Jangan Tertipu! Inilah 7 Tips Memilih Biaya Paket Haji Visa Furoda

Jangan Tertipu! Inilah 7 Tips Memilih Biaya Paket Haji Visa Furoda

Jangan Tertipu! Inilah 7 Tips Memilih Biaya Paket Haji Visa Furoda

7 Tips Memilih Biaya Paket Haji Visa Furoda
7 Tips Memilih Biaya Paket Haji Visa Furoda

Sahabat Satutours, tentu Anda sering melihat biaya paket haji visa furoda di internet. Dari sekian banyaknya agen travel umroh dan haji, mungkin ada beberapa yang menjadi pilihan Anda. Memilih biaya paket haji visa furoda memiliki trik tersendiri. Masing-masing Sahabat Satutours harus mengetahui hal-hal berikut agar tidak salah pilih. Berikut pembahasannya.

Tips memilih biaya paket haji visa furoda

Dalam memilih biaya paket haji furoda, ada hal-hal yang harus diperhatikan. Misalnya apakah agen travel menawarkan layanan uang muka atau DP? Apakah paket haji sudah termasuk transportasi ke tempat ibadah, tiket pesawat, dan akomodasi? Bagaimana dengan katering makan tiga kali sehari? Dan sebagainya. Pertanyaan-pertanyaan ini layak ditelusuri saat memilih biaya paket haji visa furoda. Berikut pembahasannya.

  1. Ada uang muka pendaftaran visa haji

Sebagian agen travel umroh dan haji menawarkan uang muka pendaftaran visa haji. Hal ini perlu diwaspadai, karena pada dasarnya visa furoda gratis dari pemerintah Arab Saudi. Yang perlu diperhatikan adalah paket biaya hajinya, bukan pembayaran visa haji furoda. Untuk menghindari kesalahpahaman, sebaiknya konfirmasi ulang kepada agen travel umroh dan haji. Pastikan bahwa uang muka yang dimaksud adalah biaya pendaftaran paket haji furoda.

  1. Paket termasuk transportasi dan akomodasi

Beruntungnya, kini haji furoda sudah diawasi Kementerian Agama dan pemerintah RI. Pelaksanaan haji furoda juga sudah diatur dalam UU No. 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh. Melalui undang-undang ini, pihak agen travel umroh dan haji wajib bertanggungjawab atas proses administrasi dan imigrasi calon jemaah haji. Termasuk dalam pengurusan transportasi dan akomodasinya.

Pihak agen travel umroh dan haji menyatukan transportasi dan akomodasi dalam paket haji visa furoda. Misalnya untuk transportasi, jemaah haji furoda Jakarta akan diantar ke Arafah, Mina, dan Muzdalifah dengan shuttle bus ber-AC.

Sementara untuk akomodasi, pihak agen travel umroh dan haji menawarkan penginapan atau apartemen berbintang tiga dan lima di daerah Jeddah dan Makkah. Lokasi strategis dengan tempat ibadah juga dapat menghemat waktu dan biaya jemaah haji furoda.

  1. Paket haji menyertakan pembimbing haji
7 Tips Memilih Biaya Paket Haji Visa Furoda
7 Tips Memilih Biaya Paket Haji Visa Furoda

Sebagian besar peserta haji furoda Jakarta berumur di atas 50 tahun, bahkan ada yang sampai 70 tahun. Pada prinsipnya, berapa pun umurnya, pihak agen travel umroh dan haji wajib menyertakan pembimbing haji, tour guide, bahkan ketua rombongan. Tujuannya agar jemaah haji furoda asal Indonesia tidak hilang dan berpisah. Selain itu, juga melindungi jemaah haji dari penculikan, perdagangan manusia, atau hal-hal di luar kontrol lainnya.

Pembimbing haji haruslah berpengalaman, paham terhadap sunnah haji, memiliki kemampuan komunikasi dan pembawaan yang baik, serta mampu mengorganisir rombongan.

  1. Paket haji menyediakan tenda di Armina

Ketika jemaah haji furoda Jakarta sudah tiba di Armina, maka saatnya melaksanakan ibadah haji tahap selanjutnya. Umumnya, singkatan Armina ini kerap ditemukan di situs-situs agen travel umroh dan haji. Tidak jarang kalau calon jemaah haji furoda kebingungan membacanya. Akan lebih baik jika pihak agen travel umroh dan haji memberikan arti singkatan, yakni Arafah dan Mina. Dua lokasi ini adalah lokasi peribadatan haji furoda.

Seperti yang telah diketahui, banyak kasus jemaah haji furoda mengalami kelelahan, dehidrasi, pingsan, atau mungkin kematian. Suhu udara di Arafah dan Mina yang tinggi, ditambah aktivitas luar ruangan selama seharian, membuat jemaah haji furoda butuh tenda ber-AC di Armina.

Jadi, selain beribadah dengan khusyuk, kenyamanan dan keselamatan jemaah haji furoda wajib diperhatikan.

  1. Paket sudah termasuk katering

Mayoritas agen travel umroh dan haji menyediakan paket katering. Paket katering ini termasuk katering makan pagi, siang, dan malam.Mungkin ada pula sebagian agen travel umroh dan haji yang tidak menyertakan paket katering tiga kali sehari. Namun, ini bisa diakali dengan membawa perbekalan dari Indonesia berupa lauk kering, tahan lama, dan mudah dibawa.

Paket yang sudah termasuk katering ini sering tercatat di daftar itinerary. Jadi agar lebih jelas, sebaiknya calon jemaah haji furoda mengonfirmasi ulang daftar itinerary yang disediakan pihak agen travel. Sedangkan pihak agen travel sebaiknya juga memperhatikan katering haji, mengingat jemaah haji banyak melakukan aktivitas di luar ruangan.

  1. Ada tiket pesawat pulang-pergi

Hampir sama dengan paket transportasi, tiket pesawat pulang-pergi sudah seharusnya masuk ke dalam paket ini. Sebabnya adalah visa furoda merupakan visa undangan dari pemerintah Arab Saudi. Sehingga dibutuhkan layanan tambahan untuk menggunakan visa ini. Seperti tiket pesawat pulang pergi.

Tiket pesawat pulang-pergi untuk jemaah haji visa furoda umumnya digunakan untuk penerbangan langsung atau direct flight ke Jeddah dan Madinah dari Jakarta. Karena sifatnya penerbangan langsung, maka tidak ada lagi waktu transit yang menghabiskan waktu jemaah haji furoda Jakarta. Inilah salah satu keuntungan visa furoda, yakni berangkat dengan penerbangan langsung, tanpa transit, serta berangkat lebih dahulu tanpa harus antri hingga belasan atau puluhan tahun.

  1. Visa yang digunakan adalah mujamalah, bukan yang lain
7 Tips Memilih Biaya Paket Haji Visa Furoda
7 Tips Memilih Biaya Paket Haji Visa Furoda

Terakhir adalah visa yang digunakan calon haji furoda Jakarta adalah visa mujamalah. Visa mujamalah merupakan visa undangan pemerintah Arab Saudi. Akan sangat berisiko jika pihak agen travel umroh dan haji menggunakan visa bisnis, visa pekerja, dan visa ziarah. Meskipun kuota waktunya bisa sampai 30 hari, tetapi jemaah haji furoda akan tertangkap karena masalah imigrasi.

Tentu ini akan sangat mengganggu kenyamanan dan kekhusyukan jemaah haji furoda. Akibatnya, jemaah haji furoda terganggu dan tidak akan menggunakan jasa haji furoda pada satu agen travel umroh dan haji. Bahkan dalam UU No. 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Haji dan Umroh, dinyatakan bahwa visa haji di luar kuota haji Indonesia dilarang digunakan oleh jemaah haji. Pernyataan ini tertera pada pasal 17.

Maksudnya pernyataan pasal 17 adalah, jemaah haji wajib menggunakan visa mujamalah dari pemerintah Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah haji. Bukan dengan visa selain visa mujamalah.Sebagai kesimpulan, biaya paket haji menggunakan visa furoda harus dipilih sesuai kebutuhan calon jemaah haji Jakarta. Karena, harga haji furoda sudah cukup tinggi, bahkan rawan diselewengkan pihak agen travel umroh dan haji.

Di satu sisi, paket haji visa furoda ini memberikan fasilitas-fasilitas istimewa bagi calon jemaah haji furoda Jakarta. Misalnya pesawat langsung ke Jeddah dan Madinah. Mendapatkan akses layanan kesehatan di rumah sakit Arab Saudi, atau mungkin hal lainnya. Di Indonesia, hanya ada agen travel umroh dan haji berizin dan terdaftar di Kementerian Agama untuk melaksanakan visa haji furoda ini. Pelaksanaan visa haji furoda sudah diresmikan melalui UU No. 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *