Inilah 5 Transportasi Public Jepang

Inilah 5 Transportasi Public Jepang

Inilah 5 Transportasi Public Jepang

Inilah 5 Transportasi Public Jepang
Inilah 5 Transportasi Public Jepang

Jepang mungkin dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki jaringan kereta api dan subway (kereta bawah tanah) paling rumit di dunia. Walau demikian, kereta dan subway jadi pilihan andalan moda transportasi bagi penduduk Jepang dan para wisatawan yang datang ke sana.

Namun, perlu Sahabat Satutours ketahui bahwa sebenarnya ada banyak jenis moda transportasi di Jepang. Salah satunya bus yang jadi pilihan transportasi utama di kota-kota kecil, seperti Kyoto. Pasalnya, bus dianggap mampu menjangkau tempat-tempat yang tak bisa dijangkau oleh kereta maupun subway.

Nah, berikut ini ulasan mengenai jenis-jenis transportasi publik yang ada di Jepang.

Inilah 5 transportasi public Jepang

  1. Bus

Sebagian besar angkutan bus di Jepang dikelola oleh perusahaan swasta. Beberapa di antaranya, seperti JR Bus, Nishitetsu, Willer Express, Fujikyu Bus, Keio Bus, dan Nohi Bus. Namun yang terbesar dari semua itu adalah JR Bus dan Willer Express. Selain beroperasi di dalam kota, bus-bus ini juga melayani jalur antar kota, kecuali Willer Express yang lebih banyak mengakomodasikan perjalanan jarak jauh.

Secara umum, bus di Jepang terbagi dalam tiga kategori, yaitu bus dalam kota, bus wisata, dan highway bus atau bus khusus jalan tol.

Bus dalam kota atau bus lokal adalah bus yang bergerak di dalam kota saja. Bus satu ini jadi moda transportasi kedua di kota besar, seperti Tokyo. Namun, bus dalam kota menjadi moda transportasi utama di kota-kota kecil dan menengah.

Lain halnya dengan bus wisata. Jenis bus ini dioperasikan secara khusus dengan tujuan untuk wisata dan bukan untuk penggunaan sehari-hari. Bus yang termasuk dalam kategori bus wisata adalah sightseeing bus dan shuttle bus. Sementara highway bus berfungsi sebagaimana namanya, yaitu sebagai alat transportasi dari satu kota ke kota lainnya melalui jalur tol.

Bus di Jepang juga bergerak berdasarkan rute ataupun jalur tertentu. Biasanya, tiap unit bus memiliki nomor khusus, dilengkapi jadwal datang dan rute yang dilalui. Jalur tersebut bisa Sahabat Satutours ketahui dari angka maupun warna yang muncul di peta rute bus. Jadi, sebelum naik bus saat travel tour Jepang Jakarta, pastikan Sahabat Satutours tahu benar rute yang akan dilalui.

Ingat, jangan asal naik ya! Apabila di halte terdekat tak ada halte yang ingin Sahabat Satutours tuju, berarti Sahabat harus pindah jalur beberapa kali dulu sebelum bisa mencapai halte yang dimaksud.

Inilah 5 Transportasi Public Jepang
Inilah 5 Transportasi Public Jepang
  1. Kereta

Tak bisa dipungkiri, kereta jadi salah satu daya tarik utama wisatawan tour Jepang halal saat berlibur ke Jepang. Tak sedikit orang ingin menjajal seperti apa kehebatan kereta-kereta Jepang yang begitu terkenal di dunia.

Adapun beberapa jenis kereta di Jepang, di antaranya:

  • Super express (Shinkansen)

Shinkansen merupakan kereta tercepat di Jepang di bawah naungan Japan Railway. Dengan begitu, shinkansen termasuk dalam jenis kereta yang harus menggunakan Japan Rail Pass atau JR Pass.

Perlu Sahabat Satutours ketahui, platfom shinkansen berbeda dengan kereta lainnya di Jepang. Tidak semua stasiun dilewati oleh shinkansen. Namun, Sahabat Satutours bisa dengan mudah mengetahui stasiun mana saja yang membuka rute shinkansen ini saat travel tour Jepang Jakarta. Cari saja stasiun yang menggunakan kata shin di depannya, seperti Stasiun Shin-Aomori, Shin-Osaka, Shin-Asahikawa, dan lain sebagainya.

  • Limited express (Tokkyu)

Jenis kereta satu ini merupakan kereta tercepat tapi tidak termasuk jenis shinkansen. Biasanya,  kereta tokkyu disingkat dengan LTD.EXP yang berhenti di stasiun-stasiun utama, dan memiliki nama sesuai rute kereta. Misalnya, Limited Express Nanki, Super Asuza, dan lain sebagainya.

Apabila Sahabat Satutours ingin mencoba naik limited express ketika tour Jepang halal, maka Sahabat harus memilih dua jenis tiket. Di antaranya, base fare dan limited express fare dengan biaya sekitar 500 Yen sampai 4000 Yen.

  • Express (Kyuko)

Masih termasuk dalam kategori kereta cepat, kyuko juga dikatakan express meski kecepatannya dibawah kereta limited express. Jenis kereta kyuko hanya berhenti di beberapa stasiun saja dengan nama yang diawali dengan EXP.

  • Rapid (Kaisoku)

Kereta rapid atau yang biasa disebut dengan kaisoku ini memiliki tiket yang sama seperti halnya kereta biasa. Namun, kereta ini tidak berhenti di semua stasiun yang dilewati dan hanya berhenti di beberapa stasiun kecil.

  • Local (Futsu)

Jenis kereta terakhir yang bisa Sahabat Satutours jadikan pilihan sebagai moda transportasi selama travel tour Jepang Jakarta adalah kereta lokal atau futsu. Jenis kereta satu ini akan berhenti di semua stasiun. Perbedaan paling mencolok antara futsu dengan kereta lainnya, tentu di segi kecepatan. Selain itu, harga tiket futsu juga paling murah ketimbang jenis kereta lainnya.

  1. Subway atau kereta bawah tanah

Perlu Sahabat Satutours ketahui, sistem subway di Tokyo dibagi sesuai perusahaan yang mengoperasikannya, yaitu Toei Subway dan Tokyo Metro. Selain tarif dan destinasi, sebenarnya tak banyak perbedaan antara kereta-kereta yang dioperasikan oleh kedua perusahaan tersebut.

Namun ingatlah, Toei Subway mengoperasikan jalur Asakusa yang bisa membawa Sahabat Satutours menuju Asakusa dan Tokyo Skytree. Sementara Tokyo Metro bisa membawa Sahabat Satutours hingga Omotesando.

Meski demikian, tidak semua kereta JR, Tokyo Metro, dan Toei Subway bisa Sahabat Satutours jumpai di setiap stasiun yang sama. Beberapa stasiun hanya dilewati kereta dari JR dan Toei Subway, sementara lainnya dilewati JR dan Tokyo Metro saja.

Oleh sebab itu, sebaiknya Sahabat Satutours memilih tempat menginap dekat stasiun yang memiliki beberapa jalur kereta JR atau subway. Hal ini untuk menghindari adanya risiko penundaan kereta di salah satu jalurnya.

Inilah 5 Transportasi Public Jepang
Inilah 5 Transportasi Public Jepang
  1. Taksi

Jika dibandingkan dengan kereta, biasanya taksi jauh lebih praktis dan terkadang juga lebih cepat. Meski begitu, tarif taksi di Tokyo super mahal. Jika Sahabat Satutours hanya menggunakan taksi selama berada di Tokyo, bisa dipastikan Sahabat akan menghabiskan hampir semua budget untuk transportasi saja.

Misalnya, saat Sahabat Satutours ingin pergi dari Nakano ke Koenji dengan kereta, Sahabat harus mengeluarkan biaya sekitar Rp 17 ribu saja selama dua menit perjalanan. Namun, jika Sahabat Satutours menggunakan taksi dengan rute yang sama, maka Sahabat harus merogoh kocek Rp 250 ribuan dengan waktu tempuh sekitar 10-15 menit.

Walau berbiaya tinggi, Sahabat Satutours tetap bisa tenang karena semua tarif taksi di Jepang sesui dengan yang tertera pada mesin argo. Tak ada satupun mesin argo yang dimodifikasi seperti di negara lain. Selain itu, Sahabat Satutours juga tak perlu memberikan uang tip kepada pengemudi.

Sebagian besar taksi di Jepang menggunakan sistem pembayaran dengan kartu kredit atau uang elektronik. Namun ada kalanya juga, mereka menerapkan sistem pembayaran tunai. Ketentuan dan sistem pembayaran biasanya tertempel di jendela bagian belakang. Jadi, pastikan terlebih dulu sebelum Sahabat Satutours tiba di tujuan.

  1. Taksi online

Seperti halnya di Indonesia, Sahabat Satutours juga bisa memesan taksi melalui aplikasi. Ketika tak ada jenis moda transportasi apapun di sekitar lokasi, maka Sahabat Satutours bisa menghubungi perusahaan taksi dan meminta mereka menjemput.

Namun, cara ini terbilang sulit bagi wisatawan travel tour Jepang Jakarta yang tidak bisa berbahasa Jepang. Di saat sepert inilah, memesan taksi melalui aplikasi merupakan cara terbaik karena Sahabat Satutours cukup mengaksesnya melalui smartphone.

Salah satu aplikasi layanan taksi online di Jepang adalah Uber. Sahabat Satutours bisa memanggil pengemudi yang tercatat dalam aplikasi dan berada dalam jangkauan layanan untuk mengantar Sahabat sampai di tujuan.

Uber hanya menerima pembayaran melalui kartu kredit sehingga Sahabat Satutours tak perlu repot menyiapkan uang tunai. Tarif yang dikenakan pastinya berbeda-beda tergantung dari jenis mobil dan tujuan yang diinginkan. Layanan ini terbilang cocok bagi Sahabat Satutours yang ingin bepergian dengan nyaman, karena hampir semua mobil yang ditawarkan oleh Uber adalah mobil kelas atas.

Inilah 5 transportasi public Jepang yang perlu Sahabat Satutours ketahui sebelum berlibur ke negeri matahari tersebut. Jika tak ingin repot dengan urusan transportasi selama liburan ke Jepang, lebih baik Sahabat mendaftarkan diri saja pada paket-paket travel tour Jepang Jakarta yang disediakan oleh Satutours.

Pasalnya, setiap paket tour yang ditawarkan telah dilengkapi fasilitas transportasi publik yang nyaman dan pastinya bebas dari kemungkinan tersesat. Sahabat Satutours juga akan ditemani oleh tim-tim berpengalaman yang siap sedia membantu Sahabat selama perjalanan nanti.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan Sahabat Satutours hubungi 0812 2345 2545 atau 0878 7842 0581 melalui Whatsapp dan kunjungi www.satutours.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *