Harga Haji Plus 2022

Harga Haji Plus 2022

 Harga Haji Plus 2022

Travel Haji Plus di Jakarta
Travel Haji Plus di Jakarta

Sobast satutours para dokter selalu menganjurkan kepada semua orang untuk menjaga hidup sehat. Agar fisik kita semua siap untuk menjalankan rutinitas kegiatan dengan nyaman. Fisik adalah pangkal dari seluruh urusan. Maka tak heran jika sehat adalah fondasi substansial dari aspek kehidupan seseorang.

Seseorang kaya, cerdas jenius, cantik atau ganteng, sholih atau sholihah, pengusaha sukses, prestasi segudang semuanya takkan bermakna sama sekali jika ternyata sakit-sakitan. Coba kita sandingkan dua keadaan ini. Misalkan seseorang rekeningnya isi 100 Milyar, namun jantungnya sudah ada ring nya. Seorang artis cantik jelita, suara merdu dan mempesona tapi mengidap diabetes melitus kompleks. Sobat satutours mungkin mulai bisa merasakan ketidakbermaknaan semua itu manakala fisik sakit.

Jamaah haji baik reguler maupun haji plus 2022, dari statistik calon jamaah. Data menunjukkan bahwa lebih dari 80% jamaah haji berusia diatas usia matang. Bisa dikatakan mayoritas berusia tua dan tak sedikit yang masuk kategori lanjut usia. Sementara aktivitas haji hampir seluruhnya memerlukan aktivitas fisik yang prima.

Mempersiapkan Kesehatan Haji Plus

Sobat satutours, berapa harga haji plus 2022?. Sebelum menjawab berapa, ada baiknya meyakinkan bahwa sobat memiliki cukup kondisi sehat. Karena semua biaya yang dikeluarkan juga menjadi tak bermakna, saat nanti berangkat menunaikanj ibadah haji sobat sakit.

Mari kita baca acuan global terlebih dahulu. Apa definisi sehat menurut WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) dan regulasi Indonesia?.

Sehat menurut WHO adalah  keadaan yang sempurna dari fisik, mental, sosial, tidak hanya bebas dari penyakit atau kelemahan.

Sehat menurut MUI  (1983), Meyebutkan bahwa kesehatan merupakan ketahanan jasmani, rohani, dan sosial yang dimiliki oleh manusia sebagai karunia dari Allah yang wajib disyukuri dengan cara mengamalkan segala ajaranNya.

Kesehatan menurut UU NO.23 Tahun 1992, Kesehatan merupakan keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis.

Sobat satutours, ada beberapa aspek kapan seseorang disebut sehat yakni aspek fisik, mental, sosial dan spiritual sehingga ia menjadi produktif. Produktif berkegiatan dan beribadah.

Maka untuk menuju sehat saat pelaksanaan ibadah haji plus. Seluruh aspek hendaknya dipersiapkan sebaik-baiknya tanpa ada yang di tinggalkan. Utamanya aspek fisik sebagai fondasi baru kemudian aspek lainnya sebagai penyempurna.

Tips Kesehatan Fisik Jamaah Haji Plus

Paket Haji Plus
Paket Haji Plus

Latihan Rutin dan Olah raga Teratur

Sobat satutours, olahraga yang mendukung persiapan pelaksanaan ibadah haji adalah jalan sehat dan joging. Bagus jika bisa dilaksanakan 20-40 menit rutin setiap hari. Otot, paru-paru dan jantung akan lebih siap untuk beraktivitas cukup melelahkan nantinya. Pembiasaan olahraga ini sebenarnya bukan hanya untuk persiapan ibadah haji namun juga untuk menjaga kesehatan sehari-hari.

Olahraga ringan yang melengkapi jalan sehat dan joging adalah stretching dan senam. Lakukan 15-20 menit rutin setiap pagi akan sangat membantu aktivitas berikutnya. Dan dalam jangka panjang bagus untuk menjaga stamina.

Nutrisi  dan Gizi Seimbang

Asupan nutrisi seimbang adalah kunci kualitas metabolisme. Jika organ sehat, asupan nutrisi dan gizi seimbang menciptakan kondisi prima bagi tubuh serta fungsinya. Sobat satutours perlu ingat apa saja nutrisi dan gizi seimbang yang diperlukan bagi tubuh. Berikut diantaranya untuk menyegarkan ingatan sobat: Karbohidrat, Protein, Lemak, Vitamin, Serat dan Mineral.

Untuk kebutuhan menu sehat yang sering dilupakan olah calon jamaah haji adalah sayur organik, buah dan madu. Mengapa demikian? Karena secara natural karbohidrat, protein dan lemak cukup mudah didapatkan dan biasa diperloleh dengan mudah. Namun sayur organik, buah segar organik dan serat sering terlupakan. Untuk jenis dan komposisinya bagaimana sobat bisa banyak membaca di media tentang bagaimana menyeimbangkan nutri tersebut.

Air Putih Cukup

70% lebih komposisi tubuh manusia adalah air. Oleh karenanya, inilah yang membuat manusia sangat membutuhkan air berkualitas. Air yang sehat, higienis dan mudah diserap oleh tubuh dengan cepat. Manusia membutuhkan setiap hari setidaknya 1500 ml air minum untuk menunjang aktivitasnya. Sebelum perjalanan haji, karena di  rumah mungkin sobat satutours jarang ada yang mengingatkan, maka perlu latihan dan pembiasaan. Misalkan setiap dua jam minum segelas air minum 1 gelas. Ini kebiasaan sehat.

Di tanah suci, air minum mudah diperloleh dan air minumnya berkualitas yakni air zam-zam. Ingatlah sobat bahwa orang yang dehidrasi dan mengalami gangguan kurang air (dehidrasi) bukan saja soal ketiadaan air mineral dan air minum. Namun lebih kearah kurangnya latihan kebiasaan sehat minum air putih secara rutin.

Istirahatlah Secara Cukup

Sobat satutours, Berapa jam istirahat dalam 24 jam?. Ada yang menjawab 4 jam, 5 jam bahkan 8 jam. Setiap orang memiliki kebutuhan jam istirahat berbeda. Selain karena aktivitas yang berbeda, stamina masing masing orang memang selalu berbeda. Istirahat adalah waktu untuk tubuh marecovery dan memulihkan kondisi juga fungsinya. Melepas penat, lelah agar  fresh kembali. Asam laktat yang diyakini menjadi sebab kelelahan di daur ulang oleh tubuh. Dalam waktu itu juga terjadi perbaikan sel dan detoksitasi di hati dan empedu.

Pada bagian otak, istirahat berkualitas memulihkan kinerja sinopsis dan organ sistem koordinasi pusat. Menjadikan otak siap bekerja keras kembali setelah masa istirahat cukup. Kelelahan otak lebih  besar menguras energi dibanding kelelahan fisik. Oleh karena itu, semua orang dianjurkan beristirahat baik secara fisik anggota badan maupun dalam pengertian otak diberi jeda untuk tidak berfikir. Maka setiap calon jamaah haji sebaiknya mengatur jam istirahatnya. Agar sehat selalu.

Cek Kesehatan Periodik

Untuk memastikan keadaan fisik kita lebih akurat. Sobat satutours sebaiknya menjadwalkan secara periodik medical  check (periksa kesehatan). Dengan cek kesehatan sobat menjadi mengetahui indikator penting kesehatan fisik dan berada di level apa indikator tersebut. Item ceklist antara lain: Tekanan darah, Gula darah, kolesterol dan lainnya.

Tips Kesehatan Mental Haji Plus

 Haji Plus Murah
Haji Plus Murah

Manajemen Emosi Sebaik-Baiknya

Sobat satutours, kesehatan terkait erat juga dengan keadaan emosi seseorang. Ada empat kondisi emosi yang sangat mempengaruhi efek kesehatan : Marah, Malu, Menyalahkan diri dan Penyesalan. Dalam porsi kecil takkan berpengaruh. Namun jika intensi dan porsi tinggi maka akan berpengaruh kepada kesehatan organ-organ tubuh seseorang. Misalnya kemarahan amat berhubungan dengan kesehatan jantung. Rasa bersalah dan menyesal terus menerus berhubungan dengan kesehatan hati dan beberapa kelenjar di pencernaan.

Sementara itu sobat satutours, kondisi atau keadaan emosional seseorang hanya dirinya yang mengerti persis. Oleh karena itu, sobat sendirilah yang bisa mengatur kondisi emosi sobat sendiri dalam 24 jam.

Hidup Sehat dengan Positif Thinking

Positif thinking adalah salah satu jawaban terbaik untuk mengelola keadaan emosi. Karena demikian juga sebaliknya bahwa negatif thingking adalah awal dari seluruh perasaan dan emosi negatif. Beberapa buku karya muslim yang layak sobat baca adalah karya Dr. Ibrahim Elfiky.  Setiap peristiwa apapun memiliki sudut pandang positif. Dan saat seseorang bisa berdiri di sudut pandang paling positif maka secara emosi dan mental ia berada dalam keadaan selamat. Demikian salah satu poin pentingnya.

Ibadah haji memiliki potensi banyak gangguan berfikir positif. Karena jamaah berada dalam keadaan berjamaah berkumpul dengan muslim seluruh dunia yang berbeda karakter, adat maupun perilaku. Maka berpositif-dirilah dimulai dari fikiran. Yang ini kita latihkan setiap hari sebagai latihan menuju hari H pelaksanaan haji sobat satutours, wallahu a’lam bish showab….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *