Harga Haji Plus 2024

Harga Haji Plus 2024

Harga Haji Plus 2024

Informasi ONH Plus 2022
Informasi ONH Plus 2022

Berapa Harga Haji Plus 2024? Pertanyaan fantastis. Sobat satutours mari kita bahas segala  sesuatu tentang persiapan haji plus satu demi satu. Pada uraian kesempatan ini akan dibahas tentang bagaimana mempersiapkan keluarga sebelum pelaksanaan haji plus hingga seluruh ragkaiannya berakhir.

Keluarga adalah organisasi terkecil dalam sebuah negara. Disana individu berkumpul. Keluarga muslim tak terkecuali, ia adalah organisasi kecil yang didalamnya berisi anggota organisasi yakni individu muslim.

Sobat satutours, Jamaah haji akan meninggalkan organisasi kecil ini selama waktu yang cukup lama. Dan beda nuansa dibanding misalkan ditinggalkan bekerja luar kota atau bekerja di luar negeri. Ditinggal dalam rangka kegiatan ritual agama yakni ibadah haji plus. Maka jika nomor antrian sudah diperoleh. Misalkan sobat satutours mendapatkan kursi haji plus 2025. Ada baiknya beberapa hal dipersiapkan mulai diri, keluarga, lingkungan dan segala urusan yang berhubungan dengan sesama.

Sobat satutours mari kita coba simak perintah haji dalam Al Qur’an yang merupakan firman Allah SWT.

“(Musim) haji adalah beberapa bulan yang dimaklumi, barangsiapa yang menetapkan niatnya dalam bulan itu akan mengerjakan haji, maka tidak boleh rafats, berbuat fasik dan berbantah-bantahan di dalam masa mengerjakan haji. Dan apa yang kamu kerjakan berupa kebaikan, niscaya Allah mengetahuinya. Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa dan bertakwalah kepada-Ku hai orang-orang yang berakal.” QS Al Baqarah : 197

 

Sebaik baik bekal adalah takwa. Dan takwa disini ke seluruh muslimin. Termasuk takwa nya anggota keluarga. Jika kedua orang tua, suami istri berangkat haji kemudian didapati anak ternyata melakukan pelanggaran, terlibat peredaran narkoba, perkelahian, dan atau bentuk penyimpangan lain. Maka alangkah sayangnya. Alangkah buruk bekalnya.

 

Mempersiapkan keluarga dalam takwa selama di tinggalkan beribadah haji adalah bentuk berbekal yang baik. Sobat satutours, selama masa tunggu yang cukup panjang sambil mempersiapkan diri. Jangan tertinggal pula mempersiapkan anak-anak dan keluarga yang ditinggalkan. Ajak putra putrinya bersama berbekal ilmu dan ibadah. Libatkan dan jaga aktvitas anak-anak berada di jalur ketaatan dan taqwa.

 

Pengaruh negatif di era informasi sungguh sangat deras. Antisipasi lebih baik dari memperbaiki, dan sesal selalu dibelakang. Setelah ibadah haji dilaksanakan ingatlah gelar anda bertambah satu, dan itu gelar spiritual. Tanda bahwa kelima rukun Islam telah terlaksanakan. Tinggal terus disempurnakan hingga akhir hayat. Sungguh satu yang coreng moreng manakala seorang haji ternyata anaknya salah pergaulan dan menyimpang.

Mempersiapkan Lingkungan Sebelum Haji Plus

Haji Plus di Satutours
Haji Plus di Satutours

Masih bertanya-tanya harga haji plus 2024? Mari kita simak lbih lanjut terlebih dahulu.

“Barangsiapa beriman kepada Allah SWT dengan hari akhir, maka hendaklah ia menjaga hubungan dengan tetangganya” HR. Muslim.

Tetangga dan lingkungan adalah orbit aktivitas kedua setelah keluarga. Dan Rosulullah SAW melalui salah satu hadist tersebut menjelaskan dan memberikan penekanan tentang pentingnya menjaga hubungan dengan tetangga dan mempersiapkan lingkungan. Memang pesan dalam hadist tersebut tidak terkhususkan kepada calon jamaah haji atau jamaah haji. Namun untuk seluruh kaum muslimin sedunia.

Dimensi sosial seorang jamaah haji adalah bagian dari kewajibannya. Bagian dari keimanan seseorang. Maka sambil terus menyempurnakan spiritualitas diri, keluarga lingkaran berikutnya adalah mempersiapkan spiritualitas lingkungan. Ada istilah populer, “Setelah selesai membangun kesalehan pribadi dan kesalehan keluarga, berikutnya adalah membangun kesalehan tetangga juga lingkungan”.

Akan menjadi ironi, jika suatu saat ada kejahatan misalkan pencurian, bandar narkoba atau judi ternyata gembongnya tetangga rumah seorang haji dan hajjah. Jikalau terjadi demikian, memang bukan salah haji dan hajjahnya. Namun sungguh ideal jika keberadaan haji dan hajjah menciptakan kesalehan sosial. Melahirkan kebaikan bagi lingkungannya.

Bagaimana sobat satutours menciptakan kesalehan sosial dalam kaitannya dengan ibadah haji plus?. Manfaatkan waktu tunggu sobat untuk menyentuh lingkungan. Misalnya sebulan sekali adakan pengajian di rumah dalam rangka perisapan ibadah haji. Selenggarakan bakti sosial misalnya, yang mendatangkan manfaat dan ajaran kebaikan bagi yang hadir. Mewujudkan interaksi sosial yang mendidik. Tema dan komunikasinya menggunakan bahasa sederhana, sesederhana fikiran warga. Misalkan masa tunggu nya 4 tahun, sobat satutours memiliki 144 kali kajian hingga walimatusy-syafar (acara pelepasan haji). Sungguh madrasah spiritual yang membawa dampak positif bagi calon jamaah dan bagi tetangga dan orbit sosialnya.

Mencatat Hal Penting Bagi Keluarga Sebelum Haji Plus

Sobat satutours, jika waktu telah mendekati keberangkatan haji. Yang ditanyakan sudah bukan lagi harga haji 2024 berapa. Tapi yang diperlukan adalah pergi berangkat dengan tenang. Bahkan jika kemungkinan tak pernah pulang kembali ke tanah air. Serem ya sobat satutours. Memang demikian, usia seseorang tak satupun ada yang mengetahui kecuali Allah SWT dan Malaikat Maut yang telah dibetitahu Allah SWT.

Tidak sedikit jamaah yang jelang berangkat melaksanakan ibadah haji masih teringat memiliki urusan-urusan yang belum tuntas. Misalkan pasang iklan jual kavling, proses balik nama mobil, proses akuisisi perusahaan dan hal lain yang masih tertahan karena satu lain hal hingga saat waktu berangkat belum juga tuntas.

Bepergian menuju tanah suci harus tenang dan damai. Maka sebaiknya seluruh urusan yang masih tertahan sebaiknya di tulis dan diberi notasi. Kemudian diberikan kepada seseorang yang amanah untuk mewakili dan menyelesaikannya. Jika sewaktu-waktu urusan tersebut memerlukan hadirnya bapak atau ibu yang sedang ibadah haji tersebut. Meskipun haji plus lebih cepat dibanding haji reguler, namun waktu 3-5 minggu tentu banyak hal bisa terjadi.

Tuliskan urusan yang belum selesai tersebut. Sekaligus beri catatan lengkap siapa yang berwenang, siapa yang perlu dilibatkan dan apa yang harus dilakukan segera. Beberapa hal penting lain misalkan jadwal pembayaran hutang. Date line perjanjian dan perpanjangan kontrak, jadwal transaksi dan seterusnya. Jangan sampai ada kesan, ibadah haji seperti menghindari berbagai urusan. Tuntaskan sebelum berangkat.

Menulis Wasiat Sebelum Berangkat Haji Plus

Paket Haji Furoda di Jakarta
Paket Haji Plus di Jakarta

Kematian dan jatah usia manusia tiada yang mengetahui sebagaimana disinggung diatas. Oleh karena itu, jika memang ada hal yang berhubungan dengan warisan dan yang serupa. Maka sebaiknya tuliskan wasiat untuk dijalankan manakala ternyata keberangkatan pertama dan terakhir. Dalam arti, jika haji dan hajjah tersebut meninggal dan tak pulang lagi. Tentang hak milik dan hak waris tidak ada persoalan. Lebih baik jika penulisan wasiat mendatangkan seluruh ahli waris yang harus datang juga notaris maupun saksi-saksi yang diperlukan.

Masa tunggu cukup lama, disela aktivitas hal ini bisa diisi dengan musyawarah keluarga untuk mendahului kesepakatan yang akan diambil, untuk kemudian dituang dalam surat wasiat yang akan berlaku jika sesuatu terjadi di tanah suci. Meskipun terkadang surat wasiat terkadang  menimbulkan rasa yang tak nyaman. Apa benar yang berangkat ke tanah suci tersebut takkan pernah kembali ke tanah air?.

Sudah banyak yang jumlahnya bukan puluhan dan ratusan. Dari musim ke musim haji, sungguh banyak jamaah haji yang tak pernah kembali lagi karena meninggal di  tanah suci. Sungguh kebahagian bagi sesiapa yang meninggal saat menunaikan haji di tanah suci. Namun ingatlah bahwa meninggal dunia hanya akan tenang manakala kewajiban didunia telah tuntas. Jika ada urusan tertahan, hutang belum tertunaikan dan urusan lainnya. Meninggal dimanapun dimuka bumi tak begitu bermakna. Karena meninggalnya meninggalkan persoalan baik didunia maupun diakhirat.

Maka cara terbaik memastikan semua adalah berwasiat. Tunjuk siapa ahli dari keluarga yang akan menyelesaikan semua. Manakala kepergian haji adalah kepergian selama-lamanyanya. Wallahu a’lam bishshowab…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *