Haji 2020

Haji 2020

Haji 2020

Haji 2020
Haji 2020

Pada setiap tahun Makkah dan Madinah selalu dipadati oleh jama’ah  hingga jutaan orang untuk melaksanakan ibadah haji atau umroh. Untuk ibadah haji Arab Saudi menerima tamu hingga 1,5 jutaan orang setiap tahun dan akan terus meningkat pada haji 2020 dan seterusnya.

Ibadah haji merupakan rukun islam yang ke 5 dan sangat diimpikan oleh seluruh umat islam di seluruh dunia. Termasuk juga Indonesia yang berpenduduk mayoritas muslim terbesar di dunia. Sehingga tinggi sekali kebutuhan masyarakat Indonesia untuk pergi haji. Namun kenyataanya kuota haji Indonesia tidak sebanding dengan para pendaftarnya. Oleh karena itu sahabat satutours Surabaya harus menunggu antrian keberangkatan yang cukup lama.

Sebenarnya pemerintah Indonesia juga memberikan opsi pilihan dengan berbagai program haji yaitu reguler, paket haji plus, dan haji non kuota. Berbagai pilihan tersebut dapat digunakan oleh sahabat satutours yang hendak menunaikan ibadah haji. Program-program haji tersebut tentu saja mempunyai kelebihan-kelebihan dan kekurangannya masing-masing. maka sebaiknya sahabat satutours Surabaya memilih program sesuai dengan kebutuhan saja.

Reguler 

Program haji reguler merupakan program haji yang terdaftar dan diselenggarakan oleh kementerian agama atau dapat dilaksanakan oleh pihak swasta yang terdaftar di kementerian agama. Haji reguler menggunakan kuota haji pemerintah dengan berbagai sistem pelaksanaannya berada dibawah tanggung jawab dan otoritas dari pemerintah Indonesia.

Program ini termasuk program yang peling banyak diminati masyarakat Indonesia. Haji reguler memiliki biaya yang paling terjangkau yaitu sekitar 30 jutaan rupiah. Namun biaya tersebut belum termasuk biaya keperluan calon jama’ah. Keluhan yang paling banyak dirasakan atas haji reguler adalah waktu antrian keberangkatan yang sangat lama yaitu 17 tahun hingga 26 tahun.

Haji Plus 

Paket haji plus merupakan program haji yang dihadirkan untuk mengatasi waktu keberangkatan haji reguler yang lama. Dengan haji plus sahabat satutours Surabaya tidak perlu mengantri lama, karena lama antrian haji plus berkisar 7 sampai 8 tahun saja.

Biaya haji plus tentu saja lebih mahal dibandingkan dengan haji reguler, dan juga bisa berbeda-beda dari masing-masing agen travel. Hal ini tergantung pada berbagai fasilitas dan kenyamanan yang diberikan. Biaya haji reguler berkisar di harga 30 jutaan, maka haji plus sangat berbeda jauh hingga berkisar 100 juta rupiah.

Kelebihan haji plus daripada haji reguler 

Tempat penginapan yang dekat dengan Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah.
Tempat penginapan yang dekat dengan Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah.
  1. Biaya haji plus yang lebih tinggi bukan karena tanpa alasan yaitu waktu tunggu yang lebih cepat dan fasilitas yang lebih nyaman.
  2. Tempat penginapan yang dekat dengan Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah. Sehingga sangat memudahkan sahabat satutours Surabaya dalam bepergian ke masjid.
  3. Konsumsi jama’ah haji plus ditanggung oleh pihak penyelenggara, sehingga lebih terjamin.

Haji khusus visa furoda. 

Haji furoda merupakan satu-satunya program haji resmi non kuota pemerintah. Kuota haji furoda terdaftar dalam kuota pemerintah kerajaan Arab Saudi. Calon jama’ah haji furoda akan menggunakan visa khusus haji furoda yaitu visa furoda.

Visa furoda terdiri dari dua yaitu visa yang dapat digunakan oleh seluruh calon jama’ah haji dari seluruh dunia. Untuk ini sahabat satutours Surabaya harus membayar biaya sama seperti haji reguler atau haji plus. Selanjutnya ada juga visa undangan haji furoda untuk tamu khusus dan istimewa. Untuk itu sahabat satutours tidak perlu membayar alias gratis. Seluruh biayanya akan langsung ditanggung oleh pemerintah Arab Saudi. Namun tentu saja untuk mendapatkan visa furoda yang kedua ini hanya diberikan pada tamu istimewa kerajaan saja.

Biaya haji furoda hampir sama dengan haji plus yaitu berkisar 3 kali lipat dari biaya haji reguler. Berbagai fasilitas yang didapatkan juga setara dengan haji plus. Namun walaupun dapat digunakan oleh siapa saja, kenyataannya untuk mendapatkan visa haji furoda sangatlah sulit. Hal ini tentu saja karena persaingan yang sangat ketat dari calon jama’ah yang ingin mendapatkannya. Sedangkan proses pengajuan visa harus diproses langsung oleh kedutaan Arab Saudi di Indonesia. Proses ini sangatlah independen dan sangat sulit kemungkinan untuk dilakukan intervensi. Sahabat satutours Jakarta dapat mempercayakannya pada travel haji furoda Jakarta.

Bagi sahabat satutours ingin melaksanakan ibadah haji terutama ingin langsung menunaikan haji 2020, segeralah mengajukan visa furoda. Namun jika ingin menunggu bisa menggunakan haji reguler atau haji plus.

Ibadah haji tidak boleh dilakukan dengan sembarangan, terdapat syarat-syarat dan rukun-rukun yang wajib dilakukan oleh jama’ah haji. Sembari menunggu waktu keberangkatan ke tanah suci, sahabat satutours Surabaya bisa mempelajari dan menambah wawasan seputar pengetahuan ibadah haji. Caranya dengan mengikuti pengajian, berguru kepada seorang ahli agama, dan mengikuti manasik haji yang mana juga diwajibkan bagi calon jama’ah yang akan berangkat.

Hal terpenting yang perlu diketahui dan dipahami oleh calon jama’ah haji adalah tata cara dalam beribadah haji atau manasik haji. Pengertian manasik haji adalah simulasi dalam pelaksanaan ibadah haji nantinya sesuai dengan syarat rukun dan tata cara aslinya.

Rukun haji 

Rukun haji merupakan berbagai hal yang wajib dilakukan dan tidak bisa diganti dengan apapun atau membayar denda dam. Jika tidak melakukan salah satu dari rukun haji maka hajinya tida sah. Rukun haji terdiri dari ihram atau niat, wukuf di Padang Arafah, Thawaf atau mengelilingi ka’bah, sa’I yaitu berlarian kecil antara bukil Safa dan Marwah, tahallalu atau menggunting atau mencukur rambur kepala, dan tertib atau berurutan.

Wajib haji 

Wajib haji merupahak berbagai hal yang harus dilakukan saat melakukan ibadah haji. Jika hal-hal dalam wajib haji dilanggar, maka haji dianggap tidak sah.
Wajib haji merupahak berbagai hal yang harus dilakukan saat melakukan ibadah haji. Jika hal-hal dalam wajib haji dilanggar, maka haji dianggap tidak sah.

Wajib haji merupahak berbagai hal yang harus dilakukan saat melakukan ibadah haji. Jika hal-hal dalam wajib haji dilanggar, maka haji dianggap tidak sah. Namun sahabat satutours bisa mengganti hal yang dilanggar dengan membayar dam menyembelih binatang, maka haji tetap sah. Wajib haji antara lain ihram dari batas yang ditentukan atau miqat, mabit atau bermalam dahulu di Muzdalifah saat alam hari raya idul adha, melempar batu pada tiga jumroh yaitu ula, wusta, dan aqobah, mabit di Mina, thawaf wada atau thawaf perpisahan, dan menghindari perbuatan-perbuatan yang diharamkan dalam berihram.

Perkara-perkara yang diharamkan saat berihram yaitu pria dilarang menggunakan pakaian yang berjahit, pria menutup kepala, wanita menutup wajah, meotong kuku, membunuh hewan buruan, menggunakan wangi-wangian, bersetubuh, melakukan aqar nikah, dan memotong bagian rambut atau bulu di badan.

Hukum haji adalah wajib namun tidak harus diartikan sebagai bentuk benar-benar dan harus dilakukan. Wajib yang dimaksud dalam hukum haji berarti telah mampu dan tidak terpaksa. Apabila belum dalam keadaan yang memunkinkan tidak boleh dipaksakana. Karena selain membutuhkan biaya yang besar diperlukan juga kesehatan yang memadai untuk melaksanakan berbagai rukun dan syarat wajib haji. Itulah beberapa penjelasan seputar ibadah haji. Sahabat satutours bisa mempercayai travel agen satutours yang siap membantu seluruh proses ibadah haji yang aman, professional, terpercaya, dan berkualitas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *