Harga Haji Plus 2023

Harga Haji Plus 2023

Harga Haji Plus 2023

Paket Haji Plus 2025
Paket Haji Plus 2025

Sobat satutours, pernahkah sobat berhitung berapa harga haji plus 2023? Update seputar pelaksanaan haji Indonesia. Kementerian Agama telah menerbitkan Keputusan Menteri Agama (KMA) No 121 Tahun 2020 tentang Penetapan Kuota Haji Tahun 1441H/2020M. KMA ini mengatur bahwa kuota haji Indonesia berjumlah 221.000.

Jumlah ini terdiri dari 203.320 kuota haji reguler dan 17.680 kuota haji khusus. Kuota haji reguler terbagi menjadi tiga, yaitu: 199.518 untuk jamaah haji reguler tahun berjalan, 2.040 prioritas kuota jamaah haji lanjut usia, dan 1.512 untuk kuota petugas haji daerah. Sedangkan kuota haji khusus, terdiri atas 15.951 kuota jamaah haji khusus tahun berjalan, 1.375 kuota petugas haji khusus, dan 354 prioritas kuota jamaah haji lanjut usia. Haji plus masuk di kuota haji khusus.

Sahabat satutours, jumlah jamaah haji khusus relatif sedikit dibanding dengan keseluruhan kuota jamaah haji. Menjadi bagian dari calon jamaah haji plus artinya adalah pilihan. Bahwa sobat adalah satu dari beberapa puluh ribu dan satu dari 260-an juta muslim Indonesia yang Allah SWT gerakkan memenuhi undangan ke Tanah Suci.

Persiapkan Spiritualitas sebaik baiknya. Spiritualitas adalah energi kehidupan. Energi yang akan menggerakkan aktivitas seseorang. Melaksanakan Ibadah Haji plus sebenarnya juga adalah energi bagi yang memahami perintah Allah SWT ini secara utuh. Karena haji plus memiliki persyaratan yang tidak mudah untuk setiap muslim. Sejak ia merencanakan dan merasa terpanggil untuk melaksanakan ibadah haji maka sejatinya ia menaiki tangga spiritualitas yang terus meninggi.

Disamping semua aspek material yang diperlukan untuk sampai di tanah suci ada aspek spirit atau ruhaniah. Setiap jamaah haji diharapkan matang secara spiritual untuk menjalankan rukun penyempurna ber-Islamnya seseorang. Kita coba cermati bersama sobat satutours, dari rukun pertama,Shahadah (persaksian) rukun pertama Islam ini cukup diketahui hati, diri dan Allah SWT. Dilisankan segenap kesadaran disaksikan sesama muslim. Ibadah yang bersifat internal. Dan sifatnya sangat privat.

Rukun kedua Islam, yakni sholat mulai ada pilihan untuk bersentuhan dengan dimensi sosial. Ada pilihan sholat sendiri ada pilihan berjamaah. Ada area privat dan jamaah yang bersentuhan dengan orang lain. Puasa ibadah khusus yang hanya diri yang berpuasa dan Allah SWT yang tahu. Zakat ibadah diri, Allah SWT namun mulai melibatkan orang lain karena ada Amil dan Penerima (asnab). Haji lebih kompleks karena mencakup semua dimensi rukun sebelumnya. Maka haji adalah penyempurna keIslaman.

Menjaga Stamina Spiritualisme

Travel Haji Plus di Jakarta
Travel Haji Plus di Jakarta

Sobat satutour, sebelum membahas berapa harga haji plus 2023. Kita sebaiknya membahas terlebih dahulu tentang hal maknawi (substansial ibadah haji). Idealnya sebelum seseorang bergelar Haji dan Hajjah, seluruh aspek ibadah nya telah tuntas dilaksanakan dan menjadi kebiasaan. Adapun Tanda nya adalah sebagai berikut:

  • Sholat tepat waktu berjamaah.
  • Perbanyak sholat sunnah.
  • Menghidupkan sunah dan kebiasaan nabi.
  • Sholat Dhuha
  • Sholat Tahajud
  • Sedekah, Zakat dan Qurban

Sehingga pada saatnya memenuhi undangan Allah SWT dalam ibadah haji plus. Dalam keadaan spiritualitas terbaik. Dan sebaik-baik bekal memenuhi undangan Allah SWT adalah taqwa dan ketaatan. Berikut tips menjaga agar sobat satutours terjaga stamina spiritualnya.

Pertama,Tertib Jalankan Kewajiban

Setiap kewajiban ada waktu dan kadarnya. Maka mengerjakan tertib di awal waktu adalah yang terbaik. Membiasakanya dimulai dengan memiliki jadwal jadwal ibadah dan kelender Islami. Biasakan sering menengok jadwal sholat misalnya. Cek sering-sering waktu sholat terdekat. Dan bersiaplah untuk hadir di jamaah waktu sholat tersebut di masjid terdekat.

Dalam keadaan normal tak sulit sobat. Namun dalam keadaan sedang mobile dan berpindah tempat dari satu tempat kerja ke tempat berikutnya sungguh tantangan tersendiri. Disanalah awal semua disiplin dan kebiasaan ibadah dimulai. Menyadari dan mempersiapkannya dengan cara terbaik. Cek pakaian dan bawa perlengkapan sholat kemanapun sobat berada.

Kedua, Biasakan dan Hidupkan Ibadah Sunnah

Banyak sekali perilaku hidup Islami yang dicontohkan Rosulullah SAW. Maka meneladaninya dan membiasakannya adalah cara terbaik menghidupkan sunah nabi. Dari hal sepele masuk kamar mandi, bangun tidur, doa-doa mengawali aktivitas, adab bersin, adab menguap, adab bertemu saudara dan seterusnya. Sampai seluruh aspek kehidupan sobat dipenuhi sunah nabi. Sikap Islami ala Nabi.

Ketiga, Sering Bermajelis Ilmu

Mata air spiritualitas yang menjadi bagian dari kehidupan nabi adalah bermajelis ilmu. Diawal masa kenabian bahkan dalam 24 jam aktivitas dibagi dua. Siang bekerja, malam bermajelis ilmu. Malam mempelajari ilmu nilai spiritualitas, siang hari berikutnya diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari. Kemudian sore harinya, Rosulullah SAW meneliti setiap sahabat. Apakah yang telah diamalkan sahabatnya. Mana yang sudah dilakukan dengan baik, mana yang masih perlu bimbingan. Bermajelis ilmu bagi calon jamaah haji plus adalah aktivitas yang sangat dianjurkan.

Keempat, Perbanyak Dzikr

Hati mudah berbolak-balik dan kadang labil. Banyak berdzikr adalah salah satu tips agar hati tenang. Jiwa jernih dan seluruh aktivitas berkualitas karena di iringi ketenangan saat menjalaninya. Kehidupan yang senantiasa terkoneksi dengan nama-nama Allah SWT. Dengan menyebut nama Allah SWT artinya berdzikr, dzikr  sendiri secara bahasanya adalah banyak mengingat. Banyak berdzikr kepada Allah SWT wujudnya adalah banyak mengingatNya.

Bertasbih, tahmid, takbir, tahlil dan istighfar. Maka sungguh indah waktu waktu kosong sobat sebagai tamu Allah SWT melalui ibadah haji plus terisi oleh sebanyak-banyaknya dzikr. Dari rumah ke tempat kerja, dari parkir ke ruang kerja, dari ruang kerja menuju mushola atau masjid. Jika potongan waktu itu terisi dzikr, maka spiritualitas terjaga.

Kelima, Hidupkan Budaya Silaturahiim dan Saling Menasihati

Travel Haji Plus
Travel Haji Plus

Sobat satutours, silaturahim artinya menjaga tali ikatan persaudaraan. Selama ini budaya ini hanya ramai di hari lebaran. Idul Fitri saja, kunjung mengunjungi saudara teman dan relasi. Padahal sejatinya silaturahim adalah ajaran mulia.

Silaturahim juga merupakan bentuk ibadah sunah yang dianjurkan. Hikmahnya tentu banyak selama seorang muslim saling bertemu. Manfaat dan hikmah silaturahim bagi calon jamaah haji plus diantaranya :

  • Mengetahui kondisi saudaranya sesama muslim satu dan lainnya.
  • Saling berbagi dan memberi hadiah.
  • Saling nasihat-menasihati.
  • Saling bertukar fikiran dan ilmu.
  • Saling bertukar peluang dan kesempatan amal solih.
  • Dan seterusnya.

Sobat satutours boleh mencoba merencanakan silaturahim ini. Misalnya sebulan 4 kunjungan ke saudara, keluarga maupun teman kerja. Lakukan terjadwal, jika telah nyaman bisa diagendakan rutin. Dari yang dekat hingga lintas propinsi jika mampu.

Maka sobat akan merasakan buah silaturahim ini, selain spiritualitas terjaga. Maka keceriaan, lapang hati dan lapang rizqi juga in shaa Allah terjadi. Maka berapa harga haji plus 2023 bukan menjadi fokus lagi. Ada banyak keutamaan perlu dikejar.

Sobat satutours, demikian seputar bagaimana sebagai calon jamaah haji plus mempersiapkan spiritualitas menuju waktu pelaksanaan ibadah hajinya. Seiring waktu persiapan ruhani atau spiritualitas semakin matang. Sehingga pulang beribadah haji plus, gelar Haji dan Hajjah menjadi lengkap dengan seluruh karakter spiritualnya. Dan sekaligus bisa dirasakan seluruh lingkaran pergaulannya. Wallahu a’lam bish showab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *