Haji Plus 2020

Haji Plus 2020

Haji Plus 2020

Haji Plus 2020
Haji Plus 2020

Haji merupakan salah satu rukun Islam yakni merupakan rukun Islam ke lima bagi umat muslim. Rukun Islam berarti sebuah hal yang wajib dilakukan seseorang yang mengaku dirinya muslim, sehingga setelah melakukannya, berarti orang tersebut telah menunaikan hal wajib yang diperuntukkan untuk dilakukan oleh orang muslim. Maka dari itu, tidak sedikit masyarakat yang setelah merasa cukup mapan, akhirnya berbondong – bonding untuk mendapatkan kuota haji yang nantinya akan diberangkatkan setiap tahunnya. Namun, dikarenakan memang jumlah masyarakat muslim di Indonesia sangat banyak, membuat kuota haji sangat cepat terisi penuhnya, sehingga untuk masyarakat yang berada di antrean belakang terpaksa akan menunggu hingga tahun – tahun berikutnya. Dan hal tersebut bahkan mampu mencapai sekitar 5 bahkan 6 tahun. Tentu merupakan waktu yang panjang untuk dapat menunaikan salah satu kewajiban bagi umat Islam. Apalagi, ajal seseorang tidak ada yang tahu. Tidak sedikit masyarakat yang memang sudah dipanggil sang kuasa sebelum saatnya mereka diberangkatkan ke tanah suci.

Nah, untuk itu, kini ada sistem haji yang baru, dimana seseorang tidak perlu lagi untuk menunggu hingga 5, 6 , atau bahkan 7 tahun untuk dapat berangkat haji. Sebab, kini sudah ada sistem Paket haji plus, dimana sahabat bisa langsung berangkat pada waktu tercepat sejak sahabat mendaftarkan diri sahabat untuk dapat menjadi kuota haji tahun tersebut. Nah, salah stau jenis dari paket haji plus tersebut adalah haji furoda. Sudah banyak pula agen perjalanan yang menyediakan haji furoda ini. bahkan, untuk Jakarta sendiri juga sudah banyak agen yang melayani haji furoda Jakarta, salah satunya adalah agen perjalanan haji Satutours ini.

Nantinya, pihak satutours akan membantu sahabat untuk dapat menjadi bagian dari haji plus 2020, dan dapat mencapai tanah suci dengan segala kemudahan, dibandingkan jika sahabat hanya terdaftar sebagai peserta haji yang pada umumnya.

Namun, mengingat haji furoda 2020 ini akan diselenggarakan dalam waktu yang tidak lama lagi ( kurang dari 1 tahun ), tentunya peralatan haji yang sahabat gunakan juga harus sahabat persiapkan dari jauh – jauh hari. Nah, untuk itu, kali saya akan membahas mengenai perlengkapan apa saja yang mungkin nanti akan sahabat bawa padhaji plus 2020 tersebut. Penasaran? Yuk, simak informasinya berikut ini ya!

Perlengkapan Doa dan Guide Tour

Jika sahabat akan mendaftarkan diri sahabat untuk menjadi peserta haji, sahabt juga nantinya akan mendapatkan satu set buku doa yang nantinya akan sahabat baca setelah tiba di tanah suci. Nah, biasanya buku doa dari departemen agama tersebut memiliki bentuk yang kurang efisien sehingga sulit untuk dibawa kemana – mana dan kurang fleksibel. Maka dari itu, sahabat bisa menggantinya dengan perlengkapan doa yang mungkin menurut sahabat lebih efektif dan dapat lebih mudah sahabat baca., bahkan, jika ada alat doa yang digital, sahabat juga sangat diperkenankan untuk menggunakannya, apapun itu yang dapat memudahkan sahabat.

Nah, selain doa, sahabat juga tidak boleh melupakan keberadaan guide tour, mengingat tanah suci tentunya merupakan wilayah yang masih asing untuk sahabat terutama untuk sahabat yang memang belum pernah menunaikan haji atau umroh sekalipun sebelumnya. Maka dari itu, keberadaan guide tour di sini dapat membantu sahabat dalam menentukan perjalanan dan mengatur perjalanan sahabat juga mengarahkannya. Nah, sahabat jangan sampai memilih tour guide yang salah ya, sebab tour guide merupakan seseorang yang keberadaannya nanti akan menjadi andalan para sahabat.

Namun, dengan adanya tour guide ini, jangan sampai membuat sahabat menjadi malas untuk membawa peta ya! Sebab, sahabat juga harus tetap membawa peta, khawatir terjadi hal – hal yang tidak diinginkan misalnya seperti tertinggal rombongan, tersesat dan lain sebagainya. Sahabat juga sangat disarankan untuk memiliki sistem navigasi yang baik dari gadget sahabat untuk memudahkan pelacakan lokasi sahabat dan rombongan berada.

Perlengkapan obat – obatan dan kesehatan lainnya

Perlengkapan kedua yang memungkinkan untuk sahabat bawa adalah obat – obatan
Perlengkapan kedua yang memungkinkan untuk sahabat bawa adalah obat – obatan

Perlengkapan kedua yang memungkinkan untuk sahabat bawa adalah obat – obatan dan juga hal – hal yang berhubungan dengan kesehatan lainnya misalnya vitamin, suplemen, dan lain sebagainya. Biasanya tidak sedikit peserta haji yang memang usianya telah senja dan sering kali mengonsumsi obat – obatan dalam kehidupan sehari – hari. Nah, hal ini juga harus sangat diperhatikan. Jangan sampai obat – obatan tersebut tertinggal apalagi sahabat perlu untuk mengonsumsinya sehari – hari. Mengingat pula bahwa waktu haji juga cukup lama dan khawatirnya akan berpengaruh pada kesehatan sahabat nantinya.

Untuk sahabat yang memiliki penyakit tertentu, juga jangan lupa untuk membawa obat – obatan khusus sahabat. Jangan sampai tertinggal dan menyulitkan sahabat di sana. Karena jika memang tertinggal dan tidak ada cadangan, sahabat mau tidak mau akan pergi ke rumah sakit di sana dan bisa jadi biaya kesehatannya akan lebih mahal jika dibandingkan dengan biaya kesehatan di Indonesia. nah, sahabat tentunya ingin untuk menghemat pengeluaran tak terduga juga bukan di sana?

Perlengkapan Busana

Nah, selanjutnya perlengkapan yang perlu sahabat penuhi adalah perihal busana haji, mengingat busana haji yaitu menggunakan ihram. Nah, dalam memilih pakaian haji ini juga nampaknya harus diperhatikan lebih lanjut. Sebab, ada beberapa hal yang mungkin menurut sahabat sepele, namun memiliki imbas yang luar biasa bagi kelangsungan ibadah sahabat. Misalnya dalam mencari ihram dan juga gamis muslimah, sahabat ada baiknya mencari busana yang memiliki kantong. Nah, kantong tersebut nantinya sahabat bisa gunakan untuk meletakan uang, nametag, kaos kaki, atau barang – barang sahabat yang lainnya. Sehingga sahabat tidak perlu repot – repot memegang dengan tangan sahabat dan mengurangi kekhusyukan saat sahabat sedang melakukan ibadah.

Nah, selain itu, untuk sahabat yang memang akan membeli busana yang berukuran besar, perhatikan pula ukuran ihramnya dan sabuk hajinya. Pas kan terlebih dahulu senggang badan sahabat sehingga ketika digunakan pas dan nyaman tanpa mengurangi kekhusyukan sahabat dalam menunaikan ibadah haji.

Perlengkapan Dokumen dan Keuangan

sahabat juga membutuhkan uang. Siapkan uang dengan mata uang wilayah tanah suci, dan juga siapkan uang pecahan
sahabat juga membutuhkan uang. Siapkan uang dengan mata uang wilayah tanah suci, dan juga siapkan uang pecahan

Nah, hal yang terpenting salah satunya adalah masalah – masalah dokumen yang sangat wajib untuk sahabat bawa untuk pergi haji nantinya. Passport, visa, SPMA, dan dokumen haji yang lainnya dapat sahabat simpan dalam satu tempat kecil yang isinya adalah dokumen lainnya dan menghindari adanya pencampuran barang ke tempat tersebut. Sehingga jika sahabat membutuhkannya, sahabat bisa menemukannya dengan mudah dan tidak tercecer. Perhatikan pula setiap sahabat bepergian di sana, untuk tidak lupa membawa dokumen – dokumen tersebut.

Selain itu, sahabat juga membutuhkan uang. Siapkan uang dengan mata uang wilayah tanah suci, dan juga siapkan uang pecahan untuk memudahkan sahabat bertransaksi di sana. Siapkan pula untuk pengeluaran di sana dan perkirakan berapa besar yang akan sahabat habiskan di sana. Jangan sampai sahabat kekurangan uang ya apalagi jika sahabat ingin membawa cendera mata dari tanah suci.

Semoga bermanfaat, selamat menunaikan haji furoda 2020!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *