Haji Furoda 2023 Sesuai Sunnah

Haji Furoda 2023 Sesuai Sunnah

Haji Furoda 2023 Sesuai Sunnah

Haji Plus Satutours
Haji Furoda Satutours

Tingginya biaya paket haji visa furoda membuat pemerintah tak henti mengimbau agar masyarakat tak tergiur dengan iming-iming harga haji furoda murah. Seperti yang diketahui, di luar haji reguler dan khusus, calon jemaah bisa berangkat haji melalui jalur undangan pemerintah Arab Saudi.

Jemaah haji yang berangkat melalui jalur ini biasanya disebut dengan istilah haji furoda. Kuota haji furoda Jakarta pun memang ada tanpa harus menunggu antrean yang sangat lama seperti jenis haji lain. Meski demikian, masyarakat diminta untuk tetap waspada terhadap tawaran harga haji furoda Jakarta yang kadang tidak masuk akal.

Haji furoda Jakarta umumnya mensyaratkan pembiayaan yang tergolong lebih mahal dan biasanya rentan disalahgunakan oleh oknum tak bertanggung jawab. Oleh sebab itu, PPIH Arab Saudi tak henti-hentinya mengimbau agar calon jemaah tidak tergiur tawaran harga haji furoda yang terlampau murah.

Ragam jenis visa bagi calon jemaah haji

Paket Haji Furoda
Haji Furoda di Satutours

Perlu sahabat ketahui, oknum yang menyalahgunakan haji furoda ini tidak menggunakan visa haji. Mereka menggunakan visa bisnis, visa tenaga musiman, hingga visa ziarah yang hanya berlaku 30 hari. Tentu saja, penggunaan visa ilegal seperti ini sangat berisiko. Oleh karena itu, jika Sahabat berkeinginan untuk berhaji sangat disarankan untuk mendaftar secara resmi melalui Kementerian Agama.

Apabila Sahabat mendapat tawaran dari perseorangan, yayasan, maupun perusahaan travel, alangkah baiknya jika mengeceknya kembali. Pastikan perusahaan travel yang memberangkatkan merupakan travel agen yang berizin seperti halnya Satutours Travel.

Kemudian, Sahabat perlu memastikan kembali visa yang digunakan adalah visa haji bukan visa lainnya. Jangan sampai hanya karena tergiur tawaran harga haji furoda yang murah dan terjangkau, Sahabat malah mendapat masalah ketika sampai di Tanah Suci. Pasalnya, sejak 2014 silam, pemerintah Arab Saudi gencar melakukan penertiban saat puncak haji.

Sejumlah aparat keamanan akan melakukan sweeping atau pemeriksaan secara ketat. Pemeriksaan ini dilakukan terhadap siapa saja yang akan memasuki wilayah perhajian, seperti Arafah Muzdalifah dan Mina.

Risiko menggunakan visa selain visa haji bagi calon jemaah

Sekadar informasi, pada tahun 2014 dan 2015 lalu, pernah ditemukan serombongan haji furoda yang menggunakan visa bisnis. Masa berlaku visa tersebut telah habis dan tidak bisa diperpanjang, padahal proses haji belum dilaksanakan secara sempurna. Saat itu, jemaah haji yang terlibat diberi dua pilihan. Pertama, dipulangkan melalui tarhil atau detensi imigrasi dan pilihan kedua adalah membayar denda.

Jika tarhil yang dipilih, maka proses pemulangan akan memakan waktu hingga setahun lamanya. Bahkan, disebut-sebut pilihan ini tidak memiliki kepastian. Namun, jika jemaah ingin cepat pulang, maka pilihan yang bisa dilakukan hanyalah membayar denda sesuai ketentuan.

Sebagai informasi, wilayah Armuzna hanya diperbolehkan bagi jemaah yang memiliki visa haji. Jemaah yang tidak memiliki visa haji berpotensi lebih besar untuk tertangkap dan tidak bisa memasuki Armuzna.

Jika Sahabat mendaftarkan diri sebagai calon jemaah haji furoda Jakarta, ada baiknya untuk mengingatkan pihak penyelenggara untuk melengkapi identitas tiap jemaah. Dengan adanya identitas yang mencantumkan nama, nomor paspor dan perusahaan travel yang memberangkatkan tentu akan memberikan rasa aman bagi Anda saat beribadah.

Panduan belanja untuk menghemat biaya haji furoda Jakarta

Jangan pernah berpikir, ketika Sahabat telah melunasi seluruh Biaya Haji Furoda 2025 Dari Indonesia, maka persiapan haji pun selesai. Pasalnya, Sahabat juga harus mempersiapkan budget lain, seperti belanja kebutuhan persiapan keberangkatan dan oleh-oleh. Nah, berikut ini panduan belanja bagi Sahabat yang ingin menghemat biaya pengeluaran haji furoda Jakarta.

Kebutuhan yang harus dibeli sebelum berangkat haji furoda

  1. Beberapa perlengkapan ibadah berupa kain ihram, mukena, tasbih digital, dan juga sajadah. Sahabat sangat disarankan untuk membawa sajadah yang tipis karena seluruh masjid sudah dilengkapi dengan sajadah.
  2. Masker menjadi benda wajib sejak tahun 2014 silam, karena kemungkinan penyakit MERS yang menyerang jemaah. Sebab, virus ini menular melalui udara. Selain itu, masker juga melindungi jemaah lain agar tidak tertular jika mungkin Anda sedang merasa kurang sehat.
  3. Kacamata hitam, sarung tangan, dan juga payung untuk melindungi tubuh dari sengatan panas sinar matahari.
  4. Celana dalam sekali pakai yang terbilang praktis, karena tidak perlu dicuci. Namun, Sahabat juga harus membawa pakaian dalam dari katun sesuai kebutuhan.
  5. Pelembap kulit wajah atau sunblock, karena udara yang kering dan suhu ekstrem sering menyebabkan kulit kering hingga pecah-pecah.
  6. Tas pinggang untuk menyimpan barang-barang penting dan berharga.

Barang-barang yang telah disebutkan di atas, bisa Sahabat dapatkan di toko-toko keperluan haji dan umroh. Biasanya, setiap kota memiliki area khusus yang bisa Sahabat kunjungi untuk mendapatkan harga lebih murah.

Tips berbelanja selama menunaikan ibadah haji furoda

Masyarakat Indonesia dikenal suka berbelanja. Tak terkecuali saat tengah melaksanakan ibadah haji dan juga umroh. Jangan heran, jika nanti Sahabat melihat begitu banyak jemaah asal Indonesia yang memenuhi area sekitaran Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Pasalnya, di area tersebut banyak sekali tempat perbelanjaan mulai dari kaki lima hingga mal yang berukuran cukup luas.

Sebelum Sahabat memutuskan untuk berbelanja, ada baiknya simak dulu tips berikut ini untuk menghemat biaya.

  1. Sahabat perlu mengetahui perbedaan uang 50 riyal dengan 500 riyal. Sebab, jika dilihat sekilas, uang ini tampak sama padahal memiliki warna yang berbeda. Ketika Sahabat berbelanja 50 riyal tapi menyodorkan 500 riyal, dan kebetulan penjual tidak memberikan kembalian, tanpa disadari Sahabat telah melakukan pemborosan.
  2. Sebelum berbelanja, ada baiknya jika Sahabat bertanya dulu harga pasaran pada tour leader yang memandu. Hal ini dilakukan agar Sahabat bisa langsung mengetahui apakah harga tersebut wajar atau tidak. Sebab, tak sedikit penjual yang mematok harga tinggi hanya karena mengetahui pembelinya adalah seorang jemaah dari negara lain.
  3. Sahabat tak perlu khawatir kehabisan riyal karena petugas katering hotel biasanya menerima penukaran uang. Selain itu, ada banyak sekali ATM dan money changer tersebar di sana. Sahabat hanya perlu memastikan debit berlogo VISA atau CIRRUS.
  4. Jika Sahabat melihat barang-barang bertuliskan made in China atau made in Indonesia, maka lebih baik urungkan niat untuk belanja. Sahabat lebih baik membelinya di tanah air agar tidak perlu membayar kelebihan biaya bagasi.
  5. Jangan pernah ragu untuk menawar harga suatu barang. Pasalnya, para pedagang tersebut kerap memberi harga hingga 200% lebih mahal karena tahu jemaah asal Indonesia sangat loyal.

Alternatif oleh-oleh yang bisa dibawa jemaah haji furoda Jakarta

Haji Furoda di Satutours
Haji Furoda di Satutours

Sebagian orang Indonesia berpendapat, haji dan umroh belum mabrur rasanya jika tidak membawa oleh-oleh untuk keluarga maupun kerabat. Namun perlu Sahabat ketahui, oleh-oleh seperti ini tidak semuanya harus dibeli di Mekkah maupun Madinah karena hanya akan menambah berat koper. Sahabat bisa mendapat barang yang sama dengan harga lebih murah di toko khusus oleh-oleh haji yang ada di Indonesia.

Adapun beberapa alternatif oleh-oleh yang bisa Sahabat pilih, antara lain:

  • Air zam zam yang telah disediakan dalam botol-botol kecil.
  • Berbagai jenis kurma
  • Kismis
  • Sajadah
  • Peci
  • Kerudung
  • Kacang arab
  • Tasbih

Apabila Sahabat membeli dalam jumlah banyak, pihak toko akan menawarkan kotak yang isinya mencakup barang serta makanan tersebut. Pastinya lebih praktis dan juga murah sehingga menghemat biaya haji furoda Jakarta yang telah Sahabat keluarkan. Tentu saja ini mengingat harga haji furoda yang tak bisa dikatakan murah.

Selain itu, pastikan juga Sahabat telah memilih perusahaan travel yang resmi dan terpercaya dengan penawaran harga terbaik, seperti Satutours Travel. Yuk, segera hubungi customer representatif Satutours Travel di nomor 021-21279375, e-mail info@satutours.co.id dan website www.satutours.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *