Haji ONH Plus 2020

Haji ONH Plus 2020

Haji ONH Plus 2020

Haji ONH Plus 2020
Haji ONH Plus 2020

Haji adalah sebuah ibadah yang menjadi cita-cita umat muslim di dunia. Ibadah haji dilakukan di tanah suci Makkah dan Madinah negara Arab Saudi. Sehingga terkadang banyak orang yang memiliki kendala untuk menunaikan ibadah haji. Salah satu kendala terbesar adalah biaya misalnya haji ONH plus 2020.

Pelaksanaan ibadah haji dilakukan oleh pemerintah atau lembaga swasta yang telah memiliki izin dan legalitas dari pemerintah. Terdapat beberapa program haji yang dapat disesuaikan dengan kemampuan sahabat satutours Surabaya sekalian khususnya dalam besaran biaya.

Program ibadah haji terdiri dari haji reguler, paket haji plus kuota, dan haji non kuota. Untuk daftar harga,  program reguler berkisar di harga 30 jutaan rupiah, untuk haji plus kuota sekitar 100 juta rupiah, sedangkan haji non kuota yang paling tinggi yaitu 15 US dollar. Perbedaan biaya tersebut tentu saja disebabkan oleh fasilitas yang akan sahabat satutours dapatkan, dan waktu tunggu keberangkatan. Namun tetap saja masing-masing program memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Program regular 

Melihat dari segi biaya program reguler memanglah yang paling terjangkau. Hal ini juga yang membuat  banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Namun kekurangan dari haji reguler adalah waktu keberangkatan yang paling lama hingga 17 sampai 20 tahun.

Keinginan masyarakat untuk menunaikan haji sangatlah tinggi. Sehingga kuota haji Indonesia yang diberikan pemerintah Arab Saudi tidak sepadan dengan antusias masyarakat yang mendaftar. Untuk itu terjadi antrian keberangkatan yang sangat panjang.

Program haji plus 

Paket haji plus lebih mahal dibandingkan dengan haji reguler. Tentu saja disebabkan kelebihan yang dimilikinya. Waktu tunggu keberangkatan untuk haji plus adalah 7 sampai 8 tahun saja. Selain itu fasilitas yang diberikan lebih nyaman misalnya hotel yang dekat dengan masjid, dan makanan yang telah terjamin.

Program haji non kuota 

Program ini memiliki biaya yang paling mahal dan berbeda sangat jauh dari haji reguler dan haji plus.
Program ini memiliki biaya yang paling mahal dan berbeda sangat jauh dari haji reguler dan haji plus.

Program haji non kuota disebut juga dengan haji furoda. Seperti namanya program haji yang satu ini tidak menggunakan kuota jama’ah haji Indonesia sehingga tentu saja tidak mengikuti antrian keberangkatan haji Indonesia. Program ini memiliki biaya yang paling mahal dan berbeda sangat jauh dari haji reguler dan haji plus.

Haji furoda menggunakan visa haji furoda yaitu undangan langsung dari pemerintah kerajaan Arab Saudi. Sehingga sahabat satutours bisa langsung menunaikan haji dengan maksimal waktu tunggu 1 tahu saja. Namun selain harganya yang sangat mahal, tidak mudah untuk mendapatkan visa furoda. karena berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh program haji furoda membuat persaingan mendapatkannya juga cukup ketat.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengajukan permohonan visa kepada kedutaan Arab Saudi di Indonesia. Bagi sahabat satutours Jakarta juga memanfaatkan penyedia pelaksana haji furoda Jakarta. Proses seleksi benar-benar dilakukan secara ketat dan independen. Hal ini juga yang meminimalisir akan terjadinya tindakan intervensi. Sebab proses ini tidak bisa diintervensi oleh siapapun.

Jika sahabat satutours berhasil mendapatkan visa furoda, maka seluruh keperluan keberangkatan dan tanggung jawab akan jama’ah haji furoda berada langsung dalam pengawasan pemerintah kerajaan Arab Saudi. Selain itu calon jama’ah juga akan mendapatkan fasilitas dan pelayanan yang super aman dan nyaman.

Dari berbagai penjelasan tentang program-program ibadah haji, sahabat satutours bisa memilihnya sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan atau memilih haji ONH plus 2020. Jika telah mendaftar untuk melaksanakan ibadah haji, bukan hanya soal biaya namun sahabat satutours juga harus menyiapkan stamina dan kesehatan fisik, pengetahuan ibadah haji dan lain sebagainya. Berikut adalah beberapa tips yang harus sahabat satutours Surabaya persiapkan antara lain:

  1. Pengetahuan ibadah haji

Ibadah haji dilakukan dengan mengikuti rukun dan syarat wajib haji. Rukun haji merupakan hal yang harus dilakukan dan apabila salah satunya ditinggalkan maka ibadah haji menjadi tidak sah. Adapun rukun haji yaitu ihram, wukuf, thawaf, sai’I, tahallul, dan tertib. Sedangkan syarat wajib haji adalah hal yang harus diikuti dalam melaksanakan haji. Jika syarat ada yang tinggalkan maka haji tidak sah kecuali dengan membayar dam atau denda yaitu memotong hewan kurban. Adapun syarat wajib haji antara lain niat ihram, bermalam di Muzdalifah, melontar jumroh, mabit di Mina, thawaf wada, dan menjauhi perkara yang dapat membatalkan ihram seperti pria dilarang menggunakan pakaian yang berjahit, pria menutup kepala, wanita menutup wajah, memotong kuku, membunuh hewan buruan, menggunakan wangi-wangian, bersetubuh, melakukan aqar nikah, dan memotong bagian rambut atau bulu di badan.

Sambil menunggu waktu keberangkatan sebaiknya sahabat satutours memperbarui dan memperbanyak wawasan ibadah haji tersebut. dengan cara berguru, pergi ke majlis ilmu, dan manasik haji yang wajib diikuti sebelum berangkat haji.

  1. Fisik dan kesehatan

Maka pada saat keberangkatan tiba fisik dalam kondisi siap dan aktivitas ibadah di tanah suci berjalan dengan lancar.
Maka pada saat keberangkatan tiba fisik dalam kondisi siap dan aktivitas ibadah di tanah suci berjalan dengan lancar.

Negara Indonesia dan Arab Saudi mempunyai kondisi cuaca yang berbeda. Bahkan cuaca di Arab Saudi tergolong sangat panas dan ekstrem. Sehingga calon jama’ah haji harus menyiapkan keadaan fisik dengan sebaik-baiknya. Caranya dengan mengatur pola makan, olahraga rutin, periksa kesehatan secara berkala. Maka pada saat keberangkatan tiba fisik dalam kondisi siap dan aktivitas ibadah di tanah suci berjalan dengan lancar.

  1. Menukar uang

Mata uang Indonesia dengan Arab Saudi tentu saja berbeda. Sehingga sahabat satutours Surabaya membutuhkan mata uang riyal. Sahabat satutours dapat menukarkan uang ke bank atau money changer. Yang perlu diperhatikan adalah hindari untuk menukar saat di waktu mepet misalnya di bandara. Dengan ini sahabat satutours Surabaya bisa seja kehabisan stok atau kursnya yang jauh lebih tinggi. Pilihan lainnya adalah sahabat satutour Surabaya harus mempersiapkan kartu debit atau kredit berlogo visa yang dapat diakses di Arab Saudi.

  1. Pulsa telepon dan kuota internet

Saat ini komunikasi adalah hal yang sangat penting. Komunikasi juga tidak bisa terputus hanya karena berbeda negara. Komunikasi tetap bisa berjalan walaupun berada di luar negara yang berbeda, Dalam melaksanakan ibadah haji sebaiknya tetap memberi kabar kepada sanak saudara agar tidak merasa khawatir. Dalam hal ini persiapan yang harus dilakukan adalah menyiapkan pulsa telepon dan kuota internet. Caranya sahabat satutours bisa menghubungi operator layanan telekomunikasi untuk mendapatkan pulsa dan kuota internet terbaik untuk dibawa ke luar negeri. Sahabat satutours juga bisa membeli SIM lokal di Arab Saudi untuk harga yang lebih murah. Komunikasi dengan keluarga pun tetap terjalin dengan lancar.

  1. Packing

sebaiknya sahabat satutours Surabaya menerapkan tips packing yang efektif dan tepat. Misalnya agar isi koper dan tas lebih efisien gulunglah baju daripada melipatnya.
sebaiknya sahabat satutours Surabaya menerapkan tips packing yang efektif dan tepat. Misalnya agar isi koper dan tas lebih efisien gulunglah baju daripada melipatnya.

Ibadah haji selambat-lambatnya membutuhkan waktu 40 hari. Dalam jangka waktu tersebut sahabat satutours juga akan membutuhkan banyak barang. Agar tidak banyak membawa tas dan koper, sebaiknya sahabat satutours Surabaya menerapkan tips packing yang efektif dan tepat. Misalnya agar isi koper dan tas lebih efisien gulunglah baju daripada melipatnya. Bawalah barang-barang prioritas yang terpenting saja. Selain itu cobalah untuk mulai melakukan packing jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *