Paket Haji ONH Plus 2022

Paket Haji ONH Plus 2022

Paket Haji ONH Plus 2022

Paket Haji ONH Plus 2022
Paket Haji ONH Plus 2022

Sahabat satutours, bila sudah memiliki niat ibadah haji jangan lupa untuk mempersiapkannya juga ya. Termasuk persiapan memilih biaya haji yang cocok untuk sahabat.

Bila sahabat mampu secara finansial adalah satu program yang menjamin keberangkatan sahabat dengan fasilitas berimbang yaitu paket haji ONH Plus 2022. Apalagi bila sahabat ingin berangkat dengan cepat tanpa harus menunggu bertahun-tahun. Program haji plus ini memang benar-benar bisa sahabat andalkan.

Sudah Tahukah Sahabat Satutours, Berapa Kuota Haji Tiap Tahunnya?

Keberangkatan haji tahun 2036 adalah pendaftar dari tahun 2018. Artinya, perlu 18 tahun sebagai waktu tunggu berhaji. Antrean itu pun baru untuk provinsi DKI Jakarta saja dan belum dari daerah lain.

Hal itu dikabarkan Raja Salman dari Arab Saudi ketika Indonesia mendapatkan tambahan kuota haji sebanyak 10.000 jama’ah. Jadi kuota haji bertambah menjadi 231.000 jama’ah dari 221.000 jama’ah. Seluruhnya terdiri dari 204.000 jama’ah reguler dan sisanya adalah haji khusus.

Ditetapkan tambahan kursi untuk haji reguler ini ada di dalam Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 176 Tahun 2019 tentang Penetapan Kuota Haji Tambahan Tahun 1440 Hijriah/2019. Pembagiannya adalah sebanyak 5.000 orang jamaah haji berdasarkan nomor urut porsi.

Kedua, sebanyak 5.000 orang jamaah haji lanjut usia atau lansia dan pendampingnya. Dalam kuota tambahan tersebut, calon jamaah haji lansia akan diprioritaskan dengan syarat minimal usia 75 tahun . Selain itu, memiliki nomor porsi dan terdaftar sebagai jamaah haji reguler sebelum 1 Januari 2017.

Faktanya, pendaftar mencapai 600.000 orang yang di mana kuota cuma 204.000 jama’ah haji reguler. Artinya, pendaftaran ini hampir naik tiga kali lipat. Pantas saja rata-rata masa tunggu keberangkatan haji secara nasional mencapai 18 tahun jika kondisinya begini terus.

Namun dengan paket haji ONH plus yang diselenggarakan pihak swasta, sahabat sekarang tidak perlu lagi menunggu selama 18 tahun. Sebetulnya, paket haji ONH plus 2022 memiliki arti sama yang resmi dari pemerintah. Atau kata lainnya adalah haji khusus yang program ibadahnya sama dari pemerintah Indonesia maupun Saudi. Hanya saja masa tunggunya lebih cepat dari program haji reguler.

Nah, bila sahabat ingin ikut paket haji ONH Plus 2022, sebaiknya pilihlah travel haji yang menyediakan program tersebut. Namun jangan sembarangan ya, sahabat harus berhati-hati agar tidak tertipu oleh travel umroh nakal.

Ada beberapa tips yang bisa sahabat lakukan saat hendak memilih travel haji plus.

Tips Memilih Travel Haji Plus yang Aman

Paket Haji ONH Plus 2022
Paket Haji ONH Plus 2022
  1. Pilihlah travel haji yang sudah memiliki izin beroperasi. Terutama di dalamnya ada izin resmi dari pemerintah sebagai PIHK (Penyelenggara Ibadah Haji Khusus). Jangan sampai tertipu karena travel haji punya kuota resmi keberangkatan jamaah haji. Sebab masih ada beberapa travel haji yang tidak memiliki izin operasional PIHK.
  2. Dapatkan bukti pembayaran atas BPIH (Biaya Penyelenggara Ibadah Haji) yang resmi dari Kemenag. Hal itu agar memastikan setoran awal dari ongkos naik haji yang sudah dibayarkan.
  3. Cek kepastian dari pengalaman travel haji yang akan digunakan.
  4. Selalu cek juga gambaran biaya haji plus di setiap tahunnya dari pihak travel. Sebab sewaktu-waktu biaya bisa berubah dari keputusan Kementerian Agama karena tidak mengikat di setiap tahun keberangkatannya.
  5. Pastikan juga bahwa informasi tentang biaya haji plus itu resmi berasal dari pengumuman Kemenag.
  6. Gunakan travel haji yang sesuai dengan sunnah.
  7. Carilah travel haji yang dibimbing oleh seorang yang ahli dalam bidangnya.

Ingat, utamakan travel haji yang berpengalaman ya. Jangan tergiur dulu dengan fasilitas dan harga yang murah. Sahabat harus memastikan bahwa harga memang sebanding dengan fasilitas.

Di samping itu, sebelum berangkat haji. Sebaiknya sahabat memaknai lebih dulu apa sih ibadah haji itu, haruskah dilakukan oleh seluruh umat muslim?

Kemampuan Beribadah Haji

Setiap bulan Dzulhijjah, ibadah haji merupakan salah satu rukun islam kelima yang dilaksanakan. Melaksanakan rukun islam kelima ini dilakukan setiap muslim yang terlahir di dunia ini ketika sudah baligh.

Setiap muslim sudah harus wajib berusaha agar bisa melaksanakan ibadah haji. Terutama bagi setiap muslim yang mapan atau mampu. Tapi yang belum pun jangan sampai menyerah karena ongkos naik haji sangat besar untuk dikeluarkan. Atau karena masa tunggu haji reguler memakan waktu cukup lama.

Bila ada masalah karena waktu tunggu untuk bisa melaksanakan ibadah haji di Indonesia yang terbilang lama, maka tidak ada salahnya mengikuti program haji plus kepada biro dan travel resmi.

Masa tunggunya hanya satu tahun atau mengikuti program haji khusus atau ONH plus yang umumnya masa tunggu sampai sekitar enam sampai tujuh tahun.

Haji reguler bisa diambil jika kesulitannya adalah tentang persiapan dananya. Cobalah program dana yang bisa untuk mengejar dalam waktu cepat uang setoran kepada Kemenag sebagai syarat mendapatkan nomor antrian.

Barulah menabung sedikit demi sedikit jika nomor antrian sudah didapatkan. Jangan lupa infokan kepada Kemenag jika dana masih belum cukup jelang keberangkatan.

Setidaknya sudah mengusahakan semampunya untuk bisa melaksanakan rukun islam tersebut jika pun wafat ketika menabung.

Cara-cara Penyelenggaraan Haji

Paket Haji ONH Plus 2022
Paket Haji ONH Plus 2022

Setiap muslim di dunia mengimpikan bisa menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Mekah. Secara lahir maupun batin, ibadah haji merupakan salah satu rukun islam yang wajib ditunaikan. Di Indonesia, ada cara reguler yang biasa disebut ONH reguler dan plus yang biasa disebut ONH plus.

Biasanya, ONH reguler diselenggarakan oleh pemerintah. Sementara ONH plus diselenggarakan pihak swasta seperti biro haji atau travel dengan pengawasan dari pemerintah. Maka cara setoran pendaftarannya pun berbeda sesuai dengan pihak penyelenggaranya.

Perbedaannya mencakupi jumlah pembayaran atau biaya yang disetorkan, sampai fasilitas yang diperoleh jamaah haji selama di Tanah Suci. Prosedur ONH plus memang lebih simpel pendaftarannya karena diurus agen ONH plus perjalanan atau travel.

Tabungan biaya haji plus minimal sebesar 5.000 dolar AS untuk diserahkan calon jamaah ONH plus. Kemudian calon haji bisa menyerahkan semua yang dibutuhkan kepada pihak penyelenggara setelah mendapat nomor porsi ONH plus. Tapi ONH plus harus segera dilunasi ketika empat bulan setelah mendapatkan kepastian nomor porsi.

Sementara berkisar 10.000 dolar AS sampai 14.900 dolar AS untuk biaya yang diperlukan dalam pendaftaran ONH plus atau haji plus. Hal itu tergantung dari fasilitas hotel dan jumlah rekan sekamar yang dipilih. Biaya ONH plus yang harus dibayarkan juga akan semakin mahal tergantung kedekatan hotel atau penginapan dengan Masjidil Haram di Mekah atau Masjid Nabawi di Madinah.

Di samping itu, sebelum keberangkatan calon jamaah harus menyiapkan persyaratan dokumen jika tertarik mengikuti Haji Plus atau ONH plus. Yaitu fotokopi buku nikah bagi suami istri, KTP, KK, akta lahir, pas foto dan lainnya. Nomor antrian didapatkan setelah mendatangi tour yang melayani pendaftaran diri haji plus.

Jadi bagaimana, sudah siap melakukan ibadah haji di tahun 2022 nanti?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *