Paket Haji Plus 2021

Paket Haji Plus 2021

Paket Haji Plus 2021

Haji ONH Plus di Satutours
Paket Haji Plus di Satutours

Lama proses pengurusan visa haji plus tergantung dari kelengkapan dokumen sahabat satutours. Jadi pastikan semua dokumen yang diperlukan sudah tersedia. Secara umum proses visa haji akan dikerjakan oleh pihak travel penyelenggara perjalanan. Karena sudah termasuk kedalam layanan paket haji plus 2021. Visa akan keluar begitu proses penempelan visa dari Kedutaan Arab Saudi yang berada di Jakarta selesai.

Layanan Maksimal Paket Haji Plus 2021

Saat akan memproses visa haji plus, maka pihak penyelenggara membutuhkan sejumlah dokumen penunjang. Hal tersebut menjadi bentuk layanan maksimal paket haji plus 2021. Sebaiknya sahabat satutours memberikan dengan segera dokumen penting yang diminta. Karena setidaknya sebulan sebelum hari keberangkatan, visa haji sudah siap dan tidak ada masalah.

Pihak travel jelas membutuhkan paspor asli dari sahabat satutours. Mengenai pembuatan paspor, harus dilakukan secara mandiri oleh calon jemaah haji plus. Paspor setidaknya memiliki 4 halaman terakhir yang masih kosong dan masa berlakunya tidak kurang dari 6 bulan.

Jika nama lebih dari 3 suku kata maka hanya 3 nama pertama yang akan di gunakan. Contoh : Ratna Pandita Sekar Kinanti Mulyono, maka di Paspor hanya akan menggunakan Ratna Pandita Sekar.

Pihak Kedutaan Arab meminta persyaratan tiket pesawat, hotel dan bus sudah terkonfirmasi dan issued. Hal ini menjadi bagian dari tanggung jawab layanan travel haji. Sahabat satutours tinggal mengumpulkan buku kuning yang membuktikan, bahwa calon jemaah haji telah menerima suntik vaksin meningintis. Biaya haji plus tidak membayar kebutuhan vaksin.

Bagi peserta rombongan haji plus yang telah menikah dan usianya kurang dari 45 tahun. Maka wajib memberikan buku nikah asli serta lampiran fotokopi-an. Termasuk peserta anak-anak atau sahabat satutour berjenis kelamin wanita dan berusia kurang dari 45 tahun.

Sahabat satutours wajib melampirkan juga akta lahir asli. Apabila jemaah adalah wanita dan akan berangkat haji bersama saudara kandung laki-laki. Tanpa di dampingi oleh mahromnya. Harus melampirkan surat mahrom.

Ketentuan Atas Visa Haji Plus

Haji Plus Satutours
Haji Plus VIP Satutours

Visa haji plus yang sudah jadi hanya berlaku setidaknya 30 hari atau lebih, mengikuti jadwal perjalanan yang di lampirkan. Visa yang sudah di validasi harus segera dipergunakan. Oleh karena itu pengurusan visa setidaknya 3 bulan hingga 2 minggu sebelum tanggal keberangkatan.

Apabila sahabat satutours oleh satu atau dua hal batal berangkat. Maka visa haji plus yang melewati batas waktu masuk dan keluar, dianggap tidak berlaku kembali. Sayangnya visa yang masa expirednya habis sebelum dipakai, akan mendapat banyak pertanyaan saat mengajukan ulang permohonan berangkat haji.

Dengan berangkat bersama travel haji, resiko over stay tidak akan terjadi. Sahabat satutours akan berangkat dan pulang sesuai jadwal perjalanan haji plus yang ditentukan. Sebab, ada sejumlah denda yang harus dibayarkan bagi pemegang visa haji. Apabila belum kembali ke negara asal saat visa telah berakhir. Pihak keluarga di Indonesia wajib membayar kepada pemerintahan Arab Saudi sebesar 10.000 USD. Denda juga tidak ditanggung biaya haji plus.

Sahabat satutours nantinya akan datang ke VFS saat proses pengajuan visa haji plus. Sebab jemaah akan di ambil data biometriknya untuk keperluan pengajuan aplikasi visa haji. Nantinya data biometrik tersebut akan dikirimkan ke Kedutaan Arab Saudi.

Sebenarnya pemeriksaan data biometrik juga bisa di lakukan pada saat jemaah tiba di bandara Jeddah atau Madinah, Arab Saudi. Apabila sahabat satutour sudah pernah merekan data biometrik dibawah 3 bulan pada tujuan negara yang sama. Maka tidak diharuskan datang merekam data biometrik.

Keuntungan Melakukan Rekam Biometrik

Bagi sahabat satutours yang kurang mengerti prosedur rekam bimetrik. Penjelasan sederhananya adalah prosedur perekaman identitas diri dengan mencatat ciri fisik secara digital para jemaah haji.

Pengambilan data biometrik terdiri dari foto seluruh wajah tidak boleh terhalang rambut. Merekam seluruh pola sidik jari tangan. Selain itu pola garis tangan dan pupil mata jemaah haji plus juga akan di scan.

Informasi biometrik akan tersimpan bersama data identitas jemaah haji secara digital. Prosesperekaman data biometrik tidak lama, hanya sekitar 5-10 menit. Rekaman biometrik sangat menolong semua jemaah haji yang akan berangkat. Proses imigrasi lebih ceapat saat sahabat satutours akan memasuki Jeddah atau Madinah.

Setibanya rombongan haji di bandara internasionl hanya perlu melaporkan pemeriksaan paspor dan visa. Setelahnya sahabat satutours dan rombongan dapat melanjutkan perjalanan dengan bus, menuju tempat menginap. Bus dan hotel termasuk fasilitas biaya haji plus.

Bagi jemaah haji plus yang tidak sengaja tersesat dan kebetulan tidak membawa kartu identitas. Maka pihak berwajib dapat lengsung mengidenifikasi melalui data biometrik yang bisa di akses oleh kepolisian Arab Saudi.

Walaupun pada awal muncul pemberitahuan adanya perekaman data biometrik. Pihak Kemenag Indonesia meminta diadakan peninjauan ulang. Secara garis besar rekam biometrik bertujuan membantu para jemaah haji plus.

Pendaftaran Biometrik di Dalam Negeri

Panduan pendaftaran rekam biometrik di Indonesia. Hal pertama yang sahabat satutours perlukan adalah membuat waktu janji kedatangan. Bisa dibantu oleh pihak travel haji untuk melakukan pendaftaran. Setelahnya peserta haji plus bisa datang ke kantor VFS, sesuai dengan tanggal serta waktu yang ditentukan

Biaya rekam biometrik tidak menentu karena nilainya mengikuti harga mata uang asing yang di konversi ke rupiah. Harga rekam biometrik sekitaran 120.000, dan harus dibayar tunai di luar biaya haji plus. Sebaiknya sahabat satutours datang paling lambat 15 menit dari waktu yang sudah di tentukan. Sebab jika datang terlambat, maka harus melakukan penjadwalan ulang.

Data biometrik hanya berlaku untuk 6 bulan dari waktu perekaman. Lewat dari waktu tersebut maka sahabat satutours harus melakukan perekaman ulang di VFS. Sementara pada aplikan yang mengurus visa umroh, data tersebut hanya berlaku satu kali perjalanan.

Program Mekkah Route Layanan Prioritas Jemaah Haji

Haji Plus di Satutours
Haji Plus di Satutours

Ada layanan baru dari imigrasi Arab Saudi, yaitu fast track. Layanan ini khusus melayani beberapa negara calon jemaah haji, salah satunya adalah dari Indonesia. Fasilitas ini merupakan bagian dari program Mekkah Route yang sejauh ini bisa dinikmati 5 negara saja.

Karena mendapatkan prioritas layanan cepat. Sahabat satutours beserta rombongan haji plus lain, tidak perlu mengantri di bandara selama berjam-jam. Layanan fast track adalah program yang meningkatan pelayanan, tidak hanya saat berada di Arab.

Pemerintahan Arab Saudi juga memberi kemudahan pada pengurusan ijin di imigrasi. Termasuk membantu memverifikasi kelengkapan persyaratan medis. Singkatnya mulai dari penerbitan visa hingga pengaturan pondokan semua diprioritaskan. Fakta tersebut jelas harus disambut baik oleh para calon jemaah haji plus.

Selain itu pada musim haji 2020 telah diperkenalkan biaya haji plus yang baru. Tarif tersebut resmi dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi. Biaya baru tersebut mewajibkan jemaah haji dari seluruh dunia membayar sebanyak 80 USD. Harga tersebut di luar dari biaya perjalanan dengan travel haji.

Demikian informasi tentang visa haji hingga prosedural rekam data biometrik. Semoga artikel ini memberi informasi yang valid dan relevan bagi sahabat satutours.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *