Biaya Haji Plus 2021 Kemenag

Biaya Haji Plus 2021 Kemenag

Biaya Haji Plus 2021 Kemenag

Biaya Haji Plus 2021 Kemenag
Biaya Haji Plus 2021 Kemenag

Di tahun 2020 ini, Kementrian Agama Indonesia telah menetapkan jumlah slot untuk jamaah haji asal Indonesia. Namun karena peningkatan jumlah pendaftar dari setiap daerah, Kementrian Agama RI masih terus mengusahakan untuk penambahan kuota haji dengan cara meminta tambahan slot haji dari Pemerintah Saudi.

Nantinya tambahan kuota haji tersebut akan dimasukkan pada kuota haji reguler. Dimana masa tunggu haji reguler yang sudah terlalu panjang, sehingga memaksa pemerintah melakukan tindakan agar bisa meminimalisir masa tunggu keberangkatan haji.

Selain dengan mengusahakan penambahan kuota haji, Pemerintah Indonesia juga memberikan solusi lain bagi calon jamaah haji yang ingin menunaikan ibadah haji lebih cepat, yakni dengan mengikuti program haji plus Kemenag.

Walaupun biaya haji yang harus dibayarkan jauh lebih tinggi, bahkan bisa mencapai 3 kali lipat dari biaya haji reguler, namun masa tunggu keberangkatannya pun jauh lebih singkat. Dengan begitu program haji plus ini jadi salah satu solusi terbaik untuk meminimalisir penumpukan jumlah calon jamaah haji reguler. Diharapkan masyarakat yang memiliki kemampuan lebih secara finansial untuk mendaftarkan diri pada program ini. Toh keuntungan akan dirasakan oleh kedua pihak, baik calon jamaah haji maupun Pemerintah dalam menanggulangi penumpukan calon jamaah haji terdaftar.

Faktor yang Mempengaruhi Biaya Haji Plus 2021 Kemenang Lebih Tinggi

Bagi sahabat Satutours yang belum paham mungkin bertanya-tanya, bagaimana bisa biaya yang dikeluarkan bisa mencapai 3 kali lipat dari biaya haji reguler. Penetapan biaya tersebut berkesinambungan dengan beberapa faktor yang mempengaruhinya, seperti:

  1. Kuota Haji Plus Lebih Kecil

Setiap tahunnya Pemerintah Indonesia mendapatkan kuota haji plus dari Pemerintah Saudi dengan jumlah yang jauh lebih kecil dibandingkan kuota untuk jamaah haji reguler.

Menariknya, meski kuota yang diberikan lebih kecil namun antrian untuk calon jamaah haji plus jauh lebih sedikit, mengingat biaya yang dikeluarkan memang lebih tinggi. Dari sedikitnya jumlah pendaftar program haji inilah, masa antrian keberangkatan pun menjadi jauh lebih cepat.

Jika untuk antrian haji reguler bisa mencapai puluhan tahun, bahkan di beberapa daerah bisa mencapai 30-40 tahun, namun tidak dengan program haji ini. Sahabat Satutours bisa menunggu hanya dalam hitungan tahun (di bawah 10 tahun) dan akan diberangkatkan langsung.

  1. Fasilitas Lebih Baik

Selain karena pengaruh kuota dan antrian yang lebih cepat, tingginya biaya haji plus juga dipengaruhi oleh fasilitas yang akan didapatkan oleh jamaah haji. Perbedaan fasilitas antara jamaah haji reguler dan jamaah haji plus antara lain ada pada pemilihan hotel baik di Makkah maupun Madinah.

Untuk program haji ini, jamaah haji akan diberikan hotel bintang 4 yang lokasinya memang lebih dekat dengan Masjidi Haram. Dengan begitu kenyaman dan kemudahan ibadah bisa dirasakan oleh jamaah haji.

Selain itu tenda haji yang ditawarkan pun merupakan tenda haji Furoda yang sudah dilengkapi dengan AC dan beberapa fasilitas pendukung lain.

Sementara untuk pesawat masih menggunakan pesawat ekonomi. Begitu juga dengan buffet yang menggunakan menu Indonesia. Pilihan menu khas Indonesia ini bertujuan agar makanan yang dikonsumsi oleh setiap jamaah haji sesuai dengan seleda lidah mereka.

  1. Pendaftaran Bisa di Agen Travel Haji

Untuk pendaftaran program haji plus sendiri bisa sahabat Satutours lakukan di agen travel yang menawarkan perjalanan haji dan umroh. Seperti Satutours, agen travel yang sudah memiliki ijin sebagai penyelenggara ibadah haji dan umroh ini merupakan salah satu agen terpercaya yang bisa menemani perjalanan haji sahabat Satutours.

Proses pendaftaran pun bisa dilakukan dengan mudah, seperti mengisi formulir pendaftaran dan menyerahkan beberapa dokumen yang dibutuhkan. Termasuk membayar sejumlah uang untuk pendaftaran nomor porsi dan pembayaran biaya ONH plus pada agen travel.

Kemudian untuk pembuatan visa sendiri akan diurus langsung oleh pihak travel. Sehingga calon jamaah haji plus hanya perlu mengikuti prosedur yang ditentukan tanpa harus repot mengurus banyak dokumen.

Dari penjelasan di atas, mungkin sahabat Satutours masih penasaran, berapa biaya pasti untuk haji ONH dari Kemenag? Untuk keberangkatan tahun 2021, biaya yang ditetapkan ialah berkisar antara $ 9.000. Namun nominal tersebut bisa sewaktu-waktu berubah sesuai dengan situasi dan kondisi.

Besaran biaya tersebut pun tak harus sahabat Satutours bayarkan sekali pada awal pendaftaran, namun bisa dilakukan dalam beberapa tahap. Untuk tahap pertama wajib $ 4.000 untuk mendapatkan nomor porsi. Kemudian $ 1.000 untuk biaya ONH plus ke agen travel dan sisanya bisa dibayarkan secara bertahap.

Mengapa Harus Pergi Haji Bersama Satutours?

Biaya Haji Plus 2021 Kemenag
Biaya Haji Plus 2021 Kemenag

Setelah mengetahui beberapa faktor yang mempengaruhi tingginya biaya haji plus di atas, tentu sahabat Satutours sudah memiliki gambaran bagaimana pelayanan yang akan didapatkan.

Termasuk untuk kepastian keberangkatan.

Dengan mendaftar program haji di Satutours, sahabat Satutours akan mendapat kepastian keberangkatan sesuai jadwal yang sudah dijanjikan di awal. Pemberitahuan jadwal pasti keberangkatan pun akan disampaikan langsung pada calon jamaah.

Sebelum melakukan perjalanan haji, seluruh calon jamaah haji akan mendapatkan pembekalan atau mansik haji. Lamanya manasik haji sendiri akan disesuaikan dengan situasi dan kondisi.

Setelah masa manasik selesai, seluruh calon jamaah haji plus akan mendapatkan perlengkapan haji dari pihak travel. Perlengkapan haji ini sudah termasuk dalam biaya total, sehingga calon jamaah tak harus mengeluarkan biaya tambahan apapun.

Lalu apa yang tidak termasuk dalam biaya haji plus 2021 Kemenang? Pertama yakni biaya transportasi lokal (di Indonesia), kemudian biaya untuk kebutuhan pribadi seperti sewa kursi roda dan jasa pendorong, ziarah di luar program utama dan beberapa kebutuhan lain yang sifatnya tersier.

Biaya senilai $ 9.000 tersebut tentu terhitung cukup murah untuk seluruh keuntungan yang bisa sahabat Satutours dapatkan.

Paket Lain dari Satutours

Biaya Haji Plus 2021 Kemenag
Biaya Haji Plus 2021 Kemenag

Setelah selesai menunaikan ibadah haji, sahabat Satutours bisa kembali melakukan traveling dan tour ke berbagai Negara bersama Satutours. Ya, selain menjadi agen travel penyelenggara ibadah haji dan umroh, Satutours juga merupakan agen travel yang banyak menawarkan paket wisata muslim.

Ada beberapa pilihan paket wisata muslim yang bisa sahabat Satutours pilih, seperti paket wisata Jepang, paket wisata Maroko, Spanyol dan Portugal, paket wisata Turki dan lain sebagainya.

Meski beberapa Negara tujuan adalah Negara dengan penduduk muslim sebagai minoritas, tapi sahabat Satutours tak perlu khawatir, karena wisata yang ditawarkan adalah wisata muslim. Keuntungan dari wisata muslim tentu tak sebatas jaminan makanan halal di setiap destinasi yang dikunjungi, namun juga pilihan destinasi wisata yang menarik.

Sahabat Satutours akan diajak ke banyak tempat yang menyimpan sejarah menarik tentang Islam. Salah satu Negara yang paling banyak menyimpan bangunan dan monument bersejarah Islam adalah Turki dan Maroko.

Sementara di Negara minoritas seperti Jepang, sahabat Satutours akan diajak ke tempat-tempat bersejarah dan cantik lainnya yang tak kalah menyenangkan pastiya.

Untuk informasi lengkapnya, sahabat Satutours bisa langsung cek di satutours.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *