Daftar Haji Plus 2024

Daftar Haji Plus 2024

Daftar Haji Plus 2024

Paket Haji Plus 2024
Paket Haji Plus 2024

Daftar Haji plus 2024 karena menunaikan ibadah Haji merupakan hukum wajib bagi umat yang mampu, baik untuk pria ataupun perempuan. Setidaknya wajib di lakukan satu kali seumur hidup, kendati demikian proses keberangkatan membutuhkan persiapan yang sangat matang. Selain persiapan biaya, dokumen dan kodisi fisik. Sudah menjadi kewajiban bagi sahabat Satutour untuk mengetahui aturan, syarat serta rukunnya dalam Islam. Karenanya penting bagi calon jemaah haji plus untuk mengikuti serangkaian kegiatan manasik.

Daftar Haji Plus 2024 Wajib Ikut Manasik

Daftar Haji Plus 2024 di Jakarta
Daftar Haji Plus 2024 di Jakarta

Daftar Haji plus 2024 wajib ikut manasik. Dikatakan wajib sebab sesi manasik haji sangat membantu, khususnya calon jemaah yang belum memiliki pengalaman. Tata cara ibadah Haji serta rukun Haji akan dijelaskan pada tahap kegiatan Manasik.Tidak ketinggalan pengetahuan beretika selama berada di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Seringnya seseorang membawa kebiasaan di rumah, ketempatnya yang baru. Jika kebiasaan tersebut ternyata tidak sesuai dengan aturan atau kultur yang berlaku. Tentunya akan menimbulkan persoalan. Itulah mengapa penting bagi sahabat Satutours mempelajari situasi, budaya, dan peraturan di berbagai kota selama perjalanan religius.

Manasik Haji sendiri adalah program wajib yang diadakan oleh agen travel. Sesi ini umumnya akan didukung oleh pihak-pihak yang profesional dan memang ekspert di bidangnya. Bahkan sejumlah Ulama menyatakan kegiatan manasik hukumnya adalah fardu. Jika sudah demikian lebih baik calon jemaah Haji plus menjalankan proses tersebut dengan tenang.

Belakangan terakhir para pembimbing tidak hanya membimbing calon jemaah Haji plus melalui modul. Tetapi juga di tambahkan materi manasik dalam bentuk multimedia seperti video dan pdf. Isi dari materi yang dibagikan adalah detail informasi tentang rukun Haji.

Menghindari Sekedar Menjalankan Syubhat

Sahabat Satutours akan mengerti esensi dari perjalanan ibadah Haji serta korelasinya dengan ketauhidan. Sebagaimana dengan yang sudah di contohkan oleh Rasulullah. Serangkaian proses manasik menjauhkan peserta dari sekedar menjalankan syubhat. Karena bekal pengetahuan yang cukup.

Materi yang sudah diberikan dapat diulang dan diamalkan dengan lebih terperinci. Tentunya harus sesuai dengan ajar Al Quran dan Sunnah. Selain itu sahabat Satutours yang baru akan berangkat nanti, menjadi mendapatkan gambaran seperti apa situasinya disana.

Agen travel pun menjadi lebih tenang lantaran para jemaah Haji plus, memiliki pengetahuan yang memadai saat melakukan perjalanan di Tanah Suci. Nantinya sahabat Satutours akan mendapatkan ilustrasi tempat yang akan dikunjungi selama menjalankan ibadah Haji.

Dengan adanya manasik, maka sesama peserta Haji plus menjadi saling mengenal. Menambah relasi dan kolega jelas akan sangat berguna selama perjalanan. Bukankah perasaan menjadi lebih tenang ketika berangkat bersama rombongan yang lebih akrab.

Meningkatkan Kualitas Personal Melalui Arbain

Nantinya sahabat Satutours akan menjalankan salah satu aktivitas ibadah, bernama Arbain di kota Madinah. Disana jemaah haji plus akan melaksanakan salat fardu berjamaah di masjid Nabawi selama 40 kali secara berturut-turut.

Walaupun Arbain tidak termasuk ke dalam informasi manasik Haji. Tetapi mayoritas jemaah Haji plus umumnya menginginkan untuk melaksanakan Arbain. Esensi yang di tekankan adalah bagaimana umat mendisiplinkan diri, dengan menjalankan ibadah shalat 5 waktu.

Shalat merupakan imadudin dan tiang penopang agama. Dengan melaksanakan Arbain, diharapkan mampu membantu jemaah meningkatkan kualitas diri secara personal dan di tengah kehidupan sosial. Pembelajaran yang didapatkan harus diemplemetasikan, seoptimal mungkin sekembali sahabat Satutours ke Tanah Air.

Perjalanan dari Madinah akan berlanjut ke Mekkah. Nantinya rombongan Haji plus akan berhenti sejenak mengambil miqat di Dzu Hulaifah. Dzu Hulaifah merupakan masjid cantik yang letaknya sekitar 11 km dari masjid Nabawi, Madinah. Tepatnya masjid ini berada persis di perbatasan Tanah Suci.

Perlengkapan selama menjalankan ibadah haji sudah termasuk dengan biaya haji plus yang dibayarkan. Bagi jemaah yang akan memasuki Masjidil Haram harus mengganti pakaiannya. Lokasi masjid Dzu Hulaifah tempat jemaah mengambil miqat, berada sedikit menurun ke arah lembah yang menghijau.

Lembah tersebut dinamakan Lembah Aqiq. Selain bisa menikmati indahnya lembah yang menghijau, sahabat Satutours akan disuguhi pemandangan bukit batuan cadas yang tidak kalah indah.

Serba-Serbi Tentang Masjid Dzu Hulaifah

Desain masjid Dzu Hulaifah sendiri dirancang oleh arsitek bernama Abdul Wahid El Wakil. Mengambil inspirasi dari kehidupan masyarakat lokal yang tinggal di sekitaran lembah. Secara visual bangunan masjid mengambil dimensi kotak sebagai dasarnya. Keindahannya nanti bisa di abadikan dalam foto oleh rombongan Haji plus.

Masjid Dzu Hulaifah memiliki begitu banyak nama. Pertama kerap disebut sebagai masjid Bir Ali yang berarti sumur. Sebab dahulu kala Sayyidina Ali menggali banyak sumur di tempat tersebut. Walaupun saat ini sumur-sumur yang konon di buat oleh Sayyidina Ali sudah tidak dapat sahabat Satutours temukan.

Kemudian nama lain yang juga di kenal adalah masjid Syajarah dengan artian pohon. Sebab sebelumnya masjid dibangun di tempat Nabi Muhammad SAW berteduh di bawah pohon akasia.

Ketika jemaah haji  akan bertolak menuju Kota Mekkah akan menghabiskan perjalanan sekitar 5 jam dengan jarak tempuh 450 km. Untuk transportasi pun sudah termasuk dengan biaya Haji plus, tidak lagi perlu memikirkan biaya tambahan untuk tur guide dan lainnya.

Jemaah Haji plus harus ketahui saat mengambil miqat di masjid ini. Terdapat tiga hal yang sebaiknya sahabat Satutours lakukan. Mandi sunah irham dan mengganti tampilan dengan memakai pakaian irham. Di lanjutkan dengan shalat sunah ihram 2 rakaat. Kemudian niat ihram di ikuti dengan bertalbiyah.

Melaksanakan Thawaf di Mekah

Haji Plus 2024
Haji Plus 2024

Saat tiba di kota Mekkah maka sahabat Satutour akan melaksanakan thawaf sai umrah di Masjidil Haram. Thawaf merupakan kegiatan ibadah dimana umat akan mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali putaran. Putaran start thawaf ditandai dengan garis hijau beristilam dari garis Hajar Aswad.

Jemaah Haji plus dapat memanjatkan doa dengan bahasa ibu, membaca dua rakaat di belakang makam Ibrahim. Setelahnya sai akan berlanjut dari Shafa ke Marwa. Dengan membaca niat, sahabat Satutours menghadap ke Ka’bah dari bukit Shafa.

Jemaah yang laki-laki akan berlari kecil di Bathul Wadi yang ditandai dengan lampu hijau. Setelah prosesi thawaf maka sahabat Satutours akan melanjutkan dengan tahallul. Dengan menggunakan pakaian Irham  perjalan akan dilanjutkan menuju Arafah untuk melakukan wukuf.Setiap prosesi dalam melaksanakan ibadah Haji plus, kekuatan fisik umat haruslah optimal.

Sebaiknya jaga kondisi dengan rutin mengkonsumsi multivitamin. Pihak agen travel pun menyediakan makanan buffet selama trip. Itu berarti sahabat Satutours bisa menikmati makanan hingga kenyang. Pembayaran biaya Haji plus dibarengi dengan fasilitas yang memadai tentu saja menambah rasa puas setiap anggota jemaah Haji.

Lempar Jumrah Aqobah

Sementara untuk lempar jumrah Aqobah, akan dilaksanakan di Mina. Sahabat Satutours harus bersiap berada dalam kerumunan besar umat lain dari seluruh dunia. Sebenarnya pemerintahan Arab Saudi sudah membangun lokasi lempar jumrah menjadi tiga tingkat. Namun efeknya tidak cukup terlihat. Jemaah tetap padat dan berdesakan. Waktu dini hari merupakan momen paling sempurna untuk melempar jumrah.

Biaya penginapan hotel juga sudah merupakan bagian dari paket biaya Haji plus. Sahabat Satutours cukup memikirkan tentang pengeluaran pribadi. Karena tidak termasuk ke dalam paket perjalanan ibadah Haji.

Demikian sekilas tentang Manasik dan situasi saat sahabat Satutours akan menjalankan ibadah Haji. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *