Biaya Haji 2023 Plus

Biaya Haji 2023 Plus

Biaya Haji 2023 Plus

Biaya Haji 2023 Plus
Biaya Haji 2023 Plus     

Biaya haji tiap tahunnya akan berbeda-beda, hal ini tentunya dipengaruhi oleh banyak faktor. Lantas bagaimana dengan biaya haji 2023 plus?

Sahabat satutours, bila sahabat berniat untuk ikut dalam program haji plus sebaiknya sahabat mengetahui informasi tentang pembiayaannya. Namun apabila sahabat belum tahu sama sekali tentang program haji plus ya akan lebih baik sahabat mencari tahu dulu.

Haji Plus, Solusi Ibadah Haji Lebih Cepat

Ya, haji plus bisa menjadi solusi sahabat untuk pergi haji lebih cepat. Apalagi bila ingin pergi di tahun 2023. Tidak perlu menunggu hingga belasan tahun lamanya, kalau bisa lebih cepat kenapa tidak?

Namun biarpun begitu sahabat juga harus tahu berapa kuota antrian program haji ini. Untuk mengetahuinya bisa melalui panggilan telepon. Termasuk bagi yang sudah membayar biaya haji 2023 plus.  Nantinya akan ditanyakan tentang pelunasan biaya haji atau manasik haji melalui sambungan telepon.

Sama seperti halnya dengan jamaah reguler yang bisa menghubungi Kementerian Agama RI (Kemenag RI). Nanti jamaah akan ditanyakan apakah hajinya akan ikut dengan KBIH atau secara mandiri.

Pertanyaan itu diajukan karena manasik biasa dilakukan pada akhir tahun sebelumnya. Sementara pelunasan biasa dilakukan pada awal tahun. Waktu pengecekan yang cocok adalah pada Bulan Januari. Sebab Kemenag biasanya sudah menyelesaikan tugas pelayanan haji pada bulan Januari dan pelunasan BPIH semakin dekat. Daripada mengecek saat musim haji yang lebih sering mengalami error.

Atau bisa saja calon jamaah datang langsung Kemenag RI atau travel setempat yang digunakan jasanya. Pengecekan nomor porsi haji ini penting karena estimasi keberangkatan calon jamaah bisa saja berubah.

Banyak hal yang bisa mengakibatkan perubahan di setiap saat, seperti pengurangan kuota akibat renovasi Masjidil Haram, calon jamaah haji yang meninggal dan hal lainnya. Kemenag juga selalu berusaha mengupdate nomor porsi calon jamaah setelah pulang dan pelayanan di Tanah Suci. Di sisi lain, porsi haji juga bisa diwariskan dengan catatan calon jamaah tersebut meninggal atau sakit permanen. Seperti di dalam surat edaran Menteri Kesehatan.

Bisakah Mewariskan Nomor Porsi Haji?

Travel Haji Plus
Travel Haji Plus

Bisakah mewariskan nomor porsi haji? Jawabannya adalah bisa. Hal tersebut tercantum dalam Surat bernomor HK.02.1/MENKES/33/2020 tanggal 17 Januari 2020 berisi tentang Kategori Sakit Permanen dalam Penyelenggaran Haji, sehingga tidak memungkinkan untuk melanjutkan ibadah ke Tanah Suci. Hal ini juga sesuai dengan Surat Edaran Kemenag Nomor 20002 Tahun 2020.

Surat edaran itu terkait pelimpahan nomor porsi jemaah haji dan keputusan Dirjen PHU Nomor 30 Tahun 2020. Yaitu tentang petunjuk pelaksanaan pelimpahan porsi jemaah haji meninggal dunia atau sakit permanen. Berikut persyaratan yang harus dilengkapi:

Bila Calon Jamaah Meninggal Dunia

  1. Menyerahkan salinan akta kematian
  2. Menyerahkan bukti setoran awal dan atau setoran lunas biaya BPIH yang asli
  3. Surat kuasa asli penunjukan pelimpahan nomor porsi jemaah haji yang meninggal dunia. Surat itu wajib ditandatangani suami atau istri, ayah, ibu, anak kandung atau saudara kandung yang diketahui RT, RW dan lurah atau kepala desa.
  4. Surat keterangan tanggung jawab mutlak asli yang ditandatangani jema’ah haji penerima
  5. Menyerahkan salinan KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Salinan Akta Nikah atau bukti lainnya yang sesuai dengan nomor porsi jemaah.

Bila Calon Jamaah Sakit

  1. Surat keterangan dari rumah sakit pemerintah yang asli sesuai edaran Menteri
  2. Bukti setoran awal atau setoran lunas BPIH
  3. Surat kuasa penunjukan pelimpahan nomor porsi jemaah haji sakit permanen yang asli kepada suami, istri, ayah, ibu, anak kandung atau saudara kandung yang ditandatangani bersangkutan dan diketahui RT, RW dan lurah atau kepala desa setempat.
  4. Surat keterangan tanggung jawab mutlak yang asli dan ditandatangani jemaah haji penerima pelimpahan.
  5. Salinan KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Salinan Akta Nikah atau bukti lain seperti jema’ah penerima pelimpahan nomor porsi yang asli.

Nomor porsi haji didapatkan calon jemaah yang sudah melakukan pendaftaran di Kemenag dan menyetor setoran awal. Nomor antrian keberangkatan ini bisa dicek estimasti tahun keberangkatannya secara online. Sementara mengecek nomor porsi jamaah haji plus, mintalah bantuan travel tempat mendaftar.

Investasi Biaya Haji 2023 Plus

Haji Plus di Satutours
Haji Plus di Satutours

Tidak sedikit umat muslim yang gigih menyiapkan tabungan untuk biaya haji plus. Tentu bukan tanpa alasan, keinginan untuk berangkat haji lebih cepat tanpa waktu tunggu hingga belasan tahun lamanya. Biarpun dengan biaya yang lebih mahal.

Namun sempat ada kabar baik tentang penurunan besaran BPIH seperti yang diberitakan berbagai media massa. Kabar itu pada BPIH 2015 yang turun menjadi sekitar 39 jutaan dari Rp 46 jutaan pada tahun sebelumnya. Uang sekitar Rp 25 jutaan harus disetorkan kepada lembaga yang ditunjuk Kemenag pada waktu itu sebagai langkah awal bagi haji reguler. Otomatis waktu antrian semakin pendek jika semakin cepat mendaftar.

Ada juga beberapa bank yang menawarkan dana talang haji dengan setoran 5 jutaan dengan tenor tiga tahun jika berminat. Hanya saja melalui cara ini harus membayar biaya pengelolaan syariah per tahunnya.

Jika melalui travel, pelunasan biaya haji 2023 haji plus dilakukan setelah melakukan pendaftaran. Pastikan uangnya cukup karena pelunasan ongkos naik haji (ONH) biasanya dua bulan sebelum keberangkatan. Pelunasan itu juga berlaku bagi ONH reguler.

Bila sahabat ingin menabung untuk pemberangkatan  bisa juga dengan bentuk emas. Seperti biaya haji reguler pada 1997. Saat itu, perlu mengeluarkan dana yang setara dengan 310 gram emas. Sementara untuk 2014, hanya perlu mengeluarkan dana yang setara dengan 75 gram emas. Tapi sebaiknya menggunakan bentuk batangan jika ingin berinvestasi dengan menggunakan emas. Sebab harga jual atau beli dari emas batangan mulai dari pecahan 1 sampai 50 gram ini relatif stabil.

Sementara itu untuk daftar tunggu biaya haji 2023 plus diperkirakan baru bisa berangkat tujuh tahun lagi. Sebab calon jamaah haji yang sudah terdaftar di biro perjalanan tersebut sudah cukup banyak. Pemberangkatannya pun tetap disesuaikan dengan kuota yang ditetapkan pemerintah.

Oleh karena itu perkembangannya harus dipantau terus nomor porsinya karena ada kemungkinan bisa berangkat lebih cepat dari waktu tersebut. Mengenai biaya haji 2023 plus pun masih belum ada kenaikan. Buktinya, ONH melalui travel masih sama dengan tahun sebelumnya.

Nah, sahabat satutours jadi kapan sahabat berencana untuk pergi haji? Tahun ini atau 3 tahun lagi di tahun 2023? Segera hubungi satutours untuk mengetahui informasi biaya haji terupdate. Sahabat juga bisa mencari informasi lainnya, seperti program haji plus wisata. Bila berminat dan masih ada kuota sangat disarankan untuk mengikuti haji plus wisata apalagi bila lokasi wisatanya sangat sarat akan makna spiritual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *