Haji Furoda

Haji Furoda

Haji Furoda

Haji Furoda
Haji Furoda

Menunaikan ibadah haji adalah impian seluruh umat muslim yang ada di dunia. Haji merupakan rukun Islam yang ke 5 sehingga umat Islam sangat ingin menunaikannya. Namun tidak sedikit orang yang merasa hal tersebut hanyalah impian saja, sebab dibutuhkan biaya yang tidak sedikit yaitu paling tidak sekitar 30 jutaan. Ibadah haji terasa lebih berat lagi dengan antrean kuota berangkat yang lama hingga bertahun-tahun.

Setiap tahunnya umat Islam datang berbondong-bondong ke tanah suci tidak hanya haji namun juga umroh. Sehingga hal ini menjelma menjadi sebuah peluang bisnis besar. Pemerintah Arab Saudi dapat meraup pendapatan yang sangat fantastis dari jama’ah yang datang.

Terdapat beberapa program haji yang ditentukan oleh pemerintah Indonesia dengan biaya yang berbeda-beda. Tentu saja dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing yaitu reguler, paket haji plus, dan haji furoda.

Program haji reguler

Program haji reguler merupakan program haji yang paling banyak dipilih masyarakat Indonesia. Biaya haji reguler berdasarkan keputusan presiden ditetapkan berdasarkan embarkasi yaitu sekitar 35 juta rupiah. ini menjadikan program reguler adalah program haji dengan biaya paling terjangkau. Namun banyaknya peminat haji masyarakat Indonesia setiap tahunnya tentu saja sangat melebihi kuota yang diberangkatkan, sehingga terjadilah sistem antrean. Akan tetapi dikarenakan banyaknya pendaftar yang tidak sebanding dengan kuota membuat waktu antrean hingga bertahun-tahun lamanya.

Program haji plus kuota

kuota jama’ah tetap masuk dalam kuota haji pemerintah Indonesia.
kuota jama’ah tetap masuk dalam kuota haji pemerintah Indonesia.

Paket haji plus kuota  tidak diselenggarakan oleh pemerintah melainkan dari pihak swasta. Oleh karena itu biaya ongkos haji plus kuota lebih besar daripada program haji reguler. Namun kuota jama’ah tetap masuk dalam kuota haji pemerintah Indonesia.

Mahalnya biaya haji plus disebabkan oleh kenyamanan pelayanan yang didapatkan. jika biaya haji reguler rata-rata adalah di bawah angka 40 juta, maka untuk ongkos naik haji plus kuota sekitar  100 juta rupiah lebih. Terlihat sekali perbedaan diantara kedua program.

Ongkos tersebut juga belu termasuk perhitungan biaya untuk perlengkapan haji jama;ah, pengurusan paspor, kelebihan bagasi, vaksin meningitis, pengeluaran pribadi, denda haji, dan masih banyak lagi.

Dinamakan dengan plus juga karena prosesnya yang lebih cepat. Jama’ah haji program reguler bisa berada di Makkah dan Madinah selama 40 hari. sedangkan jama’ah haji plus hanya 25 hari saja. Waktu antrean keberangkatannya pun lebih cepat dibandingkan haji reguler  yaitu sekitar 8 tahun saja. Kuota haji plus juga sangat terbatas.

Kelebihan dari lain dari haji plus adalah lokasi penginapan yang dekat dari Masjid Al Haram dan Masjid Nabawi dengan berbagai fasilitas hotel yang berkualitas. kebutuhan akomodasi dan konsumsi juga termasuk di dalamnya. Sedangkan untuk biaya haji reguler tidak termasuk biaya konsumsi.

Haji plus non kuota atau haji furoda

Bagi calon jama’ah haji furoda tidak butuh waktu lama untuk mengantre hingga bertahun-tahun lamanya
Bagi calon jama’ah haji furoda tidak butuh waktu lama untuk mengantre hingga bertahun-tahun lamanya

Haji plus non kuota atau haji furoda adalah perjalanan ibadah haji menggunakan visa undangan kerajaan atau disebut visa furoda. Program haji furoda tidak termasuk kuota haji Indonesia. Melainkan masuk dalam kuota haji negara Saudi Arabia. Kuota ini bisa dimanfaatkan oleh siapa saja calon haji dari seluruh dunia secara legal.

Bagi calon jama’ah haji furoda tidak butuh waktu lama untuk mengantre hingga bertahun-tahun lamanya. Calon jama’ah haji dapat langsung berangkat menunaikan haji di tahun yang sama saat mendaftar.

Mendapatkan visa haji furoda tidaklah mudah, dan tergolong sulit. Travel umroh dan haji yang sahabat satutours Surabaya percaya akan mengajukan usulan kepada pihak kedutaan terlebih dahulu. Kemudian pihak kedutaan akan menentukan calon jama’ah yang memperoleh visa. Proses penentuan ini sangatlah independen dan tidak bisa dilakukan intervensi oleh pihak manapun. Inilah yang membuat jaminan uang akan dikembalikan saat pengajuan visa tidak diterima oleh kedutaan Saudi Arabia.

Biaya untuk haji furoda ini sekitar 15 ribu dolar US dan belum termasuk biaya lain seperti suntik meningitis, biaya dam, dan lain-lain. Sedangkan biaya pelunasan baru disetor saat visa telah keluar dan distempel oleh kedutaan. Di Jakarta terdapat haji furoda Jakarta.

Haji Kecil atau Umroh

Umroh bukan haji melainkan hanya melakukan wisata religi ke tanah suci yang juga dianjurkan dan mendapatkan pahala. Namun haji adalah rukun wajib umat Islam.  Umroh juga sering dijadikan sebagai alternatif untuk berkunjung dan beribadah ke tanah suci karena antrean keberangkatan haji yang sangat lama.

Umroh dapat dilaksanakan kapan saja. Sedangkan waktu pelaksanaannya selama 6 sampai 7 hari. untuk biaya umroh lebih relative kecil dan terjangkau yaitu sekitar 20 jutaan sesuai rekomendasi pemerintah. Namun bisa saja lebih karena disesuaikan dengan fasilitas-fasilitas lain dan kenyamanan.

Pilih Haji Furoda

Setelah mengetahui penjelasan macam-macam program haji di atas, tentu saja program haji furoda lebih menarik. Dengan berbagai kelebihan haji furoda terutama pada waktu keberangkatan merupakan hal yang paling utama. Selain itu terdapat beberapa kelebihan lain yang didapat dari haji visa furoda antara lain:

  1. Waktu keberangkatan yang lebih cepat dibandingkan program yang lain.
  2. Proses keimigrasian yang lebih mudah dan aman tanpa hambatan saat di Bandara King Abdul Aziz Jeddah.
  3. Penginapan yang istimewa dekat dengan Masjid Al Haram dan Masjid Nabawi.
  4. Tenda haji yang baik dan nyaman saat di Arofah, Muzdalifah, dan Mina.
  5. Tidak dibayangi oleh askar sehingga beribadah menjadi lebih khusyuk.

Program haji furoda menjadi solusi untuk sahabat satutours Surabaya yang ingin menunaikan ibadah haji tanpa antrean yang lama, namun dengan konsekuensi biaya yang besar. Program ini dikhususkan untuk sahabat satutours Surabaya yang benar-benar berniat untuk melaksanakan haji dengan cepat. Terutama bagi para lansia atau yang sudah berusia lanjut.

Tips mendapatkan visa haji furoda

Untuk itu bagi sahabat satutours yang ingin mengambil program haji furoda untuk mengetahui dan memahami tips untuk terhindar dari penipuan travel agen.
Untuk itu bagi sahabat satutours yang ingin mengambil program haji furoda untuk mengetahui dan memahami tips untuk terhindar dari penipuan travel agen.

Tidak sedikit dari calon jama’ah haji yang harus kecewa dengan tawaran visa haji furoda dari agen travel dengan waktu tunggu 1 tahun. Banyak yang tertipu karena sudah membayar biaya mahal, namun tidak bisa diberangkatkan. Untuk itu bagi sahabat satutours yang ingin mengambil program haji furoda untuk mengetahui dan memahami tips untuk terhindar dari penipuan travel agen.

  1. Pastikan pilihlah travel haji yang mempunyai ijin resmi penyelenggara haji dari departemen agama.
  2. Pastikan juga travel mempunya kontrak kuota dengan pihak yang berwenang di Arab Saudi. Kontrak tersebut merupakan jaminan bahwa agen travel memiliki jatah langsung visa haji furoda dari kerajaan Arab Saudi.
  3. Jangan mudah percaya pada agen travel yang meminta sahabat satutours Surabaya untuk melunasi pembayaran di awal.
  4. Pastikan travel agen mempunyai mekanisme haji jelas dan transparan untuk calon jama’ahnya
  5. Pastikana sahabat satutours Surabaya memperoleh MOU saat visa furoda tidak disetujui, dana bisa dikembalikan.
  6. Pilihlan travel agen perjalanan haji dan visa furoda yang amanah, dapat dipercaya, dan berpengalaman.

Seperti yang telah dijelaskan tentang keistimewaan dari haji visa furoda yang menyebabkan biayanya sangat mahal yaitu banyak yang menginginkannya sehingga memperebutkan visa haji foroda. Maka berlakukan hukum ekonomi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *