Biaya Naik Haji biaya naik haji plus 2025

Biaya Naik Haji biaya naik haji plus 2025

Biaya Naik Haji biaya naik haji plus 2025

Haji Plus Satutours
Haji Plus Satutours

Biaya haji plus yang dikeluarkan tentu harus setara dengan ibadah yang dicontohkan oleh Rasulullah. Hal itu agar haji dan umrah dinilai sah secara aturan islam. Ada pun syarat sah haji secara islam adalah melaksakanan sesuai dengan batas waktunya.

Baik rukun atau pun wajib haji, harus dilaksanakan sesuai dengan urutannya. Jangan lupa memenuhi syarat pelaksanaan serangkaian alaman dalam haji. Amalan-amalan haji tersebut seperti thawaf, sa’i dan seterusnya.

Tentunya semua itu dilakukan pada tempat yang telah ditentukan berdasarkan syariat. Sementara itu, ada pun larangan Ihram seperti:

  1. Menggunting kuku
  2. Membunuh hewan buruan
  3. Mata kaki yang tertutup
  4. Melakukan hubungan seksual
  5. Sengaja mengeluarkan air mani
  6. Memakai pakaian yang berjahit
  7. Mencabut pepohonan di tempat atau tanah suci
  8. Memakai parfum
  9. Memakai penutup kepala

Perbedaan Haji Reguler dan Plus

Sahabat Satutours bisa memilih haji plus jika memiliki rezeki lebih. Sebab haji plus punya memiliki banyak kelebihan dan kemudahan jika dibandingkan haji regular. Hal ini bisa menjadi perkiraan untuk biaya naik haji plus 2025. Berikut penjelasan perbedaan haji plus dan reguler.

  • Meliputi Penyelenggara, administrasi dan pengelolaan

Biasanya, Kemenag RI melalui Ditjen PHU yaitu Direktorat Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah melakukan langsung penyelenggaraan ibadah haji reguler. Sementara haji plus diselenggarakan oleh biro travel haji dan umroh pihak swasta.

Pihak swasta itu meliputi pembiayaan, pengelolaan dan layanan secara khusus. Carilah pihak swasta yang sudah mendapatkan izin BPIH dari Kemenag. Hanya saja penyelenggaraan haji dan umrah dari swasta ini memerlukan biaya besar.

  • Biaya Haji

Biaya haji reguler pastinya lebih terjangkau dibandingkan dengan haji plus. Kisaran biayanya berbeda tergantung pada masing-masing embarkasi keberangkatan. Contohnya seperti pendaftaran haji tahun 2017.

Calon jemaah haji reguler baru bisa mendapatkan nomor porsi haji setelah menyetor uang sekitar Rp 25.00.000. Sementara jamaah haji plus wajib menyetor uang sekitar minimal Rp 54.000.000. Hal itu juga tergantung dengan penyelenggaraan haji plus selama berada di tanah suci.

  • Jadwal Keberangkatan

Masa tunggu haji plus pada umumnya lebih cepat tergantung dari jumlah calon jamaah yang mendaftar dari berabgai daerah. Hal tersebut karena dipengaruhi oleh biaya yang lebih mahal dan peminat setiap daerah terus meningkat.

Rentang waktu daftar tunggu haji plus berkisar dari satu sampai tiga tahun. Bahkan bisa lebih cepat jika kuota mememnuhi dan jamaah sudah membayar nominal yang ditentukan. Berbeda dengan haji reguler yang bisa memakan masa tunggu selama empat sampai 10 tahun.

Jangka Waktu di Tanah Suci

Haji Plus di Satutours
Paket Haji Plus 2025

Pelaksaaan haji reguler di tanah suci bisa mencapai 40 hari. Rinciannya adalah selama 20 hari di Kota Mekkah, empat hari di Arafah-Mina dan enam hari di Madinah. Semua proses ibadah haji di Tanah Suci itu dilakukan dengan penuh sehingga memakan waktu yang cukup lama.

Sementara haji khusus membagi durasinya menjadi dua, yaitu Arbain dan Non-Arbain. Bedanya adalah jika Arbain lebih lama karena memakan 26 hari karena melakukan 40 kali shalat fardhu di Masjid Nabawi. Sementara durasi Non Arbain memakan 15 sampai 19 hari.

Biasanya, haji khusus Non Arbain ini berangkat ke Tanah Suci saat mendekati puncak di tiap bulan Dzulhijjah.

  • Lokasi Hotel

Masjidil Haram akan lebih dekat dengan penginapan peserta haji plus sehingga dapat memaksimalkan ibadah lebih efektif. Sementara jarak penginapan haji reguler memiliki variasi. Seperti ring satu yang berjarak 2 km dan ring dua berjarak 4 km dari Masjidil Haram.

Jarak paling jauh dari Masjidi Haram versi pemerintah memang tidak boleh lebih dari 4 km antara Masjidil Haram. Kekhusyukan ibadah memang bisa saja dipengaruhi oleh lokasi antar hotel dan tempat beribadah.

  • Akomodasi dan Konsumsi

Seperti yang dijelaskan sebelumnnya bahwa pengaruh lokasi penginapan sangat penting bagi rutinitas jema’ah haji. Sama sepertinya dengan kebutuhan makanan. Biasanya, konsumsi haji plus sudah disiapkan penyelenggara melalui pihak hotel.

Artinya, para Sobatsatutours tidak perlu khawatir memikirkan masalah makan atau minum. Berbeda dengan haji reguler yang harus mencari kebutuhan konsumsinya sendiri selama di Mekkah. Entah itu memasak maupun beli sendiri.

  • Pembimbing

Selalu ada bimbingan dari Muthowwif untuk mempermudah seluruh jama’ah haji selama menunaikannya di Tanah Suci. Hal itu memudahkan dalam kordinasi jama’ah haji plus karena akan dibimbing lebih depat untuk kordinasi selama menunaikan haji.

Pembimbing ini juga sudah termasuk dalam biaya naik haji plus 2025. Sementara jama’ah haji reguler biasanya dibimbing KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji). Departemen Agama pun membentuk TPHI yang merupakan petugas khusus untuk mempermudah pelaksanaan ibadah haji.

Keutamaan dan Hikmah Haji

Daftar Haji Furoda di Satutours
Daftar Haji Plus di Satutours

Ibadah merupakan bentuk saling melengkapi dan menyempurnakan seperti yang diperintahkan Allah SWT. Tentunya ada hikmah atau keutamaan yang menyempurnakan sebagai berikut:

  • Amalan Utama Ibadah Haji

Rasullullah menjelaskan bahwa amal paling utama adalah beriman kepada Allah, berjihad di jalan Allah dan haji yang mabrur ketika ditanya tentang amalan paling utama. Mabrur di sini adalah ketika seorang haji berhasil mengubah perilaku buruk menjadi baik sepulang dari menunaikan haji.

  • Dosa Terhapus dan Pahala Surga Haji

Seperti yang diriwayatkan Amar bin Ash tentang sabda Rasulullah bahwa islam menghapuskan keadaan sebelumnya. Begitu pun juga hijrah yang menghapus apa yang sebelumnya. Juga haji menghapuskan apa yang sebelumnya.

Sementara Imam Bukhari dan Imam Muslim meriwayatkan sabda Nabi Muhammad SAW bahwa umroh satu dengan lainnya menghapuskan dosa yang terdapat di antara keduanya. Sedangkan haji yang mabrur tidak ada ganjarannya seperti surga.

  • Bentuk Jihad Wanita

Seperti riwayat Imam Muslim dan Imam Bukhari pada suatu dialog dalam sebuah hadist. Bahwa Rasulullah menjawab tentang jihad yang lebih baik serta indah adalah haji mabrur. Setelah mendengar jawaban dari Nabi Muhammad SAW itulah Imam Bukhari tak pernah lagi meninggalkan haji.

Tips Mencari Rekomendasi Travel Umrah

Travel umrah haji sering mengeluarkan harga paket umroh promo murah di setiap tahunnya. Jama’ah umroh bisa mendapatkan harga promo selain jadwal Desember dan paket Ramadhan. Tapi promo umrah murah jarang diadakan setiap bulan.

Maka dari itu harus segera booking daftar umrah tersebut. Banyak juga tour dan travel biro perjalanan ibadah sekaligus wisata yang melayani keberangkatan ibadah ke Tanah Suci setiap bulannya dengan berbagai pilihan fasilitas menarik.

Carilah travel umrah yang berbekal pengalaman telah memberangkatkan ratusan sampai ribuan jama’ah. Lebih bagus jika travel umrah itu menyediakan berbagai pilihan ibadah mulai dari bintang tiga sampai lima dan ibadah plus wisata mancanegara.

Mengerjakan haji merupakan niscaya bagi mereka yang akan datang dari segenap penjuru agar menyaksikan berbagai manfaatnya. Berhajilah dari sekarang dan rasakan pengalaman haji yang penuh dengan makna mendalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *