Biaya Haji Tahun 2025 dalam Rupiah

Biaya Haji Tahun 2025 dalam Rupiah

Biaya Haji Tahun 2025 dalam Rupiah

Arab Saudi adalah sebuah negara yang menjadi tujuan tamu para muslimin untuk beribadah haji. Setiap tahun, setidaknya jutaan orang Islam berkunjung ke Arab Saudi untuk berhaji. Sebagai negara dengan mayoritas penduduk yang muslim, masyarakat Arab Saudi juga memiliki karakter dan watak tertentu yang tidak dimiliki oleh orang Indonesia. Orang Arab menurut orang Indonesia adalah orang yang berwatak keras dengan nada bicara yang tinggi. Namun, ada juga beberapa budaya Arab yang mirip dengan budaya Indonesia, yaitu budaya basa-basi sebelum menyampaikan sesuatu yang penting. Budaya ini disebut dengan mujamalah atau basa-basi. Hal ini sangat berbeda dengan budaya Barat yang cenderung to the point ketika sedang berbicara. Bahkan, untuk sekadar bertanya sudah makan atau belum, orang Arab akan menanyakan berkali-kali untuk memastikan lawan bicaranya benar-benar sudah makan.

Masih banyak hal-hal yang lain dari budaya Arab yang patut kita pelajari agar tidak terjadi kesalahpahaman, terutama bagi masyarakat Indonesia yang berhaji atau datang ke Arab Saudi, antara lain:

  1. Orang Arab Bicara Keras

Selain basa-basi, hal lain yang sering ditafsirkan berbeda dari orang Arab adalah bicara dengan nada yang keras. Sama seperti halnya orang Batak, orang Arab juga menggunakan nada yang tinggi ketika bicara, namun bukan berarti marah. Biasanya orang Arab berbicara keras justru untuk mengungkapkan ketulusan dan kekuatan apalagi kepada orang-orang yang menurut mereka dekat. Hal serupa juga sering terjadi ketika majikan berbicara dengan nada tinggi kepada pembantunya, itu bukan berarti marah. Begitu juga petugas imigrasi yang sedang memeriksa paspor atau visa, mereka berbicara dengan nada tinggi untuk membuat ketegasan dan kedisiplinan.

  1. Orang Arab Berkendara di Sebelah Kanan

Berbeda dengan di Indonesia yang mewajibkan semua kendaraan dan angkutan umum harus berjalan di sisi kiri, maka di Arab Saudi justru sebaliknya. Semua pengguna jalan raya di Arab Saudi harus menaikkan dan menurunkan penumpang di jalur kanan.

Ini juga yang harus diantisipasi jika Sahabat Satutours adalah wanita. Jika Anda wanita, Anda tidak disarankan berpergian di tempat umum sendirian kecuali dengan suami atau saudara. Jika Anda naik taksi, maka harus laki-laki duluan yang masuk baru wanita menyusul. Kebalikannya jika turun dari taksi, wanita harus turun dulu, baru laki-laki. Di Arab Saudi sendiri, banyak sopir taksi yang membawa kabur istri orang karena jika wanita turun belakangan setelah laki-laki. Hal ini juga berlaku di lift.

Haji Plus 2023
Haji Plus 2023
  1. Bahasa Tubuh Orang Arab

Orang Arab cenderung sering menggunakan Bahasa tubuh sebagai bentuk komunikasi non verbal. Biasanya komunikasi verbal untuk mengungkapkan gagasan, pengetahuan dan informasi, sedangkan komunikasi non verbal untuk menguangkapkan isi hati atau perasaan melalui mimik muka, ekspresi wajah, jarak berbicara dan penggunaan benda-benda tertentu. Orang Arab memiliki bentuk komunikasi yang sangat ekspresif karena memadukan Bahasa verbal dan non verbal untuk meyakinkan lawan bicara.

  1. Perempuan Adalah Privasi

Budaya Arab sangat mementingkan keramahtamahan terhadap tamu, kemurahan hati dan sopan santun. Nilai kehormatan keluarga Arab tergantung pada keluarganya, khususnya anggota keluarga perempuan yang tidak boleh diganggu. Orang Arab sangat tidak lazim mengenalkan atau bahkan memperlihatkan istri atau anak perempuannya meskipun kepada teman sendiri. Rumah orang Arab juga biasa memiliki pagar yang tinggi yang berfungsi sebagai pelindung keluarga. Hal ini membuat tetangga pun tidak mengenal siapa istri atau anak perempuan yang tinggal di sebelah rumahnya.

  1. Busana Arab Saudi

Gaya pakaian yang dikenakan orang Arab Saudi semuanya hampir sama. Biasanya laki-laki Arab memakai pakaian berwarna putih yang disebut tsaub dengan sorban motif kotak-kotak berwarna merah-putih dengan ikatan igal di kepala. Sedangkan yang perempuan menggunakan pakaian berwarna hitam dengan kerudung hitam panjang dan juga cadar. Pakaian ini yang membuat perempuan Arab sangat menjaga kehormatannya dengan pakaian yang panjang dan menutup badan.

  1. Etika Orang Arab

Meskipun Islam lahir di Arab Saudi dan hampir 100% warganya beragama Islam, namun bearti  berarti etika dan cara masyarakat Arab dalam berbicara santun seperti yang diajarkan kitab suci Al-quran dan sunnah. Sebagian masyarakat Arab juga masih mengadopsi budaya jahiliah selama ini atau semata-mata bersifat kultural. Hal ini sangat penting dipahami oleh orang-orang yang berkunjung baik untuk berziarah, urusan bisnis ataupun untuk beribadah haji agar memahami orang Arab agar tidak berekspetasi terlalu tinggi dengan gaya bicara orang Arab.

Biaya Haji Plus Murah
 
  1. Gaya Bicara Orang Arab

Sejak masih kecil, orang Arab sudah diajarkan untuk mengekspresikan perasaan dengan berbagai bentuk emosi seperti menangis dan berteriak. Orang Arab biasa terbiasa bersuara keras untuk menunjukkan ketulusan dan kekuatan, sedangkan suara yang lemah lembut bagi orang Arab dianggap sebagai tipu daya, penggoda atau kelemahan. Orang Indonesia mudah tersenyum untuk menunjukkan keramahan dan menurut persepsi orang Arab, dianggap sebagai godaan sehingga banyak sekali kasus tenaga kerja wanita (TKW) diperkosa majikan sendiri karena terjadi kesalahpahaman atau gegar budaya. Kesalahpahaman ini yang membuat banyak sekali kasus pelecehan seksual yang menimpa wanita Indonesia oleh majikannya sendiri.

  1. Orang Arab Pandai Menyimpan Aib

Meskipun orang Arab berbicara dengan nada tinggi, namun jika sudah berada di tengah umum, orang Arab menghindari kumpul-kumpul untuk berbicara ngalor-ngidul. Hal ini berbeda sekali dengan orang Indonesia yang suka sekali nongkrong di warung kopi sambal ngobrolin banyak hal. Orang Arab berbicara seperlunya saja dan ini juga yang menyebabkan orang Arab pandai menyembunyikan aib saudaranya rapat-rapat. Mereka akan menjaga aib orang lain yang sudah mereka dengar. Hal ini berbeda sekali dengan budaya Indonesia yang justru menyebarkan aib saudara sendiri ke orang-orang lain. Kita harus belajar dari budaya Arab terkait menjaga aib saudara sendiri untuk menghindarkan banyak berita bohong yang mudah tersebar seperti debu yang bertebaran terkena angin.

Bersama Satutours, Anda bisa berhaji dengan tenang, Anda harus memahami budaya Aeab terlebih dahulu. Dan jika ingin berhaji dengan lebih mudah karena kami sudah menyiapkan banyak jadwal yang sudah sesuai dengan lebih efisien. Sahabat Satutours juga bisa menambah kunjungan ke negara tetangga untuk bisa mengenal Islam dengan baik. Kami juga menyediakan biaya umroh dengan harga yang lebih terjangkau dengan fasilitas yang cukup untuk beribadah ke tanah suci. Tak hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan harga khusus jika bisa mengajak Sodara Anda untuk beribadah bersama kami.

Jadi, tunggu apa lagi Sahabat Satutours? Segera daftarkan diri Anda dan keluarga untuk mengikuti Tour Maroko dan Spanyol 2024,  hubungi tim kami untuk menanyakan informasi seputar Haji Plus dan Biaya Haji Plus di line @satutours atau chat via Whatsapp di nomor 081312346366, dan nikmati perjalanan Anda dengan kenyamanan luar biasa dan tanpa rasa khawatir bersama Satutours.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *