Biaya Haji 2021 Plus

Biaya Haji 2021 Plus

Biaya Haji 2021 Plus

Biaya Haji 2021 Plus
Biaya Haji 2021 Plus

Apakah sahabat satutours memiliki rencana untuk pergi haji di tahun 2021 menggunakan program haji plus? Bila iya, sudah tahu belum berapa biaya haji 2021 plus?

Sebaiknya sahabat mencari tahu dulu ya berapa biaya setiap program haji yang akan dipilih, khususnya untuk haji plus. Karena bila dibandingkan dengan haji reguler harganya akan lebih mahal haji plus. Bahkan waktu keberangkatannya pun akan lebih cepat. Sehingga tidak heran bila harga lebih mahal kan?

Biaya Haji 2021

Nah, untuk biaya haji 2021 bila kamu mengikut program haji plus, kamu akan mendapatkan beberapa fasilitas seperti: pembayaran tiket, visa, hotel, transport, handling airport, pembimbing, air zam-zam dan biaya lainnya.

Pilihan program haji plus juga dibagi menjadi 2. Ada yang reguler dan VIP, lagi-lagi VIP akan lebih mahal. Tapi tenang saja, sebanding kok dengan uang yang sahabat keluarkan. Tarif paket itupun ditentukan oleh jarak penginapan atau hotel dengan masjid di Tanah Suci. Semakin tinggi ongkos paketnya, lokasi penginapan dengan masjid di Tanah Suci juga makin dekat.

Selain program haji plus, ada juga program haji furoda yang bisa sahabat satutours pilih. Apa saja sih plus minusnya?

Tidak seperti haji reguler yang bisa memakan waktu tunggu sampai 20 tahun lamanya. Pilihan lainnya adalah mengikuti haji plus yang membutuhkan waktu tunggu sekitar lima sampai delapan tahunan. Tapi bisa lebih cepat lagi dengan paket haji furoda.

Sebab paket ini bisa melakukan ibadah haji di tahun yang sama dengan waktu pendaftaran. Maka dari itu banyak peminat kepada haji furoda ini. Tapi kelebihan utama soal waktu jugalah yang membutuhkan banyak dana untuk melaksanakannya.

Alasannya tidak lepas dari visa khusus yang digunakan untuk menjalankan haji furoda itu sendiri. Visa khusus itu didapatkan dari pemerintahan Arab langsung sehingga lebih mahal dari haji reguler maupun haji plus yang menggunakan kuota.

Tapi haji furoda tidak lepas dari pembatasan visa meskipun tidak ada antrian keberangkatan ke Tanah Suci. Pembatasan itulah yang juga sekaligus jadi kekurangan visa haji furoda selain karena harganya mahal.

Jika pun ada yang murah, namun terkadang tidak memiliki kredibilitas dari travel penyelenggaranya. Hal itu terkadang membuat peserta haji furoda pun menjadi kurang puas. Maka dari itu sahabat satutours harus memilih jasa travel yang terpercaya dalam menyelenggarakan haji furoda.

Bagi yang ingin melaksanakan haji furoda memang harus mengetahui setidaknya secara detail. Hal itu agar sahabat satutours mendapatkan penjelasan yang detail meskipun hanya sekilas.

Sebab, proses pendataan kuota haji furoda berbeda dengan visa lainnya. Biasanya kiriman undangan khusus untuk calon haji dari berbagai negara sudah ditentukan Kerajaan Arab Saudi.

Sementara itu, Haji furoda pun sudah dilegalkan dalam proses revisi UU setelah tiga tahun melalui beberapa pembahasan yang cukup alot. Sidang paripurna mengesahkannya melalui Revisi UU No. 13 Tahun 2008 tentang penyelenggaraan Haji dan Umroh.  Termasuk juga masalah umroh dan haji furoda yang sudah diatur banyak hal baru dalam UU.

Visa sebagai akses masuk ke tanah suci ini dimulai dari sekitar 15.000 dolar AS. Harga itu sudah termasuk dengan maskapai penerbangan, hotel berbintang lima di Mekkah dan Madinah serta air zam-zam.

Baik program haji plus atau foroda sama-sama bisa kamu lakukan. Namun tidak sembarangan ya, karena setiap program haji pasti ada syarat dan ketentuannya. Malah sahabat harus menaruh curiga bila travel umroh yang menangani rencana perjalanan haji sahabat sangat memudahkan dari banyak hal nya. Pilih travel umroh yang memang sudah memiliki kredibilitas dan berpengalaman dalam bidangnya.

Di samping mengetahui berapa besaran biaya haji 2021. Sahabat juga harus tahu mengenai keutamaan haji agar ibadah yang sahabat lakukan semakin sempurna.

Keutamaan Haji

Haji Plus Satutours
Haji Plus Satutours

Keutamaan haji sudah disebutkan dalam QS. Al Baqarah : 196, yaitu tentang menyempurnakan ibadah  haji dan umrah karena Allah. Alasannya karena terdapat kebaikan-kebaikan yang luar biasa di balik melaksanakkan ibadah haji yang termasuk kategori amalan sempurna ini.

Menjalankan ibadah haji itu dibutuhkan niat, tekad dan hati yang kuat. Apalagi menjalankan amalan soleh yang istimewa ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu jugalah haji memiliki arti sebagai niat melakukan perjalanan.

Konotasi itu karena perjalanan ke luar negeri yang dimasukkan ke dalam niat melaksanakannya. Sementara dalam bahasa Arab, haji adalah ziarah. Dilakukan di Mekah sebagai kota suci bagi umat islam yang wajib diadakan satu kali setiap tahun.

Ziarah islam itu diadakan setiap tahun oleh umat muslim dewasa yang mampu secara fisik dan finansial. Kebutuhan finansial juga harus ditunjang dengan mampu memberikan kehidupan kepada keluarga yang ditinggalkan di daerah asalnya.

Haji diadakan dari tanggal 8 sampai 12 Dzulhijjah. Tapi dalam beberapa kasus, bisa juga dilaksanakan sampai 13 Dzulhijjah. Hal itu tidak lepas dari kalender islam yang bulan dan tahunnya kira-kira 11 hari lebih pendek daripada kalender Gregorian.

Haji juga merupakan rukun islam selain syahadat, shalat, zakat dan sawn. Maka dari itu haji menjadi pertemuan terbesar umat muslim di dunia yang secara fisik dan finansial mampu melakukannya.

Selain rukun islam, haji juga merupakan demonstrasi solidaritas orang-orang muslim di dunia. Mereka menggunakan ihram untuk menunjukkan ketundukannya kepada Allah.

Ihram adalah dua lembar kain putih halus yang digunakan jemaah. Maknanya, untuk membuat keadaan spiritual khusus dan menjauhkan diri dari tindakan tertentu.

Serangkaian Ibadah Haji

Haji ONH Plus di Satutours
Paket Haji Plus Satutours

Dari abad ke-7, haji dikaitkan dengan kehidupan Nabi Muhammad. Tapi ibadah ke Mekkah ini dianggap beberapa umat islam untuk meregangkan ribuan tahun Ibraham. Jama’ah bergabung dalam prosesi ratusan ribu orang selama berhaji.

Mereka bersama-sama berkumpul di Mekkah dan melakukan serangkaian kegiatan. Salah satunya adalah berjalan berlawanan dengan arah jarum jam sebanyak tujuh kali di sekitar ka’bah tersebut.

Ka’bah sendiri bangunan berbentuk kubus dan arah doa bagi kaum muslim di seluruh dunia. Selain mengelilingi Ka’bah selama minggu haji, jama’ah juga harus berjalan bolak-balik antara bukit Al-Safa dan Al-Marwah.

Juga menghabiskan satu malam di dataran Muzdalifah. Tidak lupa melemparkan batu ke tiga pilar yang merupakan rajam simbolis kepada iblis. Kemudian para Jama’ah mencukur kepala dan melakukan ritual pengorbanan hewan serta merayakan festival global tiga hari Idul Adha.

Hal itu dilakukan dari 13 sampai 16 Dzulhijjah. Sebetulnya Jama’ah bisa pergi melakukan ibadah ke Mekkah di waktu lain yang bernama umrah. Tapi perlu dicatat bahwa ibadah  umrah bukanlah pengganti ibadah haji.

Nah, sahabat satutours guna menjalankan ibadah haji yang sesuai dengan anjuran agama islam, yuk persiapkan segala rencananya dengan matang. Mulai dari kesiapan mental, fisik dan juga biaya haji 2021 plus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *