengen Visa Melalui Belanda

Inilah syarat pengajuan Schegen visa melalui Belanda dan tata caranya. Mulai dari mencari tempat pendaftaran sampai visa yang berada digenggaman tangan. Karena ada peraturan berbeda mengenai visa tentu Anda perlu mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang.

Hindari batal pergi berlibur ke Eropa hanya karena kurangnya berkas atau ada kesalahan penulisan nama. Semoga Anda dan Sahabat Satutours lainnya dapat pergi sesuai jadwal dan bersenang-senang ditempat yang dituju. Khususnya bagi kaum muslim untuk memanfaatkan akomodasi moeslem-friendly dari travel tour Eropa Jakarta Satutours untuk berwisata ke Eropa, khususnya Belanda dengan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *