Paket Haji Plus dan Haji Furoda

Paket Haji Plus dan Haji Furoda

Paket Haji Plus dan Haji Furoda

Paket Haji Plus dan Haji Furoda
Paket Haji Plus dan Haji Furoda

Ibadah haji itu hanya diwajibkan bagi muslim yang mampu, baik itu laki-laki maupun wanita, jika sudah siap lahir batin dan dananya maka kewajiban haji haruslah segera dilaksanakan. Namun saat ini untuk melaksanakan ibadah haji jalur regional melalui kuota Nasional harus antri dan menunggu dalam jangka waktu yang sangat lama, bahkan hingga sampai bertahun-tahun. Antrian tersebut bisa hingga 30 tahun untuk jalur haji reguler, sedangkan jika menggunakan jalur haji plus antriannya bisa lebih cepat, paling lama hanya sekitar 8 tahun, dan bagi sahabat Satutour yang tidak ingin menunggu dalam antrian yang lama bisa mengambil jalur haji Furoda. Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut mengenai paket Haji Plus dan Haji Furoda yang sering juga disebut sebagai haji khusus.

Kuota Haji

Setiap negara di dunia ini masing-masing sudah diberikan jatah kuota haji oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Jumlah kuota tersebut ditetapkan berdasarkan perkiraan daya tampung dari lokasi-lokasi yang dijadikan ritual haji. Seluruh jamaah haji yang masuk ke tanah suci telah dihitung dalam kuota haji tersebut, dan masuknya dengan menggunakan visa khusus haji yang telah disediakan oleh pemerintah Kerajaan Saudi Arabia yang juga sesuai dengan jumlah kuota yang sudah ditetapkan. Namun selain menetapkan kuota haji untuk tiap negara di dunia, maka Pemerintah Kerajaan Arab Saudi juga menetapkan kuota haji bagi negaranya sendiri. Kuota haji tersebut ternyata tidak harus dipergunakan khusus bagi warga Saudi Arabia saja namun bisa juga digunakan untuk calon jamaah haji yang berasal dari berbagai penjuru dunia lainnya, dalam jumlah yang terbatas tentu saja. Untuk ini Pemerintah Kerajaan Arab Saudi menyediakan visa khusus dengan sebutan Visa Undangan atau Visa Furoda. Jadi program Haji Non Kuota yang resmi serta terdaftar itu hanyalah Haji Non Kuota Visa Furoda atau yang juga lebih dikenal dengan sebutan jalur Haji Furoda.

Jangka Waktu Haji

Jangka waktu haji Plus dan haji Furoda itu lebih singkat dari jangka waktu haji Regular, yakni hanya akan memerlukan waktu sekitar 25 hari hingga 27 hari. Jadwal keberangkatannya juga lebih cepat. Sementara untuk jalur haji Reguler akan memerlukan waktu pelaksanaan di tanah suci hingga sekitar 40 hari.

Kelebihan Haji Plus dan Haji Furoda

lokasi penginapan haji Plus dan haji Furoda biasanya juga bisa lebih dekat, sedangkan haji Reguler biasanya berlokasi di 3 kilometer hingga 5 kilometer dari Masjidil Haram
lokasi penginapan haji Plus dan haji Furoda biasanya juga bisa lebih dekat, sedangkan haji Reguler biasanya berlokasi di 3 kilometer hingga 5 kilometer dari Masjidil Haram

Selain dari segi jangka waktunya yang bisa lebih cepat dan singkat, maka lokasi penginapan haji Plus dan haji Furoda biasanya juga bisa lebih dekat, sedangkan haji Reguler biasanya berlokasi di 3 kilometer hingga 5 kilometer dari Masjidil Haram. Fasilitas hotel bagi peserta jalur haji Plus dan haji Furoda juga lebih lengkap. Jalur haji Plus dan haji Furoda itu diselenggarakan oleh pihak swasta. Sedangkan jalur haji Reguler diselenggarakan oleh pihak Pemerintah.

Harga Haji Visa Furoda dan Haji Plus

Biaya atau harga haji dengan visa Furoda dan haji Plus itu bervariasi Sahabat Satutour, sangat tergantung pada jenis akomodasi dan fasilitas yang Sahabat Satutour akan pilih. Harga haji visa Furoda dan haji Plus itu tentu saja akan lebih tinggi daripada harga haji program reguler yang mendapat subsidi dari pemerintah Indonesia, selisihnya bisa hingga dua kali lipat. Selain faktor pilihan jenis akomodasi, tarif biaya haji itu, baik haji Reguler maupun haji Furoda dan haji Plus itu dipengaruhi juga oleh lokasi asal daerah keberangkatan, yakni pengaruh dari biaya embarkasi atau biaya keberangkatan saat menggunakan pesawat. Sebagai gambarannya biaya haji untuk jalur haji Reguler, berdasarkan daerah yang terdekat dengan tanah suci, yaitu Aceh maka akan dikenakan tarif yang terendah jika dibanding dengan daerah lainnya, yakni di kisaran sekitar 31 juta Rupiah, sedangkan untuk tarif tertingginya adalah untuk daerah Lombok dengan kisaran biaya sekitar 39 juta Rupiah. Kemudian untuk biaya haji ONH Plus dan haji Furoda juga masih dipengaruhi oleh fasilitas hotel, jarak, dan juga jumlah orang dalam kamar yang ditawarkan oleh biro travel penyelenggara terkait. Besaran biaya jalur haji Plus dan haji Furoda adalah berada pada kisaran 8.000 US$ hingga 12.000 US$, yakni sekitar 112 juta Rupiah hingga 200 juta Rupiah.

Besaran biaya jalur haji Plus dan haji Furoda adalah berada pada kisaran 8.000 US$ hingga 12.000 US$, yakni sekitar 112 juta Rupiah hingga 200 juta Rupiah.
Besaran biaya jalur haji Plus dan haji Furoda adalah berada pada kisaran 8.000 US$ hingga 12.000 US$, yakni sekitar 112 juta Rupiah hingga 200 juta Rupiah.

Besarnya biaya tersebut belumlah termasuk dengan biaya perlengkapan haji jamaah, dan biaya pembuatan paspor serta dokumen perjalanan lainnya, juga pengeluaran pribadi, dan acara di luar program, serta kelebihan bagasi, dan biaya vaksin meningitis, juga biaya dam serta denda prosesi haji dan lain sebagainya. Harga biaya haji visa Furoda itu bisa sama, atau lebih tinggi, namun bisa juga lebih murah, dari harga biaya program haji Plus. Setiap biro penyelenggaraan haji dapat mematok harga yang berbeda-beda, bergantung juga pada jenis akomodasi dan fasilitasnya yang bisa berbeda-beda pula. Namun yang jelas jadwal keberangkatan dan waktu tunggu jamaah haji visa Furoda itu adalah yang tercepat dari jadwal dan waktu tunggu jamaah haji jalur lainnya. Adapun kisaran biaya Haji Furoda Jakarta dan Surabaya adalah sebagai berikut.

Paket Quard

Sahabat Satutour dapat memilih paket quard dengan harga sebesar 9.500 USD dengan fasilitas satu kamar terdiri dari empat orang.

Paket Triple

Selain itu Sahabat Satutour juga bisa memilih paket triple dengan fasilitas satu kamar berisi tiga orang dengan harga sebesar 10.000 USD.

Paket Double

Bagi Sahabat Satutour yang ingin menjalankan ibadah haji dengan pasangan atau keluarga, maka sebaiknya memilih paket double y

dengan harga sekitar 10.500 USD, yakni hanya selisih 500 USD saja dengan paket triple, namun sudah memperoleh fasilitas kamar yang terdiri dari dua orang dalam satu kamar. Sangat tepat bagi suami istri yang berangkat berhaji bersama.

Prosedur Pendaftaran Haji Khusus 

Calon jamaah memilih agen perjalanan yang telah mendapatkan izin dari Kementerian Agama RI. Pastikan izin tersebut masih berlaku, bisa di cek di web Departemen Agama.
Calon jamaah memilih agen perjalanan yang telah mendapatkan izin dari Kementerian Agama RI. Pastikan izin tersebut masih berlaku, bisa di cek di web Departemen Agama.

Persyaratan haji khusus seperti jalur haji Furoda atau haji ONH Plus adalah sebagai berikut.

Beragama Islam,

Memiliki kemampuan finansial untuk membayar setoran BPIH (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji) yang ditetapkan Menteri Agama

Surat keterangan sehat dari dokter

KTP yang masih berlaku

Kartu Keluarga

Akte kelahiran ataupun kutipan akta nikah

Surat keterangan dari PIHK (Penyelenggara Ibadah Haji Khusus) atau biro perjalanan pilihan dari masing-masing calon jamaah

Pas foto berwarna dengan latar putih, dengan tampak wajah minimal 80 persen

Tata Cara Pendaftaran haji Khusus

Adapun tata cara pendaftarannya

kurang lebih adalah sebagai berikut.

Calon jamaah memilih agen perjalanan yang telah mendapatkan izin dari Kementerian Agama RI. Pastikan izin tersebut masih berlaku, bisa di cek di web Departemen Agama.

Calon jamaah haji menyetor tabungan Haji Plus minimal sebesar 5.000 USD atau sekitar 70 juta Rupiah untuk mendapatkan nomor porsi ONH Plus. Biasanya pihak agen penyelenggaraan haji  yang akan mengambil nomor porsi Haji Plus di Kemendag dan di Kedutaan Saudi Arabia untuk jalur haji Furoda.

Setelah mendapatkan nomor porsi ONH Plus atau Furoda, calon jamaah menyerahkan berkas persyaratan kepada agen penyelenggara haji.

Selanjutnya, sahabat Satutour tinggal menunggu jadwal keberangkatan sekaligus mengikuti serangkaian manasik haji yang diselenggarakan pihak agen penyelenggara haji.

Calon jamaah yang telah mendapatkan nomor porsi dapat melihat jadwal keberangkatan secara online di situs resminya di

https://haji.kemenag.go.id dengan cara, memasukan nomor porsi pada kolom yang telah tersedia di situs tersebut guna mengecek estimasi tahun keberangkatannya.

Setelah mengetahui jadwal keberangkatan maka calon jamaah tinggal melakukan berbagai persiapan yang meliputi pelunasan BPIH, juga persiapan pemantapan ilmu tentang manasik haji, serta tak lupa persiapan menjaga daya tahan tubuh. Jika waktu tunggu keberangkatan Haji Reguler berkisar antara 6 tahun hingga belasan tahun, maka calon jamaah Haji Plus hanya perlu menunggu sekitar 1 tahun hingga 3 tahun atau bahkan bisa lebih cepat. Sedangkan untuk calon jamaah haji Furoda bisa segera langsung berangkat pada tahun itu juga.

Demikianlah hal-hal yang perlu diketahui mengenai paket Haji Plus dan Haji Furoda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *