Tour Eropa Timur

Tour Eropa Timur

Tour Eropa Timur

Tour Eropa Timur
Tour Eropa Timur

Kuliner adalah hal sangat penting dalam sebuah perjalanan wisata. Tak hanya berwisata dengan tujuan ingin mencicipi kuliner dari Negara tujuan wisata namun juga bagi sahabat  satutour tentu akan menjadi pertimbangan yang penting akan tersedianya makanan halal di Negara tujuan wisata. Memang jika kita berwisata ke Negara-negara Eropa saat ini sudah banyak restoran yang dimiliki oleh warga muslim karena penduduk muslimnya yang berjumlah banyak seperti Negara Bosnia.  Namun jika muslim dengan jumlah minoritas seperti Negara Rusia maka tentu memerlukan ekstra tenaga dalam menemukan makanan halal.

Berikut beberapa tips mencari makanan halal yang dapat sahabat satutour gunakan selama mengikuti tour Eropa timur :

  • Datangilah Rumah Makan di Dekat Masjid

Jika sahabat satutour menemukan sebuah masjid di Negara tujuan wisata maka dapat dipastikan kemungkinan besar warung makan yang ada di dekatnya merupakan usaha yang dimiliki oleh seorang muslim. Karena tak mungkin warga non muslim betah mendengarkan suara azan berkali-kali dalam sehari yang tidak familiar dengannya. Maka hanya warga muslim saja yang biasanya menetap di kawasan yang terdapat masjid. .

  • Datangilah Rumah Makan yang terdapat tulisan halal 

di Eropa timur  Tak luput Eropa harus menerima wisatawan dari Timur Tengah
di Eropa timur  Tak luput Eropa harus menerima wisatawan dari Timur Tengah

Eropa juga menggiatkan wisatawan untuk mengunjungi Negara mereka. Maka banyak Negara-negara di Eropa juga beberapa di Eropa timur  Tak luput Eropa harus menerima wisatawan dari Timur Tengah atau Negara muslim seperti Indonesia. Maka fasilitas bagi wisatawan tersebut tentu saja restoran dengan logo halal pada pintu masuknya.

  • Rumah makan yang dimiliki warga muslim

Banyak masyarakat muslim di Eropa yang telah membuka usaha rumah makan dan tentu saja menu yang ditawarkan adalah halal. Sahabat satutour dapat mencari warung seperti ini yang dijamin akan menemukan menu yang halal bahkan menu daging sekalipun. Seperti rumah makan milik warga timur tengah, rumah makan miliki warga Turki atau rumah makan milik warga Indonesia

  • Menu tertentu

Terkadang jika sahabat satutour sudah mengenal menu tertentu yang sudah dijamin dengan komposisi halal seperti flying pizza di Italia tepatnya kota Milan. Disamping komposisi makanan yang memang tidak mengandung daging seperti kentang goreng dan pizza. Nah, jika sahabat satutour menemukan restaurant ini maka biasanya restoran ini menyediakan menu halal. Ada juga restoran Shahi dera yang terdapat di Austria. Ini adalah salah satu restoran Pakistan yang terdapat di Vienna tepatnya 10 Garnisongase, Wien. Sahabat satutour juga dapat bertanya pada tim dari Paket Tour Eropa Timur Jakarta akan perihal restoran dengan menu tertentu tersebut yang menemani sahabat satutour berwisata ke Eropa timur.

  • Hindari makan daging

Sebagai alternatif sahabat satutour dapat mengkonsumsi roti seperti roti Spanyol dengan ulir yang ditaburi gula.
Sebagai alternatif sahabat satutour dapat mengkonsumsi roti seperti roti Spanyol dengan ulir yang ditaburi gula.

Jika memesan makanan yang non daging sudah pasti sahabat satutour akan menikmati makanan halal. Seperti makanan yang berkomposisi sayauran dan buah-buahan. Namun repotnya bagi mereka yang terbiasa dengan nasi,  makanan vegetarian biasanya tak akan bertahan lama di perut. Namun setidaknya hindarilah daging. Sebagai alternatif sahabat satutour dapat mengkonsumsi roti seperti roti Spanyol dengan ulir yang ditaburi gula. Disebut Churros. Roti ini dimakan dengan saos straberi, coklat atau vanilla.

–     Komposisi ikan

Makanan seperti soup yang berisi lobster, kerang maupun udang dan ikan dapat menjadi pilihan selanjutnya. Terlebih jika sahabat satutour mengunjungi Eropa timur disaat musim dingin. Namun tetap saja memastikan jika bahan-bahan yang digunakan tetap halal karena terkadang campuran minyak babi atau alcohol sering dicampurkan dalam memasaknya.

–     restaurant warga Negara sendiri

Dengan menemukan restaurant milik warga Indonesia maka sahabat satutour seperti sudah pulang kampung. Karena gado-gado atau nasi uduk akan menjadi menu di restorant tersebut. selain restorant pizza Indonesia Bruschetta yang juga menjual roti asal Italia yang dipotong dan ditaburi lada, tomat, bawang putih dan sedikit garam.

  • Menu makanan Timur Tengah, kebab

Banyak restorant di Eropa yang terdapat gerai kebab.
Banyak restorant di Eropa yang terdapat gerai kebab.

Kebab biasanya berisi daging sapi,kambing atau ayam. Karena makanan ini berasal dari Timur Tengah maka komposisi daging yang digunakan adalah halal. Selain padat kebab juga dapat bertahan lama di perut. Banyak restorant di Eropa yang terdapat gerai kebab. Biasanya imigran asal timur tengah yang ada di Eropa mereka berjualan kebab yang halal. Selain harga harganya yang terjangkau juga kebab merupakan makanan cepat saji yang bersifat takeaway hingga dapat dibawa pulang jika tak ingin berlama-lama di restorant. Namun begitu, kita tetap harus waspada akan kebab yang berada di beberapa bagian kota di Eropa timur seperti Serbia. Mereka terkenal memakai daging babi sebagai isi kebab. Maka ada baiknya bertanya dulu daging yang digunakan.

  • Penduduk Mayoritas 

Jika akan berwisata ke suatu Negara hendaknya kita memahami budaya dan agama yang mayoritas di Negara tersebut. Apakah muslim disana mayoritas atau minoritas seperti Albania, Turki, Bosnia dan Kosovo yang banyak terdapat muslim disana. Jika Eropa timur yang dituju adalah Negara tersebut maka mencari restoran halal akan menjadi hal mudah. Namun jika sahabat satutour berwisata ke Negara dengan muslim sebagai minoritas seperti Serbia atau Austria dimana Islam adalah minoritas maka tentu saja berbeda. Seperti Negara Lithuania, Estonia, Latvia atau Polandia maka mencari restoran halal adalah tantangan tersendiri di Negara tersebut. Maka pahamilah budaya Negara tersebut sebelum sahabat satutour mengunjunginya.

  • Manfaatkan aplikasi di internet

Banyak tersedia aplikasi untuk mencari lokasi restoran halal di internet. Aplikasi seperti halal trip, halal dining club, Crave halal, Haloodie, Zabihah dan lain sebagainya yang dapat memandu sahabat satutour dalam menemukan restoran halal. Memang jika sahabat satutour sedang berjalan-jalan dan secara tak langsung menemukan restoran halal, tentu saja masalah makan akan selesai. Namun jika sahabat satutour tak menemukannya, sementara perut sudah berdendang maka membuka aplikasi tersebut adalah solusi tepat.

  • Jadilah vegetarian untuk sementara

satu cara aman sahabat satutour berubah menjadi konsumen makanan vegetarian untuk sementara
satu cara aman sahabat satutour berubah menjadi konsumen makanan vegetarian untuk sementara

Yang perlu digarisbawahi adalah tidak melulu dagingnya yang halal, namun proses memasak apakah ada campuran bahan yang tak halal seperti minyak babi. Juga cara memotong hewan tersebut. meski ayam sekalipun jika cara memotongnya tak menggunakan nama allah azza wajalla, atau alat memasak seperti wajan yang digunakan adalah wajan yang sama dengan koki memasak menu daging babi tanpa dimasak terlebih dahulu, maka makanan tersebut tidak masuk dalam kategori halal. Nah, sulit juga jadinya yah ? maka salah satu cara aman sahabat satutour berubah menjadi konsumen makanan vegetarian untuk sementara waktu. Banyak makanan dengan komposisi padat juga lho seperti kentang atau roti dengan bahan dasar tepung yang sudah jaminan halalnya. Atau komposisi susu dan telur. Maka hindarilah daging kecuali kita benar-benar yakin komposisi dan cara mengolahnya adalah halal.

  • Memeriksa kode emulsifier

Jika kesulitan menemukan restoran halal, maka salah satu jalannya agar aman dari yang tak haram adalah dengan memeriksa kode emulsifier yang tertera pada kemasan sebuah produk yang dijual di supermarket. Maka dengan kode tersebut sahabat satutour dapat memeriksa lewat googling apakah kode tersebut termasuk kategori halal dan tidak. Kode ini ada pada setiap kemasan makanan, minuman dan juga kosmetik.

  • Mendatangi toko yang sudah berlabel halal

Jika sahabat satutour menemukan toko yang memang memajang tulisan halal maka hal ini akan sangat memudahkan karena tentu saja semua produk yang dijual terutama daging adalah halal. Biasanya toko-toko tersebut dimiliki oleh imigran beragama Islam yang berasal dari Asia, Afrika atau Timur Tengah. Jika menemukan toko yang dimiliki oleh warga Indonesia maka tahu dan tempe juga tersedia selain makan halal lainnya.

  • Bertanyalah

Jika sudah bertanya maka sahabat satutour akan terhindari dari yang non halal.
Jika sudah bertanya maka sahabat satutour akan terhindari dari yang non halal.

Hal yang paling mudah tentu saja dengan bertanya kepada pelayannya atau kokinya. Namun hal ini tentunya jika kendala bahasa tidak menjadi masalah. Jika sudah bertanya maka sahabat satutour akan terhindari dari yang non halal. Meski ini mungkin akan sedikit repot karena yang ditanyakan bukan hanya komposisinya namun juga proses menyembelih dan wajan yang digunakan.

Semoga kendala dalam menemukan restoran halal tak lagi menjadi kendala setelah sahabat satutour mengetahui tips-tips yang telah kita bahas ya. Jadi tak menghalangi sahabat satutour untuk menjadi bagian dalam Travel Tour Eropa Timur di Jakarta. Selamat berwisata ke Eropa timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *