Biaya Naik Haji Plus 2024 

Biaya Naik Haji Plus 2024 

Biaya Naik Haji Plus 2024

Biaya Naik Haji Plus 2024
Biaya Naik Haji Plus 2024

Sahabat satutours, adakah di antara sahabat yang berniat pergi haji pada tahun 2024 menggunakan program haji plus? Nah, untuk biaya naik haji plus 2024 sendiri apakah sahabat sudah mengetahuinya?

Biaya Haji Plus

Berkaitan dengan biaya haji plus, sahabat perlu tahu bahwa program ini dipecah menjadi dua yaitu haji plus reguler dan VIP. Dari segi harga dan fasilitas tentu akan berbeda.

Harga haji plus reguler saat ini adalah $9,000 sementara untuk VIP $11,000. Harga ini tentunya tidak akan tetap, apalagi bila sahabat memiliki rencana keberangkatan pada tahun 2024. Namun tidak ada salahnya bila segala persiapan terkait ibadah haji sudah sahabat siapkan sejak sekarang.

Mulai dari pengetahuan mengenai hukum berhaji, tempat bersejarah apa saja yang harus diketahui dan mengandung nilai spiritual tinggi, apa yang harus dilakukan selama berhaji, apa syaratnya hingga apa saja yang harus dihindari.

Syarat Wajib Haji

Sesuatu yang membuat seseorang menjadi wajib melaksanakan ibadah haji adalah syaratnya. Sebab seseorang pun belum dikatakan wajib melaksanakan ibadah haji jika tidak memiliki salah satu syarat tersebut. Nah, apa saja sih syaratnya?

Syarat haji adalah sebagai berikut ini:

  • Islam

Sudah jelas, mereka yang berangkat haji adalah muslim atau yang beragam islam. Sebab haji sendiri merupakan ibadah rukun islam yang kelima harus dilaksanakan oleh semua muslim namun dengan syarat tertentu.

  • Berakal dan Baligh

Muslim berakal dan baligh adalah syarat selanjutnya yang harus dipenuhi saat hendak beribadah haji. Tentu dengan akal yang sehat kita bisa beribadah dengan khusus, apalagi bila kita sudah baligh maka segala bentuk pemahaman tentang agama, ibadah dan keharusannya bisa kita resapi dengan baik.

  • Mampu

Beribadah yang Allah perintahkan tidak akan pernah menyulitkan hambanya. Termasuk ibadah haji, mereka yang diharuskan adalah mereka yang mampu. Baik secara material atau pun fisik.

Rukun dan Wajib Haji

Biaya Naik Haji Plus 2024
Biaya Naik Haji Plus 2024

Terdapat rukun dan wajib dalam haji sehingga terdapat perbedaan dengan ibadah lainnya. Rukun haji merupakan sesuatu yang wajib dikerjakan saat melaksanakan ibadahnya. Tapi tidak dapat digantikan dengan membayar denda jika ditinggalkan. Nah asal Sahabat Satutours tahu, bahwa seseorang belum bisa dikatakan berjanji jika salah satu dari rukunnya ditinggalkan.

Dalam arti lain, ibadah hajinya bisa saja batal atau tidak sah. Berikut rukun haji yang tidak bisa ditinggalkan:

  • Ihram: berniat untuk memulai ibadah haji
  • Wukuf: Menetap di Padang Arafah mulai dari tergelincir matahari pada waktu dzuhur tanggal 9 dzulhijjah hingga terbitnya fajar pada tanggal 10 Dzulhijjah.
  • Thawaf Ifadah: Mengelilingi ka’bah sebanyak tujuh putaran diawali dari hajar aswad dengan posisi ka’bah berada di sebelah kiri.
  • Sa’i: Berlari-lari kecil antara Bukit Shafa hingga Bukit Marwah sebanyak tujuh kali.
  • Tahallul: Memotong atau mencukur rambut
  • Tertib: Mengerjakan rukun haji secara berurutan.

Tapi membayar denda bisa saja dilakukan jika meninggalkan wajib haji yang juga dikerjakan selama jama’ah menunaikannya. Wajib haji tersebut di antaranya:

  • Berihram dari Miqot
  • Mabit di Muzdalifah sesudah tengah malam hari raya haji
  •  Melontar atau melempar jumrah pada hari raya haji atau tanggal 10 Dzulhijjah
  • Melempar tiga jumrah si setiap hari pada tanggal 11, 12 dan 13 Dzulhijjah. Jumrah yang dilempar sebanyak tujuh batu kecil dan dikerjakan setelah tergelincirnya matahari
  • Bermalam di mina selama dua sampai tiga malam
  • Tawaf wada: tawaf yang dikerjakan pada saat akan meninggalkan kota Mekkah
  • Menjauhkan diri dari segala larangan

Jenis-Jenis Haji

Para ulama sendiri menyepakati beberapa jenis haji, yakni sebagai berikut:

  1.     Haji Tamattu

Ketika menunaikan ibadah umrah selama bulan haji bisa disebut dengan haji tamattu. Kemudian pada tahun yang sama, dilanjutkan dengan ibadah haji. Cara melaksanakannya adalah mengawalinya dengan niat menunaikan umrah dari miqat dan saat membaca talbiyah, dengan mengucapkan, “Iabbaika bi umrah”. Artinya, aku datang memenuhi panggilan-Mu untuk menunaikan umrah.

Sahabat Satutours harus tetap dalam keadaan berihram sampai di Mekah untuk melakukan thawaf, sai, serta mencukur rambut atau tahallul, menanggalkan pakaian ihram, mengenakan pakaian biasa dan melakukan hal-hal yang sebelumnya dilarang karena ihram sampai tiba hari Tarwiyah atau 8 Dzulhijjah. Saat itulah jugalah berniat haji dari Mekah.

  1.     Haji Ifrad

Haji Ifrad adalah menunaikan ibadah haji saja dari miqat dan ketika membawa talbiyah, mengucapkan, “Labbaik bi hajj”. Artinya, aku datang memenuhi panggilan-Mu untuk menunaikan Ibadah Haji.

Sahabat Satutours yang mengerjakannya harus dalam keadaan berihram selama rangkaian ibadah haji. Kemudian langsung melaksanakan thawaf qudum serta sa’i haji dan tidak diperbolehkan tahallul kecuali pada hari raya tanggal 10 Dzulhijjah ketika sampai di Mekah.

  1.     Haji Qiran

Jika Sahabat Satutours menunaikan ibadah haji dan umrah secara bersamaan, bisa dibilang melaksanakan haji qiran. Jemaat haji juga mengucapkan “Labaika bi haj wa umrah” ketika membaca talbiyah. Artinya, aku datang memenuhi panggilan-Mu untuk menunaikan haji dan umrah.

Menunaikan haji qiran pun harus tetap dalam keadaan berihram yang berlaku sampai ibadah umrah dan haji selesai sekaligus. Haji qiran sendiri terjadi beberapa jenis. Salah satunya adalah mengucapkan “labbaika umratan wa hajjan”. Sekaligus berihram dengan niat berumrah dan haji dari miqot.

Berihram dengan niat berumrah terlebih dahulu dan kemudian memasukkan niat ibadah haji ke dalam niat umrah sebelum melaksanakan thawaf umrah. Tapi bentuk lain dari haji qiran ini masih diperbincangkan beberapa ulama. Di antaranya adalah berihram hanya dengan niat akan melaksanakan ibadah haji saja. Kemudian menunaikan umrah sebelum melakukan rangkaian kegiatan ibadah haji, seperti sa’I maupun thawaf.

Tapi selama menunaikan haji qiran, Sahabat Satutours tetap harus dilakukan dalam keadaan berihram. Termasuk ketika melakukan thawaf Qudum dan menunaikan sa’i untuk haji dan umrah apabila sudah sampai di Mekkah.

Tetaplah juga dalam keadaan berihram sampai bertahallul dan wajib membayar hadyu atau menyembelih domba di hari raya Idul Adha. Hal itu dilakukan sebagaimana dalam ibadah haji tamattu. Sebenarnya pun menunaikan ibadah haji qiran tidak berbeda dengan ifrad.

Training yang Dibutuhkan Sahabat Satutours

Biaya Naik Haji Plus 2024
Biaya Naik Haji Plus 2024

Training merupakan bentuk persiapan pelatihan yang difasilitasi satutours untuk para jamaah, diberikan kepada Sahabat Satutours sebelum keberangkatan, selama beribadah haji dan tentunya setelah kembali ke tanah air.  Para trainer akan menyampaikan pemaknaan-pemaknaan yang khas di setiap momen dan ritual hajinya.Training dan kurikulum yang didapatkan Sahabat Satutours adalah mental dan spiritual berintegritas.

Biaya Haji Plus Solusi Berhaji Tepat Waktu

Peminat jemaah haji dari Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahunnya. Maka dari itu tidak dapat langsung berangkat tahun itu juga adalah risiko untuk jamaah yang mendaftarkan diri pada program haji reguler.

Namun dengan adanya haji plus, sahabat satutours tidak perlu khawatir karena jaminan 100% berangkat benar-benar bisa sahabat dapatkan. Tentunya jaminan kepastian berangkat itu juga bisa menjadi ancang-ancang untuk Sahabat Satutours mempersiapkan biaya naik haji plus 2024.

Yuk percayakan keberangkatan haji sabahat Bersama Satutours!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *