Biaya Haji ONH Plus 2023

Biaya Haji ONH Plus 2023

Biaya Haji ONH Plus 2023

Paket Haji ONH Plus
Paket Haji ONH Plus

Biaya haji ONH plus 2023 merupakan bentuk keseriusan dari sahabat satutours untuk bersiap ke tanah suci. Namun tidak hanya persiapan materi yang harus matang. Dari sisi kesehatan fisik dan rohani, perlu di perhatikan dengan serius. Mengingat 22 hari akan berada di negara lain dan melakukan aktivitas fisik yang luar biasa. Rombongan haji plus harus melampirkan bukti laboratorium yang menyatakan bebas meningitis. Cek medikal tidak termasuk paket biaya haji plus.

Kebutuhan Medis Exclude Biaya Haji ONH Plus 2023

Kebutuhan medis exclude biaya haji ONH plus 2023. Ketika jemaah Haji dari Indonesia tiba di Ranah Suci. Sahabat satutours dan rombongan bisa memeriksakan kesehatan di BPHI yang terletak di Bandara King Abdul Azis. BPHI merupakan balai pengobatan Haji yang di khususkan untuk jemaah Indonesia.

Nantinya sahabat satutours bisa meminta multivitamin yang bisa dikonsumsi, selama berada dalam perjalanan menunaikan ibadah Haji. Selain itu apabila di antara jemaah Haji plus ternyata ada yang jatuh sakit. Dapar memeriksakan diri dan memanfaatkan waktu transit dengan beristirahat sebaik mungkin.

Cuaca dan temperatur yang panas dan cenderung sangat kering, membuat siapapun termasuk sahabat satutour memiliki kemungkinan dehidrasi. Karena itu pastikan setiap hari tubuh telah menadapat asupan makanan dan cairan yang cukup. Makan dan minumlah yang teratur dan secukupnya.

Kebanyakan jemaah Haji plus dari Indonesia mengeluhkan gangguan pernapasan. Diantaranya seperti keluhan sesak nafas, ketika diperiksa faktor penyebabnya sangat beraham. Seperti brochitis, TB paru, asma, pneumonia.

Ada baiknya bila sahabat satutours memulai kebiasaan baru yang bisa bermanfaat saat berada di tanah suci. Biasakan berlatih jalan lama, seperti melatih kekuatan fisik dengan berenang, berlari, atau treadmil. Menjauhkan diri dari makanan-makanan instant atau siap saji. Niscaya kesehatan darah, jantung dan pernafasan menjadi lebih baik.

Menjaga Tubuh Dari Dehidrasi dan Penularan Penyakit

Usahakan tubuh sahabat satutours selalu meminum air minimal 8 gelas setiap harinya. Karena tubuh yang kehilangan cairanjuga dapat memicu timbulnya penyakit baru. Jangan sampai karena dehidrasi perjalanan ibadah Haji menjadi terganggu.

Di setiap lokasi ibadah Haji tersedia fasilitas umum yang sangat memadai. Jadi sahabat satutours tidak perlu mengkhawatirkan perihal toilet dan sebagainya. Karena jemaah Haji plus akan banyak bersinggungan di kerumunan orang dalam waktu lama.

Disarankan untuk rajin menjaga kebersihan pribadi. Salah satunya dengan sering mencuci tangan dengan sabun di bawah air yang mengalir.

Perhatikan stok air untuk mandi adan mencuci. Bila memang hendak mencuci pakaian selama di penginapan. Sebaiknya jangan menyimpan pakaian basah di dalam kamar, karena dapat membuat atmosfer kamar menjadi sehat. Usahakan menjemur di luar kamar seperti balkon.

Jemaah Haji plus wajib menjaga kebersihan di dalam ruangan. Serta usahakan tidak merokok di dalam ruangan terlebih dengan AC. Saat akan tahallul, bawalah peralatan potong atau cukur rambu sendiri. Dengan tidak bertukar peralatan pribadi, sangat membantu mencegak terkena penyakit tertular.

Kewajiban Vaksinasi Sebelum Berangkat

Berdasarkan informasi dari Kementrian Kesehatan Indonesia, calon jemaah Haji plus harus melaksanakan persiapan yang sudah di tentukan. Persiapan keberangkatan Haji seawal mungkin, jauh lebih baik untuk sahabat satutours lakukan. Selain itu sebelum berangkat ada serangkaian persiapan yang harus dikerjakan, diantaranya adalah cek medikal laboratorium.

Semua calon jemaah Haji plus wajib mendapatkan vaksin meningitis. Nantinya semua jemaah akan di minta menyerahkan sekalian bukti sertifikat vaksinasi ACYW. Vaksin ini wajib bagi jemaah dari usia 2 tahun ke atas. Nantinya saat berada di zona Haji, sahabat satutours akan diminta bukti vald dari sertifikat meningokokus kuadrivalen.

Vaksin meningitis ACYW harus diberikan 10 hari sebelum hari keberangkatan ke Arab Saudi. Ada juga tipe vaksi polisakarida quadrivalent yang boleh diperoleh sejak 3 tahun terakhir. Termasuk vaksin konjugat quadrivalent yang sahabat satutours boleh dapatkan sejak 5 tahun yang lalu. Perlu di catat, semua keperluan vaksinasi tidak di cover biaya haji plus.

Sahabat satutours  bisa menjauhkan diri dari virus meningitis dengan tidak mengkonsumsi olahan makanan tanpa proses memasak terlebih dahulu. Daging dan ikan yang di konsumsi, sebaiknya dalam keadaan matang.

Gambaran di Tenda Maktab Arafah

Paket Haji ONH Plus 2023
Paket Haji ONH Plus 2023

Saat nanti melakukan wukuf Arafah di padang Arafah, maka sahabat satutours akan tinggal di dalam tenda maktab yang sudah disediakan. Penempatan tenda sudah include ke dalam biaya haji plus. Setiap tenda mampu menampung maksimal 20 orang jemaah Haji. Tidak perlu mengkhawatirkan fasilitas umum seperti toilet dan kamar mandi. Karena pasti cukup untuk semua jemaah yang ada.

Selama beraktivitas di luar ruangan sebaiknya sahabat satutours memakai masker. Jika matahari terasa sangat terik, tidak masalah membawa payung untuk melindungi diri. Selalu berebekal air minum kemasan. Sebab bagaimana pun jemaah Haji plus berada di luar zona nyaman mereka. Sehingga perhatian ekstra memang sudah menjadi tanggung jawab masing-masing individu.

Di pemodokan padang Arafah, semua air untuk konsumsi berasal dari air dalam kemasan. Sahabat satutours juga boleh mengambil air zamzam sebagai sumber minerla dalam tubuh. Sebab air bersih tidak akan berbau, bewarna dan tidak memiliki rasa. Karena potensi dehidrasi cukup besar, maka jemaat haji plus sebaiknya menjaga diri agar tetap teduh dan cukup minum.

Petugas haji akan memberikan jatah logistik dengan menu makanan yang terdiri dari protein, karbohidrat, mineral dan vitamin. Jadi sebaiknya sahabat satutours mengkonsumsi menu makanan dengan baik, agar kesehatan terus terjaga.

Membawa Perlengkapan Kesehatan Sederhana

Rangkaian ibadah Haji memang sangat panjang, dan tidak tidak dipungkiri memang sangat menguras tenaga. Maka dari itu sahabat satutours bisa berjaga-jaga, dengan membawa perlengkapan kesehatan kit atau dalam wadah kecil. Agar mudah di bawa kemana pun. Jika merasakan kondisi tubuh menurun lantaran sakit. Bisa langsung melakukan pertolongan pertama terlebih dahulu.

Pusing akibat kelelahan atau cuaca yang terik bisa saja terjadi. Selain itu jemaah Haji plus juga bisa mengalami migrain atau tipe sakit kepala lainnya. Lantaran keluar dari pola hidup selama ini. Ada baiknya jika berbekal abat sakit kepala dengan kandungan parasetamol, sebab mudah dibeli tanpa resep dokter.

Selain itu yang kerap menjadi masalah walau terlihat sederhana. Sakit perut yang diakibatkan diare, bisa mengurangi vitalitas jemaah Haji plus dalam melaksanakan serangkaian perjalanan. Menyediakan obat diare juga termasuk tindakan yang cerdas. Karena kehilangan cairan terlalu banyak juga dapat menyebabkan dehidrasi.

Setiap jemaah Haji plus, wajib memiliki kontak telepon tim kesehatan Haji Indonesia yang bertugas di sana. TKHI memang bertugas sebagai pengawas dan pelaksana pertolongan kesehatan semua jemaah Haji dari Indonesia. Mereka memiliki obat-obatan yang lengkap, ditambah kemudahan untuk akses fasilitas kesehatan di Arab.

Perlengkapan kesehatan pribadi bukan lah tanggung jawab dari pihak agen travel yang menyelenggarakan. Karena itu perlengkapan kesehatan kit merupakan anjuran bebas ,yang boleh dan tidak di lakukan oleh sahabat satutours. Sebab termasuk dalam pengeluaran pribadi jemaah, maka dari itu penting mengalokasikan dana khusus disamping biaya haji plus.

Demikian artikel tentang persiapan kesehatan serta sekelumit gambaran situasi saat menunaikan ibadah Haji. Semoga bermanfaat bagi sahabat satutours.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *