Biaya Haji 2025 PLUS

Biaya Haji 2025 PLUS

Biaya Haji 2025 PLUS

Biaya Haji Plus 2025
Biaya Haji Plus 2025

Ibadah Haji merupakan salah satu rukun islam yaitu rukun islam ke lima. Haji adalah perjalanan yang dilakukan tahunan oleh orang muslim ke Mekah. Karena merupakan rukun islam ke lima, maka ibadah haji adalah hukumnya wajib, hanya bagi yang mampu.

Mampu disini berarti memiliki kemampuan secara lahir dan batin. Artinya orang tersebut harus memiliki keadaan fisik serta rohani yang sehat. Untuk bisa menjalankan ibadah haji, seseorang harus memenuhi syarat – syarat tertentu. Terutama dalam hal keuangan, karena tentu untuk bisa pergi berhaji seseorang membutuhkan uang.

Biaya haji tiap tahunnya tidak sama, biasanya biaya haji tergantung paket haji yang diambil. Diantaranya biaya haji reguler dan biaya haji plus. Biaya untuk salah satu paket saja bisa berbeda tiap tahunnya. Misalnya saja biaya Haji tahun ini akan berbeda dengan biaya haji 2025 Plus.

Syarat, Rukun dan Wajib Haji

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai haji plus dan biaya haji plus, kita perlu terlebih dahulu mengerti dan memahami tentang syarat dan rukun haji. Seperti yang telah kita singgung sebelumnya, bahwa untuk bisa menjalankan ibadah haji kita perlu memenuhi syarat tertentu, diantaranya adalah :

  1. Islam

Berarti syarat utama dalam menjalankan ibadah haji tentu saja harus beragama islam.

  1. Berakal

Orang yang menjalankan haji adalah orang yang berakal atau tidak memiliki gangguan terkait kesehatan jiwanya.

  1. Baligh

Muslim yang telah mencapai usia baligh.

  1. Merdeka

Yaitu orang yang tidak terikat sebagai budak atau hamba sahaya.

  1. Mampu

Mampu berarti mampu dalam segalanya. Baik secara finansial, fisik serta rohaninya.

Dari syarat – syarat tersebut dapat kita ketahui bahwa untuk bisa melaksanakan ibadah haji kita perlu memenuhi persyaratan – persyaratan tersebut. Namun yang sering terjadi adalah seseorang sangat ingin pergi berhaji meski belum mampu.

Padahal untuk dikatakan mampu secara finansial adalah ketika seseorang memiliki cukup uang untuk biaya haji, untuk uang saku selama menjalankan ibadah haji, memiliki cukup uang untuk ditinggalkan bagi keluarga yang ditanggungnya serta memiliki cukup uang yang bisa digunakan ketika orang tersebut telah pulang dari beribadah haji.

Lalu apalagi yang perlu kita ketahui mengenai ibadah haji? Selanjutnya kita tentu perlu mengetahui rukun haji. Seperti ibadah – ibadah lainnya, ibadah haji tentulah ada rukun – rukun yang harus dijalankan. Rukun haji di antaranya adalah:

  1. Ihram

Maksudnya adalah menjalankan ibadah haji menggunakan pakaian ihram dengan niat haji di miqot. Apa itu pakaian ihram? Pakaian ihram adalah pakaian yang berupa kain putih tanpa jahitan.

  1. Wukuf

Wukuf berarti berdiam diri, berdzikir serta berdoa di Padang Arafh pada tanggal 9 Dzulhijjah mulai dari tergelincirnya matahari sampai terbitnya fajar pada tanggal 10 dzulhijjah.

  1. Tawaf Ifadhah

Rukun ketiga adalah Tawaf Ifadhah yaitu mengelilingi k’bah sebanyak tujuh putaran serta melakukan lempar jumrah aqobah pada tanggal 10 dzulhijjah.

  1. Sa’i

Selanjutnya, dalam ibadah haji juga harus dilakukan sa’i. sa’I adalah melakukan lari – lari kecil antara bukit shofa dan Marwah sebanyak tujuh kali.

  1. Tahallul

Tahallul artinya bercukur atau mencukur rambut minimal tiga helai rambut. Sebagian lelaki bahkan mencukur habis rambutnya karena merasa lebih baik seperti itu.

  1. Tertib

Berarti rukun tersebut harus dilakukan sesuai dengan urutannya.

Selanjutnya, dalam berhaji juga terdapat yang namanya wajib haji. Apa itu wajib haji? Wajib haji adalah sesuatu yang wajib dikerjakan dalam ibadah haji. Jika tidak dikerjakan, harus diganti dengan membayar dam atau denda dan haji akan tetap sah.

Selanjutnya, terdapat pula wajib haji yang perlu dilakukan baik Sahabat satutours ikut dalam paket haji plus maupun haji  reguler. Yang termasuk wajib haji diantaranya adalah:

  1. Ihram dari miqat
  2. Bermalam di muzdalifah
  3. Melempar Jumrah aqabah
  4. Melempar jumrah di Mina selama 3 hari
  5. Bermalam di mina di hari tasyrik (11,12 dan 13 dzulhijjah)
  6. Tawaf Wada’ ( tawaf perpisahan sebelum meninggalkan Mekah)
  7. Meninggalkan larangan – larangan saat Ihram.

Larangan – Larangan saat ihram

Pada wajib haji disebutkan salah satunya adalah meninggalkan larangan – larangan saat ihram/ larangan – larangan tersebut diantaranya adalah:

  1. Dilarang memakai pakaian berjahit dan memakai penutup kepala bagi jamaah laki – laki
  2. Dilarang memakai penutup wajah dn sarung tangan bagi jamaah perempuan.
  3. Dilarang menggunakan parfum, mencukur rambut, menikah, melakukan hubungan suami istri, berburu atau membunuh binatang.

Diatas adalah penjelasan singkat mengenai haji yang perlu sahabat satutours ketahui. Karena ibadah haji adalah ibadah wajib yang dilakukan sekali seumur hidup, maka kita harus melaksanakannya dengan baik dan sesuai dengan syariat.

Biaya Haji

Yang tak kalah penting untuk sahabat satutours ketahui adalah biaya Haji. Berhaji berarti kita akan melakukan perjalanan dari Indonesia menuju Mekkah. Perjalanan tersebut tentulah membutuhkan biaya. Untuk itu terdapat beberapa jenis biaya haji di Indonesia.

Biaya haji tersebut dibagi berdasarkan besarnya biaya dan juga akomodasi serta fasilitas yang akan di dapatkan. Untuk itulah, setiap orang akan memilih paket haji yang sesuai dengan kemampuan mereka. Jenis biaya haji yang umum diantaranya adalah adanya paket haji plus serta paket haji Furoda.

Biaya haji tersebut memiliki perbedaan, bahkan setiap tahunnya sangat mungkin untuk berubah besaran harganya. Hal ini karena biaya haji biasanya ditentukan dengan harga dolar. Itu artinya biaya yang harus sahabat satutours keluarkan untuk biaya haji tergantung dengan nilai tukar dolar dengan rupiah.

Paket Haji Plus

Paket Haji Plus
Paket Haji Plus

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Salah satu paket haji yang bisa sahabat satutours pilih adalah paket haji plus. Paket haji plus merupakan suatu paket haji dimana sahabat satutours tidak perlu menunggu antrian terlalu lama. Tak hanya waktu tunggunya yang tidak terlalu lama, sahabat satutours juga akan mendapatkan fasilitas yang ekslusif.

Untuk biaya haji plus sendiri masih dibedakan lagi menjadi 2, yaitu Haji plus dan Haji Plus VIP. Keduanya memiliki harga yang berbeda. Sahabat satutours akan menikmati fasilitas yang berbeda pula dari kedua paket haji ini. Keunggulannya adalah dengan paket haji plus sahabat satutours akan mendapatkan kepastian kapan keberangkatan kalian.

Haji Furoda

Travel Haji Satutours
Travel Haji Satutours

Mungkin sebagian dari sahabat satutours masih asing dengan Haji Furoda, atau bahkan belum pernah mendengarnya. Haji Furoda adalah keberangkatan haji menggunakan visa furoda. Visa Furoda merupakan undangan langsung dari kerajaan Arab Saudi. Itu berarti kalian tidak perlu lagi antri bertahun – tahun.

Perbedaan haji furoda dengan Haji plus tentu saja adalah pada waktu tunggu, fasilitas serta biaya haji yang perlu dikeluarkan. Namun, untuk lama waktu beribadah tentu saja sama yaitu selama 22 hari. Biaya yang perlu dikeluarkan juga relatif lebih besar. Meskipun begitu fasilitas serta akomodasi yang akan sahabat satutours terima juga akan lebih baik.

Demikian adalah penjelasan singkat mengenai Ibadah Haji serta sekilas mengenai biaya haji. Seperti penjelasan di atas, besarnya biaya haji tidak dapat ditentukan secara pasti. Karena ada kemungkinan berubah. Sebagai contoh Biaya haji 2025 plus dengan biaya haji tahun ini berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *