Biaya Haji ONH Plus 2022

Biaya Haji ONH Plus 2022

Biaya Haji ONH Plus 2022

Biaya Haji ONH Plus 2022

Biaya Haji ONH Plus 2022Sebagai salah satu rukun Islam yang ke lima, menunaikan ibadah haji selalu dipersiapkan dengan serius. Salah satunya dengan mempersiapkan tuntas biaya haji ONH plus 2022. Rute perjalanan wajib Haji plus adalah kota suci Mekkah dan Madinah. Sebelum itu sebaiknya sahabat satutours mempersiapkan syarat-syarat lain di luar faktor biaya.

Persiapan Selain Biaya Haji ONH Plus 2022

Di sela waktu menunggu ada baiknya jika sahabat satutours juga menambah pengetahuan baru. Salah satunya adalah persiapan selain biaya Haji ONH plus 2020. Sebagai calon jemaah haji ada kewajiban yang harus dilakukan agar perjalanan ibadah Haji nanti tidak sia-sia.

Niatan haji atau Ihram, sebelum berangkat beribadah haruslah benar. Sahabat satutours dapat mensucikan diri dengan air wudhu. Menjaga hati dan pikiran dari pikiran dan perbuatan yang mengurangi amalan pribadi. Melaksanakan Ihram bagi calon jemaah Haji plus bukanlah suatu hal yang sepele.

sahabat satutours harus mengucapkan niat. Menjaga hati dan pikiran salah satunya dari pikiran-pikiran atau perbuatan tidak senonoh. Ihram tidak bisa di lakukan dengan niatan yang tidak sungguh-sungguh. Keinginan ini harus muncul atas keinginan pribadi jemaah haji plus bukan tekanan pihak luar.

Jemaah Haji plus harus sudah melaksanakan Ihram sebelum pergi melakukan miqat dan di akhiri dengan tahallul. Saat melakukan tahallul sahabat satutours harus mencukur setidaknya 3 helai rambut. Serta tidak menggunakan parfum. Peraturan dan ketentuan Ihram harus di ikuti dengan disiplin selama menjalankan prosesei naik Haji.

Larangan Selama Melaksanakan Ihram

Terdapat beberapa larangan yang nantinya rombongan Haji plus dan jemaah lainnya harus hindari. Saat melakukan Ihram pakaian yang di kenakan haruslah tidak memiliki jahitan. Tidak etis rasanya, jika tetap memakai pakaian sehari-hari saat beribadah di Tanah Suci.

Bagi jemaah Haji pria akan mengenakan dua lembar kain. Kain pertama berfungsi menutup bagian tubuh bawah. Kemudian kain yang ke dua akan diselendangkan. Serta tidak memakai penutup kepala. Pastikan membawa tas pinggang atau tas khusus naik haji plus yang di berikan oleh pihak agen travel.

Sementara ketentuan bagi jemaah wanita, bagian wajah dan telapak tangan tidak boleh tertutup. Namun seluruh tubuh harus tertupi dengan kain tanpa jahitan. Warna putih memiliki artian suci dan menandakan kesiapan seluruh jemaah meninggalkan kehidupan duniawi. Sahabat satutours hanya diperbolehkan memotong kuku dan rambut pada saat melakukan tahallul.

Kebutuhan saat melakukan Ihram termasuk ke dalam paket biaya haji plus. Pihak travel akan mengakomodir penyediaan kain putih yang di pakai. Apa yang sahabat satutours nantinya pakai menjadi perlambang kesungguhan membersihkan diri secara jasmani dan rohani.

Pemahaman Pentingnya Wukuf di Padang Arafah

Wukuf di Arafah
Wukuf di Arafah

Wukuf atau wuqufan bermakna berhenti, di laksanakan pada saat matahari tergelincir ke barat hingga fajar terbit. Di tengah padang Arafah yang luas, seluruh jemaah haji menyatu dan hanya meninggikan kebesaran Allah. Manasik haji di Arafah adalah satu-satunya yang pelaksanaanya adalah waqif.

Sahabat satutours diberi kesempatan merenung dan memohon pengampunan Allah SWT. Jemaah Haji plus nantinya akan benar-benar berada di wilayah padang aArafh. Sesuai dengan yang disunahkan. Pada momen inilah terjadi pertemuan akbar seluruh umat Islam, yang mengharapkan pengampunan dan ridha Allah Swt.

Melaksanakan wukuf di Arafah merpakan rukun Haji, yang menjadi inti dari ibadah haji. Jemaah yang melaksanakan rangkaian perjalanan naik Haji, tapi melewatkan wukuf. Maka dianggap tidak sah ibadah Haji-nya. Selama bermalam di padang Arafah, jemaah haji plus tidak perlu memikirkan tentang tenda.

Karena Indonesia dan negara-negara lainnya sudah mendapatkan lokasi berkemah. Saat menjalankan wukuf, sahabat satutours cukup fokus pada rangkaian ibadah Haji. Sebab semua hal teknis di kerjakan oleh pihak agen. Sesuai dengan fasilitas dari biaya Haji plus.

Bersabar Menghadapi Cuaca Ekstrim

Padang Arafah terletak di sebelah tenggara Masjidil Haram, hanya terpisah sekitar 21 km dari Mekkah. Itulah mengapa sangat penting mengikuti manasik Haji saat masih di tanah air. Sahabat satutours menjadi memahami manakah rukun, wajib, sunah, fadilah dan kaifiat. Dengan pemahaman yang tepat niscaya jemaah Haji plus menjadi Haji yang mabrur.

Kata Arafah sendiri memiliki artian pengakuan dosa dan khilaf yang tulus. Oleh karena itu sahabat satutours tidak melakukan aktivitas fisik. Hanya mengutamakan kegiatan rohani membangun komunikasi dengan Allah SWT. Pada proses ini jemaah Haji plus dapat belajar i’tiraf yang di lakukan para nabi.

Selama wukuf, jemaah di larang berpuasa. Sahabat satutours harus mempersiapkan diri dengan cuaca panas yang ekstrim dan kurang bersahabat. Disinilah kesabaran para jemaah Haji di uji. Kesehatan menjadi tanggung jawab pribadi setiap umat yang ber wukuf di Arafah.

Sekelumit Pemahaman Tawaf

Haji Plus Satutours
Haji Plus Satutours

Tawaf adalah salah satu rukun Haji dimana jemaah mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 putaran. Saat akan melaksanakan prosesi Tawaf. Sahabat satutours harus melaksanakan syarat shalat, di antaranya bersuci, niat dan menutup aurat diri. Selama menjalankan prosesi ini dapat berkomunikasi dengan jemaah lain.

Pundak kiri para jemaah Haji harus selalu lurus mengarah ke kiblat. Selain tidak diperkenankan menoleh ke belakang. Arah putaran mengelilingi Ka’bah nerlawanan dengan arah jarum jam. Nantinya sahabat satutours beserta rombongan akan memulai Tawaf dari titik Hajar Aswad.

Jemaah Haji plus saat melaksanakan prosesi Tawaf dapat juga melakukan sejumlah sunnah. Bagi jemaah yang sehat maka perjalanan akan di lakukan dengan berjalan kaki. Apabila merasa kondisi tubuh memang sakit dan tidak memungkinkan. Maka segera hubungi staff travel yang mendampingi jemaah.

Agar dapat di lakukan langkah antisipasi dan penanganan medis. Bagi umat yang sakit dapat menyewa kursi roda dan orang yang mendorongnya. Hanya saja di luar daftar biaya Haji plus. Karena termasuk dalam pengeluaran kebutuhan pribadi.

Jika memungkinkan, jemaah Haji plus dapat mencium Hajar Aswad setiap kali melintas. Namun apabila situasinya terlalu padat, maka sahabat satutours dapat memberi isyarat mencium Hajar Aswad. Biasanya pada musim Haji, dimana jemaah membludak akan sangat sulit untuk bisa mencium langsung.

Sunnah yang bisa sahabat satutours lakukan termasuk berjalan cepat pada putaran pertama hingga ketiga. Kemudian di lanjutkan dengan jalan biasa pada putaran ke empat hingga terakhir yaitu ke tujuh. Setelahnya jemaah Haji plus dapat melaksanakan shalat sunnah dua rakaat di belakang makam nabi Ibrahim.

Ketahui Jenis-Jenis Tawaf


Tawaf memiliki beberapa jenis yang wajib untuk sahabat satutours ketahui. Karena cara pelaksanaan Tawaf ada yang sifatnya rukun, dimana jika tidak di lakukan akan batal perjalanan haji-nya. Namun ada juga Tawaf yang hukumnya adalah sunnah. Sehingga boleh di lakukan oleh jemaah Haji plus, bila tidak pun tidak menjadi masalah.

  • Tawaf Qudum, merupakan Tawaf yang dapat di laksanakan setibanya sahabat satutours di Mekkah. Hukumnya adalah sunnah sehingga tidak akan membatalkan pelaksanaan ibadah Haji. Jemaah Haji plus cukup mengelilingi Ka’bah dengan berjalan biasa. Bagi jemaah wanita yang dalam masa nifas dilarang melaksanakan Tawaf.
  • Tawaf Tathawwu, dapat menjadi pengganti shalat Tahiyatul Masjid saat memasuki Masjidil Haram. Sahabat satutours bisa melaksanakan Tawaf ini kapan saja.
  • Tawah Ifadah, merupakan Tawaf rukun haji. Maka harus di laksanakan jika tidak, maka perjalanan ibadah Haji sahabat satutours dinyatakan batal. Diutamakan pelaksanaan pada tanggal 10 Dzulhijjah. Tepat setelah jemaah Haji plus melempar jumrah Aqobah.
  • Tawaf Wada, dilaksanakan saat jemaah haji akan meningglkan Mekkah dan kembali ke tempat asalnya. Jika tidak melakukan tawaf ini maka jemaah harus membayar dam.

Demikian artikel tentang sekelumit prosesi perjalanan jemaah Haji. Nantinya sahabat satutours tidak lagi terkejut. Lantaran telah banyak belajar dari berbagai informasi. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *