Wujudkan Ibadah Haji dengan Visa Furoda Terbaik Tahun Ini

Wujudkan Ibadah Haji dengan Visa Furoda Terbaik Tahun Ini

Wujudkan Ibadah Haji dengan Visa Furoda Terbaik Tahun Ini

Travel Haji Furoda
Travel Haji Furodaa

Haji furoda menjadi alternatif penambah kuota haji reguler di Indonesia. Pasalnya, Departemen Agama dan Pemerintah RI masih belum bisa menemukan solusi terbaik untuk memberangkatkan calon jemaah haji.

Setiap tahun, calon jemaah haji semakin meningkat, bahkan membludak. Namun, kuota tidak bertambah. Sementara, jemaah haji harus menunggu hingga puluhan tahun di haji reguler. Sahabat Satutours, Pemerintah RI memiliki kerja sama bilateral dengan Pemerintah Arab Saudi. Di satu sisi, Pemerintah Arab Saudi selalu membuka kesempatan bagi seluruh warga di dunia untuk berhaji.

Melalui undangan ini, calon jemaah haji di Indonesia mendapatkan kesempatan mewujudkan impian beribadah di tanah suci. Undangan haji ini biasa disebut haji furoda dengan visa haji mujamalah.

  1. Apa itu haji visa furoda?

Sahabat Satutours, haji furoda adalah program haji non kuota yang sah dan terdaftar dalam kuota calon jemaah haji. Haji visa furoda disediakan oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi dengan pesawat tanpa transit atau langsung ke Saudi, baik melalui Makkah atau Madinah.Lama perjalanan haji furoda umumnya sekitar 23-26 hari, tergantung kuota visa mujamalah yang disediakan pihak travel umroh dan haji.

  1. Dasar hukum haji visa furoda

Haji furoda di Indonesia belum memiliki dasar hukum. Meskipun begitu, terdapat kesepakatan atau MoU antara Indonesia dengan Arab Saudi. MoU ini tidak melampirkan kuota haji furoda, bahkan detail jumlah dan ditujukan kepada calon jemaah haji pun juga tidak dipublikasikan. Menurut UU No. 8 Tahun 2019, warga Indonesia juga berhak mendapat undangan berhaji dengan visa mujamalah. Dengan syarat, calon jemaah haji furoda harus berangkat menggunakan penyelenggara ibadah haji khusus (PIHK).

PIHK ini dikenal sebagai agen travel umroh dan haji yang terdaftar di Kementerian Agama. Mengapa harus terdaftar dan berizin? Agar pemerintah dapat melakukan pengawasan dan perlindungan terhadap jemaah haji furoda.

Selain itu, calon jemaah haji furoda Jakarta dapat terhindar dari perdagangan manusia, bahkan perekrutan anggota makar atau terorisme. Ini juga penting demi keamanan calon jemaah haji furoda Jakarta. Karena itu, pihak travel umroh dan haji furoda harus bertanggungjawab terhadap jemaah haji furoda Jakarta.

Jemaah haji furoda Jakarta juga harus selalu membawa identitasnya. Jika perlu, menggantungkan ID Card anggota jemaah haji travel agar dapat dihubungi sesama rekannya.

  1. Apa itu visa mujamalah?

Visa mujamalah atau visa haji furoda adalah visa yang diberikan Kedutaan Besar Arab Saudi terhadap calon jemaah haji furoda. Calon jemaah haji yang terdaftar di visa haji furoda tidak akan terdaftar di Kementerian Agama. Melainkan terdaftar di e-hajj milik Kedutaan Besar Arab Saudi. Penyelenggaran visa mujamalah diatur dalam UU No. 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh. Bagi calon jemaah haji yang mendapatkan visa mujamalah, wajib berangkat melalui PIHK yang resmi dan berizin dari Kementerian Agama.

Pada dasarnya, visa mujamalah dibanderol nol rupiah alias gratis. Namun, yang membuat mahal adalah akomodasi, misalnya hotel. Karena itu, banyak agen travel berizin Kementerian Agama membuat paket haji visa furodah untuk mempermudah calon jemaah haji furoda Jakarta.

  1. Apa yang ditawarkan visa furoda ini?

Visa furoda menawarkan privilese atau keistimewaan pada calon jemaah haji. Misalnya calon jemaah haji adalah tokoh masyarakat, pejabat, atau individu yang mendapatkan penghargaan atau prestasi. Penawaran lain yang diberikan visa furoda terbaik tahun ini adalah akses layanan kesehatan di rumah sakit Arab Saudi. Visa ini memudahkan jemaah haji furoda Jakarta untuk menggunakan layanan kesehatan tersebut.

  1. Fasilitas visa furoda terbaik tahun ini

Selain keistimewaan, visa furoda secara tidak langsung memberikan fasilitas terbaik, baik dari segi akomodasi maupun transportasi. Berikut pembahasannya.

  1. Penginapan berbintang

Penginapan berbintang menjadi salah satu fasilitas visa furoda terbaik tahun ini. Jemaah haji furoda Jakarta akan mendapatkan layanan akomodasi di hotel bintang tiga dan lima di Makkah dan Madinah. Misalnya untuk di Makkah, hotelnya Pullman Zamzam Tower, Dar Al Gufran, Swiss Bel Hotel, atau setaraf. Sedangkan di Madinah hotelnya Al Haram, Royal Inn, Millennium Aqeeq, Movenpick, Shaza, atau setaraf.

  1. Pesawat langsung ke Jeddah atau Madinah

Sahabat Satutours mendapatkan pesawat langsung ke Jeddah dengan Saudi Airlines, Garuda Indonesia, Qatar Airways, atau Etihad. Keberangkatan bersama muthowif atau pembimbing haji yang sudah berpengalaman. Tiket pesawat langsung ini mulai penerbangan dari Jakarta-Madinah atau Jeddah kelas ekonomi. Namun, tidak termasuk tiket pesawat domestik, pembuatan paspor, suntik meningitis dan biometrik, dan kelebihan bagasi pesawat.

Penerbangan langsung Jakarta-Maddinah atau Jeddah ini diberangkatkan sesuai dengan jadwal yang Sahabat Satutours pilih. Lebih cepat, tanpa antri lagi. Sahabat Satutours juga mendapatkan fasilitas manasik haji, VIP Lounge keberangkatan, dan  penjemputan kepulangan haji.

  1. Tenda dan Bus AC

Pada paket haji visa furoda, pihak travel menawarkan fasilitas tenda ber-AC di Arafah dan Mina beserta shuttle bus AC sebagai transportasinya. Lokasi tenda AC di Arafah dan Mina, tepatnya Maktab 113-116. Lokasi ini strategis karena berdekatan dengan lokasi lempar jumroh.

  1. Garansi uang kembali

Harga haji furoda yang cukup tinggi, dinilai berisiko. Karena itu, pihak travel menjanjikan garansi uang kembali sebesar 50 atau 100 persen pada calon jemaah haji furoda Jakarta. Dengan syarat, ada hal di luar kendali, force majeur, atau kesalahan teknis dan non-teknis. Jika itu terjadi pada Sahabat Satutours, segera klaim garansi uang kembali tersebut. Perhatikan pula transparansi dana, penanggungjawab travel yang bisa dikontak, proses visa stempel dan status izin travel.

  1. Daftar itinerary

Pihak travel umroh atau haji umumnya memberikan daftar itinerary pada calon jemaah haji furoda Jakarta. Gunanya agar calon jemaah haji furoda dapat menghitung pengeluaran biaya haji furoda dan memperkirakan worst case jika tidak sesuai dengan itinerary. Daftar itinerary ini termasuk makan tiga kali sehari, kunjungan ke lokasi air zamzam, tahalul, membayar dam, dan sebagainya.

  1. Harga terjangkau

Perihal harga terjangkau, sebenarnya ini tergantung perspektif dan kemampuan finansial Sahabat Satutours. Pada dasarnya, visa haji furoda gratis dan berasal dari undangan khusus Kerajaan Arab Saudi. Namun, akomodasi dan layanan lainnya lebih mahal. Dilansir dari beberapa sumber, rentang harga haji furoda yang berlaku di Indonesia dimulai dari harga $14.000 sampai $18.500. Harga ini berasal dari berbagai travel umroh dan haji di Indonesia.

  1. Layanan city tour dengan tour guide

Layanan city tour dengan tour guide. hanya tersedia pada beberapa agen travel umroh dan haji yang berpengalaman. Negara yang dikunjungi umumnya Turki, Maroko, Palestina, dan sebagainya. Sedangkan kota, umumnya Jeddah, Madinah, Istanbul, Casablanca, dan sebagainya. Itulah pembahasan mengenai haji visa furoda terbaik. Jangan sampai salah pilih agen travel umroh dan haji yang mendapatkan tawaran visa haji furoda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *