Berikut Penjelasan Lengkap Visa Jepang

Berikut Penjelasan Lengkap Visa Jepang

Berikut Penjelasan Lengkap Visa Jepang

Berikut Penjelasan Lengkap Visa Jepang
Berikut Penjelasan Lengkap Visa Jepang

Pasti banyak di antara Sahabat Satutours yang menjadikan Jepang sebagai destinasi wisata impian. Sebab, Jepang memang memiliki banyak keunikan wisata yang ditawarkan. Mulai dari wisata belanja sampai budaya dan sejarah. Semuanya ada di Jepang.

Namun, sebelum memutuskan untuk travel tour Jepang Jakarta, ada beberapa hal yang perlu Sahabat Satutours siapkan. Beberapa di antaranya adalah mengurus paspor dan visa.

Perlu Sahabat ketahui, untuk mengurus visa Jepang, Sahabat Satutours perlu memeriksa dulu jenis paspor yang dimiliki. Apakah itu paspor elektronik alias e-paspor atau paspor biasa?

Hal ini wajib dilakukan karena ternyata pengajuan visa Jepang dibedakan berdasarkan jenis paspor yang dimiliki oleh calon wisatawan tersebut.

Berikut penjelasan lengkap visa Jepang

1.   Cara pengajuan visa Jepang bagi pemegang e-paspor

E-paspor merupakan paspor dengan data biometrik, termasuk sidik jari dan bentuk wajah pemegang paspor yang terekam pada chip khusus di sampul belakang paspor. Nah, jika Sahabat Satutours adalah WNI pemegang e-paspor, maka Sahabat bisa dengan mudah mendapatkan visa waiver atau Bukti Registrasi Bebas Visa.

Jadi jangan salah paham ya, Sahabat Satutours. Meski kita sering mendengar istilah ‘Jepang Bebas Visa’ bagi para pemegang e-paspor, Sahabat sebenarnya tetap perlu melapor untuk mendapatkan Bukti Registrasi Bebas Visa. Biasanya, bukti ini berupa stiker yang nantinya ditempel pada paspor tersebut.

Perbedaan visa waiver dengan visa biasa

Visa waiver adalah semacam bukti bahwa Sahabat Satutours telah melapor ke Kedutaan Besar Jepang untuk mengunjungi negaranya. Sementara visa biasa adalah dokumen izin untuk memasuki suatu negara tertentu. Tentu saja, perbedaan paling mendasar ada pada sistem pengurusannya.

Syarat pengajuan visa waiver

Ternyata, syarat mengajukan Visa Waiver travel tour Jepang Jakarta bagi pemegang e-paspor tidaklah sulit. Sahabat Satutours hanya perlu membawa e-paspor dan formulir permohonan yang bisa diunduh melalui website Kedutaan Besar Jepang.

Setelah itu, cetak dokumen tersebut di kertas A4 dan isi sesuai data dengan lengkap. Proses pengajuan visa waiver ini juga tidak lama, Sahabat Satutours hanya perlu menunggu sekitar dua hari kerja.

Periode pengajuan dan masa berlaku Visa Waiver

Ketahuilah, visa waiver ini diberikan khusus untuk wisatawan yang ingin melakukan kunjungan singkat ke Jepang, seperti misalnya travel tour Jepang Jakarta. Durasi untuk satu kali kunjungan maksimal 15 hari saja dengan visa waiver ini. Namun, bukan berarti visa waiver ini akan hangus alias tidak berlaku lagi.

Sahabat Satutours masih  diperbolehkan untuk berkunjung atau melakukan tour Jepang halal sampai tiga tahun ke depan dengan visa yang sama. Syaratnya, setiap kali kunjungan, durasinya tak lebih dari 15 hari seperti yang telah disebutkan di atas.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan batas akhir masa berlaku paspor yang Sahabat Satutours miliki. Sahabat diperboleh untuk mengajukan visa waiver, jika masa berlaku e-paspor masih sekurang-kurangnya tiga tahun atau lebih dari tiga tahun.

Berikut Penjelasan Lengkap Visa Jepang
Berikut Penjelasan Lengkap Visa Jepang

2. Cara pengajuan visa Jepang bagi pemegang paspor biasa

Bagi Sahabat Satutours yang memiliki paspor biasa, maka dipastikan tidak bisa melakukan pengajuan visa waiver. Sahabat harus mengurus visa biasa untuk bisa melakukan travel tour Jepang Jakarta.

Tempat pengajuan visa Jepang bagi pemegang paspor biasa

Sahabat Satutours pemegang paspor biasa yang ingin mengajukan visa sebelum travel tour Jepang Jakarta, bisa melakukannya di Japan Visa Application Center (JVAC). Alamat JVAC Jakarta berada di Lotte Shopping Avenue (Ciputra World) 4th Floor, Kuningan, Jakarta Selatan. Selain melayani pengajuan visa untuk paspor biasa, JVAC juga melayani Sahabat Satutours yang ingin mengajukan visa waiver.

Sementara untuk Sahabat Satutours yang berada di wilayah Surabaya, Denpasar, Medan, dan Makassar, pengajuan visa Jepang bisa dilakukan di kantor Konsulat Jenderal Jepang di wilayah masing-masing.

Syarat membuat visa Jepang bagi pemegang paspor biasa

Berikut ini syarat-syarat yang harus Sahabat Satutours penuhi untuk membuat visa Jepang sebelum mengikuti tour Jepang halal.

  • Paspor asli
  • Mengisi formulir permohonan visa
  • Pas foto terbaru (maksimal 6 bulan terakhir) ukuran 4,5 cm x 4,5 cm dengan latar belakang warna putih
  • Fotokopi KTP atau kartu mahasiswa/pelajar
  • Bukti pemesanan tiket pesawa ke Jepang PP
  • Itinerary travel tour Jepang Jakarta maupun tour Jepang halal
  • Dokumen undangan jika visa diajukan sebagai kunjungan kerabat
  • Daftar pemohon visa untuk pengajuan lebih dari 1 (satu) orang.
  • Melampirkan visa masuk negara tujuan utama, apabila hanya ingin mengajukan visa transit selama di Jepang. Jika visa yang diajukan bukan visa transit, maka lewati saja poin ini.
  • Bukti keuangan berupa rekening koran atau buku tabungan selama 3 bulan terakhir. Syarat ini berlaku jika pemohon visa yang bertanggung jawab atas semua biaya perjalanan disertai juga dengan surat dari kantor tempat pemohon bekerja.
  • Apabila yang bertanggung jawab terhadap biaya keuangan adalah pihak pengundang yang berada di Jepang, maka Sahabat Satutours membutuhkan Surat Jaminan Keuangan dari pihak pengundang. Surat ini berupa Surat Keterangan Pembayaran Pajak, Surat Referensi Bank, SPT, fotokopi buku tabungan selama tiga bulan terakhir, Surat Keterangan penghasilan, Surat Referensi Bank dan Surat Keterangan Kerja.

Setelah semua persyaratan pengajuan visa Jepang ini terpenuhi, Sahabat Satutours bisa mengajukannya ke JVAC atau Konsulat Jenderal Jepang di masing-masing wilayah, pada hari kerja.

Biaya visa Jepang

Biaya pembuatan visa Jepang dibedakan berdasarkan jenis-jenisnya:

  • Visa transit Rp 90.000
  • Visa single entry Rp 380.000
  • Visa multiple entry Rp 770.000

Estimasi waktu proses pembuatan visa Jepang

Berikut Penjelasan Lengkap Visa Jepang
Berikut Penjelasan Lengkap Visa Jepang

Proses pembuatan visa Jepang ini membutuhkan waktu minimal empat hari kerja, bahkan lebih. Semuanya tergantung pada kelengkapan dokumen yang Sahabat Satutours siapkan. Oleh sebab itu, persiapkan segalanya dengan baik agar waktunya pun tepat.

Urus keperluan pembuatan visa Jepang ini jauh-jauh hari sebelum keberangkatan tour Jepang halal. Hitung dengan baik, waktu pengajuan visa ditambah waktu yang dibutuhkan untuk menunggu hingga visa tersebut berhasil diproses.

Apabila Sahabat Satutours ingin semuanya terencana dengan baik, disarankan untuk mengajukan visa sekitar dua bulan sebelum keberangkatan. Ini bisa dijadikan pilihan yang tepat sehingga tidak membuat was-was nantinya.

Berikut penjelasan lengkap visa Jepang yang perlu Sahabat Satutours ketahui sebelum memutuskan untuk bergabung dalam tour Jepang halal bersama Satutours. Jika tak ingin repot, Sahabat Satutours juga bisa menyerahkan urusan pembuatan visa ini kepada tim Satutours dengan biaya tertentu.

Pastinya, biaya tersebut di luar harga paket travel tour Jepang Surabaya yang ditawarkan. Meski demikian, segala keputusan diterima atau tidaknya pengajuan visa Jepang tersebut berada di luar kendali Satutours. Keputusan tersebut tetap berada di pihak Kedutaan Besar Jepang.

Untuk informasi lebih lanjut, Sahabat Satutours bisa menghubungi customer representative Satutours Travel melalui Whatsapp di nomor 0812 2345 2545 dan 0878 7842 0581. Jika ingin mengetahui info lain seputar paket wisata yang disediakan oleh Satutours Travel, Sahabat bisa mengunjungi www.satutours.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *