Paket Haji ONH Plus 2023

Paket Haji ONH Plus 2023

Paket Haji ONH Plus 2023

Paket Haji ONH Plus 2023
Paket Haji ONH Plus 2023

Sahabat satutours sudah tahu belum apa itu program haji plus khususnya untuk paket haji ONH plus 2023? Haji plus atau khusus merupakan program yang diselenggarakan pihak swasta atau PIHK (Penyelenggara Ibadah Haji Khusus). Haji plus ini tetap dalam pengawasan Kemenag Indonesia meskipun ditangani oleh pihak swasta dalam pelaksanaannya.

Biaya Haji Plus

Biaya haji plus jauh lebih mahal dibandingkan program biaya reguler. Sebab untuk sahabat yang mendaftarkan diri pada paket haji onh plus bisa berangkat lebih cepat dibandingkan bila sahabat mendaftarkan diri pada program reguler harus menunggu hingga bertahun-tahun.

Ada beberapa keuntungan yang bisa sahabat dapatkan bila mengikuti program haji plus:

  • Daftar tunggu haji plus jauh lebih cepat dibandingkan reguler
  • Fasilitas penginapan di hotel bintang lima Kota Mekah dan Madinah
  • Menggunakan tenda AC selama Wukuf dan Mabit di Armina
  • Pihak penyelenggara atau PIHK menanggung semua konsumsi

Merencanakan Program Haji Plus

Paket Haji ONH Plus 2023
Paket Haji ONH Plus 2023

Jika sudah merencanakan pergi melalui program haji plus, daftarlah di travel yang berizin. Juga berpengalaman di bidang haji khusus dan lebih baik jika terakreditasi A. Hanya saja rata-rata paket haji plus belum termasuk pembuatan paspor, pembayaran DAM atau Haji Tamattu, pengeluaran pribadi seperti Laundry, bagasi dan pembayaran telepon.

Fasilitas yang sahabat dapatkan saat mendaftarkan diri di program haji plus diantaranya:

  • Tiket Pesawat Pulang Pergi
  • Akomodasi selama di Tanah Suci,
  • Perlengkapan ibadah,
  • Makan tiga kali sehari (menu Indonesia)
  • Pembimbing ibadah atau biasa yang disebut Muthawif,
  • Tour kota Jeddah, Madinah dan Mekkah,
  • Manasik haji di tanah air
  • Air zam-zam.

Masa Tunggu Keberangkatan Haji Plus

Pertanyaan umum yang sering ditanyakan terkait haji khusus atau plus adalah lama masa tunggu. Biasanya, masa tunggu haji plus atau khusus memakan waktu lima sampai tujuh tahun. Percepatan masa tunggu calon haji khusus ini pun bisa saja diajukan.

Tapi dengan catatan sudah memenuhi syarat yang ditentukan pemerintah. Proses pendaftaran haji khusus pun hanya mengisi surat pernyataan, menyerahkan dokumen pribadi, pas foto dan membayar uang muka atau DP sebesar 5.000 dolar AS. Jarang ada agen yang melayani pendaftaran haji tanpa antri atau khusus visa furoda.

Jadi calon haji khusus kuota Kemenag yang mendaftar harus tetap melewati proses masa tunggu sesuai dengan ketentuan. Calon jamaah juga bisa menanyakan langsung ke customer service setiap agen untuk mengetahui informasi terbarunya.

Perbedaan Haji Reguler dengan Haji Plus Khusus

Berikut pembahasan tentang perbedaan antara program haji reguler dan haji khusus kuota Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) :

  • Penyelenggaraan

Melalui Kemenag RI, haji reguler diselenggarakan langsung pemerintah. Berbeda dengan haji plus atau khusus yang diselenggarakan perusahaan swasta. Kendati demikian, perusahaan swasta itu punya izin resmi dari Kemenag RI yaitu PIHK.

  • Masa Tunggu Berbeda

Masa tunggu bisa sampai 11 sampai 31 tahun tergantung haji reguler di setiap daerah yang berbeda-beda. Sementara masa tunggu haji khusus kuota Kemenag bisa berdurasi antara lima sampai tujuh tahun. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa haji reguler jauh lebih lama dibandingkan khusus.

  • Biaya Berbeda

Meski lebih lama, Ongkos Naik Haji (ONH) program haji reguler kurang lebih menghabiskan Rp 35 jutaan per jama’ah. Sementara sejumlah 11.000 dolar AS harus dikeluarkan bagi ONH haji khusus. Tapi biasanya, setiap biro PIHK untuk program haji plus menawarkan biaya haji yang berbeda-beda. Hal itu tergantung dari pelayanan atau fasilitas yang diberikan biro PIHK.

  • Fasilitas Hotel Berbeda

Pemerintahan Arab Saudi menentukan lokasi berdasarkan wilayah dan kloter sesuai pengundian (qur’ah) untuk fasilitas penginapan atau hotelnya. Umumnya, jamaah reguler ditempatkan sekitar 1 km dari Masjidil Haram untuk ring satu dan 3 km bagi ring dua.

Artinya, fasilitas hotel untuk jamaah reguler cukup jauh dan berbeda dengan haji khusus. Sebab kuota Kemenag untuk haji khusus menempatkan jarak 100 meter dari Masjidil Haram dan menempati hotel bintang lima.

  • Layanan Katering Berbeda

Para jama’ah program haji reguler menanggung sendiri kebutuhan konsumsinya selama di Mekah. Terkadang mereka beli atau masak sendiri. Tapi konsumsi bisa mendapatkan keringanan ketika di Madina dan di Armina. Sebab di sana ditanggung pihak hotel dan maktab.

Tapi konsumsi sudah ditanggung sepenuhnya oleh biro PIHK jika mengikuti program haji khusus. Seluruh kebutuhan konsumsi sudah disediakan selama di Tanah Suci.

  • Waktu di Tanah Suci yang Berbeda

Lama waktu di Tanah Suci untuk program haji reguler dihitung sejak pas hari keberangkatan dari Indonesia adalah sekitar 40 hari. Tapi bisa menghabiskan waktu sekitar 19 hari bagi haji program haji khusus kuota Kemenag Non Arbain dan 26 hari jika memilih Arbain.

Hal itu juga tergantung dari kloter keberangkatan program haji khusus kuota Kemenag sendiri.

Keberangkatan Paket Haji ONH Plus 2023 Pendaftaran 2016

Paket Haji ONH Plus 2023
Paket Haji ONH Plus 2023

Daftar tunggu calon haji melalui biro jasa haji plusĀ  yang mendaftar pada 2016 pun bisa diberangkatkan tahun 2023. Jika dilihat dari sistem, pendaftar waktu itu bisa diberangkatkan tujuh tahun. Saat pendaftaran pun calon jamaah haji di biro perjalanan sudah cukup banyak.

Tapi tetap saja pemberangkatan biro jasa haji plus itu disesuaikan dengan kuota pemerintah. Tapi perkembangannya terus dilihat dan masih mungkin bisa lebih cepat dari waktu tersebut. Belum ada kenaikan ONH bagi yang mendaftar naik haji plus 2016.

Ongkosnya masih sama seperti tahun sebelumnya sekitar 14.000 dolar AS per orang. Sementara paket sekamar bertiga cuma menambahkan sekitar 500 dolar AS lagi. Tapi jika ingin paket sekamar berdua bisa mencapai 15.000 dolar AS per orangnya.

Ongkos naik haji pendaftaran 2016 itu disesuaikan dengan tarif hotel di Tanah Suci. Selain itu, disesuaikan juga dengan harga bahan bakar avtur tahun tersebut. Sementara maskapai yang digunakan untuk terbang ke Madinah itu adalah Saudi Airlines.

Tahapan Pelunasan Biaya Haji Reguler 2019

Lalu bagaimana dengan yang mendaftar haji pada tahun lalu? Pemerintah telah mengeluarkan pengumuman melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 8 Tahun 2019 tentang BPIH (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji) tahun 1440 H/ 2019 M.

Tim Petugas Haji Daerah (TPHD) dan jama’ah haji reguler diatur Keppres ini. Terdapat perbedaan biaya dalam 13 embarkasi haji dengan BPIH masing-masing. Hal itu karena adanya biaya akomodasi yang berbeda, seperti tiket pesawat Aceh, Makassar atau Lombok.

Maka para calon jamaah haji harus mempersiapkan diri sebaik mungkin pada waktu itu. Terutama calon jemaah haji yang masuk kuota harus melunasi BPIH pertahapnya. Maka dari itu perlu memanfaatkan waktu untuk terus belajar manasik haji dan persiapkan spiritual maupun fisik.

Pelunasan BPIH biasanya dilakukan dalam dua tahap yaitu pada Maret sampai April untuk pelunasan tahap pertama. Kedua adalah bulan April sampai Mei dengan mata uang rupiah bagi reguler. BPIH sendiri disetorkan ke rekening atas nama Badan Pengelola Keuangan Haji di Bank Penerima Setoran (BPS) dari BPIH secara tunai, melalui teller maupun non-teller.

Nah, bila sahabat satutours masih memerlukan informasi lebih lengkap mengenai paket haji ONH plus 2023 sebaiknya segera hubung satutours agar bisa mendapatkan arahan lebih lanjut!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *