Biaya Haji 2021 dalam Rupiah

Biaya Haji 2021 dalam Rupiah

Biaya Haji 2021 dalam Rupiah

Ibadah haji adalah rukun Islam yang kelima yang hukumnya fardhu ‘ain bagi yang mampu. Karena hal inilah, setiap muslim selalu m  emiliki keinginan kuat untuk beribadah ke Baitullah setidaknya sekali seumur hidup. Ibadah haji, selain karena perintah dari Allah langsung, juga dianggap sebagai penyempurna ibadah setiap muslim di dunia.

Ibadah haji memiliki syarat-syarat tertentu yang sudah ditentukan oleh syariat Islam. Pertama adalah rukun haji. Rukun haji adalah perbuatan wajib bagi jemaah haji dan jika dilanggar akan mendapat denda sesuai ketentuan syariat Islam. Rukun haji antara lain, ihram atau niat haji, wukuf di Arafah, Tawaf keliling Ka’bah, Sai, menggunting atau mencukur rambut dan tertib.

Wajib haji adalah kegiatan yang harus dilakukan dalam ibadah haji. Apabila dilanggar, maka hajinya tidak sah kecuali dengan membayar denda dengan menyembelih binatang. Wajib haji ada enam yaitu, Ihram, mabit di Muzdalifah pada malah hari raya haji, melempar jumrah, Mabit di Mina, Tawaf Wada’ dan menjauhkan diri dari larangan atau perbuatan ketika ihram, antara lain:

  1. Bagi laki-laki dilarang menggunakan pakaian yang dijahit,
  2. Menutup muka bagi wanita dan menutup kepala bagi laki-laki
  3. Membunuh hewan yang diburu
  4. Memotong kuku
  5. Menggunakan wangi-wangian
  6. Melakukan pernikahan
  7. Melakukan hubungan seksual
  8. Memotong rambut atau bulu badan orang lain

Indonesia merupakan negara dengan penganut agama Islam terbesar di dunia juga sudah banyak masyarakat kita yang mendaftar haji dan masuk dalam daftar antrean tahunan di Kementerian Agama. Setiap tahunnnya, jutaan orang Indonesia diberangkatkan ke Mekkah untuk melaksanakan ibadah haji. Banyak persiapan yang perlu dilakukan banyak Jemaah haji Indonesia sebelum berangkat berhaji, salah satunya adalah dengan persiapan fisik yang cukup selain bekal ilmu tentang haji.

Indonesia dan Arab Saudi memiliki perbedaan cuaca yang sangat signifikan. Hal ini menjadi masalah yang cukup serius bagi Jemaah haji asal Indonesia. Suhu di Mekah dan Madinah sendiri bisa mencapai 40o C atau lebih ketika siang hari. Suhu tersebut jauh lebih tinggi dari suhu yang ada di Indonesia.

Untuk mengantisipasi hal ini, biasanya panitia penyelenggara haji sudah menyiapkan banyak hal beberapa bulan sebelum jamaah haji Indonesia berangkat ke Arab Saudi. Biasanya, jemaah haji Indonesia akan dilatih fisiknya dengan banyak kegiatan olahraga di luar ruangan. Persiapan fisik ini menjadi penting karena untuk menghadapi serangkaian ibadah haji di Arab Saudi. Jemaah haji Indonesia diharapkan bisa meningkatkan kesehatan dan kebugaran agar tidak terserang kelelahan dan dehidrasi sebelum berangkat ke tanah suci.

Beberapa tips bagi jemaah Indonesia sebelum dan selama berhaji agar tetap bugar dan sehat antara lain:

  1. Sebelum berangkat, persiapkan fisik yang cukup. Walaupun jemaah haji sudah ada program persiapan dari panitia jemaah haji untuk latihan fisik, Sahabat Satutours bisa menambahkan waktu olahraga sendiri di luar jadwal dari panitia. Hal ini untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah lelah dan letih selama melaksanakan ibadah haji.
  2. Sebelum berangkat, sahabat satutours juga harus banyak mengonsumsi makanan yang sehat dan cukup. Perbanyak makan sayur dan buah-buahan untuk meningkatkan stamina selama di tanah suci. Sahabat satutours juga bisa menambahkan suplemen makanan sebagai penunjang kesehatan. Tak lupa, istirahat dan minum air putih yang cukup untuk mencegah kelelahan dan sakit sebelum berangkat.
  3. Ketika sudah sampai di tanah suci, kurangi kegiatan di luar ruangan. Jika sahabat satutours hendak keluar ruangan, gunakan tabir surya untuk menjaga kulit tetap lembab. Suhu di tanah suci sangat tinggi dan itu sangat berbahaya untuk kesehatan kulit. Jangan lupa membawa kacamata hitam untuk menjaga kesehatan mata.
  4. Biasanya para jemaah haji melakukan sholat arbain di Mesjid Nabawi dengan lengkap, jika kondisi tidak memungkinan, sebisa mungkin untuk tidak memaksakan diri.
  5. Jemaah haji Indonesia sangat disarankan untuk istirahat yang cukup begitu sampai hotel atau penginapan. Perjalanan yang Panjang dan antrean sering membuat jemaah haji menjadi kelelahan, jadi jemaah haji perlu istirahat yang cukup.
  6. Minum air putih yang cukup untuk menghindari dehidrasi. Kurangi minuman bersoda dan kopi karena dua minuman ini akan memperparah dehidrasi Sahabat Satutours. Selalu sediakan tumblr kecil untuk menampung air. Fungsinya untuk berjaga-jaga jika kebetulan sahabat satutours jauh dari tempat penampuangan air.
  7. Konsumsi makanan yang sehat dan seimbang dan atur pola makan seteratur mungkin. Perhatikan asupan makanan adalah makanan yang memiliki gizi seimbang. Jemaah haji Indonesia biasanya memiliki catering khusus yang sudah disesuaikan dengan selera makanan Indonesia, jadi sebisa mungkin jangan sampai tidak ada asupan makanan sama sekali. Serangkaian ibadah haji biasanya menghabiskan banyk energi sehingga perlu diimbangi dengan asupan yang cukup dan bergizi demi menjaga daya tahan tubuh. Sahabat satutours sebisa mungkin mengurangi jajanan di luar catering yang sudah disediakan panitia pelaksanaan haji untuk mencegah keracunan makanan.
  8. Lakukan pemeriksaan kesehatan rutin sebelum berangkat melakukan aktivitas ibadah haji. Jika terjadi kondisi badan yang kurang enak, datangi petugas kesehatan sesegera mungkin untuk menghindari timbulnya penyakit lain yang lebih serius. Sahabat satutours harus tahu jika jemaah haji satu dengan yang lain memiliki kontak secara tak sengaja secara fisik dan kita tidak tahu jemaah lain sedang sakit atau tidak, jadi sebisa mungkin untuk tetap menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan dengan sabun.
  9. Lakukan peregangan sebelum istirahat agar badan tidak mudah kram ketika melakukan perjalanan yang panjang. Peregangan bisa dilakukan di kamar hotel dengan gerakan-gerakan sederhana. Peregangan yang harus dilakukan adalah peregangan leher, tangan, kaki dan punggung. Peregangan juga bisa dilakukan setelah bangun tidur setelah sebelumnya tidur dan badan cukup kaku karena hanya berbaring di tempat tidur.

Begitulah beberapa tips yang harus dipersiapkan sahabat satutours jika ingin berhaji. Sahabat Satutours, jika Anda ingin melaksanakan ibadah haji sekaligus napak tilas ke beberapa negara, Anda bisa bekerja dengan kami untuk memudahkan perjalanan Anda. Anda bisa memilih untuk mulai mendaftar untuk biaya haji plus murah atau dengan menggunakan haji furoda. Satutours sudah mengajak banyak jamaah untuk melaksanakan haji bersama kami dan sekarang giliran sahabat Satutours untuk menikmati perjalanan bersama kami untuk mendapatkan promo biaya haji plus murah.

Jadi, tunggu apa lagi Sahabat Satutours? Segera daftarkan diri Anda dan keluarga untuk mengikuti info terkait biaya haji 2021 murah dalam rupiah,  hubungi tim kami untuk menanyakan informasi seputar Haji Plus dan Biaya Haji Plus di line @satutours atau chat via Whatsapp di nomor 081312346366, dan nikmati perjalanan Anda dengan kenyamanan luar biasa dan tanpa rasa khawatir bersama Satutours.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *