Travel Haji Furoda di Jakarta Selatan

Travel Haji Furoda di Jakarta Selatan

Travel Haji Furoda di Jakarta Selatan

Travel Haji Furoda di Jakarta Selatan
Travel Haji Furoda di Jakarta Selatan

Ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam yang terakhir dan wajib ditunaikan apabila telah mampu baik secara materi maupun fisik. Pendaftaran untuk berangkat haji bisa dilakukan melalui travel haji, berhubung saat ini terdapat banyak visa haji yang disediakan pemerintah untuk memudahkan calon jamaah seperti visa Furoda. Bagi Sahabat Satutours yang ingin menggunakan visa Furoda bisa langsung menghubungi pihak travel haji Furoda di Jakarta Selatan.

Tentang Haji

Haji adalah ibadah yang dilakukan di Tanah Suci Makkah dengan serangkaian ritual dan rukun-rukun. Beribadah haji terbagi dalam tiga jenis berdasarkan tata cara atau urutan pelaksanaannya. Ketiga adalah Ifrad, Qiran dan Tamattu. Jamaah haji dari Indonesia umumnya melaksanakan haji Tamattu. Lalu, apakah perbedaan ketiga jenis ibadah haji tersebut?

  1. Haji Tamattu

Haji Tamattu sejatinya merupakan haji yang paling afdhal di mana haji ini dilakukan oleh seseorang yang masuk pada amalan-amalam haji di bulan haji. Amalannya dimulai dengan ibadah umroh terlebih dahulu dengan mengucapkan di miqat “Allahumma labbaika ‘umrotan mutamatti’an biha ilal hajj”. Setibanya di Makkah, jamaah melakukan ibadah umroh dengan cara yang sama seseuai gata cara melakukan umroh. Setelah umroh dilaksanakan maka halal baginya segala yang telah diharamkan ketika melaksanakan ihram hingga tanggal 8 Dzulhijjah. Kemudian barulah berihram kembali untuk menyempurnakan amalan-amalan haji yang tersisa.

  1. Haji Qiran

Haji Qiran adalah seorang yang memiliki niat haji dan juga umroh dalam waktu bersamaan pada bulan haji dengan miqat “Labbaika hajjan wa ‘umrotan”. Ketika tiba di Makkah, jamaah langsung melakukan thawaf qudum dan sa’yu. Untuk sa’yu biasanya boleh dktunda pengerjaannya hingga setelah melakukan thawaf ifadhah pada tanggal 10 Dzulhijjah. Setelah sa’yu dilaksanakan maka tidak halal baginya melakukan hal-hal yang diharamkan ketika ihram. Jadi jamaah tetea dalam keadaan ihram hingga tanggal 10 Dzulhijjah setelah melaksanakan amalan-amalan.

  1. Haji Ifrad

Ibadah haji Ifrad adalah haji yang dilakukan oleh jamaah yang berniat haji saja tanpa umroh pada bulan-bulan haji.
Ibadah haji Ifrad adalah haji yang dilakukan oleh jamaah yang berniat haji saja tanpa umroh pada bulan-bulan haji.

Ibadah haji Ifrad adalah haji yang dilakukan oleh jamaah yang berniat haji saja tanpa umroh pada bulan-bulan haji. Miqatnya “Labbaika hajjan”. Sama halnya dengan haji qiran, ketika tiba di Makkah langsung melakukan thawaf qudum dan sa’yu di mana sa’yu bisa ditunda pengerjaannya hingga selesai melakukan thawaf ifadhah di tanggal 10 Dzulhijjah. Ketika sa’yu selesai dikerjakan, maka tidak halal bagi jamaah untuk melakukan hal-hal yang diharamkan saat ihram. Jadi jamaah tetap dalam keadaan ihram hingga tanggal 10 Dzulhijjah setelah melaksanakan beberapa amalan-amalan.

Perbedaan ketiga jenis haji ini adalah :

  1. Perbedaan pada niat yang dilafadzkan.
  2. Penyembelihan hewan hadyu bagi yang melaksanakan haji Ifrad tidak wajib hukumnya. Namun bagi yang melaksanakan haji tamattu’ dan qiran wajib hukumnya untuk menyembelihan hewan hadyu kecuali penduduk Makkah.
  3. Ketika menunaikan ibadah haji tamattu’ jamaah diizinkan untuk melakukan tahallul setelah melakukan umroh sehingga halal melakukan apa yang diharamkan ketika ihram hingga tiba pada tanggal 8 Dzulhijjah.
  4. Haji Tamattu’ terdapat dua kali sa’yu di mana yang pertama ketika umroh berlangsung, kedua setelah melakukan thawaf ifadhah di tanggal 10 dzulhijjah. Berbeda dengan haji Qiran dan ifrad yang hanya memiliki satu sa’yu dan dibolehkan melakukannya setelah thawaf qudum atau setelah thawaf ifadhah pada tanggal 10 Dzulhijjah.

Alasan Memilih Haji Furoda

Sahabat Satutours, jamaah haji bisa berangkat ke Tanah Suci melalui beberapa alternatif yang mana salah satunya adalah visa Furoda. Menunaikan ibadah haji dengan visa Furoda dinilai lebih banyak keuntungannya baik dari segi fasilitas maupun jadwal keberangkatannya yang tidak harus menunggu lama. Harga haji visa Furoda sangat mahal apabila dibandingkan dengan haji plus dan reguler. Meskipun demikian haji visa Furoda tetap menjadi pilihan oleh para calon jamaah haji. Alasannya karena biaya yang dikeluarkan untung haji visa Furoda setara dengan pelayanan yang diberikan. Berhubung visa Furoda untuk haji ini adalah program dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi, maka pelayanannya tentu lebih baik karena visa khusus. Disamping itu ada beberapa alasan yang mendorong para calon jamaah haji untuk mengambil paket haji Furoda.

  1. Melaksanakan haji menggunakan visa Furoda akan mempercepat jadwal keberangkatan karena tidak butuh masa tunggu yang lama seperti halnya haji reguler dan haji plus. Meskipun haji plus dinilai memiliki kecepatan yang lebih cepat daripada haji reguler, maka haji Furoda inilah yang paling unggul dari ketiganya. Haji reguler menggunakan masa tunggu keberangkatan rata-rata di atas 10 tahun, sedangkan haji plus hanya lima tahun. Melaksanakan haji menggunakan visa Furoda akan mempercepat jadwal keberangkatan karena tidak butuh masa tunggu yang lama seperti halnya haji reguler dan haji plus. Meskipun haji plus dinilai memiliki kecepatan yang lebih cepat daripada haji reguler, maka haji Furoda inilah yang paling unggul dari ketiganya. Haji reguler menggunakan masa tunggu keberangkatan rata-rata di atas 10 tahun, sedangkan haji plus hanya lima tahun. Haji Furoda sendiri memiliki masa tunggu minimal 1 tahun.
  2. Informasi mengenai haji Furoda bisa didapatkan dengan mudah di mana semua kebenarannya dapat diyakini dan jarang dikelabui oleh pihak travel haji Furoda Jakarta dan Surabaya yang tidak bertanggung jawab. Sahabat Satutours bisa mempercayai travel haji yang telah banyak pengalaman dan terpercaya.
  3. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa biaya haji Furoda tergolong yang paling mahal. Namun semuanya tergantikan dengan pelayanan memuaskan selama menjalankan ibadah di Tanah Suci Makkah.
  4. Visa Furoda sebenarnya merupakan visa yang digunakan oleh tamu undangan resmi dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Oleh karena itu Anda tidak perlu meragukan legalitas para jamaah yang menjalankan ibadah haji dengan visa Furoda.

Tips Memilih Travel Haji Terpercaya

Pastikan pula Anda mendapatkan jadwal keberangkatan yang jelas. Lagi-lagi hindari agen travel yang memberikan iming-iming berangkat cepat kecuali via visa Furoda.
Pastikan pula Anda mendapatkan jadwal keberangkatan yang jelas. Lagi-lagi hindari agen travel yang memberikan iming-iming berangkat cepat kecuali via visa Furoda.

Agar terhindar dari beragam kecurangan yang dilakukan oleh travel haji sehingga merugikan Anda, maka dirasa perlu untuk memperhatikan tips dalam memilih travel haji terpercaya berikut ini:

  1. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah pilih agen travel terpercaya. Travel terpercaya merupakan travel yang telah memiliki izin resmi dari Kementerian Agama Republik Indonesia. Untuk melihat izin resmi ini Anda bisa melihat secara langsung pada kantor Departemen Agama setempat atau juga bisa dengan cara kunjungi website resminya. Isilah dengan nama travel tersebut kemudian cek apakah travel tersebut telah mendapatkan izin resmi atau belum.
  2. Hindari travel yang memberikan penawaran khusus atau promo besar-besaran di mana secara logika sebenarnya bisa membuat travel haji tersebut rugi. Apabila hal tersebut terjadi maka bisa dipastikan semua penawarannya adalah bualan belaka. Apalagi fasilitas yang ditawarkan dengan harga yang tidak sinkron, wajib dicurigai.
  3. Pastikan pula Anda mendapatkan jadwal keberangkatan yang jelas. Lagi-lagi hindari agen travel yang memberikan iming-iming berangkat cepat kecuali via visa Furoda. Untuk Anda yang berangkat menggunakan visa Furoda juga harus berhati-hati karena travel tour haji yang resmi memiliki jadwal keberangkatan yang pasti tanpa berbelit-belit.

Sekian penjelasan mengenai travel haji Furoda di Jakarta Selatan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *