Biaya Haji Plus 2021

Biaya Haji Plus 2021

Biaya Haji Plus 2021

Informasi ONH Plus 2022
Biaya Haji Plus 2021

Sahabat Satutours, Alhamdulillah. Tahun ini, bisa jadi menjadi tahun penting dalam kehidupan Sahabat semua. Salah satu indikator kualitas hidup seseorang adalah kehidupan spiritual yang tenang dan merdeka. Ketenangan menjalankan kewajiban agama adalah salah satu hal penting dalam pilar kehidupan. Mengapa demikian? Karena manusia secara fitrah insaniyah adalah makhluk spiritual. Makhluk yang senantiasa mencari nilai tertinggi dalam jiwanya. Dan setiap makhluk beragama, ingin senantiasa dekat dengan Tuhannya.

Muslim memiliki enam pilar keimanan dan lima pilar keIslaman. Keseluruhannya menjadi indikator spiritual dalam hidup seorang muslim.  Mereka setiap hari memikirkan dan mempersiapkan diri untuk dapat memenuhi seluruh pilar. Pilar kelima dalam pilar keIslaman adalah menjalankan ibadah haji.  Maka dalam fikiran dan kesadaran muslim pasti ada rencana-rencana yang berhubungan dengan pilar (rukun) ke lima ini : Melaksanakan Ibadah Haji. Banyak yang merencanakan haji nya bahkan bukan haji reguler namun haji plus.  Di bagian berikutnya kami Sahabat satutours bisa menjelaskan lebih lengkap. Berapa biaya haji plus dan apa perbedaannya dari haji lainnya.

Berapa biaya haji plus 2021?”

Paket Haji Furoda
Haji Plus di Satutours

Sahabat satutours menyimpan pertanyaan tersebut. Artinya sahabat satutours memiliki semangat untuk melaksanakan ibadah haji. Dan ibadah haji plus,termasuk dalam ibadah haji dengan pelaksanaan khusus. Khusus waktunya, syarat ketentuan dan biayanya. Jadi berapa biaya haji plus tahun 2021?. Mari kita simak selanjutnya penjelasannya.

Haji dan Kerinduan Ruhiyah

Haji adalah pilar keIslaman. Disebut rukun Islam kelima. Sahabat satutours apakah mengerti apa sebenarnya rukun Islam. Rukun dalam bahasa arab adalah arkan (Pokok pokok), pilar dasar. Jadi haji adalah pilar kelima Islamnya seseorang. Artinya, jika seorang muslim telah memenuhi pilar Islam tersebut. Ia memiliki kesempurnaan berIslam, kesempurnaan spiritualitas. Terlepas nanti hajinya reguler ataupun haji plus. Terlepas juga apakah pilarnya dilaksanakan dengan berkualitas atau hanya sekedar menggugurkan kewajiban saja. Dibahasan lain juga akan kami kupas apakah bobot pahalanya berbeda haji reguler dan haji plus. Namun yang terutama Sahabat satutours terlebih dahulu memahami kedudukan ibadah haji dalam kehidupan spiritual kaum Muslimin.

Sahabat Satutours, Haji (plus) adalah panggilan jiwa. Setiap jiwa kaum muslimin merasakan panggilan. Karena haji diajarkan sejak kaum mulimin mempelajari dasar keIslaman. Sejak di taman balita, PAUD bahkan telah di-edukasikan bahwa salah satu pilar Islam adalah Ibadah Haji. Memang disana belum diajarkan teknis ibadah juga namun telah diajarkan secara umum. Ada haji diantara lima pilar kewajiban seseorang saat ia memeluk Islam sebagai pilihan agamanya. Jadi belum diajarkan saat itu teknisnya,haji plus atau bukan. Belum juga di jelaskan berapa biaya haji plus (2021) juga berapa nilainya.

Karena seringnya di ulang, diajarkan, dipelajari, diucapkan dan dibacakan di bangku pendidikan agama. Maka ibadah haji memicu panggilan jiwa seorang muslim. Bahkan dalam keseharian, Sahabat satutours pasti juga pernah mengalami atau menyaksikan seorang muslim bertanya “Pak, Jadi kapan ini rencana Hajinya?” bahkan pertanyaan spesifik “Berapa biaya haji plus 2021 pak?”. Dialog panjang sejak diajarkan pertama kali sejak di kursi pra-sekolah membuat setiap muslim rindu. Ada keinginan kuat setiap muslim untuk menunaikan ibadah haji plus. Jadi ibadah haji adalah panggilan hati dan jiwa. Bahkan, tak jarang muslim menjadikan ibadah haji adalah bagian dari cita-cita juga ambisinya.

Haji Plus Perlu Perencanaan

Sahabat Satutours, Ibadah haji plus adalah perjalanan. Ibadah yang memerlukan sarana perpindahan tempat. Mengapa demikian? Karena, Ibadah haji memiliki spesifikasi khusus baik rukun syarat, waktu dan tempatnya khusus. Artinya ibadah haji ini tak bisa kemudian dilakukan disembarang tempat dan waktu.  Waktunya hanya di bulan haji, tempatnya hanya di tanah suci. Maka setiap muslim di setiap penjuru dunia harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Karena, jangankan perjalanan lintas negara atau benua. Perjalanan lintas kabupaten saja perlu dipersiapkan sebaik-baiknya. Dan perjalanan haji plus tidak sebentar. Perjalanan Haji lintas negara dan benua jika dilaksanakan oleh muslim Indonesia. Termasuk Sahabat Satutours semua.

Hal apakah yang perlu dipersiapkan untuk menjalankan haji plus?

Persiapan Haji Plus

Persiapan yang seharusnya dilakukan setiap muslim di Indonesia untuk menjalanka ibadah haji ada beberapa aspek : Aspek fisik dan Aspek Nonfisik. Aspek fisik mencakup perlengkapan, kesehatan, kesiapan melakukan perjalanan panjang, kesiapan sarana dan prasarana perjalanan. Sedangkan aspek Nonfisik dalam hal ini adalah ilmu, mental dan biaya termasuk informasi berapa biaya haji 2021. Haji plus tentu juga memerlukan kekhususan persiapan dan kesiapan.

Akan kita kupas sekilas Sahabat Satutours, Aspek persiapan haji plus 2021 tersebut. Pastikan sahabat membaca hingga tuntas.Sehingga bukan hanya faham biaya haji plus 2021 nilainya berapa.Lebih dari itu, Anda memahami lebih utuh persiapan menjalankan ibadah haji.

Pertama, Persiapan Haji Plus Aspek Fisik.

Yang termasuk persiapan fisik ibadah haji adalah fisik prima (sehat), sarana siap dan lengkap. Finansial dalam hal ini masuk aspek fisik namun juga termasuk nonfisik. Perjalanan total lebih dari sepuluh jam dari tanah air. Memerlukan kesiapan yang cukup. Perlu sahabat satutours sekalian fahami. Ada perbedaan cuaca, iklim dan suhu bahkan aspek yang berpengaruh terhadap fisik. Tekanan udara yang berubah saa berangkat hingga di tanah suci. Keseluruhan perjalanan ibadah haji bisa dikatakan sangat menuntut fisik memiliki daya adaptasi dan kekuatan yang cukup baik.

Calon jamaah haji plus di persiapkan dengan sebaik baiknya dari aspek fisik. Utamanya aspek kesehatan jamaah. Sebagai catatan, calon jamaah haji Indonesia hampir 95% nya usianya diatas usia matang. Yang secara fisik tidak sehebat usia muda. Maka kemenag juga telah memuat standard persiapan para calon jamaah haji. Baik dengan olah raga teratur, gizi cukup dan istirahat berkualitas sejak satu atau dua tahun sebelum pemberangkatan. Diharapkan saat berangkat fisik jamaah haji benar-benar prima. Karena usia atau durasi ibadah haji sungguh relatif panjang. Berkisar antara 16 hari untuk haji plus dan hampir 50 hari untuk haji reguler. Waktu panjang yang memerlukan persiapan khusus secara fisik. Sahabat satutours, aspek fisik ini sangat ditekankan daripada aspek fisik yang berbentuk saranda atau fasilitas perjalanan.

Keuangan atau finance adalah bagian persiapan berikutnya yang perlu dipersiapakn, Karena haji plus tidak gratis. Semua fasilitas dan perjalanan memerlukan biaya yang cukup. Berapa Biaya Haji Plus 2021?.

Kedua, Persiapan Haji Plus Aspek Nonfisik.

Yang termasuk persiapan nonfisik ibadah haji adalah ilmu tentang ibadah haji, mental dan spiritualitas. Ibadah haji tidak seperti ibadah sholat yang diulang banyak kali setiap hari. Sehingga aspek teknisnya tak biasa bagi sebagian calon jamaah. Beberapa yang perlu disiapkan terkait rukun dan syarat haji  termasuk haji plus adalah : Fiqh Haji, Rukun syarat haji, Keutamaan Haji dan do’a dalam ritual ibadah haji. Dan perlu sahabat satutours ketahui, disanalah esensi dan substansi ibadah haji. Berapapun biaya haji plus 2021 tidak akan ada maknanya saat ibadah tak terpenuhi rukun dan syaratnya.

Manasik haji plus adalah salah satu cara untuk mempersiapkan aspek non-fisik ini. Dan jamaah haji dibimbing melalui kelompok-kelompok yang dipersiapkan oleh petugas departemen agama setempat.

Sahabat satutours, silahkan simak dan ikuti ulasan seputar update persiapan haji plus sejak biaya haji plus 2021 hingga persiapan teknisnya. Salam Satutours!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *